Fisiohome

Fisioterapi Tangerang untuk Mengatasi Gejala Parkinson

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Fisioterapi Tangerang untuk Mengatasi Gejala Parkinson

Seiring berjalannya waktu, fisioterapi Tangerang semakin dibutuhkan oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai permasalahan akan kesehatannya. Salah satunya adalah dibutuhkan untuk mengatasi hingga mencegah munculnya gejala parkinson.

Parkinson sendiri merupakan penyakit yang sifatnya neurodegeneratif progresif di mana tidak hanya memengaruhi kemampuan motorik penderitanya, melainkan terhadap kualitas hidupnya secara keseluruhan.

Melalui teknik-teknik fisioterapi yang tepat tentunya akan membantu penderita ini untuk meningkatkan mobilitasnya, mengatasi kekakuan otot, hingga menjaga keseimbangan tubuh saat bergerak.

Sumber Gambar : Freepik

Manfaat Fisioterapi Bagi Penderita Parkinson

Melalui fisioterapi Tangerang, siapapun yang menderita penyakit ini dapat dengan mudah dibantu kesembuhannya atau setidaknya mengurangi gejala-gejalanya. Lantas, apa saja manfaat fisioterapi bagi penderita parkinson?

1. Membantu Meredakan Kekakuan Otot dan Nyeri Sendi

Adanya otot-otot tubuh yang kaku merupakan salah satu ciri khas penyakit parkinson, di mana tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dalam hal ini, fisioterapi sangat berperan penting untuk mengatasi permasalahannya.

Melalui serangkaian gerakan seperti relaksasi hingga peregangan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas otot dan sendi. Dengan berkurangnya kekakuan, maka penderitanya akan lebih mudah beraktivitas ataupun bergerak.

2. Menjaga Keseimbangan Tubuh dan Mengurangi Risiko Jatuh

Melalui fisioterapi Tangerang akan membantu penderita penyakit ini dalam menjaga keseimbangan tubuhnya agar tidak mudah jatuh. Latihan fisioterapi ini bertujuan untuk melatih otot-otot postural serta sistem vestibular untuk lebih terjaga.

3. Membantu Meningkatkan Kemampuan Berjalan

Kondisi dalam penyakit ini akan sangat memengaruhi kualitas hidup penderitanya. Melalui latihan yang dirancang khusus ini penderitanya akan dibantu untuk berjalan mundur, berjalan melalui garis lurus, atau bisa juga dengan iringan musik.

Selain itu, fisioterapi Tangerang juga menyediakan alat bantu jalan seperti walker untuk memberikan dukungan tambahan apabila mengalami kesulitan berjalan. Beberapa penelitian seperti dalam Internasional Parkinson and Movement Disorder Society sependapat dengan ini.

Baca juga tentang : Penyakit Parkinson Dengan Layanan Fisioterapi

4. Mencegah Terserang Penyakit Komplikasi

Penyakit ini dikatakan sebagai salah satu gangguan pemicu penyakit komplikasi apabila tidak dilakukan penanganan dengan tepat. Dengan dilakukannya latihan secara tepat, maka bisa membantu menjaga kekuatan otot, fleksibilitas, serta keseimbangan tubuh.

Teknik fisioterapi inilah yang pada akhirnya bisa membantu mengatasi permasalahan tersebut dengan meningkatkan fungsi paru-paru sampai sistem kardiovaskular. Latihan ini juga bisa mengurangi risiko pneumonia hingga penyakit jantung.

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Selain bermanfaat untuk mengatasi permasalahan fisik, fisioterapi Tangerang ini juga bagus dalam meningkatkan fungsi kognitif. Melakukan latihan ini secara teratur dapat membantu merangsang produksi zat kimia otak seperti dopamine dan serotonin untuk kinerja memori.

Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa fisioterapi yang dilakukan secara intens akan meningkatkan kinerja kognitif seperti perhatian, daya ingat, hingga konsentrasi. Dengan ini, siapapun dapat meningkatkan kualitas hidupnya secara keseluruhan.

Sumber Gambar : Freepik

Jenis Terapi Fisioterapi untuk Mengatasi Gejala Parkinson

Tujuan utama dari terapi ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup penderita parkinson dalam meningkatkan mobilitas hingga keseimbangan fisik ataupun motorik. Dengan begitu, terdapat beberapa jenis fisioterapi yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Movement Therapy

Movement therapy atau latihan gerak ini dapat bermacam-macam meliputi gerak berirama, tari, hingga tai chi dan yoga. Melalui fisioterapi Tangerang dalam gerakan berirama akan mengikuti iringan musik dengan tujuan meningkatkan koordinasi, ritme, atau kelancaran gerakan.

Terapi tari dilakukan dengan tarian sederhana dan terstruktur untuk membantu meningkatkan keseimbangan, koordinasi, hingga fleksibilitas tubuh penderita parkinson. Sedangkan tai chi dan yoga fokus pada gerakan lambat seperti pernapasannya.

2. Terapi Okupasi

Terapi okupasi merupakan jenis latihan yang bisa membantu individu melakukan aktivitas sehari-hari agar hidup lebih bermakna. Bagi penderita parkinson, ini sangat penting untuk mempertahankan kemampuannya dalam beraktivitas.

Selain itu, okupasi juga berperan dalam meningkatkan fungsi kognitif, adaptasi lingkungan, serta keterampilan motorik halus. Contoh latihannya bisa dengan ADL (Aktivitas Sehari-hari) seperti makan, mandi, hingga berpakaian sesuai dengan tingkat kesulitan pasien.

3. Latihan Aerobik

Melalui fisioterapi Tangerang, penderita parkinson akan diberikan latihan aerobik untuk membantunya dalam meningkatkan daya tahan kardiovaskular, meningkatkan energi, mood, fleksibilitas, koordinasi tubuh, hingga kualitas tidur.

Bentuk-bentuk latihannya sangat bermacam-macam seperti jalan kaki, berdansa, berenang, hingga bersepeda statis. Namun, hal terpenting yang harus dipahami sebelum melakukannya adalah dengan mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahlinya.

4. Terapi Gangguan Jalan

Umumnya, penderita parkinson akan mengalami gangguan berjalan yang lambat, pendek, atau tidak stabil. Melalui latihan ini, akan membantu pasien untuk langkah panjang, kecepatan berjalan, hingga meningkatnya ritme langkah.

Beberapa teknik yang dapat dilakukan seperti berjalan di tempat, berjalan pada garis lurus, mundur, iringan musik, alat bantu jalan, hingga menggunakan berbasis teknologi. Teknologi yang digunakan seperti treadmiil dengan sistem visual atau robot.

5. Latihan Keseimbangan dan Koordinasi

Fisioterapi Tangerang juga akan memberikan latihan keseimbangan bagi para penderita parkinson agar tubuhnya bisa tetap tegak, stabil. Selain itu, juga membantu mengkoordinasikan gerakan antara lengan dan kaki agar tetap seimbang.

Latihan-latihan ini sangat beraneka ragam, seperti berdiri di satu kaki, berjalan pada garis lurus, tandem walking, tai chi dan yoga, latihan menggunakan objek, hingga penggunaan alat-alat tertentu seperti bola bosu.

6. Frenkle Exercise

Frenkle exercise merupakan serangkaian gerakan yang dirancang untuk memperbaiki pola jalan penderita parkinson. Latihan ini berfokus pada pemulihan gerakan otomatis yang terganggu, lambat, dan sulit dikontrol.

Dengan melakukan frenkle exercise, penderitanya akan dilatih untuk mengatasi langkah yang pendek-pendek, gerakan tangan kaku, hingga postur tubuh bungkuk. Melalui latihan fisioterapi yang tepat, akan dibimbing oleh seorang fisioterapis terampil dengan jelas.

Baca juga tentang : Fisioterapi Tangerang Selatan Untuk Menangani Cedera Otot

Peran Fisioterapi Tangerang untuk Mengatasi Gejala Parkinson

Layanan fisioterapi ini memainkan peran penting dalam mengatasi salah satu penyakit neurodegeneratif progresif ini dengan membantu memperbaiki motorik serta kualitas hidup penderita parkinson.

Dirancang dengan pendekatan individual, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat keparahan gejala penderitanya. Didukung dengan fisioterapis berpengalaman, penderita parkinson akan menjalani latihan berbagai jenis untuk kualitas hidupnya.

Keunggulan Fisiohome Sebagai Jasa Fisioterapi Terbaik di Tangerang

Banyaknya layanan fisioterapi yang bermunculan, fisioterapi Tangerang ini memiliki berbagai keunggulan di Fisiohome. Beberapa keunggulan tersebut antara lain:

  1.  Fisiohome telah berpengalaman bertahun-tahun dalam menangani berbagai permasalahan kesehatan yang berbeda-beda.
  2. Fisiohome juga menyediakan layanan visit sehingga Anda tidak perlu datang ke rumah sakit atau klinik. Layanan visit ini dapat dipesan secara daring dalam 24 jam.
  3. Dengan layanan yang lengkap, Anda dapat memesan menyesuaikan kebutuhan, mulai dari visit satu kunjungan, eksekutif, suite, luxury, lifestyle, hingga event.
  4. Anda dapat mengkonsultasikan keluhan Anda secara gratis sebelum mencoba fisioterapi.
  5. Penanganan cepat dan efisien dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pasien.
  6. Fisiohome menyediakan harga layanan yang terjangkau agar memudahkan pelanggannya.

Untuk melakukan pemesanan, Anda dapat menghubungi tim kami Fisiohome di +62 882-9874-5399. Setelah terhubung, dapat segera memilih paket dan menentukan jadwal konsultasi.

Fisiohome menjadi solusi tepat dalam mengatasi penyakit parkinson. Sekarang, Anda tidak perlu lagi khawatir apabila ada keluarga, saudara, kerabat, atau teman yang menderita parkinson karena layanan fisioterapi Tangerang ini dapat dijangkau dengan mudah.

 

Referensi Penulisan:

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang untuk Mengatasi Gejala Parkinson

Fisioterapi Tangerang untuk Mengatasi Gejala Parkinson Seiring berjalannya waktu, fisioterapi Tangerang semakin dibutuhkan oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai permasalahan akan kesehatannya. Salah satunya adalah dibutuhkan

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Selatan untuk Menangani Cedera Otot

Fisioterapi Tangerang Selatan untuk Menangani Cedera Otot Seiring berjalannya waktu, fisioterapi Tangerang Selatan semakin dibutuhkan untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Selatan Solusi Sembuhkan Low Back Pain

Fisioterapi Tangerang Selatan Solusi Sembuhkan Low Back Pain Berbagai masalah kesehatan memerlukan bantuan Fisioterapi Tangerang Selatan untuk mempermudah proses penyembuhan. Begitu pula dengan low back

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Selatan Obati Cedera Ligamen Lutut

Fisioterapi Tangerang Selatan Obati Cedera Ligamen Lutut Fisioterapi Tangerang Selatan saat ini menjadi pilihan tepat untuk menangani berbagai keluhan masalah kesehatan, salah satunya adalah cedera

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Promo September Ceria, Oktober Gembira dari Fisiohome dan CareNown

Fisiohome bersama CareNow menghadirkan promo spesial “September Ceria, Oktober Gembira” dengan diskon hingga Rp200.000. Manfaatkan program cicilan kesehatan yang ringan dengan bunga mulai 0%, cicilan hingga 12x, dan limit sampai Rp50 juta.

Nikmati tambahan diskon hingga Rp200.000, khusus selama periode 6 September hingga 31 Oktober 2024. Promo ini memberikan solusi kesehatan dengan pembayaran yang lebih hemat dan fleksibel.

Syarat dan ketentuan berlaku.

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan