Fisiohome

Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Cara menjaga kesehatan tulang dan sendi wajib menjadi perhatian dan menjadi salah satu topik yang harus dipahami. Mengingat, dua hal ini sangat berpengaruh ketika melakukan aktivitas, demi mendukung kenyamanan serta kelancarannya. Maka dari itu, wajib dipahami.

Sendi merupakan sebuah penghubung antara dua tulang yang biasa berperan sangat penting dalam pergerakan tubuh manusia. Terdapat banyak sendiri yang ada di dalam tubuh, contohnya seperti sendi lengan, bahu, jari, pergelangan tangan, pinggul dan juga lutut.

Dalam beberapa kondisi sendiri, sering terjadi masalah seperti nyeri serta kaku. Hal tersebut menjadi sebuah gejala untuk jenis penyakit osteoarthiritis, asam urat, rheumatoid dan juga arthritis. Tidak heran jika cara menjaga kesehatan tulang dan sendi sangat wajib dipelajari.

Perlu menjadi perhatian, kesehatan tulang dan juga sendi menjadi tanggung jawab kita semua, tidak dilihat dari umur maupun gender. Jadi, semua orang wajib memahami berbagai hal yang membuat tulang menjadi lebih sehat, agar tidak mudah kropos dalam waktu tertentu.

Jika sudah memahami cara menjaga kesehatan tulang dan sendi tentu saja Anda tidak lagi harus repot-repot ke dokter untuk melakukan control mengenai berbagai masalah yang sering dihadapi. Hal tersebut juga akan menghemat biaya rumah sakit dan juga obat-obatan.

Berikut Ini Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan agar dapat tetap menjaga kesehatan pada tubuh. Hal ini bisa menjadi acuan, agar tidak merasakan kerugian di hari tua. Berikut merupakan beberapa cara untuk menjaga kesehatan pada tulang serta sendi manusia:

1. Perbaiki Postur Tubuh

Salah satu penyebab sering membungkuk atau kesehatan tulang tidak stabil adalah karena postur tubuh kurang baik, hal ini juga menjadi penyebab sebuah sendi lebih mudah rusak. Kebiasaan mengangkat benda berat juga menjadi faktor penyebab terjadinya kerusakan sendi dalam waktu yang cepat.

Oleh sebab itu, cara menjaga kesehatan tulang dan sendi yang wajib diperhatikan adalah berdiri dengan posisi tegap, dan beristirahat saat tubuh sudah mulai kelelahan dalam melakukan aktivitas tertentu. Hal tersebut tentu saja akan sangat membantu Anda untuk hidup lebih sehat.

2. Penuhi Kebutuhan Vitamin D dan Kalsium

Vitamin D serta kalsium menjadi dua jenis nutrisi yang memiliki peran sangat penting dalam menjaga kekuatan serta kesehatan pada bagian tulang dan sendi. Perlu menjadi perhatian bahwa kekurangan dari kedua asupan nutrisi tersebut bisa menyebabkan seseorang terkena osteoporosis.

Agar dapat mencukupi kebutuhan vitamin D serta kalsium, bisa dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, mengonsumsi vitamin D, serta mengonsumsi makanan dengan kalsium yang tinggi seperti youghurt, keju, susu dan juga kacang-kacangan serta suplemen tambahan.

3. Olahraga Secara Rutin

Salah satu cara menjaga kesehatan tulang dan sendi adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Hal ini sudah dibuktikan oleh para peneliti. Bahwa olahraga dapat membuat tulang, sendi, otot menjadi lebih kurang. Sehingga hal tersebut akan mendukung kesehatan dalam waktu yang lama.

Kurang melakukan aktivitas olahraga, dapat meningkatkan risiko radang sendi, dan ini dapat berbahaya untuk usia lanjut. Olahraga yang dianjurkan untuk para pemula adalah 30 menit setiap hari, atau minimal 3-5 kali dalam waktu seminggu. Terdapat banyak manfaat yang akan dirasakan.

4. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Sebagian orang mempunyai kebiasaan merokok yang seringkali sulit untuk dihentikan. Perlu menjadi perhatian bahwa kebiasaan merokok adalah salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena masalah serta penyakit pada kesehatan. Merokok dapat menganggu kesehatan persendian.

Oleh sebab itu, menghentikan kebiasaan merokok menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tulang dan sendi dengan perlahan. Anda bisa mulai dengan memelihara kesehatan serta menghindari segala gangguan penyakit yang sering kali menghampiri banyak remaja.

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Cara menjaga kesehatan tulang dan sendi agar tetap maksimal, Anda bisa mulai dengan memperhatikan berat badan. Hal tersebut seringkali menjadi penting, mengingat berat badan yang berlebih atau sering dikenal dengan obesitas bisa meningkatkan tekanan pada sebuah sendi.

Hal tersebut mengakibatkan sebuah sendi lebih mudah melemah serta mengalami berbagai gangguan. Dengan menjaga berat badan agar tetap ideal, beban yang harus dipikul oleh tulang akan berkurang, sehingga sendi bisa lebih kuat serta fleksibel dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Rekomendasi Makanan untuk Memperkuat Tulang

Selain membahas mengenai cara menjaga kesehatan tulang dan sendi, Anda juga harus mengetahui makanan apa saja yang wajib dikonsumsi untuk membantu memperkuat kesehatan pada tulang dan sendi. Berikut merupakan rekomendasi makanan tersebut:

1. Sayuran Hijau

Rekomendasi makanan pertama adalah sayuran hijau. Perlu menjadi perhatian bahwa sayuran hijau banyak mengandung vitamin C yang sangat berguna dalam memproduksi berbagai sel dalam pembentukan tulang. Selain itu, sayuran juga mengandung vitamin K dan vitamin B kompleks.

Selain berperan dalam beberapa proses pembekuan darah, vitamin tersebut juga dapat meningkatkan kesehatan pada tulang. Kekurangan vitamin B kompleks dapat membuat kerja sendi lebih lemah dibandingkan dengan asupannya yang tetap terjaga.

2. Ikan

Ikan juga bisa menjadi rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi. Ikan jenis sarden dan juga salmon biasa mengandung vitamin D serta asam lemak omega 3. Dengan mengonsumsi jenis ikan ini, Anda dapat memperkuat bagian tulang serta minimalkan risiko terkena osteoporosis.

Sangat penting untuk menjadi perhatian, cara menjaga kesehatan tulang dan sendi juga harus diperhatikan melalui pola makannya. Biasanya pengidap osteoporosis akan diberikan suplemen tambahan kalsium serta vitamin D yang berperan sangat penting.

3. Susu dan Produk Olahannya

Selain sayuran hijau serta ikan, susu serta berbagai produk olahannya bisa masuk ke dalam listing menu makanan sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Minuman serta olahraga produknya dapat menguatkan tulang serta bagian sendi. Dengan mengatur penggunaannya maka Anda bisa lebih sehat.

Susu serta berbagai produk olahannya bisa langsung dibeli pada supermarket atau bisa juga diolah dengan menggunakan resep sendiri. Hal ini sangat mudah untuk dilakukan bagi para pemula ataupun orang yang sudah jago dalam hal memasak makanan olahan yang terbuat dari susu.

Penyebab Tulang dan Sendi Cepat Rusak

Perlu menjadi perhatian, bahwa penyebab tulang rusak harus dipahami dengan benar. Tujuannya agar Anda tahu cara penanganannya. Penyebab yang sering terjadi diakibatkan oleh kecelakaan maupun jatuh. Jika dilihat dalam waktu tertentu, banyak penyebab lainnya.

Contohnya seperti kekurangan vitamin D, jarang olahraga, berjalan dengan postur membungkuk dan mempunyai kebiasaan merokok hingga minum alcohol. Hal ini akan memberikan perubahan yang mendadak pada frekuensi, durasi pada setiap jenis aktivitas.

Anda bisa menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat serta berbagai cara seperti olahraga dan minum vitamin. Maka dari itu, cara menjaga kesehatan tulang dan sendi harus diperhatikan dengan baik, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan