Nyeri Sendi Pada Tangan, Apa Rasanya dan Bagaimana Solusinya?

Nyeri sendi pada tangan tentu saja adalah masalah yang sangat membuat Anda frustasi, dan ini apalagi terjadi pada tangan Anda, anggota badan yang paling sering digerakkan. Ini akan langsung membuat Anda kehilangan rasa percaya diri dan membuat aktivitas menjadi sulit.

Namun, apakah Anda tahu apa yang sebenarnya menyebabkan masalah ini? Dan Anda juga perlu tahu apakah ini adalah kondisi yang nyata atau hanya sebuah gejala dari sesuatu yang mungkin lebih berbahaya. Dan kami hanya akan mengatakan kalau ini hal yang berbahaya.

Pada dasarnya, banyak kondisi yang bisa menyebabkan kondisi nyeri ini. Tetapi tidak semua dari ini akan memberikan dampak pada sendi Anda dalam satu waktu. Kondisi kesehatan akan terpengaruhi, secara jelas, ini akan membuat Anda langsung mencari apa solusi terbaiknya.

Gejala dari nyeri sendi di jari atau di seluruh tangan ini termasuk dengan rasa sakit, kaku, dan timbulnya keringat berlebihan. Nyeri sendi juga adalah kondisi yang berbahaya dan tidak bisa dibiarkan terlalu lama. Untuk itu, kami akan membahas bagaimana solusi akan hal ini juga.

Seperti Apa Rasa Nyeri Sendi pada Tangan dan Bagaimana Gejala yang Timbul?

Banyak yang menanyakan seperti apa sebenarnya rasa nyeri sendi ini. Yang bisa kami sampaikan adalah Anda akan mengalami sesuatu yang tidak biasa, terlebih di tangan, kaki, paha, dan juga area otot lain. Ini bisa terjadi secara konstan atau terjadi hanya untuk sesaat.

Tetapi satu hal yang akan pasti terjadi adalah Anda akan merasakan kalau ini menghambat pekerjaan Anda dengan signifikan. Anda akan terlalu berfokus pada rasa nyeri sendi pada tangan itu ketimbang pekerjaan Anda nantinya, terlebih karena semua gejala yang satu ini:

1. Kesakitan

Semua orang yang mengalami rasa nyeri sendi ini akan menerima rasa sakit yang luar biasa. Ini sudah tidak bisa diabaikan lagi, dan bahkan Anda bisa terlalu fokus pada hal ini ketimbang pekerjaan lain. Jadi, sebaiknya jangan sampai alami nyeri sendi ini.

2. Pembengkakan

Anda juga akan melihat bagian tangan yang mengalami pembengkakan. Ini terjadi juga karena ada bagian otot dan urat yang diserang rasa nyeri. Aliran darah yang tidak mengalir dengan lancar juga bisa menyebabkan pembengkakan yang terjadi itu.

3. Kaku

Apakah Anda merasakan kalau tangan Anda sudah lebih kaku dari biasanya? Untuk itu, Anda bisa menyadari kalau nyeri sendi sudah menyerang Anda. Rasa kaku ini biasanya tahan untuk waktu yang cukup lama, sehingga Anda butuh penanganan segera.

4. Pembengkokan Sendi Tengah

Dengan terjadi pembengkokan sendi tengah, ini bisa menjadi tanda sudah terjadi nyeri sendi juga. Pembengkokan sendi tengah ini bisa disebabkan oleh banyak hal, dan ini tidak bisa Anda sepelekan. Cari latihan dan aktivitas yang bisa sembuhkan hal ini.

5. Mati Rasa dan Sensasi Kesemutan

Mengalami mati rasa atau tangan terlalu sering kesemutan? Kalau ini yang terjadi, ini sudah bisa dipastikan kalau Anda sudah mengalami nyeri sendi pada tangan yang tidak ditangani untuk waktu lama. Coba cari obat yang bisa sembuhkan semua hal itu.

Penyebab Rasa Nyeri Sendi pada Tangan

Apakah Anda sekarang sibuk mencari apa yang bisa menyebabkan rasa nyeri sendi pada tangan? Seperti yang kami sampaikan di atas, ada banyak hal yang bisa jadi penyebab utama hal ini. Anda jelas tidak bisa abaikan semua ini, harus segera cari solusi penanganan itu.

Namun, pencegahan tentunya lebih bagus ketimbang pengobatan, bukan? Maka dari itu, yang akan kami jelaskan di bawah ini adalah paparan mengenai apa saja yang bisa menyebabkan rasa nyeri sendi di jari atau tangan Anda. Dan dari penyebab ini, Anda bisa cari pencegahan:

1. Encok

2. Infeksi

3. Tendinitis

4. Sindrom Karpal Tangan

5. Lupus

6. Cedera

7. Flu

8. Kondisi Auto-imun

9. Covid-19

Cara Mengatasi Nyeri Sendi Pada Tangan

Tenang saja, ini tetap bisa disembuhkan, dan ada banyak opsi yang bisa Anda pilih. Memang mungkin tidak ada obat yang dapat sepenuhnya menyembuhkan dan menghilangkan rasa sakit dari nyeri sendi pada tangan, tetapi ada latihan untuk membawa kelegaan langsung.

Terkadang, rasa sakit itu bisa hilang dengan melakukan beberapa kegiatan sederhana sehari-hari. Di lain waktu, rasa sakit ini juga menjadi pertanda kalau Anda harus cari opsi penyembuhan lain. Untuk mengatasi rasa nyeri sendi ini adalah:

1. Penanganan Simpel di Rumah

Penanganan dan perawatan simpel di rumah seperti mengoleskan bantal pemanas dan es pada area yang merasakan rasa nyeri itu sangat kami rekomendasikan. Anda perlu melakukan ini untuk beberapa kali sehari, cukup dengan waktu yang singkat saja.

2. Latihan Jari

Olahraga juga dapat membantu Anda mendapatkan fungsi kembali dari jari. Anda bisa menjalankan latihan jari seperti stretching atau cukup dengan latihan aerobik. Tetapi untuk rasa nyeri sendi pada tangan, tidak direkomendasikan untuk latihan berat.

3. Kurangi Berat Badan

Ini juga bisa diatasi dengan Anda mengurangi berat badan. Berat badan yang terlalu tinggi akan membuat aliran darah yang mengalir ke otot tidak lancar. Jadi, ini adalah salah satu cara juga yang dapat kami rekomendasikan untuk mengatasi semua itu.

4. Obat Jenis Ibuprofen

Obat jenis ibuprofen adalah jenis obat anti inflamasi dan dijamin dapat meringankan rasa sakit. Obat ini tersedia tanpa resep, tetapi untuk dosis yang kuat bakal butuh surat rekomendasi dokter. Ini adalah jenis obat pereda sakit, terutama untuk rasa nyeri.

5. Suplemen Makanan

Anda tentu saja pernah mendengar tentang suplemen makanan, bukan? Tahukah Anda kalau ini dapat menjadi solusi untuk nyeri sendi pada tangan juga? Kandungan di dalam suplemen makanan biasanya penuh dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

6. Terapi Fisik

Terapi fisik adalah program kebugaran yang dijalankan dengan cara meringankan rasa sakit dan meningkatkan fleksibilitas. Ini adalah program kebugaran yang secara efektif meredakan rasa sakit. Jadi, Anda tidak perlu merasa terlalu sakit lagi oleh nyeri itu.

7. Antidepressant

Antidepresan yang diresepkan oleh dokter itu adalah untuk membantu meningkatkan kualitas tidur pasien yang menderita nyeri sendi. Ini baru boleh diminum ketika rasa nyeri itu sudah tidak tertahan dan ingin beristirahat, sehingga harus resep dokter.

Untuk semua rasa nyeri sendi tersebut, yang paling efektif adalah dengan mengikuti program terapi yang disediakan oleh Fisiohome. Fisioterapis bisa datang ke rumah Anda juga. Untuk itu, Anda bisa langsung hubungi kami melalui nomor ini +62 882 9874 5399 untuk reservasi atau konsultasi dengan yang sedang Anda rasakan.

Ada berbagai macam program yang bisa diikuti untuk meredakan rasa nyeri terutama pada tangan. Tetapi menurut kami, terapi adalah langkah yang paling efektif. Namun, jika Anda masih bisa menahan semua rasa sakit itu, ada beberapa program latihan untuk redakan nyeri sendi pada tangan sesaat.

Ingin Mencoba Metode Fisioterapi Bekasi? Siapkan 5 Hal Ini

Terapi fisik atau fisioterapi Bekasi merupakan salah satu metode untuk memeriksa, menangani, dan mengevaluasi seseorang dengan masalah kesehatan tertentu. Tindakan medis ini dapat mengatasi keterbatasan

Trauma Berat? Gunakan Fisioterapi Depok, Rasakan Manfaatnya

Fisioterapi Depok merupakan salah satu metode terbaik untuk menyembuhkan penyakit, cedera, atau permasalahan kebugaran fisik. Jika Anda ingin menggunakan layanan terapi fisik, tentunya harus mengetahui