Fisiohome

Tips & Tricks 4 Latihan Mudah Untuk Mengurangi Nyeri Punggung Bawah Selama WFH

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Taukah kamu? – Menurut studi Zidni dan Alif tahun 2020, sekitar 83% pegawai pernah mengalami nyeri punggung bawah dengan keluhan ringan selama bekerja dari rumah atau work from home (WFH), 4% pegawai lainnya mengalami nyeri punggung bawah dengan keluhan sedang. Sedangkan 40,5% pegawai di Indonesia mempunyai keluhan gangguan kesehatan yang berhubungan dengan pekerjaannya, 16% gangguan tersebut berasal dari otot rangka seperti penyakit nyeri punggung bawah. Data prevalensi tersebut membuktikan bahwa fenomena nyeri punggung bawah pada pegawai merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di dunia, termasuk Indonesia [1].

Lalu, apa yang dimaksud dengan nyeri punggung bawah? – Nyeri punggung bawah atau low back pain merupakan gangguan yang disebabkan oleh perubahan struktur pembentuk punggung bawah, seperti tulang belakang, otot, saraf, ligamen, diskus. Penyebabnya dapat berasal dari suatu penyakit pada struktur terkait atau pola aktivitas yang salah [2].

Pegawai yang bekerja dari rumah kerap kali mengalami nyeri punggung bawah akibat postur yang salah saat bekerja; badan terlalu membungkuk, badan miring ke satu sisi, atau leher terlalu menunduk dalam jangka waktu yang lama. Sehingga otot di sekitar punggung bawah akan menjadi kaku, lemah yang menyebabkan timbulnya nyeri. Nyeri menghambat segala aktivitas termasuk bekerja. Latihan atau exercise sebagai salah satu metode penyembuhan dapat dilakukan tanpa melibatkan obat, atau terapi invasif. Berikut adalah 4 latihan yang mudah dilakukan di rumah, tidak memakan waktu lama, serta mampu mengakitvasi dan mengulur otot inti tubuh (core muscle), dan otot superfisial di sekitar punggung bawah:

1. Pelvic Tilting Exercise

Pelvic tilting exercise merupakan latihan yang digunakan untuk mengurangi gejala pada penderita nyeri punggung bawah. Beberapa otot yang bekerja saat latihan ini adalah otot erector spine, otot multifidus, dan otot transversus abdominis. Prosedurnya dimulai dalam posisi terlentang dan meletakkan tangan di pinggang. Latihan ini dapat dibantu dengan meletakkan gulungan handuk di punggung bawah, kemudian dorong handuk tersebut dengan memasukkan perut [3].

Pelvic Tilting Exercise (Retrieved from https://www.torbayandsouthdevon.nhs.uk/uploads/25581.pdf)

2. Bridging Exercise

Bridging exercise merupakan latihan untuk meningkatkan aktivasi otot inti tubuh (core muscle). Otot-otot yang aktif saat latihan ini seperti otot rectus abdominis, dan otot internal oblique. Prosedurnya dimulai dalam posisi terlentang dengan menekuk pinggul serta lutut. Kemudian dilanjut dengan mengangkat bokong dan dipertahankan selama 5-10 detik [4].

Bridging Exercise (Retrieved from https://www.torbayandsouthdevon.nhs.uk/uploads/25581.pdf)

3. Kneeling Exercise

Kneeling atau airplane exercise merupakan latihan yang bertujuan untuk mengurangi nyeri, dan meningkatkan kekuatan otot pada punggung bawah. Beberapa otot bekerja saat latihan ini seperti otot transversus abdominis, otot internal oblique, dan otot external oblique. Prosedurnya dimulai dalam posisi merangkak dengan tumpuan di kedua lutut dan tangan. Setelah itu dapat dimodifikasi dengan mengangkat tangan dan tungkai secara bergantian. Setiap gerakan ditahan selama 5-10 detik [5].

Kneeling Exercise with Arm Lift
Kneeling Exercise with Leg Lift (Retrieved from https://www.torbayandsouthdevon.nhs.uk/uploads/25581.pdf)

4. Cat-Camel Exercise

Cat-camel exercise merupakan latihan yang bertujuan untuk mengurangi ketegangan otot punggung bawah, serta mencegah cedera lanjutan pada diskus tulang belakang. Otot-otot seperti otot triceps, otot serratus anterior, serta otot erector spine terjadi peningkatan aktivasi saat latihan ini dilakukan. Prosedurnya dimulai dalam posisi merangkak dengan tumpuan di kedua lutut dan tangan, kemudian mendorong perut sambil menarik nafas hingga tulang belakang berbentuk cekung. Dilanjut dengan membuang nafas sambil relaksasi otot perut hingga tulang belakang berbentuk cembung. Setiap gerakan ditahan selama 5-10 detik [6].

Cat-Camel Exercise (Retrieved from https://uhs.princeton.edu/sites/uhs/files/documents/Lumbar.pdf)

Selanjutnya, berapa kali seminggu latihan tersebut dilakukan? – Dosis latihan bervariasi tergantung dengan tingkat keparahan penyakit. Salah satu studi menyebutkan bahwa latihan di atas dapat dilakukan sebanyak 3 kali seminggu, 10-15 kali repetisi setiap latihannya.

Mengapa dengan latihan tersebut nyeri punggung bawah berkurang? – Singkatnya, latihan di atas dapat meningkatkan aktivasi dan mengulur otot sehingga terjadi peningkatan kekuatan dan daya tahan otot punggung bawah, mengurangi ketegangan otot, meningkatkan kualitas gerakan pada tulang belakang dan nyeri yang dirasakan akan berkurang. 

Jika nyeri punggung bawah tidak berangsur membaik dalam beberapa minggu, atau bahkan bulan. Anda disarankan untuk mengontrol ke tenaga medis profesional, seperti dokter, dan fisioterapi. Fisiohome sediakan layanan fisioterapis home visit, dan konsultasi dengan fisioterapis bersertifikat tanpa perlu repot ke rumah sakit atau klinik, dan risiko terpapar COVID-19. Dengan prosedur pemesanan yang sangat mudah, hanya lewat ig @fisiohome.id atau website www.fisiohome.id, Anda sudah dapat merasakan pelayanan fisioterapis.

Ditulis oleh Muhamad Elfitra Salam

References

1. Lubis ZI, Rinanda AR. Pengaruh Durasi Kerja Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Musculoskeletal. J Sport Sci [Internet]. 2020;10(2):101–6. Available from: http://journal2.um.ac.id/index.php/sport-science/article/view/17172

2. Harwanti S, Ulfah N, Nurcahyo PJ. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Low Back Pain (LBP) pada Pekerja di Home Industri Batik Sokaraja Kabupaten Banyumas. Kesmas Indones. 2018;10(2):109–23. 

3. Takaki S, Kaneoka K, Okubo Y, Otsuka S, Tatsumura M, Shiina I, et al. Analysis of muscle activity during active pelvic tilting in sagittal plane. Phys Ther Res. 2016;19(1):50–7. 

4. Yoon JO, Kang MH, Kim JS, Oh JS. Effect of modified bridge exercise on trunk muscle activity in healthy adults: a cross sectional study. Brazilian J Phys Ther [Internet]. 2018;22(2):161–7. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.bjpt.2017.09.005

5. Szczygieł E, Blaut J, Zielonka-Pycka K, Tomaszewski K, Golec J, Czechowska D, et al. The Impact of Deep Muscle Training on the Quality of Posture and Breathing. J Mot Behav. 2018;50(2):219–27. 

6. Kostadinović S, Milovanović N, Jovanović J, Tomašević-Todorović S. Efficacy of the lumbar stabilization and thoracic mobilization exercise program on pain intensity and functional disability reduction in chronic low back pain patients with lumbar radiculopathy: A randomized controlled trial. J Back Musculoskelet Rehabil. 2020 Nov

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Solusi Atasi Sindrom Guillain Barre

Para penderita penyakit sindrom guillain barre sekarang tidak perlu khawatir sebab untuk mengatasi permasalahan susah gerak bisa memanfaatkan jasa fisioterapi Tangerang. Sindrom ini sebenarnya penyakit

Fisioterapi

Ingin Mencoba Metode Fisioterapi Bekasi? Siapkan 5 Hal Ini

Terapi fisik atau fisioterapi Bekasi merupakan salah satu metode untuk memeriksa, menangani, dan mengevaluasi seseorang dengan masalah kesehatan tertentu. Tindakan medis ini dapat mengatasi keterbatasan

Fisioterapi

Trauma Berat? Gunakan Fisioterapi Depok, Rasakan Manfaatnya

Fisioterapi Depok merupakan salah satu metode terbaik untuk menyembuhkan penyakit, cedera, atau permasalahan kebugaran fisik. Jika Anda ingin menggunakan layanan terapi fisik, tentunya harus mengetahui

Fisioterapi

Fisioterapi Jakarta Solusi Mudah Kembalikan Kebugaran Fisik

Seiring waktu berjalan, banyak orang membutuhkan fisioterapi Jakarta yang berpengalaman dan profesional. Hal ini bertujuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya ketika kondisi fisik

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan
Klik Sekarang
1
WhatsApp
Admin Fisiohome
Pesan Fisioterapis?