Fisiohome

Memahami Ciri – Ciri Saraf Kejepit Beserta Cara Mengobatinya

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Anda perlu memahami Ciri – Ciri Saraf Kejepit saat merasakan sakit sangat hebat pada bagian tubuh tertentu. Umumnya terjadi pada bagian punggung ketika membungkukkan badan ke arah bawah. Rasa sakit tersebut bisa diobati secara mandiri, tetapi juga ada beberapa kejadian yang memerlukan bantuan medis.

Istilah yang lebih dikenal adalah kecetit dan datangnya dari berbagai faktor antara lain, usia salah bergerak, sampai kondisi medis tertentu. Hanya saja, sebagian orang sering menganggap sebagai penyakit biasa. Sering sekali membiarkan saja, sampai menimbulkan risiko sangat berbahaya dan berakibat fatal.

Untuk itu, bagi Anda yang mungkin sudah pernah merasakannya perlu mengetahui bagaimana cara mengobatinya untuk antisipasi. Kemudian, bagi yang belum pernah merasakannya juga harus mengetahui bagaimana penyebab serta cirinya. Pengetahuan seperti ini bisa menyimak penjelasan ulasan di bawah ini.

Kondisi Seperti Apa Saraf Kejepit itu?

Sebelum mengetahui apa saja Ciri – Ciri Saraf Kejepit, Anda lebih baik memahami kondisi sebenarnya dari penyakit tersebut. Dalam istilah medisnya disebut sebagai HNP (Hernia Nukleus Pulposus) dan Radikulopati.

Jika HNP suatu penyakit yang sering terjadi ketika bagian bantalan ruas tulang belakang bergeser serta menekan bagian sarafnya. Kondisi ini akan menyebabkan rasa sakit pada daerah punggung bawah sekitar pinggang atau leher.

Selain itu, Radikulopati adalah kondisi tubuh terjadi kerusakan sel saraf pada area ruas tulang belakang serta mampu menjepit sarafnya daerah tersebut. Terdapat tiga jenis Radikulopati yaitu, Radikulopati Servikal (ruas tulang leher),Radikulopati Torakal (bagian punggung atas dan terasa sampai dada), dan Radikulopati Lumbar (bagian punggung bawah sampai terasa pada kaki).

Ketika terjepit secara otomatis otak akan bereaksi memberikan sinyal pada tubuh berupa rasa sakit seperti terbakar dan kesemutan.

Ini Beberapa Ciri – Ciri Saraf Kejepit

Saat jaringan saraf tidak berfungsi dengan baik akan mengganggu sel lainnya dan membuat tubuh tidak nyaman. Apabila tidak mengetahui bagaimana tanda gejala awalnya dikhawatirkan akan memperburuk keadaan karena sudah telanjur atau terlewatkan. Maka dari itu, beberapa cirinya akan dibahas berikut ini guna menambah pengetahuan kesehatan.

1. Timbul Nyeri Hebat Pada Area Sakit

Ciri – Ciri Saraf Kejepit pertama bisa Anda rasakan adalah rasa nyeri hebat atau intens selama beberapa waktu. Keluhannya bisa bervariasi mulai tingkat ringan hingga berat, keadaan ini juga bisa memicu bagian tubuh tertentu mati rasa. Selain itu, dari nyeri hebat mampu menjalar sampai penurunan kepekaan indera bagian tersebut.

Umumnya nyeri ini mampu menyerang tubuh lain, yaitu bagian bahu, lengan, dan paha berbeda – beda setiap orangnya. Bahkan, keadaan akan bertambah sakit saat posisi duduk, sedang batuk atau membawanya gerak sedikit.

2. Mengalami Kesemutan dan Sensasi Terbakar

Ciri – Ciri Saraf Kejepit selanjutnya adalah merasakan sakit kesemutan serta mati rasa pada daerah lengan. Punggung bawah juga bisa terkena kesemutan dan lemah bagian otot tungkainya sampai menjalar dibagian kaki. Tentunya tanda kemunculan ini tergantung seberapa tingkat parahnya.

Kemudian, selain kesemutan ada rasa sensasi terbakar panas area tertentu dari adanya tekanan hebat salah satu saraf. Bisa terkena di lengan, bahu, leher tergantung awal posisi letak salahnya berada di mana.

3. Mengalami Kondisi Kelemahan Otot Tubuh

Ciri – Ciri Saraf Kejepit ketiga bisa Anda ketahui melalui penurunan tubuh saat beraktivitas sehari-harinya. Kelemahan otot ini akan mengganggu fungsi anggota tubuh mana saja yang biasa dipakai untuk mengangkat beban atau lainnya.

Apabila yang terkena adalah area atas maka seperti bahu dan lengan tidak akan kuat mengangkat beban berat. Bahkan tidak akan leluasa lagi menggerakkan bagian tertentu karena terjadi disfungsi otot.

4. Muncul Gangguan Berupa Cauda Equina

Ciri – Ciri Saraf Kejepit berikutnya adalah menimbulkan gejala sindrom Cauda Equina pada tubuh. Sindrom ini terjadi karena penekanan oleh sekumpulan akar saraf di bagian bawah tulang belakang. Gejala lainnya adalah nyeri sangat hebat bagian punggung, sampai pada otot kaki melemah.

Bahkan mampu menyebabkan gangguan buang air kecil (BAK) akibat nyeri tidak tertahankan punggung bawah. Sementara itu, terdapat tanda – tanda disfungsi seksual secara tiba – tiba bisa berbahaya bagi tubuh.

5. Tanda Gejala Hernia Bagian Leher dan Punggung

Ciri – Ciri Saraf Kejepit area atas seperti leher juga memiliki tanda yang perlu diamati secara berkala agar tidak berbahaya. Cirinya berupa nyeri leher yang menjalar ke lengan dan mengalami kaku otot di salah satu lengannya. Kemudian sebagian orang juga merasakan rasa panas pada daerah bahunya.

Sementara itu, punggung bawah juga bisa mengalaminya dengan tanda sakit makin memburuk ketika bergerak. Rasa sakit nyerinya bisa seperti ditusuk tajam dari area bokong ke salah satu tungkai. Perlu mewaspadai apabila terjadi sakit secara berkala daerah punggung bawah karena mengganggu aktivitas.

Berikut Ini Cara Mengobati Gejalanya

Melalui pemahaman dari Ciri – Ciri Saraf Kejepit, bisa mencari beragam pengobatan untuk menyembuhkannya. Jika belum mengetahui bagaimana langkah mengobatinya, ulasan di bawah ini bisa membantu Anda.

1. Menghindari Mengangkat Beban dan Olahraga Berat

Cara pertama bisa dengan menghindari kegiatan yang mengharuskan untuk mengangkat beban terlalu berat. Alasannya karena kegiatan tersebut memberikan tekanan berat pada semua otot yang tidak semestinya harus bekerja. Termasuk juga menghindari jenis olahraga berat untuk menurunkan risiko penyakit tersebut.

2. Memperbanyak Istirahat dan Kompres Hangat Dingin

Cara kedua, jika tidak terlalu parah gejala tersebut bisa sembuh dengan sendirinya melalui istirahat cukup. Tidur cukup sesuai anjuran waktu selama 8 jam perhari atau lebih bila dibutuhkan serta hindari aktivitas begadang. Kemudian, bisa dengan memberikan kompres air dingin atau hangat bergantian di daerah sakitnya.

Manfaatnya adalah air dingin mampu meredakan segala rasa sakit nyeri yang terkena dalam area tertentunya. Sementara air hangatnya akan memperlancarkan aliran darah dan mengurangi tekanannya.

3. Mendatangi Dokter Medis atau Fisioterapi

Setelah memahami Ciri-Ciri Saraf Kejepit, langkah yang bisa dilakukan bila sudah parah adalah berobat secara medis. Mengikuti anjuran dokter termasuk dalam pemberian obat pereda nyeri sesuai resep dokternya. Selain itu juga bisa dengan menggunakan terapi maupun fisioterapi untuk menguatkan otot.

Fisioterapi sangat bagus menyembuhkan penyakit ini sesegera mungkin dengan rutin secara terus menerus. Tentu harus memilihnya dengan terapis yang sudah berpengalaman dan teruji bagus.

4. Menghindari Daging Olahan, Mentega dan Pemanis Buatan

Langkah terakhir adalah dari segi makanan, terdapat beberapa pantangan jenis makanan yang harus dihindari. Makanan jenis daging olahan banyak mengandung nitrit tinggi atau garam tinggi akan memberikan efek buruk bagi tubuh. Selain itu, makanan mengandung lemak trans, seperti mentega memiliki kalori tinggi.

Kalori tinggi akan menyebabkan kenaikan berat badan secara terus menerus serta memperburuk keadaan. Untuk itu lebih baik menghindarinya sedari awal untuk menjaga kesehatan seluruh organ tubuh.

Selain itu, jika sangat parah sangat menganjurkan untuk melakukan fisioterapi dengan terapis handal dan terpercaya. Terdapat tempat fisioterapi sangat handal dan bagus seperti Fisiohome, jika ingin memakai atau mendatanginya bisa menghubungi nomor +62 882-9874-5399.

Beberapa cara pengobatan tersebut bisa dilakukan secara perlahan untuk mendapatkan hasil terbaik. Adanya informasi berisi Ciri – Ciri Saraf Kejepit berguna sebagai langkah awal pencegahan maupun mengatasi sejak awal.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan