Fisiohome

Mengenal Tentang Fisioterapi Penting Diketahui

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Bicara soal kesehatan, tentu Anda harus tahu serba-serbi tentang fisioterapi. Sederhananya, fisioterapi merupakan bentuk tindakan rehabilitasi fisik di mana digunakan untuk memperbaiki adanya keterbatasan pada fisik.

Fisioterapi dapat diberikan kepada pasien dari semua rentang usia dengan berbagai macam tujuan, seperti membantu pasien mempersiapkan diri untuk berolahraga, melakukan persalinan, dan meredakan sakit punggung.

Fisioterapi dilakukan untuk membantu tubuh kembali berfungsi normal setelah terkena penyakit atau cedera. Ini dapat membantu mengurangi efek penyakit atau cedera yang bertahan lama pada tubuh.

Mengenal Lebih Dekat Serba-Serbi Tentang Fisioterapi

Menurut Chartered Society of Physiotherapy, fisioterapi adalah jenis perawatan kesehatan yang berfokus pada memaksimalkan fungsi dan gerakan manusia. Ini mencakup identifikasi, peluang gerakan, pencegahan, pengobatan dan intervensi, dan habilitasi dan rehabilitasi.

Dalam kenyataannya, tindakan ini dapat membantu pemulihan gerakan dan fungsi seseorang setelah mengalami kecacatan, cedera, atau penyakit. Selain itu, fisioterapi dapat menurunkan risiko cedera atau penyakit di masa mendatang.

Dibutuhkan juga pendekatan holistic di mana hal tersebut akan melibatkan pasien secara langsung selama perawatan. Terapis fisik (PT) adalah orang yang melakukan fisioterapi. Nanti mereka yang akan menangani jaringan lunak, sendi, dan tulang, serta sistem kardiovaskular dan pernapasan.

Tindakan fisioterapi bertujuan untuk menjaga kekuatan dan kelenturan pada otot setelah stroke maupun patah tulang. Fisioterapi bermanfaat karena selain membantu pemulihan fisik, itu juga membantu mengurangi kemungkinan cedera yang berkelanjutan.

Setelah mengetahui serba-serbi tentang fisioterapi itu sendiri, lantas tahukah Anda bagaimana prosedur pelaksanaan yang dilakukan? Penting untuk diingat, semua kondisi pasien memengaruhi hasil fisioterapi selama rehabilitasi. Adapun beberapa prosedur umum yang dilakukan selama fisioterapi yaitu sebagai berikut:

1. Tahapan Persiapan

Sebelum fisioterapi dimulai, dokter akan memeriksa kondisi pasien. Dengan demikian, dokter dapat menentukan metode yang paling sesuai dengan kebutuhan pasien. Dokter juga akan membahas hasil akhir, risiko, dan keuntungan.

Untuk memudahkan dokter melakukan pemeriksaan, pasien disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan longgar saat hendak memulai proses fisioterapi. Lewat prosedur pertama ini, kemudian pasien dapat melanjutkan ke prosedur selanjutnya.

2. Tindakan Pelaksanaan

Setelah pemeriksaan, dokter akan menentukan metode fisioterapi yang paling sesuai untuk pasien. Sesi fisioterapi mungkin berbeda untuk setiap pasien, tetapi biasanya berlangsung antara 30 dan 60 menit. Ada beberapa pendekatan utama yang digunakan dalam fisioterapi, antara lain:

• Terapi Manual

Bentuk tindakan pada terapi manual masih menggunakan tangan. Dengan menggunakan tangan ini, pasien akan dipijat pada bagian tubuh yang mengalami masalah. Melancarkan aliran darah, meningkatkan kemampuan gerak tubuh, mengurangi nyeri, dan membuat tubuh lebih santai adalah beberapa manfaat fisioterapi.

• Edukasi dan Saran

Serba-serbi tentang fisioterapi yang menggunakan pendidikan untuk mendorong orang untuk menerapkan gaya hidup sehat, yang mencakup berolahraga secara teratur. Selain itu, fisioterapis akan memberi pasien saran dan penjelasan tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan untuk menghindari cedera yang lebih lama.

• Latihan Fisik dan Pergerakan

Metode ini merupakan cara yang tak jarang dilakukan di dalam air. Untuk bisa melakukan prosedur ini, tentunya pasien memerlukan bantuan peralatan. Pasien selalu akan didampingi oleh fisioterapis selama sesi latihan pergerakan, tetapi terkadang juga disarankan beberapa latihan di rumah.

Fisioterapi dapat membantu pasien pulih dengan metode lain selain tiga metode di atas. Adapun metode tersebut yaitu terapi ultrasound, atau gelombang suara frekuensi tinggi, mengaktifkan aktivitas sel untuk memperbaiki kerusakan jaringan dalam.

TENS adalah teknik yang dimaksudkan untuk memberi sinyal ke bagian yang sakit untuk meringankan nyeri. Lebih lengkapnya, Anda bisa coba mempelajari serba-serbi tentang fisioterapi di Fisiohome.

