Fisiohome

Fisioterapi ke Rumah Terbaik untuk Osteogenesis Imperfecta

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Tidak sepopuler fisioterapi lainnya, namun peran dari fisioterapi ke rumah osteogenesis imperfecta sangat penting. Di mana ini merupakan penyakit genetik yang sebabkan kualitas hidup banyak penderitanya sangat buruk.

Sebab, penderita akan mengalami pertumbuhan tulang yang memang sangat cepat. Hanya saja ada efek samping yang timbul, di mana tulang tersebut akan menjadi sangat rapuh dan mudah untuk patah.

Atas dasar alasan tersebut dan ditambah belum ada obat pasti yang bisa menyembuhkan secara instan. Ada baiknya untuk mengetahui bagaimana prosedur diagnosa sekaligus penanganan terbaiknya.

Diagnosis Sebelum Penanganan Fisioterapi ke Rumah Osteogenesis Imperfecta dan Metode Lainnya

Tentunya ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, hanya saja perlu diagnosis lebih lanjut untuk menentukan apa langkah terbaik sesuai penyebab utamanya.

Ada beberapa pemeriksaan yang akan dilakukan oleh dokter guna menentukan apa penyebab dari penyakit langka kali ini, di antaranya masih akan dirangkai dengan anamnesis dan sebagainya.

1. Anamnesis

Tahap diagnosis pertama yang akan dilakukan adalah anamnesis, ini sebenarnya nama lain dari wawancara yang akan dilakukan oleh dokter kepada pasien. Lebih rinci mengenainya akan digali keluhan, riwayat, dan riwayat penyakit keluarga, tujuan dari melakukannya adalah identifikasi faktor risiko dan kemungkinannya (hipotesis).

2. Pemeriksaan fisik khusus osteogenesis impefecta

Selanjutnya, sebelum melakukan pengobatan dengan fisioterapi ke rumah osteogenesis imperfecta. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, akan ada pemeriksaan pada gigi, bentuk tulang, pendek atau tinggi, dan bercak biru pada mata pasien (ini adalah tanda khusus dari penderita penyakit ini).

3. Prosedur pemeriksaan lanjutan dengan pencitraan

Sampai ke tahap ketiga, biasanya akan dilakukan ketika dokter menemukan ada indikasi bahwa penderita memang positif menderitanya. Prosedur pencitraan merupakan hal wajar untuk dilakukan agar bisa mengkonfirmasi diagnosis sebelumnya.

Tes pencitraan yang dimaksud bukan hanya foto rontgen karena bisa juga melalui USG kehamilan ketika ada risiko janin dalam kandungan memiliki potensi mengalaminya juga. Jadi pemeriksaan juga bisa dilakukan pada calon bayi.

4. Tes genetik khusus untuk janin berisiko

Janin berisiko terkena penyakit langka ini juga akan mengalami dua jenis tes, tes tersebut adalah CVS dan Amniocentesis. Di mana dua tes tersebut memiliki kegunaan untuk mendeteksi apakah janin akan berpotensi menderita juga, hanya saja untuk tes ini tidak selalu bisa akurat karena ada juga faktor oleh mutasi gen juga.

5. Biopsi tulang

Tahap diagnosis terakhir dengan melakukan pengambilan jaringan tulang sebelum melakukan penanganan fisioterapi ke rumah osteogenesis imperfecta disebut dengan biopsi tulang. Tujuan dari melakukannya untuk menyingkirkan kelainan tulang lainnya yang dapat menimbulkan gejala menyerupai osteogenesis imperfecta atau OI.

Baca juga tentang : Fisioterapi Otot, Tulang, Sendi Tanpa Perlu Keluar Rumah

Fisioterapi ke Rumah untuk Osteogenesis Imperfecta

Meski bukan pengobatan utama yang bisa sembuhkan penyakit langka ini, tapi setidaknya dengan fisioterapi terbaik dari Fisiohome akan membantu tunjang pengobatan lainnya. Ada beberapa metode pilihan para fisioterapis terbaik.

Metode tersebut antara lain adalah fisioterapi ke rumah dan juga terapi okupasi. Masing-masing bertujuan untuk bisa membantu penderita setidaknya bisa menikmati kualitas hidup lebih baik dari pada sebelumnya.

1. Fisioterapi ke rumah untuk OI

Tujuan dari melakukan fisioterapi ini tentu adalah membuat tulang yang secara tidak langsung lemah tetap bisa beraktivitas seperti biasanya dengan melatih otot menjadi lebih kuat dari biasanya.

Tentunya akan ada banyak tindakan yang bisa dilakukan, seperti terapi manual atau menggunakan peralatan lainnya. Untuk Anda yang memilih layanan Kami tentu akan mendapatkan layanan terapi terbaik.

Itu semua bisa didapatkan karena seluruh tim kami sudah memiliki sertifikat izin resmi dari pemerintah dan juga ada banyak peralatan proper yang akan turut di bawa ke rumah Anda. Sehingga kombinasi keduanya memberikan hasil terbaik.

Lain dari itu ada juga SOP pelayanan yang akan membuat semua terjamin, bagaimana keamanan penderita serta terapis itu sendiri sudah ada standarnya dan jelas penanganan akan berlangsung lebih dapat aman.

Untuk macam layanan fisioterapi ke rumah guna tingkatkan kekuatan otot, Anda bisa memilih jenis terapi mana dan tentunya konsultasikan dahulu kepada ahli. Sebab semua ada efek sampingnya juga.

  • Ultrasound, di mana dengan penanganan ini akan memberikan efek pemanasan yang dapat memperlancar sirkulasi darah, sekaligus juga memberikan ekstensibilitas pada jaringan yang alami cedera, dalam konteks OI tentunya pada jaringan tulang lemah dan berakibat pada meningkatnya kemampuan otot lebih baik lagi.
  • Latihan manual, di mana penderita akan diberikan beberapa gerakan pemanasan serta utama agar otot bisa berkembang lebih baik. Dengan begitu tulang rapuh akibat OI akan bisa terlapisi dengan sempurna dan terjamin keamanannya.
  • Stimulasi listrik, di mana ini merupakan fisioterapi ke rumah dengan menggunakan bantuan aliran listrik rendah. Stimulasi dengan menggunakan arus listrik akan membantu untuk kurangi rasa sakit dan membantu otot kontraksi lebih mudah sehingga rangsang kekuatan secara efisien.

Baca juga tentang : Metode Fisioterapi Untuk Cerebral Palsy Serta Manfaatnya

2. Terapi okupasi pada OI

Selain fisioterapi terbaik dari Fisiohome, ada juga terapi okupasi dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik dasar. Seperti halnya menyisir rambut, mandi, memakai celana, memakai sepatu, dan lain-lain.

Terapi kali ini berbeda dengan sebelumnya, di mana untuk terapi fisik yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot agar tulang rapuh bisa tetap beraktivitas seperti biasanya. Pada terapi okupasi lebih lanjut lagi.

Maksudnya untuk membantu penderita agar bisa melakukan kegiatan sehari-hari yang awalnya tidak bisa dilakukan secara mandiri. Tentunya ini butuh seseorang telaten dan juga bersertifikat agar maksimal hasilnya.

Semua kegiatan ini bertujuan agar dalam melakukan tindakan sehari-hari tidak terjadi kecelakaan yang sebabkan patah tulang dan sebagainya. Latihan akan dilakukan secara sistematis dan bertahap.

Fisiohome menawarkan terapi okupasi terbaik bagi Anda yang memiliki kerabat dengan penyakit OI ini. Bahkan tinggal tunggu di rumah karena layanan Kami menerapkan fisioterapi ke rumah pasien.

Baca juga tentang : Layanan Terapi Okupasi Untuk Stroke Lumpuh Sebelah Kiri

Peluang Kesembuhan dan Bagaimana Penanganan Jika Patah Tulang?

Anda yang bertanya bagaimana peluang kesembuhan secara sempurna harus menemukan jawaban mengecewakan. Sebab, sebenarnya ini merupakan penyakit tidak bisa disembuhkan dan akan diderita seumur hidup.

Seseorang yang menderita penyakit ini akan mengalami namanya risiko patah tulang lebih besar dari pada orang lainnya. Sebab memang peluang untuk terjadi OI pada seseorang terjadi pada perbandingan 1:20.000.

Tentu ini merupakan kasus langka yang memang masih sangat jarang ditemukan pengobatan maksimalnya. Hanya ada langkah pencegahan dan penanganan lebih lanjut guna meminimalkan adanya patah tulang.

Jika sampai terjadi hal tidak diinginkan seperti patah tulang, apa yang bisa dilakukan? Tentu saja dengan melakukan tindakan pembedahan serta menggunakan gips.

Tujuannya tentu saja agar membuat susunan tulang jadi stabil karena ada perlindungan, sementara untuk pembedahan guna memperbaiki posisi tulang yang melengkung atau tidak seperti seharusnya.

Barulah seusai mendapatkan penanganan lebih lanjut, Anda bisa melakukan tindakan rehabilitasi dan pencegahan kembali. Fisioterapi adalah pilihan terbaik apalagi jika Anda mempercayakan kepada Fisiohome.

Hal ini bisa terjadi karena kami memberikan layanan yang berbeda yakni home visit. Anda bisa langsung hubungi nomor +62 882-9874-5399 untuk mendapatkan layanan fisioterapi ke rumah dengan berbagai benefit dan tentunya berkualitas.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Peran Fisioterapi Jakarta Atasi Kondisi Inkontinensia Urine

Fisioterapi Jakarta bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kondisi inkontinensia urine. Terapis akan membantu penderita dengan memberikan beberapa latihan tertentu guna mengatasi kondisi tersebut.

Fisioterapi

Peran Fisioterapi Tangerang dapat Membantu Mengatasi Skoliosis

Skoliosis adalah kelainan tulang belakang yang dapat diatasi menggunakan berbagai cara, salah satunya adalah menggunakan pengobatan fisioterapi Tangerang. Intervensi terapis terlatih dapat membantu memperbaiki kelainan

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan