Fisiohome

Prinsip Kinesio Taping dalam Fisioterapi Depok dan Manfaat

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Kinesio taping dalam fisioterapi Depok merupakan salah satu metode terapi yang semakin populer dan banyak diminati. Metode ini nantinya akan melibatkan penggunaan pita elastis khusus.

Di mana pita tersebut akan diaplikasikan pada kulit untuk mendukung otot. Selain itu, dapat meningkatkan sirkulasi, mengurangi nyeri, serta membantu proses penyembuhan.

Kinesio Taping dalam Fisioterapi Depok

Kinesio taping sendiri telah dikembangkan oleh Dr. Kenzo Kase, sejak tahun 1979 di Jepang. Tujuan utamanya dari metode tersebut untuk memberikan dukungan pada otot dan sendi tanpa harus membatasi gerakan alami tubuh.

Kinesio berbeda dengan tape konvensional lainnya yang lebih kaku. Metode ini juga sudah digunakan oleh atlet atau individu aktif di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

1. Prinsip Dasar Kinesio Taping

Prinsip utama dari kinesio taping fisioterapi Depok melibatkan beberapa konsep utama yang penting untuk dipahami. Berikut ini sudah ada penjelasannya:

a. Kinesiologi dan Anatomi

Pita ini telah didesain untuk meregangkan kulit manusia. Sehingga memungkinkan gerakan tubuh alami. Pita ini didasari oleh prinsip kinesiologi, di mana merupakan ilmu yang mempelajari cara kerja otot dan gerakan tubuh. Pemahaman yang baik terkait anatomi dan fisiologi tubuh sangat penting. Tujuannya untuk bisa mendukung struktur tubuh yang tepat.

b. Stimulasi dan Dukungan Otot

Pita satu ini juga dirancang untuk memberikan dukungan pada sendi dan otot tanpa membatasi gerakan atau aktivitas harian. Hal ini berbeda dengan perban konvensional yang cenderung membatasi gerakan.

Hanya dengan memberikan stimulasi lembut pada kulit, tentu pita ini berguna untuk mengaktifkan sistem saraf dan sirkulasi darah pada area yang terkena. Selain itu, juga akan mempercepat proses penyembuhan dan membantu mengurangi rasa sakit.

c. Penurunan Tekanan dan Edema

Salah satu aplikasi utama dari kinesio taping dalam fisioterapi Depok yaitu untuk mengurangi tekanan di bawah kulit. Selain itu, untuk bisa mengurangi edema (pembengkakan) dengan meningkatkan aliran limfatik serta sirkulasi darah.

Tekanan yang diberikan oleh pita bisa saja membantu mengurangi pembengkakan pada area yang terluka atau meradang. Bahkan, juga dapat memfasilitasi proses penyembuhan.

d. Koreksi dan Dukungan Postur

Pita tersebut juga berfungsi untuk mengoreksi postur dengan cara memberikan feedback sensoris terhadap otot-otot yang terlibat dalam tubuh. Hal tersebut untuk membantu mengurangi ketegangan otot yang berlebihan. Selain itu, juga akan mendukung posisi tubuh yang lebih optimal untuk mencegah cedera.

e. Pemulihan dan Rehabilitasi

Selain pemakaian saat cedera atau kondisi medis, kinesio taping dalam fisioterapi Depok juga digunakan pada program rehabilitasi. Hal ini tentu untuk meningkatkan kelenturan, kekuatan, serta keseimbangan otot.

Pita ini juga dapat diterapkan untuk memfasilitasi gerakan yang benar. Selain itu, turut memberikan dorongan tambahan ketika melakukan latihan fisioterapi.

f. Dukungan Selama Aktivitas Fisik

Pita kinesio nantinya akan memberikan dukungan tambahan pada saat melakukan aktivitas olahraga atau fisik. Sehingga dapat mencegah cedera dengan meningkatkan stabilitas otot dan sendi tanpa mengorbankan rentang gerak atau performa atlet.

Baca juga tentang : 14 Metode Dan Teknik Di Fisioterapi Jakarta Lengkap

2. Manfaat Kinesio Taping dalam Fisioterapi

Ada beberapa manfaat kinesio taping dalam fisioterapi Depok yang perlu dipahami. Berikut ini penjelasannya:

a. Mengurangi Nyeri

Kinesio taping bisa mengurangi nyeri melalui berbagai macam mekanisme. Misalnya saja seperti meningkatkan sirkulasi darah serta aliran getah bening atau juga dapat mengurangi tekanan pada reseptor nyeri. Hal tersebut untuk membantu mengurangi peradangan serta pembengkakan.

b. Meningkatkan Sirkulasi

Pita kinesio fisioterapi Depok akan meningkatkan aliran getah bening dan sirkulasi darah. Caranya hanya dengan mengangkat kulit secara mikroskopis. Sehingga dapat mengurangi tekanan pada jaringan di bawahnya.

Hal tersebut juga akan memungkinkan cairan interstisial mengalir lebih bebas. Sehingga dapat membantu proses penyembuhan pasien.

c. Meningkatkan Fungsi Otot

Hanya dengan mengaplikasikan pita kinesio pada otot yang lemah atau terlalu aktif, tentu fisioterapi Depok bisa membantu mengembalikan fungsi otot lebih normal. Hal tersebut turut membantu proses rehabilitasi serta mencegah cedera lebih lanjut.

d. Meningkatkan Kinerja Atletik

Sebagian besar atlet telah menggunakan kinesio taping untuk meningkatkan kinerja. Pita ini nantinya akan membantu mengurangi kelelahan otot. Selain itu, juga dapat mengoptimalkan fungsi otot selama aktivitas fisik intens serta meningkatkan stabilitas sendi.

Baca juga tentang : Fisioterapi Otot, Tulang, Sendi Tanpa Perlu Keluar Rumah

3. Teknik Aplikasi Kinesio Taping

Dalam melakukan kinesio Taping tentu ada beberapa teknik yang akan dilakukan oleh fisioterapi Depok. Berikut ini penjelasan tekniknya:

a. Persiapan Kulit

Sebelum pengaplikasian pita kinesio, nantinya kulit harus dibersihkan dari minyak, kotoran, serta kelembaban. Tindakan tersebut untuk bisa memastikan pita dapat menempel dengan baik dan bertahan lebih lama.

b. Pemotongan Pita

Biasanya, Pita kinesio dipotong menjadi berbagai macam bentuk sesuai kebutuhan aplikasi. Misalnya saja seperti bentuk I, Y, atau X. Setiap bentuknya sudah memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda, seperti berikut:

  • I-Tape: untuk area yang sempit dan kecil, seperti tendon.
  • Y-Tape: untuk otot yang lebih panjang atau besar.
  • X-Tape: untuk area yang perlu dukungan di beberapa arah.

c. Metode Aplikasi

Terdapat beberapa metode aplikasi yang digunakan fisioterapi Depok berdasarkan dari tujuan perawatan, berikut penjelasannya:

  • Teknik inhibisi berfungsi mengendurkan otot yang terlalu tegang atau aktif.
  • Teknik fasilitasi mampu merangsang otot yang tidak aktif atau lemah.
  •  Teknik mekanikal mampu mendukung struktur tertentu seperti tendon atau ligamen.
  • Teknik limfatik mampu mengurangi pembengkakan dan meningkatkan aliran getah bening.

d. Pengaktifan Pita

Setelah pita kinesio tersebut diaplikasikan, tentu gesekan lembut pada pita akan membantu untuk mengaktifkan perekat. Selain itu, juga memastikan pita menempel dengan baik. Gesekan ini juga akan membantu untuk meningkatkan suhu pita sehingga nantinya dapat meningkatkan daya rekatnya.

4. Aplikasi Klinis Kinesio Taping

Kinesio taping pada fisioterapi di Depok biasanya diperuntukkan untuk seseorang yang memiliki gejala cedera atau nyeri punggung. Namun, selain gejala tersebut kondisi di bawah ini juga dapat diatasi dengan metode kinesio:

a. Cedera Olahraga

Sebagian besar fisioterapi Depok menggunakan kinesio taping untuk merawat cedera olahraga. Atlet seringkali mengalami cedera otot, keseleo, serta ketegangan. Di mana metode tersebut bisa memberikan dukungan serta mempercepat pemulihan.

Baca juga tentang : Tindakan Fisioterapi Bagi Pasien Pasca Cedera

b. Nyeri Punggung Bawah

Nyeri punggung bawah merupakan permasalahan umum yang dapat diatasi dengan kinesio taping. Pita ini nantinya akan membantu untuk mengurangi tekanan pada otot sekitar, tulang belakang serta meningkatkan postur tubuh.

c. Tendonitis

Peradangan tendon atau tendonitis seringkali terjadi di area seperti siku, bahu, serta lutut. Metode tersebut bisa memberikan dukungan, mengurangi peradangan, serta mempercepat proses penyembuhan.

d. Nyeri Leher

Seringkali, nyeri leher disebabkan oleh adanya ketegangan otot atau postur yang buruk. Metode taping ini akan memperbaiki postur serta mengurangi nyeri dengan mendukung otot leher.

Bagi Anda yang ingin merasakan metode kinesio taping ini bisa konsultasi ke Fisiohome. Kami merupakan ahli terapis yang berpengalaman dan bersertifikat.

Kami selalu siap melayani berbagai keluhan pasien, baik itu ringan hingga berat. Pasien hanya perlu menghubungi kami melalui nomor kami di +62 882-9874-5399.

Kami akan siap datang ke rumah Anda jika tidak sempat pergi ke tempat ahli terapis. Kami sendiri cukup terkenal sebagai fisioterapi Depok terbaik dengan harga kompetitif.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Solusi Atasi Sindrom Guillain Barre

Para penderita penyakit sindrom guillain barre sekarang tidak perlu khawatir sebab untuk mengatasi permasalahan susah gerak bisa memanfaatkan jasa fisioterapi Tangerang. Sindrom ini sebenarnya penyakit

Fisioterapi

Ingin Mencoba Metode Fisioterapi Bekasi? Siapkan 5 Hal Ini

Terapi fisik atau fisioterapi Bekasi merupakan salah satu metode untuk memeriksa, menangani, dan mengevaluasi seseorang dengan masalah kesehatan tertentu. Tindakan medis ini dapat mengatasi keterbatasan

Fisioterapi

Trauma Berat? Gunakan Fisioterapi Depok, Rasakan Manfaatnya

Fisioterapi Depok merupakan salah satu metode terbaik untuk menyembuhkan penyakit, cedera, atau permasalahan kebugaran fisik. Jika Anda ingin menggunakan layanan terapi fisik, tentunya harus mengetahui

Fisioterapi

Fisioterapi Jakarta Solusi Mudah Kembalikan Kebugaran Fisik

Seiring waktu berjalan, banyak orang membutuhkan fisioterapi Jakarta yang berpengalaman dan profesional. Hal ini bertujuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya ketika kondisi fisik

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan
Buka WhatsApp
1
WhatsApp
Admin Fisiohome
Pesan Fisioterapis?