Fisiohome

Inilah Prospek Kerja Jurusan Kuliah Fisioterapi Wajib Diketahui

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Jurusan kuliah fisioterapi yang masih masuk dalam bagian dari ilmu kesehatan ini masih banyak yang belum mengetahuinya. Jurusan kuliah ini bergerak di bidang preventif (pencegahan), promotif (promosi), rehabilitatif (rehabilitasi) dan juga kuratif (pengobatan).

Secara umum jurusan kuliah ini mempelajari perihal metode penyembuhan pada bagian tubuh yang sedang bermasalah dengan gerak. Sehingga nantinya Anda akan akrab dengan fisiologi, anatomi, sistem saraf, kinesiologi, dan yang lainnya yang berhubungan dengan fungsi tubuh manusia.

Mengenal Tentang Jurusan Kuliah Fisioterapi

Jika dilihat definisi fisioterapi menurut IFI (Ikatan Fisioterapi Indonesia) Fisioterapi merupakan bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu atau kelompok yang berfungsi untuk mengembangkan, memelihara serta memulihkan gerak dan fungsi tubuh.

Sehingga untuk mencapai tujuan tersebut bidang fisioterapi menggunakan penanganan secara manual, peralatan (fisik, mekanis dan elektroterapeutis) pelatihan fungsi, peningkatan gerak, seta komunikasi. Sedangkan para tenaga kesehatan yang memiliki keahlian ini disebut sebagai Fisioterapis.

Intinya adalah jurusan kuiah fisioterapi ini memiliki tujuan yang mendidik para mahasiswa supaya mereka dapat meraih semua ilmu dan juga keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang fisioterapis.

Sebab, seorang fisioterapis bisa membantu individu atau masyarakat dalam upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan. Selain itu juga berfungsi untuk mencapai kualitas hidup yang setinggi-tingginya, seperti preventif, pelayanan promotif, rehabilitatif, kuratif, dan rehabilitatif.

Namun, ketika memilih jurusan yang dapat membuka jalur karir sebagai tenaga kesehatan di negara lain hampir sebagian besar masih terpaku pada jurusan kuliah kedokteran atau keperawatan. Padahal selain itu juga terdapat berbagai macam profesi yang memiliki prospek kerja yang tidak jauh cemerlang.

Permintaan akan tenaga fisioterapis untuk saat ini terbilang mengalami pertumbuhan yang cukup pesat di berbagai negara maju. Sebagai contohnya adalah di Amerika Serikat yang mana lapangan pekerjaan sebagai fisioterapis diperkirakan akan mengalami pertumbuhan dengan pesat.

Selain itu di Australia lapangan pekerjaan yang berasal dari jurusan kuliah fisioterapi diperkirakan akan meningkat sekitar 24 persen sampai di tahun 2024 mendatang. Oleh sebab itu pemerintah Kanada juga secara aktif menyambut fisioterapis yang berasal dari negara-negara lain untuk memenuhi kebutuhan di bidang kesehatan.

Apabila Anda tertarik untuk menjadi seorang fisioterapis di luar negeri, maka alangkah baiknya jika Anda memilih pendidikan yang berada di luar negeri. Dengan demikian, maka Anda akan memperoleh kualifikasi yang bertaraf internasional yang dapat membuka prospek karir di berbagai negara.

Mengapa Memilih Jurusan Kuliah Fisioterapi?

Apa istimewanya jurusan kuliah yang satu ini? Mungkin Anda akan bertanya demikian. Namun, bagi Anda yang tertarik di dunia anatomi tubuh manusia sangat disarankan untuk menempuh pendidikan di bidang fisioterapi.

Sebab, selain mempelajari anatomi Anda juga akan difokuskan kepada cara penanganan kelainan fisik dengan cara mengoptimalkan gerakan dan fungsinya, menstabilkan atau memperbaiki gangguan fungsi pada alat gerak atau fungsi tubuh yang terganggu.

Selain itu jurusan fisioterapi ini menjadi salah satu pilihan jurusan yang tepat untuk melanjutkan jenjang pendidikan di tingkat yang lebih tinggi. berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya memilih jurusan kuliah fisioterapi.

1. Banyak Diperlukan

Jurusan fisioterapi ini tentu berbeda dengan tenaga kesehatan yang lainnya. sebab jurusan fisioterapi ini masih belum banyak dikenal luas oleh masyarakat. Hal tersebut merupakan hal yang patut diperhitungkan sebelum memilih jurusan ketika menempuh pendidikan di universitas.

2. Bisa Memahami Tubuh dengan Detail

Seperti yang telah dijelaskan jika jurusan kuliah fisioterapi ini akan mempelajari perihal anatomi tubuh manusia dengan detail, mulai dari saraf, gerakan, hingga tulang. Bagi Anda yang menyukai anatomi tubuh manusia, maka Anda bisa mengambil kuliah dengan jurusan fisioterapi.

3. Bisa Terjun Langsung ke Lapangan

Alasan yang selanjutnya mengapa disarankan untuk memilih jurusan kuliah yang satu ini adalah setelah lulus Anda bisa langsung terjun ke lapangan dengan menjadi seorang fisioterapis. Selain itu Anda juga bisa bekerja di rumah sakit atau bekerja secara mandiri dengan membuka klinik.

Berikut Ini Mata Kuliah Jurusan Fisioterapi

Seperti yang telah dijelaskan di atas jika jurusan kuliah fisioterapi adalah ilmu yang mempelajari perihal dasar-dasar kesehatan, kedokteran dan pastinya juga perihal fisioterapi itu sendiri. Ilmu fisioterapi ini mengajarkan perihal berbagai macam penyakit neuromuskular, kardiopulmonal, dan muskuloskeletal.

Pembelajaran fisioterapi ini direkomendasi bagi Anda yang lebih suka praktek dibanding dengan pembelajaran dalam bentuk teori. Sebab, pembelajarannya lebih condong ke action daripada skill. Bahkan terdapat pula fisioterapi olahraga.

Di jurusan kuliah fisioterapi ini Anda bisa memilih, seperti akupuntur, spa dan kecantikan, hingga homecare. Berikut adalah beberapa mata kuliah yang akan dipelajari ketika Anda mengambil kuliah jurusan fisioterapi.

1. Anatomi

2. Pertolongan Pertama Kegawat dan Kedaruratan

3. Statistik dan Epidemiologi Kedokteran

4. Kinesiologi dan Biomekanik

5. Terapi Latihan

6. fisioterapi Neuromuskular

7. Fisioterapi Kardiovaskuler dan Respirasi

8. Biostatistik

9. Farmakologi Fisioterapi

10. Fisioterapi Pediatric

11. Biologi Molekuler

12. Manajemen Fisioterapi Olahraga

13. Fisika Fisioterapi

14. Biokimia

15. Pengantar Fisioterapi

16. Dasar Muskuloskeletal Fisioterapi

17. Sosiologi Kesehatan

18. Manajemen FT Cardiovascular Pulmonal

19. Manajemen FT Pediatri dan Tumbang

20. Manajemen FT Geriatri

21. Manajemen FT Keswan dan Integumen

22. Komunikasi Terapeutik dan Entrepreneurship
23. Epidemiologi

24. Manajemen Pelayanan FT

25. Manajemen FT Olahraga a dan Kebugaran

26. Dasar pemeriksaan Lab dan Radiologi

Kebutuhan Lulusan Jurusan Kuliah Fisioterapi di Dunia Kerja

Meskipun fisioterapi dan dokter adalah dua profesi yang berbeda. Namun, keduanya memiliki kesamaan, yaitu bagian dari ilmu kesehatan dan perbedaannya adalah dokter berfungsi untuk menyembuhkan dengan menggunakan obat, sedang fisioterapis dengan cara electrotherapy dan exercise.

Oleh sebab itu sekarang ini semakin banyak mahasiswa yang memilih jurusan fisioterapi. Sebab, semakin banyak pula kebutuhan akan tenaga kerja yang berada di bidang tersebut. berikut adalah kebutuhan lulusan jurusan kuliah fisioterapi di dunia kerja.

1. Lulusan program fisioterapi bisa bekerja di Dinas Kesehatan, Klinik Fisioterapi, Rumah Sakit, Jasa Fisioterapi, Pusat Kebugaran, atau sampai di Tenaga pendidik.

2. Menjadi fisioterapis di tim olahraga nasional, fisioterapi pribadi, di pusat kebugaran. Tim olahraga yang memerlukan fisioterapi, yaitu untuk para atlet tau untuk mereka yang sedang memerlukan.

3. Apabila Anda memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan juga berani melakukan eksperimen, maka Anda bisa menjadi seorang peneliti.

4. Anda juga bisa bekerja di Unite Rehabilitasi Medik yang berada di Rumah Sakit atau klinik.

5. Apabila Anda termasuk orang yang menyukai hewan, Anda juga bisa menjadi ahli fisioterapi hewan. Tugasnya adalah menangani perawatan hewan, hewan ternak dan juga hewan pemeliharaan.

6. Apabila Anda lebih menyukai berbagai ilmu dan menyukai kegiatan belajar mengajar, maka Anda bisa menjadi dosen atau bisa juga menjadi akademisi.

7. Apabila Anda memiliki mental bisnis, maka Anda bisa mendirikan klinik atau praktik fisioterapi sendiri.

Salah satu layanan Fisioterapi online pertama di Indonesia adalah Fisiohome. Jika Anda memerlukan jasa fisioterapi untuk datang ke rumah bisa menghubungi melalui 0888298745399.

Di Fisiohome terapi Anda bisa melakukan konsultasi secara gratis, pelayanan cepat, dan yang paling penting adalah biaya yang terjangkau. Jadi, bagaimana tertarik mengambil jurusan kuliah fisioterapi yang memiliki peluang kerja yang bagus.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Peran Fisioterapi Jakarta Atasi Kondisi Inkontinensia Urine

Fisioterapi Jakarta bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kondisi inkontinensia urine. Terapis akan membantu penderita dengan memberikan beberapa latihan tertentu guna mengatasi kondisi tersebut.

Fisioterapi

Peran Fisioterapi Tangerang dapat Membantu Mengatasi Skoliosis

Skoliosis adalah kelainan tulang belakang yang dapat diatasi menggunakan berbagai cara, salah satunya adalah menggunakan pengobatan fisioterapi Tangerang. Intervensi terapis terlatih dapat membantu memperbaiki kelainan

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan