Fisiohome

Gangguan Kesehatan yang Bisa Ditangani dengan Fisioterapi

Penyakit Kardiovaskular

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Ketika melakukan aktivitas sehari-hari, tubuh berpotensi mengalami cedera kapan saja. Mulai dari otot ketarik akibat mengangkat beban berat, hingga nyeri punggung akibat duduk terlalu lama. Menariknya, berbagai masalah fisik seperti ini sebagian besar bisa ditangani dengan tindakan fisioterapi, lho!

Pada dasarnya, fisioterapi bisa dibilang sebagai terapi fisik untuk memeriksa, menangani, serta melakukan proses evaluasi terhadap keterbatasan gerak tubuh. Prosedur yang melibatkan gerak dan gaya mekanis tersebut cukup efektif untuk mengatasi pemulihan cedera. Namun, apakah ada manfaat lain dari tindakan fisioterapi?

Berikut merupakan beberapa contoh masalah kesehatan yang bisa diatasi melalui tindakan fisioterapi.

Gangguan Kesehatan yang Bisa Ditangani dengan Fisioterapi

Fisioterapi bisa mencegah cedera akibat olah raga, mengurangi gangguan pernapasan, hingga melatih otot tubuh agar lebih fleksibel.

1.Masalah Gangguan Pernapasan

ashma
ashma

Apakah Anda memiliki riwayat gangguan pernapasan seperti asma, kanker paru-paru, cystic fibrosis, hingga pneumonia? Jika iya, maka tindakan fisioterapi bisa membantu membersihkan sekaligus melegakan pernapasan.

Selain itu, latihan fisioterapi secara rutin yang dilakukan oleh penderita gangguan pernapasan nantinya juga bisa memperbaiki postur tubuh, meringankan rasa sakit, serta melatih kontrol pernapasan agar tidak terlalu mengganggu aktivitas harian.

2.Gangguan Arthritis

Arthritis
Arthritis

Pasien penderita gangguan Arthritis biasanya akan memperoleh perawatan fisioterapi pijatan, terapi panas, atau ultrasound. Jika diperlukan, terapis juga bisa memberikan latihan fisik di dalam air hangat atau hidroterapi dengan tujuan mengembalikan mobilitas sendi serta mengurangi rasa nyeri.

3.Cedera Sendi

inflamasi
inflamasi

Gangguan pada area sendi merupakan salah satu keluhan paling banyak dari pasien fisioterapi. Tindakan fisioterapi yang biasa dilakukan untuk meredakan nyeri dan membantu memulihkan kondisi pasien antara lain seperti pijatan serta terapi panas atau dingin.

Fisioterapi yang bertujuan untuk memulihkan cedera sendi bisa bekerja dalam dua cara, pertama yakni untuk mengembalikan sendi yang kaku agar bisa kembali bergerak secara normal. Kemudian yang kedua untuk memperkuat otot-otot yang ada di sekitar sendi.

Manfaat dari peningkatan kekuatan otot sendiri bisa dirasakan secara jangka panjang, misalnya ketika mengangkat beban berat tidak akan mudah mengalami cedera, mengurangi rasa nyeri, hingga membantu mempercepat pemulihan jika sendi mengalami masalah kembali.

4.Sindrom Carpal Tunnel

Sindrom Carpal Tunnel
Sindrom Carpal Tunnel

Apa itu sindrom carpal tunnel? Carpal tunnel syndrome merupakan jenis gangguan kesehatan yang muncul ketika saraf pengontrol indera perasa dan pergerakan di area pergelangan tangan mengalami penekanan.

Gangguan ini relatif umum dan sering terjadi oleh sebagian besar orang, terutama dari kalangan programmer, kasir, content writer atau gamers yang setiap hari melakukan gerakan secara berulang dalam jangka waktu yang signifikan.

