Fisiohome

Pengertian Kinesiology Tapping, Cara Kerja dan Manfaatnya

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Kinesiology Tapping atau Kinesio Tape, merupakan salah satu cara mengurangi rasa sakit pada tubuh dengan melilitkan pita perekat khusus. Umumnya, sering sekali diterapkan oleh para atlet olimpiade.

Kinesio Tape mungkin memang masih terdengar asing di telinga masyarakat, namun Anda juga sudah pasti pernah melihatnya pada beberapa kesempatan. Bagian tubuh yang rekat biasanya lutut, bahu dan punggung.

Selain mengurangi rasa sakit, Kinesio Tape juga bisa menghambat pembengkakan serta meningkatkan kinerja gerak tubuh selama latihan. Perekat ini memiliki banyak variasi warna dengan dua jenis bahan yaitu sintetis dan katun.

Jenis dari kedua perekat itu dibuat bukan tanpa alasan, tetapi memiliki fungsinya masing-masing. Untuk berbahan dasar katun, teksturnya lebih lembut, dan hanya digunakan jika membutuhkan pendukung ringan. Tidak akan direkatkan ke tubuh dalam waktu lama, umumnya 1 hingga 3 hari.

Bahan katun sangat cocok digunakan untuk atlet yang memiliki permasalahan kulit sensitif. Sedangkan perekat berbahan dasar sintetis jauh lebih kaku dengan fungsi meningkatkan kinerja otot dan sendi.

Lalu bagaimana kerja dari perekat khusus tersebut? Kami akan menjelaskannya dengan rinci pada tulisan ini.

Apa Fungsi Utama Kinesiology Tapping?

Kinesiology Tapping secara umum, dikenal dengan perekat khusus dengan tekstur elastis serta lembut, dan penggunaannya direkatkan pada kulit. Fungsi utamanya mendukung pemulihan tubuh serta mengurangi nyeri selama berlatih bagi para atlet.

Jangan khawatir karena perekat ini tidak akan mengganggu apalagi membatasi gerak para atlet, baik saat berolah raga dan beraktivitas sehari-hati. Kinesio Tape juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai penstabil otot serta persendian.

Meski begitu, ini bukanlah alternatif yang menggeser pengobatan penting apabila kondisi atlet membutuhkan penanganan serius. Sehingga, tidak boleh mengabaikan metode istirahat yang cukup, es, terapi fisik atau tradisional.

Lebih baik dan dapat menjadi solusi tepat, apabila Kinesio Tape digunakan bersamaan dengan terapi metode pendukun lainnya.

Cara Kerja dari Kinesiology Tapping

Cara kerja dari perekat ini juga cukup simpel untuk dipahami, apalagi mudah digunakan. Menjadi salah satu dukungan sendi terbesar bagi para atlet, perekat tersebut sudah dirancang agar bisa langsung merekat atau menempel dan menopang sendi saat mulai bergerak.

Dengan cara Kinesiology Tapping juga bukan berarti akan menstabilkan sendi secara menyeluruh, namun dapat menjadi alat yang berguna bagi sebagian para atlet bila mengalami cedera ringan atau kelelahan.

Sebagai pemahaman umum, pita perekat tersebut meningkatkan dua aliran dalam tubuh, yaitu darah dan cairan limfatik. Sehingga mengantarkan oksigen ke area yang direkatkan pita lebih mudah terjangkau.

Peradangan sendi dan otot bisa dihindari, dicegah bahkan dibatasi dengan memulihkan pergerakan getah bening. Mencegah penggumpalan cairan dengan perekat itu.

Tidak lupa juga, jika Kineseo Tape dapat meningkatkan kinerja gerak atlektik, juga sangat berhubungan erat dengan aspek pemulihan. Tentu saja akan jauh lebih leluasa dan meminimalkan risiko cedera parah atlet jika masih ingin beraktivitas lama.

Terlebih, kestabilan ekstra muncul saat lapisan penyangga itu mampu mendukung gerak tubuh. Area tubuh yang sering kali direkatkan pita perekat ini, selain bahu, punggung dan lutut, adalah siku, paha belakang, tulang kering, betis serta pergelangan tangan.

Manfaat Menggunakan Kinesiology Tapping

Selain beberapa fungsi utama Kinesiology Tapping di atas, Kami akan menambahkan manfaat lainnya, seperti berikut :

1. Meningkatkan sirkulasi di dalam tubuh dan menurunkan kemungkinan peradangan sendi atau otot, Kinesio Tape membantu mendorong pemulihan lebih cepat karena membantu menyalurkan darah beroksigen serta cairan limfatik secara efisien.

2. Penyangga dan pemberi dukungan pada otot, serta membentuk postur tubuh yang baik. Merekatkan pita perekat pada area yang benar dapat menopang lembut tubuh hingga postur menjadi tepat.

3. Melindungi dari kram, konstraksi berlebihan, kelelahan, serta peningkatan ekstensi.

4. Tidak menyebabkan ketergantungan pada penggunanya, pita perekat khusus ini sukses menjadi alat bantu untuk dukungan stabilitas serta pendorong pegingkatan kinerja atlet lebih tinggi.

5. Mengurangi rasa nyeri pada area yang mengalami cedera ringan hingga sedang.

6. Alat dukung sistem analgesic endogen, sehingga proses pemulihan lebih cepat dan mekanisme penyembuhan tubuh sendiri baik.

Kinesio Tape dapat digunakan pada atlet atau non-atlet dengan kondisi sebagai berikut :

1. Seseorang yang mengalami nyeri sendi, atau cedera sendi, otot, tendon serta sedang dalam tahap pemulihan akibat kecelakaan.

2. Seseorang yang memiliki kebiasaan tidur buruk, sehingga menciptakan postur tubuh sama buruknya.

3. Pita perekat sangat berguna untuk digunakan seorang yang memiliki aktivitas duduk lama, terutama di depan meja kerja dan setiap harinya. Atau beberapa orang yang jarang sekali bergerak atau banyak menetap.

4. Membantu seseorang yang memiliki profesi melibatkan fisik hingga beban jauh lebih berat dari tubuh. Atau pekerjaan yang mengharuskan melakukan banyak gerakan berulang, semisal, pekerja pabrik, pekerja bangunan, mekanik, penambang, tukang kebun, dan lain-lain.

5. Atlet yang sedang dalam masa aktif tanpa adanya niatan hiatus untuk beberapa masa ke depan, sehingga secara fisik harus kuat, diantaranya, pelari, pengendara sepeda, dan olahragawan lainnya.

Kondisi Dilarang Menggunakan Kinesiology Tapping

Meski Kinesiology Tapping aman digunakan dan sangat bermanfaat, tetap saja ada kondisi di mana seseorang tidak boleh menggunakannya, seperti berikut :

1. Memiliki luka terbuka, jika menggunakan Kinesio Tape dikhawatirkan akan terjadi infeksi.

2. Kanker aktif, karena dapat meningkatkan pertumbuhan selnya dan justru akan semakin berbahaya untuk tubuh.

3. Seseorang dengan riwayat diabetes, karena sensasi atau efektifitasnya mudah berkurang.

4. Alergi pada bahan dasar dari pita perekat ini juga sebaiknya jangan digunakan.

5. Kulit rapuh dapat menjadi gangguan lain yang diperparah jika menggunakan pita perekat ini, dan mungkin saja terjadi perobekan kulit.

6. Trombosis vena dalam juga cukup berbahaya, karena fungsi perekatnya untuk mengalirkan cairan secara lancar, maka nanti dikhawatirkan akan menyebabkan gumpalan darah.

7. Meningkatkan cairan mengalir di dalam tubuh akan sangat berbahaya bagi seseorang yang baru melakukan pengangkatan kelenjar getah bening.

Mitra Pengobatan Terbaik untuk Cedera dan Rehabilitas

Menggunakan Kinesiology Tapping menjadi salah satu alternatif untuk dapat mengurangi rasa sakit pada area gerak tubuh dan sekitarnya. Namun, bagi beberapa kasus yang membutuhkan penanganan serius tentu saja tidak bisa dengan hanya menggunakan cara tersebut.

Jika Anda mengalami cedera atau permasalahan seputarnya, Mitra Fisiohome siap melayani dengan pelayanan terbaik. Di awal, calon pasien sudah diberikan kemudahan untuk bisa mendatangkan langsung terapis ke tempat sesuai keinginan.

Hal ini dikarenakan, Fisiohome memiliki 350+ terapis professional tersebar di seluruh Indonesia. Tidak perlu lagi ada drama menunggu dengan antrian panjang yang melelahkan.

Selain itu, pasien akan mendapatkan pelayanan intens dengan dibantu oleh layanan Customer Care yang akan memantau perkembangan kesehatan setiap saatnya.

Satu keunggulan lainya lagi, Fisiohome memberikan kebebasan Anda untuk bisa membayar cicilan, sehingga tidak akan memberatkan pasien atau keluarga. Ditambah segala harga sudah fix dan begitu transparan.

Cara mendaftarnya sangatlah mudah, cukup menghubungi ke nomor 0882-9874-5399 untuk segera mendapatkan pelayanan terbaiknya. Tulisan mengenai Kinesiology Tapping ini diharapkan dapat menambah pemahaman Anda tentang seputarnya.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Konsultasi Fisioterapis yang Wajib Orang Tua Lakukan

Tahapan konsultasi fisioterapis nampaknya menjadi aspek penting yang perlu untuk orang tua lakukan ketika hendak menggunakan jasa tersebut untuk menangani berbagai masalah yang dihadapi oleh

Fisioterapi

Low Back Pain Menjadi Pengobatan yang Efektif

Fisioterapi low back pain menjadi salah satu pengobatan untuk mengatasi sakit punggung bagian bawah. Cara ini terbukti efektif untuk mengatasi rasa nyeri atau perasaan tidak

Kesehatan

Penyakit Sendi Arthritis dan Pentingnya Fisioterapi

Tidak setiap orang mengetahui betapa menyiksanya penyakit sendi arthritis ketika sedang kambuh. Tidak berlebihan jika menyebut penyakit ini membuat seseorang tidak bisa beraktivitas secara normal.

Fisioterapi

Gangguan Neurologis dengan Fisioterapi yang Rutin

Perawatan gangguan neurologis dibutuhkan untuk membantu meredakan gejala dan penyakit lainnya timbul. Neurologi merupakan salah satu bidang dalam kedokteran yang mempelajari sistem saraf manusia, termasuk

Fisioterapi

Perawatan Fisioterapi dan Bidang Pengobatannya

Bicara fisioterapi, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu prosedur perawatan fisioterapi. Fisioterapi secara umum merupakan suatu tindakan rehabilitasi fisik di mana bertujuan untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan