12 Manfaat Fisioterapi Inframerah untuk Kesehatan Tubuh

Fisioterapi inframerah untuk kesehatan merupakan salah satu terapi yang biasanya hanya mengandalkan sinar merah saja. Bahkan, fisioterapi jenis ini tidak terlihat oleh mata manusia. Karena menggunakan gelombang sinar inframerah lebih panjang dari cahaya merah biasa.

Sehingga lampu inframerah tersebut bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, hanya dengan cara memancarkan sinar yang menembus jaringan tubuh.

Manfaat Fisioterapi Inframerah untuk Kesehatan

Pada dasarnya, metode fisioterapi ini selama bertahun-tahun sudah banyak digunakan. Tujuan dari adanya fisioterapi inframerah untuk bisa mendukung proses penyembuhan pasien.

Selain itu, juga turut membantu pengobatan berbagai kondisi kesehatan. Pengobatan satu ini juga sangat minim risiko dan lebih aman. Berikut ini sudah ada beberapa manfaat fisioterapi inframerah untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Mampu Memperbaiki Sirkulasi Darah

Manfaat pertama, fisioterapi ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah menuju ke jantung. Sinar infrared mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dengan cara merangsang pelebaran pembuluh darah.

Seperti yang telah dijelaskan, tubuh lebih efektif akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih baik, sehingga dapat melakukan penyaluran nutrisi serta oksigen ke sel-sel.

Manfaat fisioterapi inframerah untuk kesehatan tentunya akan berpengaruh cukup besar terhadap pemulihan sel-sel rusak maupun kesehatan lebih optimal.

2. Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Agar memperkuat sistem kekebalan tubuh, perlu sekali memanfaatkan sinar inframerah. Karena infrared juga akan membantu merangsang produksi sel darah putih.

Sel darah putih satu ini tergolong sebagai bagian paling penting dari sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih nantinya juga akan bertugas pertama kali guna menghalau infeksi, penyakit, serta sistem imunitas.

Dengan bertambahnya jumlah sel darah putih, juga akan meningkatkan ketahanan dan sistem kekebalan tubuh lebih kuat terhadap berbagai macam penyakit.

3. Mampu Meredakan Peradangan

Salah satu manfaat fisioterapi inframerah untuk kesehatan, yaitu meredakan nyeri dan peradangan di berbagai macam kondisi penyakit. Misalnya saja seperti tendinitis, arthritis, serta nyeri otot.

Sinar inframerah juga akan mengarahkan lebih banyak aliran darah ke area yang telah terdampak.

Aliran darah lebih melimpah, dapat meningkatkan nutrisi serta suplai oksigen di sekitar jaringan yang telah mengalami radang serta nyeri. Alhasil, tentu efek ini bisa saja langsung mempercepat proses dari penyembuhan inflamasi.

4. Terhindar dari Risiko Gagal Jantung

Ternyata, hadirnya fisioterapi inframerah untuk kesehatan juga bisa meningkatkan sirkulasi darah yang ada di dalam tubuh. Hal tersebut terjadi karena infra merah bisa langsung memberikan rasa panas dalam molekul udara.

Akibatnya, pembuluh darah juga akan semakin naik dan memperbesar suhu kulit. Jadi, hal ini akan mengurangi tekanan pada jantung secara otomatis.

5. Mengembalikan Cairan Tubuh Hilang

Di dalam tubuh, fisioterapi inframerah untuk kesehatan seringkali disebut dapat meningkatkan cairan yang ada. Pada dasarnya, di dalam tubuh akan menjadi gemetar, karena inframerah yang menyebabkan molekul-molekul tersebut berubah.

Getaran tersebut juga akan menjadikannya molekul tunggal, sehingga lambat laun akan pecah. Apalagi saat Anda banyak melakukan kegiatan, maka tubuh akan kehilangan banyak cairan.

Namun nantinya cairan yang di dalam tubuh akan hilang dan dapat diganti, dengan adanya molekul tunggal tersebut.

6. Mampu Menjaga Kesehatan Kulit

Fisioterapi inframerah untuk kesehatan juga dapat membantu menjaga berbagai macam kesehatan kulit, terutama bagi para wanita wajib. Di dalam tubuh, syarat untuk bisa memiliki kulit sangat cantik, yaitu dengan adanya keseimbangan Ph.

Melalui radiasi sinar infra merah,keseimbangan Ph itu sendiri bisa langsung ditingkatkan. Banyak yang meyakini bahwa radiasi sinar infra merah tersebut menjadikannya jauh lebih halus.

Sehingga mampu memperbaiki tekstur kulit jauh lebih baik. Oleh karena itu, untuk metode perawatan kecantikan kulit, banyak sekali klinik-klinik kecantikan yang memanfaatkan teknologi inframerah ini.

7. Mampu Menghilangkan Nyeri di Tubuh

Fisioterapi inframerah untuk kesehatan sangat bermanfaat, terutama Anda yang saat ini sedang bermasalah dengan nyeri otot, pinggang, sendi serta nyeri di bagian tubuh lainnya.

Untuk dapat mengatasi rasa nyeri tersebut, banyak sekali peralatan medis yang menggunakan sinar infra merah lebih ampuh. Efeknya dapat menghilangkan rasa nyeri tersebut, sehingga pancaran panas yang dihasilkan infra merah dapat membuat kulit dan bagian tubuh lainnya menjadi hangat.

8. Menjaga Kesehatan Liver dan Ginjal

Ternyata, terapi inframerah untuk kesehatan juga sangat bermanfaat pada liver dan ginjal, selain jantung. Di dalam organ manusia, radiasi dipancarkan sinar infra merah mampu menaikkan sirkulasi mikro yang ada.

Dampaknya, meningkatkan kinerja liver dengan pembuangan racun dalam organ manusia. Selain itu, secara otomatis peningkatan pembuangan racun dalam organ tersebut serta akan mengurangi kinerja pada organ ginjal.

9. Mampu Mengobati Penyakit Cacar

Fisioterapi inframerah untuk kesehatan juga bisa langsung mengobati penyakit cacar, selain membantu mempercantik serta memperhalus kulit. Radiasinya juga ampuh membersihkan tubuh dari bakteri dan kuman yang masuk ke dalam organ.

Untuk bisa mengobati penyakit cacar tersebut, sebagian besar peralatan medis telah dilengkapi dengan sinar infra merah yang dapat diaplikasikan pada tubuh.

10. Mengobati Cedera Otak Traumatis

Sebuah penelitian 11 pasien, yang memiliki cedera otak traumatis menunjukkan banyak dalam fungsi eksekutif, pembelajaran verbal, dan memori setelah 18 perawatan transkranial IR merah yang peningkatannya cukup signifikan.

Oleh karena itu, untuk menurunkan gejala PTSD, tidur menjadi cara lebih baik. Namun, untuk mengobati traumatis ini Anda perlu melakukan terapi secara rutin oleh ahli yang berpengalaman.

11. Mengobati Demensia

Karena orang takut kehilangan kenangan, kemampuan merawat diri sendiri, serta kehilangan kemandirian, kondisi seperti demensia akan menimbulkan kekhawatiran.

Terapi IR, yang sering digunakan untuk gangguan kognitif, terdiri dari penerapan intranasal (di dalam hidung) dan penerapan transkranial (seperti elektroda atau helm dikenakan di kepala).

12. Mampu Mencegah Terjadinya Asam Urat

Pencegahan asam urat juga merupakan manfaat lain dari pengaruh radiasi infrared untuk tubuh. Infrared dapat mencegah terjadinya asam urat dan mampu mengembangkan Ph dalam tubuh.

Keseimbangan Ph yang ditimbulkan oleh radiasi fisioterapi inframerah untuk kesehatan dapat membantu mencegah terjadinya rematik, serta menurunkan kadar asam urat pada tubuh.

Untuk pencegahan Asam urat sendiri Anda bisa memperbaiki pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan kaya akan serat.

Anda juga bisa rajin berolahraga untuk mendapatkan kesehatan dari dalam. Namun, bagi Anda yang sudah merasakan gejala asam urat bisa konsultasi terlebih dahulu dengan ahli terapis.

Kini sekarang Anda tidak perlu lagi capek mengantri di klinik Fisioterapi maupun rumah sakit. Karena sudah saatnya Anda konsultasi gratis dan pesan fisioterapis ke rumah melalui Fisiohome.

Fisiohome merupakan salah satu ahli di bidang fisioterapi yang sudah berpengalaman. Fisiohome siap melayani berbagai keluhan Anda baik itu untuk memperbaiki struktur tulang, nyeri sendiri dan lainnya. Anda hanya perlu menghubunginya melalui WhatsApp +62 882-9874-5399 guna melakukan fisioterapi inframerah untuk kesehatan.

Klik Sekarang
Admin Fisiohome