Fisiohome

8 Indikasi Tubuh Anda Butuh Fisioterapi

indikasi tubuh butuh fisioterapi

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa fisioterapi hanya dibutuhkan oleh lansia atau orang-orang dengan penyakit kronis. Padahal tidak demikian, faktanya bantuan fisioterapi bisa dilakukan pada semua rentang usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua dengan berbagai macam tujuan.

Bagi Anda yang belum tahu, fisioterapi sendiri adalah sebuah pelayanan kesehatan yang berkaitan erat dengan penanganan secara fisik. Tujuan utama dari fisioterapi sendiri yakni untuk mengembalikan fungsi gerak tubuh agar kembali optimal melalui latihan serta terapi manual.

Anda bisa memanfaatkan fisioterapi agar kondisi tubuh semakin bugar. Pasalnya, seiring peningkatan aktivitas harian serta usia yang semakin bertambah biasanya akan terjadi beberapa masalah pada tubuh. Misalnya seperti leher kaku, pinggang terasa sakit, atau gangguan gerak lainnya yang membutuhkan perawatan dari fisioterapis. 

Lantas, apa saja sih indikasi saat kita perlu berkunjung ke fisioterapis? Untuk memudahkan Anda, berikut sudah kami rangkum beberapa contohnya.

8 Indikasi Tubuh Anda Butuh Fisioterapi

Seperti halnya kendaraan yang butuh di service secara rutin, dalam beberapa kondisi tertentu tubuh kita juga perlu dilakukan perawatan agar kondisinya tetap optimal. Berikut merupakan beberapa indikasi yang bisa dijadikan patokan bahwa tubuh Anda butuh fisioterapi.

1.Kesulitan Koordinasi dan Gangguan Keseimbangan

gangguan keseimbangan
gangguan keseimbangan

Ada banyak hal yang bisa memicu ketidakseimbangan tubuh (disequilibrium), mulai dari aliran darah ke otak yang tidak lancar, masalah telinga dalam, hingga kondisi dimana otot tubuh mulai melemah. Jika Anda mengalami masalah koordinasi yang buruk dan gangguan keseimbangan, maka fisioterapi bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya.

2.Postur Tubuh yang Buruk

Kondisi postur tubuh yang buruk biasanya dialami oleh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Misalnya, memiliki badan yang terlalu membungkuk, bagian dada yang condong kedepan, tulang belakang membentuk huruf S, dll.

Mengutip dari situs Halodoc, kondisi ini bisa terjadi karena kebiasaan, cedera di masa lalu, atau bahkan kekurangan asupan zat gizi. Baik bagi orang dewasa maupun anak-anak, postur tubuh yang buruk bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari, sehingga perlu adanya penanganan agar kondisinya bisa normal kembali.

Peran fisioterapi sendiri bisa membantu proses pemulihan serta pencegahan dengan cara meningkatkan kemampuan fungsi tubuh agar lebih optimal serta mengelola berbagai gangguan gerak pada tubuh. Namun, hal ini tentunya juga perlu didukung dengan menghindari gaya hidup atau kebiasaan yang berpotensi menyebabkan gangguan postur tubuh.

3.Merasakan Nyeri di Beberapa Bagian Tubuh

postur tubuh yang buruk
postur tubuh yang buruk

Rasa nyeri di tubuh seringkali datang dan pergi seiring dengan beban aktivitas yang kita jalani. Kondisi ini sendiri merupakan akibat dari melemahnya otot-otot tubuh yang memang secara alami bisa terjadi. Bila Anda mulai merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh secara bersamaan, maka sebaiknya segera berkunjung ke klinik fisioterapi terdekat. Dengan diagnosis yang tepat, nantinya fisioterapis akan menargetkan bagian tubuh tertentu, seperti pada leher, punggung, atau pinggang agar lebih rileks sehingga kemampuan geraknya kembali optimal.

4.Mengalami Masalah Sistem Saraf

Beberapa contoh kondisi yang termasuk dalam gangguan sistem saraf di antaranya yakni, stroke, parkinson, dan multiple-sclerosis. Adapun orang yang paling sering membutuhkan layanan fisioterapi sendiri adalah penderita stroke. Pada kondisi tersebut, fisioterapis akan melakukan sejumlah penanganan guna mengurangi gangguan fungsi gerak tubuh serta meminimalisir rasa nyeri yang ditimbulkan.

5.Mengalami Insomnia / Gangguan Tidur

insomnia
insomnia

Keteraturan pola tidur bisa menjadi salah satu indikator untuk memahami kondisi tubuh seseorang. Alhasil, jika selama ini Anda memiliki gangguan pola tidur, maka bisa dipastikan ada sesuatu yang salah pada tubuh Anda. Penyebab gangguan tidur sendiri ada beberapa hal, mulai dari faktor pikiran, mental, atau kondisi fisik yang kurang optimal. Jika Anda susah tidur akibat rasa sakit di punggung bawah atau nyeri di bagian tubuh, maka Anda bisa mencoba menanganinya dengan bantuan fisioterapis.

6.Kesulitan Untuk Bergerak

Sistem gerak pada tubuh dihasilkan dari koordinasi antara saraf, tulang, dan otot yang saling terintegrasi. Sehingga jika ada salah satu komponen yang tidak bekerja secara optimal, maka akan menghasilkan gangguan bergerak seperti berjalan, berlari, atau membungkuk.

Kesulitan bergerak kerap terjadi akibat adanya cedera ringan yang tidak disadari. Mengutip dari American Association of Neurological Surgeon, adanya gangguan gerak seperti dystonia, parkinson, hingga Myasthenia gravis jika tidak ditangani dengan baik bisa berpotensi membuat penderitanya menjadi difabel. Oleh sebab itu, jika terjadi tanda-tanda kesulitan bergerak atau kelainan sistem gerak sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter atau layanan fisioterapi terdekat.

7.Mengalami Gangguan Pernapasan

sesak napas
sesak napas

Gangguan pernapasan merupakan salah satu indikasi yang patut dipertimbangkan untuk mendapat layanan fisioterapi. Para penderita penyakit seperti paru obstruktif kronik, fibrosi kristik, atau asma, bisa mendapatkan edukasi sekaligus pelatihan cara mengontrol pernapasan yang baik dengan bantuan fisioterapis. 

8.Menderita Penyakit Kardiovaskular

Fisioterapi juga cocok bagi Anda yang saat ini sedang menjalani proses rehabilitasi pasca serangan jantung. Pasalnya, penanganan yang diberikan oleh fisioterapis bisa membantu untuk melatih kinerja jantung. Contohnya seperti lari santai, senam aerobik, dll.

Itulah beberapa kondisi yang bisa menjadi indikasi bahwa Anda membutuhkan layanan fisioterapi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan seperti yang disebutkan pada artikel di atas, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau layanan fisioterapi terdekat ya. Proses perawatan fisioterapi sendiri umumnya akan menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada bagian tubuh yang ditangani, akan tetapi hal ini merupakan hal normal yang biasa terjadi. Semoga bermanfaat.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Konsultasi Fisioterapis yang Wajib Orang Tua Lakukan

Tahapan konsultasi fisioterapis nampaknya menjadi aspek penting yang perlu untuk orang tua lakukan ketika hendak menggunakan jasa tersebut untuk menangani berbagai masalah yang dihadapi oleh

Fisioterapi

Low Back Pain Menjadi Pengobatan yang Efektif

Fisioterapi low back pain menjadi salah satu pengobatan untuk mengatasi sakit punggung bagian bawah. Cara ini terbukti efektif untuk mengatasi rasa nyeri atau perasaan tidak

Kesehatan

Penyakit Sendi Arthritis dan Pentingnya Fisioterapi

Tidak setiap orang mengetahui betapa menyiksanya penyakit sendi arthritis ketika sedang kambuh. Tidak berlebihan jika menyebut penyakit ini membuat seseorang tidak bisa beraktivitas secara normal.

Fisioterapi

Gangguan Neurologis dengan Fisioterapi yang Rutin

Perawatan gangguan neurologis dibutuhkan untuk membantu meredakan gejala dan penyakit lainnya timbul. Neurologi merupakan salah satu bidang dalam kedokteran yang mempelajari sistem saraf manusia, termasuk

Fisioterapi

Perawatan Fisioterapi dan Bidang Pengobatannya

Bicara fisioterapi, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu prosedur perawatan fisioterapi. Fisioterapi secara umum merupakan suatu tindakan rehabilitasi fisik di mana bertujuan untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan