Fisiohome

Inilah 7 Manfaat Tindakan Fisioterapi pada Bayi

fisioterapi baby massage

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Tumbuh kembang bayi perlu dipantau secara optimal. Orang tua harus mengusahakan yang terbaik agar si kecil bisa bertumbuh dan berkembang dengan lancar sesuai tahap usianya. Fisioterapi bayi merupakan salah satu tindakan yang dapat diusahakan orang tua untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan buah hati.

Manfaat Fisioterapi

Sesuai dengan namanya, tindakan fisioterapi ini diaplikasikan khusus untuk bayi. Biasanya bayi yang mengalami masalah terkait gerakan tubuh dan perkembangannya akan disarankan untuk mengikuti fisioterapi. Misalnya saja bayi yang mengalami kelainan tubuh tertentu atau bayi yang menderita keterlambatan perkembangan. Berikut beragam manfaat yang akan diperoleh dari tindakan fisioterapi pada bayi:

  • Membantu Bayi Bergerak Normal

bayi bergerak normal
bayi bergerak normal

Pada bayi yang mengalami gangguan penyakit tertentu sehingga tidak bisa melakukan gerakan-gerakan khusus dengan normal, maka fisioterapi akan sangat dibutuhkan. Langkah fisioterapi ini akan membantu bayi kembali bisa bergerak secara normal seperti biasa. Hal ini juga sangat berpengaruh pada tumbuh kembang bayi ke depannya.

Bisa dipahami ketika bayi tidak bisa bergerak secara normal maka sulit baginya untuk mencapai proses tumbuh kembang yang optimal. Proses fisioterapi diharapkan bisa membantu bayi mencapai tahap pertumbuhan dan perkembangan yang normal sesuai dengan usia. Mulai dari merangkak, berjalan, hingga berlari. 

  • Mengembangkan Kemampuan Gerak

kemampuan gerak
kemampuan gerak

Langkah fisioterapi juga akan mengembangkan kemampuan bayi dalam bergerak. Khususnya bagi bayi-bayi yang mengalami gangguan pertumbuhan serta perkembangan. Ada sebagian bayi yang mungkin tidak seaktif bayi-bayi pada umumnya karena kemampuan bergeraknya terbatas. Jika hal ini terjadi maka orang tua perlu membawa bayi untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

Nantinya bisa diketahui apa yang menjadi penyebab bayi memiliki ruang gerak yang terbatas. Apa yang membatasi kemampuannya dalam bergerak akan diketahui secara pasti. Selanjutnya dibutuhkan proses fisioterapi untuk membantu bayi mengembangkan kemampuan gerak tersebut. 

  • Mengembalikan Fungsi Awal Bagian Tubuh

Manfaat lain dari langkah fisioterapi bayi adalah mengembalikan fungsi awal bagian tubuh. Seperti kita tahu bahwa setiap bagian tubuh bayi memiliki fungsi yang beragam. Setiap fungsi tersebut akan mendukung satu sama lain dan membuat pertumbuhan juga perkembangan bayi berjalan optimal. Jika terjadi gangguan fungsi karena penyebab tertentu maka perlu diambil solusi yang tepat. 

Fisioterapi menjadi salah satu upaya terbaik untuk mengembalikan fungsi awal tubuh tersebut. Misalnya, bayi mengalami kondisi dimana kedua kakinya tidak bisa digunakan untuk berjalan. Maka fisioterapi akan membantu mengembalikan fungsi kaki tadi sehingga bayi bisa mulai belajar berjalan secara bertahap. 

  • Meredakan Nyeri

Fisioterapi ternyata juga menjadi cara yang aman dan efektif untuk meringankan nyeri. Pada bayi yang mengalami masalah kesehatan tertentu dan menderita nyeri di beberapa bagian tubuhnya, maka fisioterapi ini bisa jadi solusi yang tepat. Tindakan fisioterapi akan membantu meredakan nyeri dan membuat si kecil kembali merasa nyaman.

Hal ini sebenarnya sudah sering kita jumpai di tengah masyarakat. Biasanya orang tua akan membawa bayi mereka untuk dipijat secara berkala untuk menghilangkan nyeri atau pegal. Terutama pada bayi yang sedang aktif-aktifnya bergerak. Proses fisioterapi dilakukan untuk mencegah bayi rewel dan tetap bisa aktif tanpa merasa nyeri. 

  • Mengatasi Keterlambatan Tumbuh Kembang

Setiap anak memiliki fase pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda. Tahap perkembangan anak satu dengan yang lain bisa saja tidak sama, ada yang lebih awal namun ada juga yang berjalan lebih lambat. Namun ada juga saat-saat yang harus diwaspadai yaitu ketika ada red flag atau alarm dimana bayi ternyata mengalami keterlambatan tumbuh kembang. 

Fisioterapi ini biasanya dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi keterlambatan tumbuh kembang pada tubuh bayi. Namun penting sekali untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan memastikan apakah memang si kecil mengalami keterlambatan perkembangan atau tidak. Jika memang terlambat maka langkah fisioterapi dapat dijadikan pilihan. 

  • Memberikan Edukasi bagi Keluarga

Program fisioterapi untuk si kecil juga bisa menjadi sarana untuk mengedukasi keluarga terutama orang tua. Edukasi sangatlah penting untuk diberikan kepada orang tua terkait tahap tumbuh dan kembang anak. Apalagi jika anak mengalami gangguan kesehatan tertentu atau menderita keterlambatan perkembangan. Melalui langkah fisioterapi ini orang tua bisa belajar banyak mengenai kondisi si kecil.

Terapis yang bekerja dapat memberikan informasi edukatif kepada orang tua. Jadi jangan hanya percaya dengan mitos mengenai tumbuh kembang anak. Orang tua juga perlu menggali informasi yang akurat dari sumber-sumber terpercaya, contohnya dari fisioterapis. Biasanya terapis juga akan memberikan tips-tips yang dapat mengoptimalkan manfaat dari langkah fisioterapi tersebut. 

  • Meningkatkan Kualitas Hidup si Kecil

Manfaat lain dari fisioterapi untuk bayi adalah bisa meningkatkan kualitas hidup. Khususnya bagi bayi-bayi yang memiliki gangguan kesehatan tertentu. Gangguan kesehatan bisa saja menurunkan kualitas hidup si kecil dan perlu diambil langkah yang tepat untuk mengatasinya. Fisioterapi inilah yang akan membantu bayi bisa hidup lebih nyaman dan berkembang lebih optimal.

Meskipun menderita gangguan kesehatan tertentu, namun bayi juga memiliki hak untuk merasakan kualitas hidup yang jauh lebih baik. Dengan adanya fisioterapi, maka fungsi tubuh bayi dan kesehatannya bisa terus meningkat. Hal ini juga akan berpengaruh pada peningkatan kualitas hidup yang dirasakan si kecil dan membuat pertumbuhan juga perkembangannya bisa berjalan optimal. 

Langkah fisioterapi bayi ini memang bisa memberi banyak manfaat. Namun konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengambil langkah fisioterapi. Selain itu pastikan untuk memilih klinik fisioterapi yang terpercaya dan berkualitas. Kami menyediakan layanan fisioterapi untuk bayi dengan kualitas terbaik dilengkapi tenaga terapis yang profesional. 

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan