Fisiohome

14 Metode dan Teknik di Fisioterapi Jakarta Lengkap

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Fisioterapi Jakarta ini biasanya menjadi salah satu pilihan tepat untuk orang yang ingin mendapatkan praktik medis. Fisioterapi ini tentunya akan berfungsi untuk memulihkan, serta mempertahankan fungsi fisik hanya melalui metode terapeutik yang berbeda.

Pada sekitaran wilayah Jakarta, fisioterapi ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan, telah berhasil melakukan integrasi terhadap berbagai teknik serta metode modern. Khususnya, untuk bisa memenuhi kebutuhan pasien.

Metode Teknik di Fisioterapi Jakarta

Perlu Anda ketahui, saat ini sudah ada beberapa metode dan teknik untuk setiap tempat terapis berbeda-beda. Namun, di fisioterapi Jakarta sendiri metode yang digunakan mulai dari latihan terapeutik hingga mobilisasi fungsional. Berikut ini sudah ada penjelasan lengkap dari kami untuk Anda:

1. Latihan Terapeutik

Latihan terapeutik ini juga masih termasuk ke dalam latihan fisik yang dirancang untuk bisa mempertahankan, memulihkan, serta meningkatkan kesehatan fisik. Biasanya, latihan tersebut hanya meliputi beberapa gerakan yang akan lebih difokuskan terhadap peningkatan fleksibilitas, keseimbangan, kekuatan, serta daya tahan.

Latihan terapeutik di fisioterapi Jakarta juga akan diperuntukkan untuk pasien cedera olahraga, pasca-operasi. Selain itu, pasien yang mempunyai gangguan muskuloskeletal, serta kondisi kronis seperti osteoporosis dan arthritis.

2. Terapi Manual

Terapi manual akan memanipulasi jaringan sendi serta lunak. Cakupan dari teknik ini tentunya berupa manipulasi, mobilisasi sendi, serta berbagai jenis pijatan terapeutik.

Perlu Anda ketahui, terapi manual sangat efektif bila diaplikasikan untuk mengatasi nyeri leher, cedera jaringan lunak, serta nyeri punggung bawah. Selain itu, bisa juga untuk berbagai macam kondisi muskuloskeletal lainnya.

Baca juga tentang : Teknik Terapi Manual Dalam Fisioterapi Yang Bermanfaat

3. Elektroterapi

Elektroterapi tersebut selalu berkaitan dengan pemakaian arus listrik. Tujuannya tentu agar bisa merangsang saraf dan otot manusia.

Teknik yang biasanya digunakan pada alat ini seperti EMS (Electrical Muscle Stimulation), TENS (Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation), dan diathermy. Elektroterapi pada fisioterapi Jakarta lebih sering diaplikasikan untuk mempercepat penyembuhan jaringan.

Baca juga tentang : Teknik Elektro Akupunktur Untuk Terapi Stroke Sebelah Kiri

4. Ultrasound Terapi

Teknik memanfaatkan gelombang suara yang frekuensinya cukup tinggi. Hal tersebut bertujuan agar bisa melakukan stimulasi terhadap jaringan tubuh.

Ultrasound terapi tersebut juga sangat cocok sekali untuk Anda yang ingin mengobati berbagai macam cedera jaringan lunak. Misalnya saja seperti pasien yang mengalami cedera tendinitis, bursitis, atau ligamen.

5. Laser Terapi

Laser ini nantinya juga akan lebih memanfaatkan cahaya. Namun, nyatanya laser tersebut mampu menembus jaringan serta merangsang seluruh proses penyembuhan seluler. Hal tersebut juga termasuk ke dalam metode non-invasif yang efektif, terutama untuk berbagai macam kondisi kesehatan manusia.

Kegunaan dari laser fisioterapi Jakarta ini agar mengobati berbagai gejala penyakit. Misalnya saja seperti terjadinya cedera jaringan lunak, nyeri dan sendi, arthritis, serta luka kronis.

6.Hydrotherapy

Hydrotherapy satu ini juga telah memanfaatkan air agar bisa membantu rehabilitasi fisik. Terapi tersebut juga nantinya akan dilakukan di kolam renang atau bak terapi.

Hydrotherapy ini sangatlah cocok sekali untuk para pasien yang memiliki cedera ortopedi. Selain itu, pasien nyeri kronis, serta gangguan neurologis seperti stroke.

Baca juga tentang : Inilah Teknik Pengobatan Cedera Arthritis Dengan Fisioterapi

7. Latihan Keseimbangan dan Koordinasi

Terapi tersebut juga akan lebih fokus terhadap pada peningkatan keseimbangan serta koordinasi tubuh manusia. Teknik ini sebenarnya sangatlah penting bagi pasien, terutama yang saat ini sudah memiliki gangguan neurologis atau berisiko jatuh.

Bahkan, biasanya teknik ini akan difungsikan untuk para pasien pasca-stroke. Selain itu, juga pasien cedera otak traumatis, atau gangguan keseimbangan yang lainnya.

8. Kinesio Taping

Kinesio taping tersebut nantinya juga akan lebih melibatkan pemakaian dari pita elastis khusus. Di mana pita tersebut akan diaplikasikan pada kulit.

Hal ini tentunya berguna agar bisa memberikan dukungan serta stabilitas tanpa harus membatasi gerakan. Kinesio taping tersebut juga dapat digunakan agar mengobati berbagai macam nyeri sendi, cedera olahraga, serta permasalahan postural.

9. Pendidikan dan Konseling

Edukasi dan konseling ini juga termasuk ke dalam bagian paling penting dari fisioterapi Jakarta. Hal tersebut tentunya berguna untuk memberikan pasien pengetahuan terkait keadaannya.

Lalu akan dijelaskan cara untuk dapat menjaga kesehatan fisik yang baik serta adanya strategi manajemen nyeri. Nantinya, teknik akan pasien dapatkan dengan mudah. Hal ini turut membantu pasien agar terus memahami kondisi tubuhnya. Bahkan, juga bisa menjadi cara yang terbaik untuk bisa mengelola gejala tersebut.

10. Teknik PNF atau Proprioceptive Neuromuscular Facilitation

PNF sendiri juga tergolong sebagai salah satu metode penguatan serta peregangan di dalam tubuh. Biasanya, metode tersebut akan memanfaatkan pola gerakan tertentu. Teknik fisioterapi Jakarta ini juga bertujuan untuk melakukan rehabilitasi terhadap pasien dengan berbagai cedera sendi dan otot, serta gangguan neurologis.

11. Mobilisasi Jaringan Saraf

Mobilisasi jaringan saraf tersebut selalu berkaitan dengan teknik untuk dapat meningkatkan mobilitas saraf. Di mana nantinya tubuh pasien bisa saja terjepit atau teriritasi.

Metode tersebut lebih digunakan agar mengatasi nyeri yang disebabkan oleh adanya kompresi saraf. Biasanya, pasien yang memilih teknik ini terkena sarafnya, misalnya saraf kejepit.

12. Biomekanik dan Analisis Gerakan

Biasanya, untuk teknik satu ini akan menggunakan teknologi yang modern. Gunanya untuk bisa melakukan evaluasi terhadap postur tubuh pasien serta pola gerakan.

Kegunaan dari teknik fisioterapi Jakarta, tentu agar bisa mengoreksi dan melakukan identifikasi terhadap pola gerakan yang tidak efisien atau buruk. Bahkan, seringkali pola gerakan tersebut terjadi pada saat cedera muskuloskeletal atau dalam masa rehabilitasi olahraga.

13. Peregangan Dinamis

Teknik statis ini biasanya akan ditandai dengan pasien yang melakukan gerakan sama namun berulang. Dimana pasien fisioterapi Jakarta bisa membawa otot dan sendi hanya melalui rentang gerak penuh.

Peregangan ini biasanya juga akan diaplikasikan untuk peningkatan fleksibilitas, serta rehabilitasi cedera. Teknik ini juga cocok sekali untuk pasien yang patah tulang atau tulangnya retak.

14. Mobilisasi Fungsional

Mobilisasi fungsional tersebut juga sebenarnya akan menggabungkan berbagai macam teknik fisioterapi Jakarta manual sekaligus gerakan fungsional. Biasanya, akan diaplikasikan dalam rehabilitasi pasien setelah terjadinya operasi ortopedi atau dengan gangguan mobilitas.

Jadi bagi Anda yang ingin merasakan satu dari teknik di atas bisa gabung dengan Fisiohome. Kami merupakan salah satu jasa terapi yang siap 24 jam melayani masyarakat langsung datang kerumah.

Untuk informasi selengkapnya Anda bisa langsung hubungi nomor kami di +62 882-9874-5399. Customer service kami nantinya akan selalu siap menjawab seluruh pertanyaan Anda secara rinci dan tentunya fast respon.

Tim kami sudah ahli di bidangnya dan berpengalaman agar pelaksanaan terapi bisa berjalan lancar. Selain itu, kami juga telah menyediakan berbagai jenis terapi sesuai umur, baik itu untuk orang tua, anak-anak serta lansia yang terkena stroke ringan dan berat.

Terapi ini kami hargai sesuai kemampuan pasien dan beratnya cedera yang dialami. Pasien bisa melakukan konsultasi dulu, agar bisa mengetahui terapi yang cocok untuk pasien. Fisioterapi Jakarta juga telah memberikan kemudahan untuk Anda yang butuh terapi mendadak.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Solusi Atasi Sindrom Guillain Barre

Para penderita penyakit sindrom guillain barre sekarang tidak perlu khawatir sebab untuk mengatasi permasalahan susah gerak bisa memanfaatkan jasa fisioterapi Tangerang. Sindrom ini sebenarnya penyakit

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan
Klik Sekarang
1
WhatsApp
Admin Fisiohome
Pesan Fisioterapis?