3. Tindakan Pasca Fisioterapi

Pasien akan menemui dokter setelah sesi fisioterapi untuk menilai kemajuan mereka dan melakukan evaluasi. Dokter akan memberikan rekomendasi tentang hal-hal yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.

Untuk mempercepat pemulihan mereka atau mencegah kekambuhan akibat cedera, pasien dapat mengikuti saran dan latihan di rumah yang tidak memerlukan pengawasan. Meski tidak diperlukan pengawasan, pasien tentu harus senantiasa berhati-hati.

Serba-Serbi Tentang Fisioterapi Mengenai Biaya yang Dibutuhkan

Biaya fisioterapi berbeda-beda tergantung pada fasilitas kesehatan mana yang Anda pilih dan seberapa parah kondisi Anda. Selain itu, biaya juga berbeda-beda tergantung pada tujuan dan seberapa parah kondisi Anda.

Kisaran biaya terendah untuk fisioterapi adalah kira-kira masih dalam puluhan ribu. Namun, kisaran acuan mungkin berubah-ubah. Selain itu, perlu diketahui bahwa BPJS Kesehatan memberikan biaya untuk beberapa jenis fisioterapi.

Jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan jasa Fisiohome sebelum melakukan fisioterapi. Meski ditanggung oleh BPJS, namun perlu diingat jika biaya regular untuk fisioterapi sangatlah mahal.

Serba-Serbi Tentang Fisioterapi Mengenai Peralatan yang Digunakan

Fisioterapi yang dilakukan di klinik tentunya menggunakan beberapa peralatan khusus. Jika Anda tidak menerima alat terapi yang sama dengan pasien lainnya, jangan protes. Secara umum, alat terapi akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasien.

Bagi Anda yang ingin mengetahui serba-serbi tentang fisioterapi dan jenis peralatan apa saja yang dibutuhkan, Anda bisa coba menyimaknya di bawah ini. Penting untuk diingat sekali, peralatan yang digunakan di bawah akan disesuaikan dengan kebutuhan pasien itu sendiri.

1. Meja Perawatan

Meja perawatan ini berbeda dari meja biasa karena memungkinkan pasien duduk atau berbaring dengan nyaman selama perawatan. Pasien dengan berat badan berlebih dapat duduk di meja perawatan yang kokoh ini.

Selain itu, meja memiliki bantalan di ujungnya untuk mengurangi tekanan ketika pasien duduk atau berbaring di atasnya dalam jangka waktu yang lama. Untuk mengetahui serba-serbi tentang fisioterapi lebih lanjut, Anda bisa coba mengubungi layanan Fisiohome.

2. Ultrasonografi

Peralatan ultrasonografi banyak digunakan dalam terapi fisik. Teknologi ultrasonik digunakan untuk mengobati berbagai jenis cedera dan peralatan penglihatan. Ini dapat membantu terapis menemukan aliran yang tidak lancar, area otot dan sendi yang tegang, keretakan, atau retak di bawah kulit.

Dalam jurnal yang berjudul Clinical Performance Assessment Tools in Physiotherapy Practice Education, dijelaskan beberapa manfaat ultrasonografi di antaranya untuk mengobati kontraktur pada sendi, keseleo dan cedera ligament, serta bahu yang membeku.

3. Isokinetik

Perangkat isokinetik membantu pasien mengembalikan kekuatan atau pemulihan setelah kecelakaan yang menyebabkan hilangnya massa dan pertumbuhan otot. Dengan perawatan yang rutin di Fisiohome, bisa dipastikan pasien akan mendapatkan hasil maksimal dalam beberapa minggu saja.

Untuk mengetahui detail lengkap layanan dan perawatan yang diberikan, Anda dapat coba menghubungi jasa kami. Untuk masalah kesehatan Anda, jangan pernah ragu untuk memilih layanan terbaik pastikan untuk selalu memilih Fisiohome.

4. Stimulasi Otot Listrik

Pada pasien yang mengalami kecelakaan atau cedera parah, stimulasi otot listrik biasanya digunakan untuk melawan atrofi otot dan meningkatkan pertumbuhan otot. Stimulasi otot listrik merupakan salah satu alat yang sangat penting bagi Anda yang ingin tahu serba-serbi tentang fisioterapi.

Dengan menggunakan peralatan stimulasi listrik, seorang ahli fisioterapi dapat membantu mengembalikan kekuatan dan nada dasar otot yang tidak aktif atau rusak parah karena kecelakaan. Karena kelemahan ekstrim pada kelompok otot tertentu, perangkat ini biasanya digunakan pada tahap awal terapi fisik.

5. Sepeda Latihan

Sebagian besar tempat terapi fisik modern memiliki sepeda latihan. Cara terbaik untuk membantu pasien pulih dengan cepat setelah terapi kaki, tungkai, dan pergelangan kaki. Alat ini juga membantu meningkatkan kekuatan dan stamina di seluruh tungkai.

Demikian beberapa daftar peralatan yang digunakan ketika akan melakukan tindakan fisioterapi. Untuk mendapatkan layanan dan jaminan hasil terbaik, maka gunakan Fisiohome untuk mengetahui serba-serbi tentang fisioterapi lebih lanjut segera hubungi kami melalui +62 882-9874-5399.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan