Fisiohome

6 Buah Ini Dapat Menurunkan Kolesterol

6 buah untuk menurunkan kadar kolesterol

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

FISIOHOMEPernahkah Anda berpikir bahwa buah, makanan yang sederhana dan mudah didapatkan itu, bisa memiliki khasiat yang luar biasa? Jika tidak, maka pada tulisan ini akan dijelaskan apa saja manfaat buah bagi kesehatan, terutama dalam fungsinya untuk meredakan penyakit. Salah satu penyakit yang dapat diredakan oleh buah adalah kolesterol. Kira-kira, apa saja buah yang dapat meredakan kolesterol? Sebelum itu, yuk simak terlebih dahulu penjelasan tentang kolesterol berikut!

Kolesterol, Penyakit atau Bukan?

Kolesterol masih sering disalahpahami sebagai penyakit. Padahal, kolesterol sebenarnya adalah lemak endogen yang dapat diperoleh dari makanan hewani. Lemak jenis ini dapat membantu pembentukan vitamin D. Selain itu, kolesterol juga mengandung banyak hormon dan asam empedu yang membantu mencerna lemak. Dalam jumlah yang wajar, ini merangsang sel-sel baru sehingga tubuh dapat terus berfungsi secara normal.

Kolesterol juga diperlukan untuk proses pencernaan, produksi hormon, dan pembentukan vitamin D. Namun, kolesterol yang terlalu tinggi berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi. 

Dalam darah, kolesterol diangkut oleh protein. Bersama-sama, keduanya disebut lipoprotein. Dua jenis utama lipoprotein adalah low-density lipoproteins (LDL), umumnya dikenal sebagai kolesterol jahat, dan high-density lipoproteins (HDL), umumnya dikenal sebagai kolesterol baik. Kolesterol jahat ini, apabila terlalu sering diserap tubuh, dapat mengakibatkan perasaan tidak nyaman pada tubuh dan menimbulkan gejala tertentu. Untuk meredakannya, beberapa buah berikut dapat membantu meredakannya.

Rekomendasi Buah untuk Menurunkan Kolesterol

Kandungan vitamin pada buah dapat meredakan atau melawan beberapa penyakit dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi buah, tubuh manusia akan mendapat asupan vitamin yang dibutuhkan. Secara spesifik, buah-buah ini dapat meredakan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh manusia.

1. Alpukat

Buah penurun kolesterol pertama Halodoc adalah alpukat. Alpukat diketahui mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik. Terutama untuk menjaga kesehatan jantung. Konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, alpukat juga mengandung banyak senyawa, vitamin dan mineral. Wo nanti membantu menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh

2. Pepaya

Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah pepaya. Pepaya dikenal sebagai buah yang kaya serat makanan. Selain itu, pepaya juga dikenal dapat mengontrol tekanan darah dan mengatur kadar kolesterol (LDL) yang tidak sehat dalam darah, mengandung ~14 gram serat. Level adalah jumlah yang dapat dilakukan dan dibutuhkan oleh tubuh. Serat juga dikenal membuat pencernaan lebih lancar. Serat juga dapat meningkatkan frekuensi buang air besar dan membuat buang air besar lebih mudah.

3. Jambu Biji

Buah penurun kolesterol kedua adalah jambu biji. Hal ini berkat kandungan buah jambu bijinya yang dipercaya dapat membantu melindungi jantung. Terutama dari kerusakan radikal bebas. Tidak hanya itu, kalium dan serat dalam buah jambu biji juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

4. Pisang

Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah pisang. Ini berkat inulin, yang ditemukan dalam pisang. Di mana masuk akal untuk menurunkan kadar kolesterol dari makanan yang dikonsumsi.Untuk membantu seseorang mengontrol kadar kolesterolnya.

Apel diketahui mengandung 3 hingga 7 gram serat, meskipun itu masih tergantung pada ukuran apel itu sendiri. Selain itu, apel juga mengandung senyawa yang disebut polifenol yang secara positif mempengaruhi kadar kolesterol. Satu studi menemukan bahwa makan dua apel sehari menurunkan kadar kolesterol total dan LDL. Buah ini juga dapat menurunkan kadar trigliserida, atau sejenis lemak, dalam darah.

5. Apel

Buah yang memiliki berbagai macam jenis ini mengandung Pektin. Zat ini dapat dipahami sebagai nutrisi yang memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol. Nutrisi Pektin ini berfungsi untuk menyerap kolesterol dan lemak jahat, terutama yang berada dalam usus halus. Pada akhirnya, nutrisi ini akan membawa kolesterol menjadi feses.

6. Bit

Buah Bit diyakini dapat dikatakan membantu menurunkan kadar kolesterol darah tinggi, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan hal ini.Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Horticultural Science & Biotechnology menemukan bahwa Makan buah telah terbukti menurunkan kadar kolesterol darah.

Keenam buah di atas dapat membantu tubuh manusia untuk menyesuaikan kadar kolesterol di dalamnya. Dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan di atas, selain mendapat asupan vitamin, tubuh akan mengurangi kadar kolesterol jahat. Jadi, rutinlah konsumsi buah-buah di atas agar Anda dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan