Fisiohome

Jasa Fisioterapi Datang ke Rumah untuk Sakit Lutut

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Sekarang bagi Anda yang butuh jasa fisioterapi datang ke rumah hanya perlu menjentikkan jari saja. Sehingga bagi Anda yang khususnya membutuhkan perawatan tersebut tidak perlu lama-lama antre lagi.

Berbagai macam penyakit yang membutuhkan fisioterapi khususnya sakit lutut dapat tertangani dengan mudah. Namun, sebelum itu ada tahapan yang perlu dilakukan agar fisioterapi berjalan maksimal.

Pemeriksaan Dokter Sebelum Jasa Fisioterapi Datang ke Rumah

Jelas saja dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan apa tindakan tepat sesuai dengan penyebabnya. Ada beberapa tahapan pemeriksaan yang selalu akan ditekankan oleh dokter sebelum tindakan.

Hal ini penting dilakukan karena ada banyak penyebab yang mendasari rasa sakit tersebut. Seperti halnya ligamen pada sendi terkilir, ligamen sobek, tulang rawan sobek, dislokasi, patellofemoral, dan cedera lainnya.

Selain karena cedera, sakit lutut juga dapat disebabkan oleh penyakit tertentu. Seperti rheumatoid arthritis, asam urat, osteoarthritis, infeksi pada lutut, osgood schlatter, dan kanker di lutut.

Ketika memang ditemukan ada indikasi bahwa butuh penanganan fisioterapi, baru akan disarankan untuk gunakan jasa fisioterapi datang ke rumah agar tingkat kesembuhan Anda bisa makin maksimal.

Hanya saja tindakan pada fisioterapi juga ada bermacam-macam, semua dapat dipilih oleh fisioterapis sesuai dengan indikasi. Tentunya agar tidak salah masih perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan lagi.

Baca juga tentang : Ketahui Jenis Cedera Lutut Dan Penanganan Yang Tepat

Pemeriksaan Lanjutan Tindakan Jasa Fisioterapi Datang ke Rumah

Sebelum perawatan dilakukan untuk menunjang pengobatan dari dokter, terapis akan melakukan beberapa pemeriksaan agar bisa secara yakin mengetahui kondisi yang Anda alami secara keseluruhan. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi :

1. Evaluasi cara berjalan

Tahap pertama ini akan dilakukan guna mengetahui bagaimana pasien berjalan, terapis bisa membedakan mana cara jalan dari orang normal dan tidak normal. Meskipun itu perubahan kecil tapi pada setiap melangkah akan terjadi perbedaan di sekitar lutut.

2. Palpasi atau kemampuan merasakan kelainan dengan sentuhan

Merupakan kelebihan dari jasa fisioterapi datang ke rumah terbaik karena tim yang ditugaskan memiliki kemampuan ini. Palpasi adalah tindakan menyentuh sekitar lutut pada berbagai strukturnya untuk merasakan adanya kelainan, biasanya akan disertai dengan pertanyaan apa ada bagian terasa nyeri saat disentuh.

3. Rentang pengukuran gerak

Ini adalah tahap pemeriksaan di mana terapis akan menentukan sejauh mana lutut dapat ditekuk dan diluruskan. Jika memang butuh hasil yang lebih akurat serta pasti, biasanya ada instrumen khusus yang digunakan untuk mengukur bagaimana lutut itu bergerak.

4. Pengukuran kekuatan oleh fisioterapis

Kekuatan di dalam otot sekitar lutut merupakan hal yang lumrah, ketika kekuatan yang ada tidak semestinya. Tentu saja akan ada ketidakseimbangan otot. Bisa saja itu akan menjadi penyebab dari sakit lutut pasien.

5. Penilaian keseimbangan

Keseimbangan merupakan hal penting bagi manusia, jika sampai terganggu dan ada ketegangan di dalam tubuh yang berlebihan. Biasanya akan mengarah ke lutut dan memperparah rasa sakit atau nyeri di sana.

6. Pengukuran ketebalan atau pembengkakan

Pengukuran pembengkakan bisa saja dilakukan oleh terapis, itu dilakukan bukan semata-mata sebagai tindakan formalitas. Malahan itu merupakan metode yang digunakan untuk membantu cek seberapa banyak pengobatan yang perlu dilakukan.

7. Tes khusus

Tidak selalu dilakukan oleh jasa fisioterapi datang ke rumah pada pasiennya, dan ini hanya merupakan suatu metode khusus untuk membantu menentukan struktur mana yang mungkin akan bermasalah nantinya.

Tentunya ketika sudah ada pemeriksaan akan ditentukan mana penyebabnya, sebagai contoh jika ada masalah pada kekuatan otot. Terapis akan menggunakan metode peningkatan kekuatan otot.

Seperti itu konsepnya dan tentu saja semua akan terjamin jika Anda memilih Fisiohome. Sebab, kami merupakan fisioterapis resmi dan berpengalaman dengan banyak pasien di daerah seluruh Indonesia.

Baca juga tentang : Fisioterapi Ke Rumah Terbaik Untuk Osteogenesis Imperfecta

Macam Gerakan yang Disarankan Fisioterapi Datang ke Rumah untuk Sakit Lutut

Sesudah melakukan pemeriksaan pada pasien, jasa fisioterapi datang ke rumah akan menentukan perawatan yang cocok sesuai hasil pemeriksaan. Ada beberapa gerakan yang biasa akan direkomendasikan untuk Anda.

1. Quad set dan straight leg raises (10 repetisi)

Anda hanya perlu berbaring dengan nyaman, lalu tekuk lutut kaki yang tidak cedera sampai membentuk sudut 90 derajat, lalu kaki yang alami cedera diletakan lurus pada lantai.

Sesudah itu stabilkan otot pada kaki lurus dengan mengontraksikan paha depan, tarik nafas perlahan lalu angkat kaki lurus (cedera) sampai mentok. Tahan selama 3 detik dan buang nafas perlahan sembari menurunkan kembali.

2. Paha depan busur pendek (3 repetisi)

Ada juga fisioterapi paha depan busur pendek, di mana hanya perlu membaringkan badan terlentang dengan roller busa atau jika tidak punya handuk. Posisikan handuk tersebut pada bawah lutut sampai kaki menggantung pada posisi ternyaman.

Luruskan lutut yang sakit dengan mengontraksikan otot paha, dengan tujuan tumit lepas dari meja dan lutut jadi lurus. Tahan posisi 5 detik kemudian ulangi gerakan kembali dari posisi awal sebelumnya.

3. Latihan memperkuat pinggul (sesuai pilihan terapis)

Ada banyak sekali latihan untuk memperkuat pinggul, jasa fisioterapi datang ke rumah akan merekomendasikan sesuai kemampuan. Untuk macam pilihannya ada walking lunge, sit-up, resistance, kettlebell, dan sebagainya.

Tentunya Anda hanya perlu mengikuti saran dari terapis agar mendapatkan hasil terbaik. Tujuan dari memperkuat pinggul adalah agar tidak terlalu membebani lutut dan pada akhirnya nyeri bisa sembuh.

4. Peregangan ekstremitas bawah (sesuai pilihan terapis)

Peregangan ekstremitas bawah atau punggung bawah juga akan direkomendasikan, sebab itu akan membuat sirkulasi darah yang mengalir ke lutut menjadi makin lancar. Ada juga banyak pilihan untuk peregangan ini.

Pilihan tersebut antara lain child pose, standing chest stretch, setaed spinal twist, supine twist, thoracis extension, cat camel stretch, the pelvic tilt, hamstring stretch, dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

Baca juga tentang : Konsultasi Fisioterapis Yang Wajib Orang Tua Lakukan

5. Latihan keseimbangan (sesuai pilihan terapis)

Terakhir, ada fisioterapi untuk keseimbangan yang bertujuan agar membuat tubuh jadi makin rileks dan tidak mudah stres. Ada beberapa latihan yang biasanya akan direkomendasikan kepada pasien.

Di antaranya adalah jalan di tali, berdiri dengan satu kaki, goyangkan perahu, berjalan dengan tumit, latihan romberg, dan sebagainya. Pemilihan tentu saja tergantung dari jasa fisioterapi datang ke rumah Anda.

Dengan penanganan yang tepat atas dasar pemeriksaan terlebih dahulu lalu menyesuaikan penanganan dengan hasil pemeriksaan. Maka kesembuhan maksimal akan menjadi hasil yang lumrah untuk didapatkan.

Maka dari itu jangan ragu untuk segera menggunakan jasa dari Fisiohome yang sudah terkenal profesional. Berbagai masalah terkait kesehatan fisioterapi sudah berhasil kami tangani dengan maksimal.

Terbukti dengan begitu banyak order di berbagai daerah Indonesia. Menjadikan kami pilihan nomor satu untuk Anda, dan kabar bagusnya pemesanan dapat dilakukan secara online atau tanpa perlu datang ke kantor.

Cukup hubungi nomor kami di +62 882-9874-5399 dan Anda akan mendapatkan berbagai pilihan paket sesuai kebutuhan. Dengan begitu tidak perlu berdebat lagi mana pilihan jasa fisioterapi datang ke rumah terbaik.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Peran Fisioterapi Jakarta Atasi Kondisi Inkontinensia Urine

Fisioterapi Jakarta bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kondisi inkontinensia urine. Terapis akan membantu penderita dengan memberikan beberapa latihan tertentu guna mengatasi kondisi tersebut.

Fisioterapi

Peran Fisioterapi Tangerang dapat Membantu Mengatasi Skoliosis

Skoliosis adalah kelainan tulang belakang yang dapat diatasi menggunakan berbagai cara, salah satunya adalah menggunakan pengobatan fisioterapi Tangerang. Intervensi terapis terlatih dapat membantu memperbaiki kelainan

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan