Fisiohome

Apa Saja Kandungan Vitamin yang Baik untuk Tulang?

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Ada berbagai jenis kandungan vitamin yang baik untuk tulang. Apakah Anda hanya familiar dengan vitamin D yang sudah terbukti bagus untuk sistem rangka tubuh dan sendi?

Sebenarnya masih banyak vitamin dan mineral lain yang sangat membantu memelihara kesehatan maupun kekuatan tulang. Jadi, pastikan untuk memenuhi semua asupan vitaminnya agar terhindar dari masalah, misalnya osteoporosis.

Tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk memenuhi semua asupan nutrisi. Karena, Anda bukan hanya bisa mendapatkannya melalui suplemen, namun juga makanan sehari-hari.

Beberapa Kandungan Vitamin yang Baik untuk Tulang

Tulang tergolong salah satu elemen penting dalam tubuh manusia. Fungsinya bukan sekedar untuk menggerakkan tubuh namun juga mengatur seluruh bagian sendi sehingga bisa beraktivitas sehari-hari.

Oleh sebab itu, penting untuk mengonsumsi kandungan vitamin yang baik untuk tulang. Misalnya vitamin A dan B, seperti dalam penjelasan di bawah ini.

1. Vitamin A

Jika membahas tentang vitamin A, mungkin Anda lebih menghapalnya sebagai nutrisi untuk kesehatan mata. Banyak orang juga lebih familiar dengan manfaat tersebut. Padahal, sebenarnya juga bermanfaat untuk kesehatan sistem rangka tubuh.

Alasannya adalah karena vitamin A mempunyai banyak pengaruh pada sel-sel pembentuk tulang, termasuk juga sel-sel pemecah tulang. Namun, bukan berarti Anda harus mengonsumsi nutrisi ini secara berlebihan.

Karena, ketika mengonsumsinya secara berlebihan, justru menimbulkan penurunan kepadatan tulang. Lalu untuk mengonsumsinya, cukup temukan dalam sayur-sayuran atau buah-buahan.

2. Vitamin B

Selanjutnya, kandungan vitamin yang baik untuk tulang adalah vitamin B, bisa berupa B9, B12 maupun B6. Semuanya begitu dianjurkan terutama bagi orang yang sudah lanjut usia.

Keperluan akan vitamin bagi setiap orang sebenarnya cukup berbeda, berdasarkan jenis kelamin, umur dan aktivitas. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi nutrisi ini.

Tidak wajib membeli suplemen, cukup dapatkan vitamin B dari makanan sehari-hari seperti daging, kerang, legum maupun yang lainnya. Jika sampai kekurangan vitamin B12, akan ada risiko terserang osteoporosis.

Vitamin D Paling Populer untuk Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin yang baik untuk tulang paling populer adalah vitamin D. Nutrisi ini memainkan peran kunci dalam penyerapan kalsium dan membantu mengatur pergantian tulang.

Vitamin D akan membantu dalam menyerap kalsium ke darah maupun tulang. Tanpa peran nutrisi ini, tubuh akan kesulitan menyerap kalsium secara optimal. Jadi, akan lebih baik untuk mengonsumsinya bersama dengan kalsium.

Selain membantu dalam pertumbuhan tulang dan menghindarkannya dari keropos, nutrisi ini juga punya manfaat lain. Yakni memelihara supaya kadar kalsium dan fosfor senantiasa stabil.

Anda bisa mendapatkannya dalam beragam sumber makanan, misalnya saja ikan berlemak, kuning telur, sayuran hingga sereal. Selain itu, dapatkan juga secara gratis melalui sinar matahari pagi.

Karena bisa dapatkan dari sinar matahari pagi, tahukah Anda jika nutrisi ini juga kerap disebut dengan vitamin sunshine? Coba saja untuk berjemur di bawah matahari pagi akan tetapi jangan terlalu lama supaya kulit tidak terbakar.

Lantas, berapa batas konsumsi vitamin D untuk tubuh? Apabila masih anak-anak atau usia dewasa sebelum umur 70 tahun, batasnya adalah 600 IU.

Lantas, bagi ibu hamil, ibu menyusui maupun orang berumur lebih dari 71 tahun membutuhkan sampai 800 IU setiap harinya. Apabila sampai kekurangan vitamin D, dapat berisiko mengalami osteoporosis.

Apabila Anda merasa kurang bisa memenuhi kebutuhan vitamin D melalui sinar matahari pagi maupun makanan, boleh mencoba suplemen. Namun, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan ahli gizi atau dokter supaya dosisnya tidak berlebihan.

Apabila sampai kekurangan kandungan vitamin yang baik untuk tulang ini, bisa terjadi rakitis, yakni keadaan gangguan tulang dan postur tubuh. Gangguan ini sangat umum dialami oleh anak-anak.

Vitamin C dan K untuk Pertumbuhan serta Kepadatan Tulang

Selain vitamin A, B dan D, masih ada lagi nutrisi yang bagus untuk sistem rangka tubuh. Simak penjelasan di bawah ini agar Anda dapat memenuhi asupan nutrisi yang tepat untuk tubuh.

1. Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi membantu dalam menunjang pertumbuhan tulang dan gigi. Mungkin Anda juga sudah sering mendengar tentang nutrisi ini. Terutama ketika kekurangan, lalu muncul masalah berupa sariawan.

Vitamin C membantu membentuk kolagen dalam tubuh. Melalui kolagen, kandungan vitamin yang baik untuk tulang ini bisa membuat jaringan tubuh mampu bertahan terhadap peregangan dan deformasi

Kemudian juga membantu pertumbuhan dan pertumbuhan tulang secara optimal. Tubuh membutuhkan paling tidak 500 miligram setiap harinya. Cukup temukan nutrisi ini dalam buah-buahan atau sayur-sayuran.

Misalnya saja dengan mengonsumsi jeruk, kiwi, stroberi, mangga, pepaya maupun blewah. Jadi, jangan menganggap vitamin C hanya bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Vitamin K

Kandungan vitamin yang baik untuk tulang selanjutnya adalah vitamin K. Nutrisi ini akan membantu menguatkan dan meningkatkan kepadatan tulang dalam tubuh.

Banyak peran penting yang dimiliki, seperti mengirim kalsium dari darah menuju tulang, memperkuat osteocalcin dan komponen protein pada tulang. Selain itu juga membantu mencegah tulang retak dan menyembuhkan patah tulang dalam waktu cepat.

Seorang laki-laki memerlukan 120 mikrogram vitamin K, sementara perempuan hanya memerlukan sampai 90 mikrogram untuk setiap harinya. Anda bisa mendapatkannya melalui sayur-sayuran, sebut saja brokoli dan kembang kol.

Apabila sampai kekurangan vitamin K, akan ada risiko patah tulang mengingat kepadatan tulang rendah. Jadi, harus mengonsumsinya secara rutin agar kepadatan tulang terjaga.

Mineral yang Mendukung Kesehatan Tulang

Anda bukan hanya perlu memikirkan kandungan vitamin yang baik untuk tulang, namun juga mineral. Misalnya saja mineral berupa kalsium dan magnesium.

1. Kalsium

Kalsium termasuk mineral yang membantu membentuk tulang dan gigi. Mengonsumsinya dalam kadar cukup akan menjadikan rangka tubuh tersebut keras, kuat dan kokoh. Sehingga akan mencegah osteoporosis dan osteopenia.

Pada orang tua, tulang yang dipecah justru lebih cepat daripada tulang dibentuk. Ketika kekurangan kalsium, tentu risiko osteoporosis juga jauh lebih besar.

Kalsium juga dimanfaatkan untuk hal lainnya, misalnya aktivitas saraf dan sel. Jadi, jangan sampai asupan kekurangan kalsium supaya sistem rangka tubuh, saraf dan sel berfungsi secara normal.

Anda dapat menemukan kalsium dalam berbagai jenis makanan. Selain itu, bisa pula mengonsumsi suplemen dengan kandungan kalsium untuk membantu menguatkan tulang.

2. Magnesium

Dalam pembahasan di atas, Anda sudah membaca berbagai kandungan vitamin yang baik untuk tulang, termasuk juga mineral. Sekarang, mari membahas mineral lainnya yang juga bermanfaat untuk sistem rangka tubuh, yakni magnesium.

Kurang lebih 50% hingga 60% kandungan magnesium dalam tubuh disimpan ke sistem rangka. Jadi, apabila ingin sistem rangka menjadi kokoh, Anda harus memenuhi keperluan magnesium setiap harinya.

Magnesium akan membantu membentuk sel tulang baru dan memelihara kepadatannya. Ketika tingkat kepadatan tulang tinggi, Anda bisa terhindar dari risiko osteoporosis dan tulang retak.

Anda bisa memperoleh magnesium dari beragam jenis makanan, misalnya saja roti gandum, sayuran hingga kacang-kacangan. Boleh juga melengkapi kebutuhan mineral ini melalui konsumsi suplemen.

Apabila ingin memelihara kesehatan sistem rangka tubuh dan mencegah risiko seperti osteoporosis, maka perlu mengonsumsi berbagai nutrisi. Misalnya berbagai kandungan vitamin yang baik untuk tulang, berupa vitamin A, B, C, D dan K.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Jasa Fisioterapi Datang ke Rumah untuk Sakit Lutut

Sekarang bagi Anda yang butuh jasa fisioterapi datang ke rumah hanya perlu menjentikkan jari saja. Sehingga bagi Anda yang khususnya membutuhkan perawatan tersebut tidak perlu

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Selatan Terbaik untuk Atelektasis

Fisioterapi Tangerang Selatan merupakan pilihan terbaik untuk menyembuhkan atelektasis. Ini merupakan penyakit yang berbahaya dan bisa saja mengancam jiwa, bahkan untuk semua kalangan usia. Lebih

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan