Cara Memulihkan Patah Tulang yang Harus Anda Ketahui

fisioterapi patah tulang

Mungkin Anda kerap melakukan kegiatan fisik yang berat seperti olahraga, mendaki atau hobi yang rawan mengalami cidera. Tentu Anda harus selalu mengutamakan keselamatan selama melakukan aktivitas fisik agar terhindar dari risiko kecelakaan atau cedera. Benturan keras atau terjatuh bisa membuat Anda mengalami cedera skala ringan hingga berat, misalnya patah tulang. Bila mengalami fraktur, maka Anda wajib melakukan penanganan dan perawatan serta mengikuti saran pemulihan dengan fisioterapi patah tulang profesional.

Memahami Patah Tulang dan Jenisnya

jenis patah tulang

Patah tulang merupakan kejadian tulang yang mengalami benturan atau terjatuh dan berimbas pada tulang patah, retak, pecah atau berubah dari posisi semula. Penyebab patah tulang yang umum terjadi antara lain kecelakaan lalu lintas, salah melakukan teknik olahraga, terjatuh dari ketinggian, dan lain sebagainya.

Biasanya benturan keras yang terjadi membuat tulang mengalami kondisi seperti ini, kecuali tulang orang yang berusia tua bisa mengalami patah tulang karena faktor osteoporosis.

Dibagi dalam beberapa kelompok, berikut merupakan jenis patah tulang yang perlu dipahami:

• Patah tulang tertutup

Merupakan kondisi patah tulang yang dialami seseorang terjadi di bagian dalam atau tidak merobek kulit.

• Patah tulang terbuka

Merupakan kondisi patah tulang yang mengakibatkan robekan pada kulit sehingga Anda bisa melihat tulang di lapisan dalamnya.

• Patah tulang tidak lengkap

Merupakan kondisi patah tulang yang hanya menyebabkan retak atau tidak membagi tulang menjadi dua bagian sesuai dengan tipe masing-masing yaitu hairline fracture atau retak yang tipis, greenstick fracture atau salah satu sisi tulang alami retak, buckle atau torus fracture dimana tulang yang patah tidak memisahkan dua sisi tulang, kecuali pada bagian yang retak lebih menonjol.

• Patah tulang lengkap

Merupakan kondisi patah tulang yang mengakibatkan tulang patah menjadi dua bagian atau lebih, dan terbagi menjadi beberapa jenis seperti single fractures, comminuted fractures, compression fracture, dan lain-lain.

Kecelakaan atau tertimpa benda berat bisa membuat tingkat keparahan patah tulang semakin tinggi. Tekanan yang semakin besar juga akan membuat risiko Anda alami patah tulang skala berat bisa terjadi sehingga butuh waktu lama untuk pemulihan.

Adapun kasus patah tulang yang umum terjadi bisa sembuh dengan bantuan fisioterapis handal. Fisioterapi patah tulang akan membantu Anda melakukan perawatan dan pemulihan sesuai dengan kondisi pasien.

Perawatan Pada Pasien Patah Tulang

pasien patah tulang

Penderita patah tulang akan mengalami nyeri, sulit menggerakkan bagian tubuh yang alami patah tulang, memar, bengkak, alami tulang mencuat keluar, terjadi perubahan bentuk pada daerah yang alami patah tulang, dan sering mengalami kesemutan pada bagian tersebut.

Ada baiknya segera menghubungi fisioterapis untuk melakukan perawatan yang sesuai dengan kondisi patah tulang yang Anda alami. Berikut merupakan perawatan yang dilakukan fisioterapis bagi penderita patah tulang:

• Menggunakan penyangga

Alat penyangga bisa Anda gunakan selama masa pemulihan sebab butuh waktu tulang kembali pulih sesuai dengan tingkat keparahan patah tulang.

• Melakukan aktivitas dengan hati-hati

Hal ini berguna untuk mencegah cedera lanjutan yang membuat patah tulang Anda semakin parah. Usahakan untuk tidak banyak bergerak pada masa pemulihan sesuai dengan saran dari dokter.

• Konsultasi dan pemeriksaan rutin

Jangan lupa untuk terus melakukan konsultasi dan pemeriksaan kondisi patah tulang secara rutin. Hal ini untuk mengetahui perkembangan kondisi pemulihan tulang serta menganalisa gejala baru yang mungkin Anda alami selama masa pemulihan.

Kenapa Anda harus rajin mengunjungi fisioterapis profesional dalam proses penyembuhan ini? Berikut beberapa manfaat melakukan terapi fisik di klinik atau rumah sakit dengan layanan fisioterapis patah tulang :

• Membantu proses penyembuhan lebih cepat

Proses penyembuhan bervariasi tergantung tingkat patah tulang yang Anda alami, lho! Patah tulang bisa sembuh sempurna, kecuali risiko komplikasi yang menyebabkan seseorang mengalami kerusakan saraf, kekakuan sendi, alami robek tulang rawan, dan rasa nyeri yang masih sering terasa.

• Bisa membantu melatih kemampuan tubuh menahan beban

Fisioterapis akan membantu Anda untuk melatih kemampuan tubuh dalam menahan beban sehingga Anda bisa mulai beraktivitas normal.

• Mempertahankan kekuatan otot dan sendi tubuh yang alami patah tulang

Selama mengalami patah tulang, Anda mungkin mengalami pelemahan otot dan sendi sehingga perlu melakukan pemulihan dan terapi fisik. Nantinya Anda bisa mengembalikan kekuatan otot, meningkatkan kemampuan rentang gerak dan jangkauan sendi seperti dulu.

• Bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan

Memar dan pembengkakan bisa membuat Anda mengalami rasa sakit dan nyeri yang tidak tertahankan. Guna mengurangi gejala yang membuat Anda merasa tidak nyaman, sebaiknya Anda rutin melakukan fisioterapi.

• Mengembalikan fungsi tubuh lebih baik

Fisioterapi rutin akan membantu mengembalikan fungsi tubuh Anda menjadi lebih baik seperti dulu. Biasanya proses pemulihan berlangsung lama bisa dalam hitungan bulan bahkan tahunan untuk kondisi patah tulang tertentu.

Patah tulang membutuhkan penanganan yang serius sesuai dengan jenis dan kondisi, misalnya operasi untuk pemasangan pen dan sejenisnya. Bila Anda hendak melakukan pemulihan di fisioterapis, biasanya prosedur yang dilakukan antara lain terapi manual, terapi peregangan jaringan lunak, bracing, modalitas pereda nyeri, dan latihan kekuatan otot secara kontinyu.

Patah tulang tidak bisa dicegah atau dihindari, tetapi Anda bisa menekan risiko alami patah tulang dengan melakukan prosedur keselamatan. Misalnya dengan cara memakai sabuk pengaman saat berkendara, memakai alat pelindung saat melakukan olahraga ekstrem, melakukan latihan keseimbangan tubuh dengan baik, serta rajin konsultasi dokter untuk memilih suplemen yang bisa membantu meningkatkan kekuatan tulang.

Sementara itu, bila terjadi risiko patah tulang, segera lakukan penanganan ke dokter dan pemulihan patah tulang dengan fisioterapis patah tulang terbaik.