Tindakan fisioterapi dapat meredakan rasa nyeri hingga mati rasa di daera tangan ataupun pergelangan. Adapun metode fisioterapi yang biasa dijalankan adalah teknik anti-inflamasi seperti latihan peregangan dan penguatan otot, pijatan serta penggunaan es untuk relaksasi otot.

5.Sakit leher dan Kepala

otot tegang
otot tegang

Gangguan di area leher maupun kepala mayoritas berkaitan dengan disfungsi tulang belakang servikal. Jika Anda mengalami masalah ini, pastikan untuk segera melakukan pemeriksaan ke klinik atau rumah sakit terdekat karena secara medis masalah ini perlu diagnosis cermat  

Jika proses diagnosis sudah dilakukan dan diketahui penyebabnya, maka Anda bisa mulai menjalani proses fisioterapi sesuai dengan kondisi serta kebutuhan. 

6.Cedera Olahraga

cedera olahraga
cedera olahraga

Tidak diragukan lagi, fisioterapi memang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan fisik. Salah satunya yakni gangguan kesehatan yang disebabkan ketika sedang berolahraga. 

Cedera olahraga sendiri bisa dikategorikan dalam berbagai tingkatan, mulai dari cedera ringan, berat, atau sedang. Bagi atlet maupun non-atlet dampak dari cedera tentu akan menimbulkan rasa sakit serta hambatan dalam melakukan aktivitas.

Nah, dalam hal ini fisioterapi bisa berperan untuk mempercepat pemulihan melalui serangkaian perawatan yang sudah biasa dilakukan.

Selain itu, tindakan fisioterapi yang dilakukan secara rutin nantinya juga akan membantu tubuh menjadi lebih fleksibel sehingga menurunkan resiko terkena cedera parah di kemudian hari.

7.Masalah Inkontinensia

Inkontinensia
Inkontinensia

Inkontinensia merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut gangguan pada tubuh seseorang yang tidak mampu menahan buah air. Dengan tindakan fisioterapi yang tepat maka pasien penderita Inkontinensia bisa mengurangi kondisi ini dengan pendekatan non-beda.

Contoh tindakan fisioterapi untuk penderita Inkontinensia adalah latihan dasar panggul khusus untuk memperkuat area vital, serta memberikan edukasi terkait gaya hidup sehat yang perlu dijalani pasien.

8.Osteoporosis

Osteoporosis
Osteoporosis

Banyak penelitian dari jurnal kesehatan yang melaporkan bahwa latihan fisioterapi bisa membantu menjaga kepadatan tulang. Maka dari itu, jika saat ini Anda merasa ada masalah di area tulang belakang, tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi di klinik fisioterapi terdekat untuk mendapatkan pencerahan.

9.Masalah Kesehatan saat Menjalani Kehamilan

hamil
hamil

Proses kehamilan seringkali menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan wanita. Di sini, fisioterapi berperan dalam menawarkan manajemen khusus perawatan yang bisa memudahkan kondisi ibu hamil.

Contoh gangguan kesehatan yang dialami oleh ibu hamil dan bisa diminimalisir dengan tindakan fisioterapi antara lain, nyeri punggung, inkontinensia urine, fibromyalgia, kesehatan panggul, hingga sembelit.

10.Penyakit Kardiovaskular

Penyakit Kardiovaskular
Penyakit Kardiovaskular

Terakhir, fisioterapi saat ini juga banyak dimanfaatkan oleh para penderita penyakit kardiovaskular seperti masalah jantung dan koroner. Tujuan utamanya yakni untuk memberikan edukasi sekaligus memicu kinerja jantung melalui aktivitas fisik, sehingga organ-organ tubuh semakin sehat.

Itulah berbagai jenis gangguan kesehatan yang bisa diatasi lewat tindakan fisioterapi. Ingin tahu lebih lengkap terkait manfaat fisioterapi? Anda bisa membaca berbagai artikel informatif terkait fisioterapi secara gratis hanya di blog Fisiohome.id.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan