Fisiohome

Fisioterapi di Rumah untuk Atasi Saraf Kejepit Bokong

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu bahwa area bokong bisa mengalami saraf terjepit dan sebenarnya ada penanganan fisioterapi di rumah yang dapat bantu mengatasinya. Ya wajar saja karena kondisi ini jarang terjadi dan kurang populer.

Meski demikian potensi untuk Anda mengalaminya juga tidak tertutup. Bisa saja meskipun jarang terjadi malah Anda bisa mengalaminya, agar bisa mendeteksi lebih dini terhadap penyakit atau kondisi medis ini.

Ada baiknya untuk mengenal lebih jauh saraf kejepit pada bokong dan apa saja penanganan terbaik khususnya fisioterapi agar bisa sembuh lebih maksimal. Untuk lebih lanjut mari masuk ke dalam pembahasan.

Fisioterapi di Rumah Bantu Atasi Saraf Kejepit Bokong

Jelas saja dengan fisioterapi akan membantu Anda bisa atasi masalah ini, hanya saja lebih dahulu penting untuk mengetahui apa penyakit yang dikenal dengan nama lain sciatic nerve pain ini.

Ini adalah penyakit nyeri yang berasal dari punggung khususnya area bawah, di mana nyeri tersebut akan terus menjalar ke area bokong dan juga bahkan ada kemungkinan ke bagian kaki.

Nyeri yang terjadi bukan hanya sekedar nyeri, tapi bahkan pada beberapa kasus yang butuh penanganan fisioterapi di rumah sudah mengalami gejala mati rasa atau kelemahan pada anggota gerak terkait.

Penyebab utama tentu saja adalah iritasi saraf atau adanya tekanan pada saraf bagian bokong itu sendiri. Namun, selain itu juga ada penyebab lain seperti trauma, osteoarthritis, spondylolisthesis, dan sebagainya.

Sebab banyak faktor yang memengaruhinya, ada beberapa faktor yang bisa makin memicu risiko terjadinya saraf terjepit di bokong makin meningkat. Apa saja itu bisa langsung Anda simak di bawah.

  1. Memiliki riwayat trauma seperti terjatuh dari kursi saat akan duduk
  2. Kerusakan pada saraf spinal yang biasanya berkaitan erat dengan pertambahan usia, pada umur kepala empat sangat rawan untuk terjadi
  3.  Obesitas juga menjadi faktor pemicu lainnya karena secara tidak langsung saraf akan tertekan khususnya saat sedang duduk
  4. Kekuatan otot punggung yang lemah dan tidak pernah dilatih
  5. Posisi saat melakukan kegiatan berulang seperti bekerja tidak ergonomis
  6. Penyakit gula atau mungkin juga perokok aktif
  7. Aktivitas kurang dan melakukan teknik salah saat sedang mengangkat beban berat
  8. Penyebab tidak diketahui juga masih ada

Jika Anda mengalami hal semacam itu ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut menggunakan obat khusus. Barulah ketika sudah mendapatkan pengobatan kimia.

Anda bisa melakukan tindakan fisioterapi di rumah bersama Fisiohome. Kami siap membantu Anda yang memiliki kebutuhan akan penanganan saraf kejepit pada semua bagian khususnya bokong.

Baca juga tentang : Rekomendasi Buah Untuk Saraf Kejepit, Bantu Kurangi Nyeri

Macam-macam Fisioterapi di Rumah untuk Saraf Kejepit Bokong

Anda tidak boleh menunda-nunda pengobatan dari dokter dan penanganan melalui fisioterapi bersama kami. Sebab jika sampai dibiarkan akan menimbulkan penyakit lainnya dan tentu berbahaya.

Bahkan pada kasus terparah ada yang sampai mengalami mati rasa pada bagian sekitar bokong, tidak bisa mengontrol kandung kemih, dan nyeri berlebihan di sekitar tungkai. Maka dari itu tangani.

Selain menggunakan pengobatan dari dokter secara langsung agar kondisi gejala bisa mereda. Ada beberapa peregangan yang dapat dilakukan dengan tujuan sama dan bahkan bisa menyembuhkan sepenuhnya.

Fisioterapi di rumah dapat Anda lakukan sendiri dengan panduan kali ini, tapi akan lebih baik diawasi oleh ahli agar semua berjalan aman. Maka dari itu, Anda disarankan untuk memanggil Fisiohome saja.

1. Seated glute stretch

Gerakan pertama dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan dari kursi, lebih disarankan pada kursi yang sesuai dengan tinggi badan. Sebab, itu bertujuan agar kaki yang ditugaskan sebagai tumpuan maksimal menjalankan tugasnya.

  • Duduk pada kursi dengan posisi kaki sedikit membuka, tidak perlu terlalu besar sudutnya
  • Tekuk kaki kanan lalu letakan pada atas lutut kaki kiri, tepatnya pergelangan kaki, sesudah itu condongkan tubuh ke depan lalu biarkan bagian atas meraih paha
  • Untuk membuat hasil lebih maksimal rasakan tekanannya dan tahan selama 30 detik, tujuan dari melakukannya adalah agar otot bokong serta punggung bagian bawah mulai lentur akibat peregangan tersebut
  • Ulangi pada sisi berlawanan untuk dapatkan hasil lebih maksimal

2. Sitting spinal stretch

Berikutnya, gerakan lainnya yang tidak perlu kursi sebagai alat penunjang. Anda bahkan bisa lakukan sendiri gerakan fisioterapi di rumah ini dengan tujuan menciptakan ruang di tulang belakang.

Sehingga tekanan pada saraf sciatica atau bokong makin kecil. Lama kelamaan jika hal ini dilakukan dengan benar maka jika penyebab adalah adanya tekanan besar pada bokong, saraf kejepit akan berangsur sembuh.

  • Duduk pada permukaan rata dengan posisi kaki terlentang, lalu tekuk lutut kanan serta letakan kaki pada bagian luar lutut kiri
  • Letakan siku bagian kiri di bagian luar lutut kanan untuk bantu tubuh berputar ke arah kanan
  • Tahan selama 30 detik dan ulangi sebanyak 3 kali repetisi, ketika pada bagian kanan sudah selesai ulangi pada bagian kiri kembali

Baca juga tentang : Memahami Ciri – Ciri Saraf Kejepit Beserta Cara Mengobatinya

3. Basic seated stretch

Fisioterapi di rumah untuk saraf kejepit pada bokong selanjutnya adalah dengan basic seated stretch. Di mana Anda hanya perlu meregangkan kursi dengan duduk di atas kursi untuk menyilangkan kaki satu sama lainnya.

  • Tekuk badan ke arah depan lalu coba untuk tetap menjaga posisi tulang belakang lurus, selama tidak terasa sakit terus bungkuk sampai terasa sakit
  • Pada posisi tersebut Anda harus menahannya sampai 30 detik, tahan saja sampai timer habis
  • Sesudahnya ulangi peregangan dengan posisi berlawanan

4. Figure 4 stretch

Fisioterapi di rumah ini bertujuan membantu pinggul lebih membuka kembali, ada beberapa pilihan versinya, sehingga Kami hanya akan memberikan panduan untuk versi yang atasi saraf kejepit pada bokong.

  • Tubuh harus diposisikan terlentang berbaring lalu kedua lutut menekuk, silangkan kaki kanan di atas paha kiri lalu gerakan kaki ke arah badan
  • Tahan posisi tersebut untuk kemudian berhenti sejenak, ulangi pada sisi berlawanan agar maksimal, satu tambahan catatan tidak boleh memaksakan diri

5. Knee to opposite shoulder

Selanjutnya, ada gerakan peregangan lain yang dapat bantu melonggarkan otot bokong (gluteal) dan piriformis akibat meradang. Tentunya itu akan berdampak bagus sehingga tidak ada tekanan pada saraf sciatica.

  • Posisikan diri ke dalam keadaan berbaring dengan kaki direntangkan, lalu tekuk kaki ke atas
  • Posisi tekukan kaki kanan harus digenggam dengan tangan pada sekitar area lutut, tarik perlahan mendekati bahu kiri, jika sudah dalam posisi tersebut tahan sekitar 30 detik saja
  • Selalu ingat bahwa untuk melakukan gerakan fisioterapi di rumah ini harus perlahan dan nyaman, kemudian dorong lutut untuk kembali ke posisi awal

Baca juga tentang : Fisioterapi Untuk Saraf Kejepit Merupakan Metode Yang Efektif

6. Standing hamstring stretch

Terakhir, ada gerakan yang dapat meredakan rasa sakit dan kekakuan pada otot hamstring, caranya mudah yakni dengan berdiri lalu letakan tumit kaki kanan di atas kursi (sejajar dengan bawah pinggul).

Lalu bungkukkan tubuh ke arah depan sedikit agar tidak merasakan sakit, lepaskan pinggul kaki yang terangkat ke bawah. Tali olahraga akan membantu jika Anda kesulitan melakukan gerakan ini.

Tahan selama kurang lebih 30 detik lalu ulangi pada posisi yang sama. Ya memang untuk gerakan ini sedikit rumit sehingga Anda memerlukan Fisiohome akan membantu Anda melakukan gerakan secara tepat.

Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk menghubungi kami di nomor +62 882-9874-5399 untuk melakukan pemesanan home visit sesuai kebutuhan. Sehingga fisioterapi di rumah tetap bisa berjalan profesional sama seperti di rumah sakit.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Peran Fisioterapi Jakarta Atasi Kondisi Inkontinensia Urine

Fisioterapi Jakarta bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kondisi inkontinensia urine. Terapis akan membantu penderita dengan memberikan beberapa latihan tertentu guna mengatasi kondisi tersebut.

Fisioterapi

Peran Fisioterapi Tangerang dapat Membantu Mengatasi Skoliosis

Skoliosis adalah kelainan tulang belakang yang dapat diatasi menggunakan berbagai cara, salah satunya adalah menggunakan pengobatan fisioterapi Tangerang. Intervensi terapis terlatih dapat membantu memperbaiki kelainan

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan