Fisiohome

Proses Penyembuhan Tulang yang Terluka dengan Cara Terbaik

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Meskipun tulang merupakan salah satu bagian tubuh paling kuat yang dimiliki oleh manusia, tetapi tulang tetap bisa terluka dan membutuhkan proses penyembuhan tulang yang terluka setelahnya. Untuk Anda yang penasaran bagaimana cara kerjanya, maka Anda bisa menyimak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Jika pada kerangka kendaraan bermotor, tulang adalah bagian menopang mulai dari mesin, roda, dan juga sparepart lainnya. Untuk itu penting bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan tulang mereka agar terhindar dari segala luka atau cedera.

Jika Anda penasaran dengan proses penyembuhan tulang yang terluka dan bagaimana cara mencegah sekaligus merawat kesehatan tulang, maka pembahasan dari kami di bawah ini menjadi jawaban yang tepat untuk Anda.

Tulang Adalah Bagian Tubuh yang Paling Kuat

Seperti sudah kami sebutkan sebelumnya, tulang adalah salah satu bagian tubuh paling kuat dimiliki oleh manusia. Fungsinya yaitu sebagai organ gerak bersama dengan otot yang ada pada setiap bagian tubuh Anda tanpa terkecuali.

Bahkan hampir semua mahkluk hidup didunia ini memiliki tulang sebagai organ gerak mereka. Tanpanya pasti Anda akan kesulitan dalam bergerak dari suatu tempat ke tempat lainnya dan hal tersebut tentunya sangat merepotkan bagi kita semua.

Tulang atau kerangka menjadi topik utama pembahasan proses penyembuhan tulang yang terluka terbuat dari protein dan garam mineral seperti misalnya kalsium fosfat, kalsium karbonat, magnesium fosfat, kalsium florida, dan juga protein sebanyak 30,6%.

Bukan hanya itu saja, kerangka menjadi topik utama pembahasan kali ini memiliki beberapa fakta unik yang mungkin belum Anda ketahui. Salah satunya adalah ketika terlahir Anda akan memiliki 270 kerangka tubuh dan akan berkurang menjadi 206 ketika beranjak dewasa dengan beberapa tulang menyatu.

Selain itu fakta unik kerangka pada pembahasan proses penyembuhan tulang yang terluka lainnya adalah tidak sekuat gigi. Meskipun gigi dan tulang hampir sama, tetapi keduanya tidak bisa disamakan jika dilihat dari bentuk fisik dan karakteristik sifatnya.

Gigi mendapatkan predikat sebagai bagian tubuh paling kuat melebihi kerangka tubuh yang disebabkan karena memiliki lapisan paling luar bernama enamel. Enamel sendiri merupakan bagian tubuh paling kuat yang ada pada manusia.

Meskipun begitu tulang sama saja memiliki kekuatan tidak jauh berbeda dengan gigi. Menariknya lagi jika kerangka tubuh Anda mengalami luka, maka tulang akan memiliki kemampuan unik untuk dapat menyembuhkan sendiri melalui berbagai zat ada pada tubuh.

Proses Penyembuhan Tulang yang Terluka

Meskipun mendapat predikat sebagai salah satu bagian tubuh paling kuat, tulang tetap saja bisa mengalami luka atau cedera. Ada beberapa macam luka mulai dari keretakan, dislokasi, sampai dengan patah yang merupakan salah satu bentuk luka paling menyeramkan.

Sebab ketika kerangka tubuh Anda patah dan harus melalui proses penyembuhan tulang yang terluka, maka besar kemungkinan Anda tidak bisa lagi melakukan hal-hal berat seperti yang biasa dilakukan sebelumnya seperti olahraga, mengangkat benda berat, dan masih banyak lainnya.

Oleh sebab itu untuk menghindari berbagai cedera pada tulang sebaiknya Anda tetap berhati-hati dalam melakukan berbagai hal. Dengan begitu Anda tidak perlu melewati proses penyembuhan kerangka tubuh tentunya bisa menggangu aktivitas Anda.

Tetapi tentunya musibah tidak ada tahu dan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Untuk itu Anda bisa menyimak pembahasan di bawah ini mengenai proses penyembuhan tulang yang terluka.

1. Pendarahan serta peradangan

Hal pertama akan terjadi ketika Anda mengalami cedera pada kerangka tubuh adalah pendarahan dan juga peradangan. Ketika kerangka tubuh mengalami cidera berupa retak atau bahkan patah akan terjadi peradangan dan juga pembekuan darah pada lokasi patah tulang tersebut.

2. Pembentukan jaringan lunak

Proses penyembuhan tulang yang terluka selanjutnya adalah pembentukan jaringan lunak kembali oleh kerangka tubuh. Tahap ini merupakan salah satu proses penyembuhan luka bisa dilakukan sendiri oleh tulang.

3. Tulang menjadi padat kembali dan pembentukan kerangka tubuh kembali

Setelah terjadinya proses pembentukan jaringan lunak kembali, kerangka tubuh akan menjadi padat seperti sedia kala. Sel kalus juga berfungsi untuk membentuk jaringan akan mengisi rongga-rongga masih kosong pada kerangka tubuh dan membuatnya kembali padat dan kerangka tubuh akan kembali terbentuk.

Beberapa Cara Menangani Tulang yang Terluka

Cedera atau luka pada kerangka tubuh bisa menyerang siapa dan kapan saja tanpa adanya peringatan. Bahkan hal ini biasanya akan terjadi pada orang yang aktif dan melakukan banyak aktivitas pada kesehariannya seperti olahraga, dan juga aktivitas fisik lainnya.

Tetapi bukan berarti Anda tidak berolahraga aman dari bahaya cedera kerangka tubuh. Sebab ketika Anda mengalami obesitas maka kalian akan mengalami masalah pada bagian kerangka tubuh sendi yang tidak kuat lagi menopang berat tubuh Anda.

Jika Anda penasaran dengan bagaimana cara menangani kerangka tubuh terluka di dalam pembahasan proses penyembuhan tulang yang terluka, maka Anda bisa menyimak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Gips

Gips merupakan cara paling umum dan wajar dilakukan oleh praktisi kesehatan untuk membantu penyembuhan luka pada orang mengalami retak atau bahkan patah kerangka tubuh. Gips berfungsi untuk menjaga posisi kerangka tubuh agar tetap pada tempatnya dan tidak terjadi banyak pergerakan guna mempercepat proses penyembuhan.

2. Belat atau bidai

Tidak berbeda jauh dengan gips fungsi belat pada pembahasan proses penyembuhan tulang yang terluka adalah untuk mengurangi pergerakan pada kerangka tubuh yang cedera. Namun, belat atau bidai biasa digunakan pada bagian tubuh bengkak di sekitar tulang yang patah.

3. Traksi

Traksi merupakan alat terdiri dari katrol, senar, pemberat, dan rangka logam dipasang diatas tempat tidur. Alat ini berfungsi untuk meregangkan otot dan tendon di sekitar kerangka tubuh yang patah, agar tulang dapat sejajar dan mempercepat proses penyembuhan.

4. Operasi patah tulang

Langkah terakhir perlu ditempuh oleh pasien penderita fraktur dan patah kerangka tubuh adalah operasi. Biasanya ketika operasi kerangka tubuh yang patah akan dipasangi pen atau alat digunakan untuk menyambungkan kembali kerangka patah.

Tips Menjaga Kesehatan Tulang Anda

Untuk mencegah berbagai cedera atau luka terjadi kepada Anda, maka sebaiknya Anda mengetahui tips menjaga kesehatan kerangka tubuh dengan baik. Penasaran apa saja tipsnya? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan berolahraga secara rutin. Tetapi tetap ketahui batasan kemampuan Anda dalam melakukan olahraga terutama pada cabang angkat beban. Sebaiknya jangan pernah memaksakan dan lebih baik mengangkat beban Anda kuasai saja.

Selain itu Anda juga bisa berjemur di bawah sinar matahari pagi. Seperti kita ketahui bersama, sinar matahari pagi mengandung Vitamin D sangat baik untuk membantu menguatkan kerangka tubuh Anda dan menghindarkannya dari cedera.

Kemudian Anda juga harus membatasi konsumsi alkohol dan juga menghentikan kebiasaan merokok. Kebiasaan hidup ini tidaklah sehat dan terbukti bisa mengurangi kepadatan kerangka tubuh yang membuat Anda harus proses penyembuhan tulang yang terluka.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan