Fisiohome

Ketahui Manfaat Fisioterapi Ultrasound dan Alat-Alat Lainnya

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Ada banyak manfaat fisioterapi ultrasound salah satunya yaitu mengatasi nyeri otot dan sendi. Fisioterapi sendiri merupakan sebuah tindakan atau terapi yang dilakukan untuk mengembalikan fungsi tubuh setelah mengalami cedera atau luka.

Secara umum manusia setelah mengalami cedera atau luka mungkin saja menurunkan fungsi tubuh atau kehilangan beberapa fungsi tubuh dari sebelumnya. Tentu saja itu bisa menghambat aktivitas sehari-hari atau menghambat pekerjaan.

Dengan bantuan fisioterapi, proses penyembuhan atau rehabilitasi itu bisa berlangsung dengan lebih cepat. Salah satu jenis fisioterapi yaitu adalah ultrasound, ini merupakan salah satu yang paling efektif untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Cara Kerja dari Fisioterapi Ultrasound

Alat yang digunakan biasa disebut sebagai therapeutic ultrasound. Ini merupakan sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang memiliki arti pengobatan atau terapeutik.

Teknik ini memanfaatkan gelombang suara untuk bisa mengurangi rasa nyeri atau rasa sakit dan mengembalikan fungsi sendi. Getaran dari suara dengan frekuensi tinggi biasanya tidak akan terasa pada pasien yang sedang menjalaninya.

Ada cukup banyak manfaat fisioterapi ultrasound untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Dimana pada umumnya digunakan untuk mengatasi rasa nyeri serta memperbaiki kerja dan fungsi sendi.

Terapi ini biasanya menggunakan gelombang suara dengan frekuensi lebih dari 20.000 Hz. Ketika gelombang ultrasonik masuk ke dalam jaringan akan memberikan efek biologis.

Jaringan akan menyerap gelombang ultrasonik sesuai dengan frekuensinya. Jadi ketika memiliki frekuensi rendah maka penyerapannya juga akan rendah, sementara itu jika frekuensi tinggi maka penyerapannya juga akan tinggi.

Ada dua efek yang akan ditimbulkan oleh gelombang ultrasound yaitu efek termal atau pemanasan jaringan, dan efek mekanis seperti misalnya efek pijat yang berfungsi untuk pemulihan atau regenerasi jaringan.

Ada Banyak Manfaat Fisioterapi Ultrasound

Terapi ini sudah ditemukan sejak tahun 1940. Pada awalnya itu hanya digunakan untuk melakukan terapi fisik dan okupasi. Akan tetapi karena manfaat fisioterapi ultrasound sangat melimpah akhirnya penggunaan teknologi ultrasound ini dengan cepat menyebar ke cabang ilmu kedokteran lainnya.

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Salah satu manfaat fisioterapi ultrasound yaitu untuk memberikan Efek pemanasan terhadap jaringan lunak di dalam tubuh. Pemanasan pada bagian dalam di area otot, tendon, dan ligamen ini akan meningkatkan sirkulasi darah pada area tersebut.

Oleh karena itu, terapi ini sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit pada jaringan tersebut, selain itu juga berperan dalam mempercepat proses penyembuhan.

2. Relaksasi Otot

Selain berperan meningkatkan sirkulasi darah, manfaat fisioterapi ultrasound berikutnya yaitu relaksasi otot. Jadi dengan efek yang diberikan itu akan sangat berguna untuk meningkatkan keregangan otot serta tendon.

Jadi ketika Anda mengalami kram pada bagian pundak, terapi ultrasound ini bisa menjadi pilihan untuk membantu mengatasi masalah kram pada bagian pundak. Karena efek dari gelombang ultrasound bisa membantu proses peregangan jaringan otot pundak.

3. Meningkatkan Permeabilitas Membran

Manfaat fisioterapi ultrasound berikutnya seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa gelombang ultrasound itu memberikan dua efek kepada jaringan yaitu efek termal dan juga efek non-termal.

Untuk efek non termal sendiri itu dihasilkan akibat proses kavitasi dan perjalanan gelombang akustik. Kavitasi itu berhubungan dengan pembentukan katup berisi gas dalam jaringan dan cairan tubuh.

Terdapat dua jenis kavitasi yaitu tipe tidak stabil dan tipe stabil, efek dari keduanya juga berbeda. Kavitasi stabil itu tidak digunakan dalam proses terapi ultrasound.

Sementara itu untuk kavitasi tidak stabil, terjadi proses perkembangan gelombang gas pada tekanan rendah. Setelah itu gelembung akan pecah dalam waktu cepat kemudian mengeluarkan beberapa energi yang berperan dalam mengurangi masa hidup jaringan.

Sementara itu, gelombang akustik dapat diartikan sebagai sebuah pembentukan gelombang kecil pada cairan sel. Misalnya saja terjadi pada membran sel dan permukaan gelembung gas dari proses kavitasi stabil.

Hal tersebut dapat mempengaruhi laju difusi dan permeabilitas membran. Transport ion kalsium juga ikut berubah dan menyebabkan perubahan pada mekanisme kontrol enzim dari berbagai macam proses metabolisme.

Manfaat fisioterapi ultrasound akan menyebabkan membran sel tereksitasi sehingga meningkatkan tingkat aktivitas dari seluruh sel. Jadi dari peningkatan aktivitas sel tersebutlah yang memberikan manfaat terhadap kesehatan.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan Jaringan

Gelombang ultrasound yang dihasilkan ini dapat meningkatkan suplai bahan makanan pada jaringan lunak. Selain itu juga berperan dalam meningkatkan antibodi yang bermanfaat untuk melakukan perbaikan jaringan.

5. Mengurangi nyeri

Manfaat fisioterapi ultrasound yang terakhir yaitu mengurangi nyeri. Dengan memanfaatkan efek dari gelombang terapi Ini bisa memberikan efek terapeutik berupa pengurangan nyeri.

Bisa dikatakan memang terapi ini sangat cocok untuk mengatasi berbagai macam masalah nyeri pada tubuh. Terapi ini hampir bisa diterapkan untuk berbagai macam usia.

Berikut Ini Jenis-Jenis Alat Fisioterapi

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat fisioterapi ultrasound, kami akan memberitahu Anda berbagai macam jenis alat terapi lainnya. Karena memang terapi Ini jenisnya ada cukup banyak dan memiliki fungsinya masing-masing.

1. Terapi Manual

Ini merupakan sebuah terapi yang dilakukan tanpa menggunakan tangan saja. Biasanya dilakukan secara langsung dengan cara memijat untuk melenturkan sendi. Teknik seperti ini masih banyak diterapkan di berbagai macam tempat fisioterapi.

2. Stimulasi Saraf Transkutan Listrik

Terapi ini dilakukan dengan menggunakan bantuan alat yang digerakkan oleh baterai untuk mengirimkan arus tingkat rendah melalui elektroda di permukaan kulit.

Fungsi utamanya yaitu Membantu meredakan rasa sakit pada berbagai anggota tubuh. Ini merupakan salah satu jenis terapi yang unik dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

3. Terapi Magnetik

Sesuai dengan namanya, terapi ini menggunakan bantuan alat elektromagnetik. Biasanya ukuran serta jenisnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Sama seperti terapi sebelumnya fungsinya yaitu untuk mengurangi rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Jadi ketika Anda mengalami rasa sakit pada bagian tubuh bisa mencoba terapi magnetik.

4. Taping

Ini merupakan sebuah terapi yang memanfaatkan plester elastis untuk melakukan penyembuhan secara alami pada bagian tubuh setelah mengalami cedera.

Cara kerjanya yaitu dengan menyangga dan menstabilkan otot serta sendi, akan tetapi tanpa membatasi geraknya. Secara umum ini merupakan terapi yang sangat baik untuk mempercepat pemulihan cedera serta mengatasi masalah peradangan di dalam kulit.

5. Ultrasound

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa ada banyak sekali manfaat terapi ultrasound. Dengan memanfaatkan gelombang ultrasound ini akan membantu untuk mengatasi masalah aliran darah, menyembuhkan kejang otot, serta meningkatkan metabolisme.

6. Diathermy

Kondisi yang membutuhkan fisioterapi seperti ini biasanya berhubungan dengan sistem saraf, penyakit kardiovaskular, pernafasan, serta gangguan otot kerangka tubuh.

Terapi ini akan memanfaatkan gelombang elektromagnetik berfrekuensi tinggi untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan dalam tubuh manusia.

Fisioterapi memang bisa menjadi pilihan tepat untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah mengalami cedera atau mengalami luka. Untuk Anda yang membutuhkan layanan fisioterapi berkualitas dengan harga terjangkau bisa menghubungi Fisiohome dengan nomor +62 882-9874-5399.

Sekarang ini bisa dikatakan ada berbagai macam jenis terapi. Salah satunya yaitu terapi menggunakan gelombang ultrasound. Ada banyak sekali manfaat fisioterapi ultrasound dari mulai mengurangi rasa nyeri, sampai membantu meningkatkan metabolisme.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Solusi Atasi Sindrom Guillain Barre

Para penderita penyakit sindrom guillain barre sekarang tidak perlu khawatir sebab untuk mengatasi permasalahan susah gerak bisa memanfaatkan jasa fisioterapi Tangerang. Sindrom ini sebenarnya penyakit

Fisioterapi

Ingin Mencoba Metode Fisioterapi Bekasi? Siapkan 5 Hal Ini

Terapi fisik atau fisioterapi Bekasi merupakan salah satu metode untuk memeriksa, menangani, dan mengevaluasi seseorang dengan masalah kesehatan tertentu. Tindakan medis ini dapat mengatasi keterbatasan

Fisioterapi

Trauma Berat? Gunakan Fisioterapi Depok, Rasakan Manfaatnya

Fisioterapi Depok merupakan salah satu metode terbaik untuk menyembuhkan penyakit, cedera, atau permasalahan kebugaran fisik. Jika Anda ingin menggunakan layanan terapi fisik, tentunya harus mengetahui

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan
Klik Sekarang
1
WhatsApp
Admin Fisiohome
Pesan Fisioterapis?