Pengobatan Sindrom Carpal Tunnel Menggunakan Fisioterapi

Sindrom Carpal Tunnel adalah salah satu gangguan saraf median yang terjadi pada pergelangan tangan. Disebut dengan carpal tunnel karena saraf median yang terganggu merupakan saraf yang terletak pada struktur pergelangan tangan yang bentuknya seperti terowongan carpal.

Saraf tersebut tertekan dan berpindah tempat sehingga menimbulkan penyakit ini. Anda bisa memahami bahwa penyakit ini cukup umum terjadi, terutama pada orang yang pekerjaannya sering melibatkan gerakan pada pergelangan tangan secara terus menerus.

Itu sebabnya penderita Sindrom Carpal Tunnel kebanyakan adalah orang yang terbiasa menulis, mengetik, menggunakan alat pembersih dan sejenisnya. Penyakit ini biasanya mudah dikenali dan membutuhkan penanganan cepat, karena penanganan lambat membuatnya semakin parah.

Salah satu cara penanganan yang paling tepat adalah menggunakan fisioterapi. Banyak orang yang menggunakan penanganan fisioterapi jika mengalami masalah pada pergelangan tangan tersebut. Namun sebelum memahami penanganannya, pahami dulu faktor dan gejala berikut.

Faktor Penyebab Sindrom Carpal Tunnel

Penyakit ini tentu saja memiliki beberapa faktor penyebab yang harus diketahui. Sehingga Anda bisa menghindarinya sebelum penyakitnya menyerang. Berikut adalah beberapa faktor penyebab carpal tunnel yang harus diwaspadai.

1. Cedera bagian pergelangan tangan

Faktor penyebab paling utama adalah cedera di bagian pergelangan tangan. Cedera ini bisa jadi karena kecelakaan dan sejenisnya yang membuat pergelangan tangan kaku. Misalnya cedera pergelangan tangan di tempat kerja, tidak sengaja terjatuh, atau mengalami kecelakaan mobil.

Cedera di bagian pergelangan ini juga bisa terjadi karena terlalu sering melalukan gerak pergelangan tangan secara berulang – ulang. Misalnya jika Anda terlalu sering menulis atau mengetik, maka bisa saja pergelangan tangan cedera dan menyebabkan Sindrom Carpal Tunnel.

2. Obesitas

Obesitas juga bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya. Obesitas atau kelebihan berat badan memang sering menjadi sumber berbagai jenis penyakit. Hal ini karena terlalu gemuk atau kelebihan lemak menyebabkan banyak saraf terganggu, bahkan dapat melemahkan tulang.

Itu sebabnya penderita obesitas sangat mudah terkena penyakit di pergelangan tangan. Apalagi jika orang yang mengalami obesitas tersebut adalah Wanita. Sejauh ini, mayoritas penderita gangguan di pergelangan tangan adalah Wanita, sehingga Wanita seharusnya lebih hati – hati.

3. Perubahan hormon

Perubahan hormon juga bisa menjadi faktor penyebabnya, misalnya perubahan hormon yang terjadi pada Wanita hamil atau sedang datang bulan. Perubahan hormon pada Wanita hamil adalah faktor penyebab yang sangat berisiko menimbulkan penyakit pada pergelangan tangan.

Meskipun sulit menjaga perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh, namun Anda bisa mengatasi masalah ini dengan lebih merilekskan diri sendiri. Jika Anda sedang hamil dan tidak ingin berisiko terkena Sindrom Carpal Tunnel, sebaiknya kurangi stress atau kegiatan berat.

4. Gangguan musculoskeletal

Penyebab lainnya adalah gangguan musculoskeletal atau gangguan pada saraf, tendon atau otot manusia. Gangguan musculoskeletal di bagian selain tangan memang dapat menyebar dan menyebabkan sindrom ini. Jadi cara terbaik mencegahnya adalah dengan melaksanakan terapi.

Gangguan musculoskeletal juga sangat mudah dikenali, yaitu terasa sangat sakit di bagian otot tertentu, terasa kaku atau bahkan mati rasa. Jika Anda juga mengalami gejala seperti ini, jangan sampai diabaikan karena dapat menyebabkan penyakit musculoskeletal di bagian tubuh lainnya.

5. Penyakit kronis lainnya

Juga terdapat beberapa penyakit kronis yang bisa menjadi penyebab Sindrom Carpal Tunnel. Penyakit kronis tersebut adalah reumatik atau diabetes. Jika Anda mengalami salah satu dari penyakit kronis tersebut, sebaiknya lebih waspada agar tidak mudah terkena penyakit ini.

Kekurangan tiroid juga bisa menjadi faktor penyebabnya. Cara terbaik untuk menghindari penyebab penyakit kronis ini adalah dengan menjaga kesehatan tubuh sebaik mungkin. Lebih baik lagi jika Anda bisa menjaga pola makan dan pola hidup agar lebih sehat ke depannya.

Jika ada beberapa faktor penyebab yang tidak bisa dihindari, maka mungkin saja risiko Anda terkena penyakit tersebut cukup besar. Namun jangan khawatir karena penyakit ini mudah dikenali dari beberapa gejala umumnya.

Gejala Umum Sindrom Carpal Tunnel

Ada beberapa gejala umum yang sangat mudah dikenali, sehingga penderita gangguan musculoskeletal pada bagian tangan dapat menyadari jenis penyakitnya. Berikut adalah beberapa gejala umum tersebut.

1. Sering kesemutan di bagian tangan

Gejala umumnya adalah sering kesemutan di bagian tangan. Biasanya kesemutan terjadi akibat peredaran darah kurang lancar. Misalnya saat Anda menekan bagian tangan terlalu lama, posisi tangan kurang benar saat tidur, atau karena gejala penyakit lain yang menyebabkan kesemutan.

Namun jika Anda tidak merasa memiliki penyakit lain yang menyebabkan kesemutan, maka harus dicurigai bahwa penyebab kesemutan tersebut adalah karena carpal tunnel. Jika kesemutan tidak wajar karena terlalu sering atau mati rasa, sebaiknya cepat jalani terapi.

2. Kesulitan memegang sesuatu

Gejala umum Sindrom Carpal Tunnel lainnya adalah kesulitan memegang sesuatu. Hal ini karena carpel tunnel menyebabkan bagian jari – jari tangan jadi tidak terlalu peka. Sehingga sulit mengarahkannya untuk memegang barang atau sesuatu lain yang Anda inginkan.

Kesulitan memegang barang – barang memang menjadi salah satu tanda umum sakit saraf. Selain karena tangan dan jari – jari sudah tidak peka, saraf di dalamnya sudah tidak dapat berfungsi seperti semula, sehingga tangan juga bisa terasa agak lumpuh jika sudah parah.

3. Tangan menjadi lemah

Gejala berikutnya adalah tangan menjadi lemah saat memegang sesuatu. Misalnya ketika memegang pensil yang ringan, rasanya tangan tidak kuat atau terasa pensil tersebut berat. Jika sampai mengalami masalah seperti tangan lemah ini, Anda tidak boleh mengabaikannya lagi.

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala tersebut, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikan apakah memang benar telah mengalami sindrom tersebut. Kemudian segera lakukan tindakan pengobatan agar lebih cepat sembuh, yaitu dengan mengikuti fisioterapi.

Fisioterapi untuk Sindrom Carpal Tunnel

Fisioterapi adalah terapi yang digunakan untuk mengobati seseorang saat mengalami masalah pada saraf dan otot. Fisioterapi sudah banyak digunakan di Indonesia atau di negeri lainnya, karena terapi ini dianggap sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Salah satu penyakit yang bisa disembuhkan dengan fisioterapi adalah Sindrom Carpal Tunnel. Jika Anda mengalami masalah pada pergelangan tangan dan sudah memastikan jenis penyakit pada dokter, maka segera lakukan fisioterapi dengan ahli terpai terbaik.

Salah satu tempat fisioterapi yang terpercaya, terbaik dan bisa selalu diandalkan adalah Fisiohome. Sudah banyak klien yang datang untuk melakukan terapi pasca sakit yang berhubungan dengan saraf dan otot. Semua klien yang datang merasakan sendiri dampaknya.

Fisioterapi di Fisiohome dilaksanakan oleh para ahli terapi yang sudah berpengalaman. Sehingga hasil terapinya tidak perlu diragukan lagi, terutama jika Anda mengikuti jadwal terapi tersebut secara rutin sesuai jadwal.

Jangan ragu untuk mendapatkan terapi perawatan terbaik dari Fisiohome. Anda juga bisa datang untuk menyembuhkan penyakit lain seperti stroke, osteoporosis dan lain sebagainya. Segera hubungi Fisiohome melalui WA +62 882-9874-5399 jika mengalami Sindrom Carpal Tunnel.