Fisiohome

Daftar Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang Si Kecil

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Si kecil terkadang membutuhkan asupan makanan untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Kami akan membahas apa saja sumber makanan yang bisa membuat tulang si kecil kuat dan menjaga daya tahan tubuhnya dari berbagai ancaman penyakit setiap hari.

Apalagi jika sudah memasuki usia sekolah, semakin banyak aktivitas harus dilakukan membuat anak mesti lebih kuat.

10 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang ini bisa dilakukan sejak kecil melalui berbagai asupan penting yang bisa dikonsumsi secara rutin setiap hari.

1. Sumber Kalsium Kentang

Kentang menjadi sumber makanan untuk meningkatkan kesehatan tulang pertama yang bisa didapatkan dari tukang sayur atau dari kebun langsung. Kentang biasanya diolah menjadi kentang goreng, perkedel, campuran sayur sop, atau juga diolah menjadi cemilan.

Kentang diketahui memiliki kandungan kalsium cukup tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu berbagai kandungan lainnya, seperti kalium dan vitamin D3 juga memiliki peran penting dalam menyerap kalsium ke seluruh tubuh.

2. Sumber Kalsium Bayam

Sayuran hijau bayam juga memiliki kandungan kalsium tinggi yang baik bagi kesehatan tulang. Selain kandungan kalsiumnya yang tinggi, sayuran hijau ini juga kaya akan kandungan vitamin A serta zat besi untuk membantu menyehatkan tubuh.

Solusi terbaik bagi orang-orang yang tidak menyukai susu atau olahannya bisa mengambil alternatif bayam sebagai sumber makanan untuk meningkatkan kesehatan tulang. Untuk anak-anak, barangkali membuat mereka menyukai bayam membutuhkan perjuangan.

Namun, sekarang ini sudah banyak olahan bayam nikmat yang tetap bergizi untuk menyehatkan tubuh. Kandungan vitamin A pada bayam juga memberikan dampak baik bagi kesehatan mata.

3. Sumber Kalsium Kedelai

Kedelai ini bisa dikonsumsi begitu saja sebagai jenis kacang-kacangan, bisa juga diolah menjadi makanan sejuta umat, yakni tempe. Rata-rata orang membutuhkan 1000 mg kalsium setiap harinya dan asupan ini bisa diambil seperempatnya dari secangkir kedelai.

Satu cangkir sumber makanan untuk meningkatkan kesehatan tulang tersebut bukan hanya memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium, tetapi juga memenuhi kebutuhan magnesium. Berapa gram tempe jika dibandingkan satu cangkir kedelai, ini perlu ditanyakan ke ahli.

4. Sumber Kalsium Tahu

Tahu yang tidak lain merupakan pasangan tempe juga memiliki sumber kalsium terbaik untuk menyehatkan tulang. Namun, berkat perkembangan teknologi saat ini tidak semua tahu mengandung kalsium, sehingga Anda harus jeli membaca kemasan.

Apabila ragu ada atau tidak adanya kalsium karena membeli tahu dari tukang sayur biasa, maka bisa pilih alternatif lain. Salah satu sumber makanan untuk meningkatkan kesehatan tulang ini menjadi solusi terbaik untuk orang-orang yang alergi terhadap susu.

Kebanyakan orang tahu sumber kalsium berasal dari susu dan produk olahannya, padahal ada yang lebih organik. Sekarang setelah mengetahui tahu bisa dijadikan alternatif, Anda sudah tidak perlu khawatir kekurangan kalsium lagi.

5. Sumber Kalium Pisang

Sumber makanan untuk kesehatan tulang juga bisa datang dari buah-buahan, yakni pisang. Sebenarnya kandungan penting dalam makanan untuk menjaga sehatnya tulang bukan hanya kalsium, akan tetapi juga butuh kandungan bernama kalium.

Pisang merupakan salah satu jenis makanan tinggi kalium dalam hal ini potasium untuk kesehatan tubuh. Konsumsi pisang sebagai sumber makanan untuk meningkatkan kesehatan tulang bisa dimaksimalkan dengan olahraga rutin.

Pisang termasuk buah yang bisa dengan mudah Anda dapatkan kapan saja karena tidak bergantung pada musim. Bahkan di segala daratan juga Anda bisa memanen pisang sesering mungkin.

6. Sumber Kalsium Kacang dan Biji-bijian

Selain kedelai dan tahu, kacang dan biji-bijian lainnya juga tidak kalah penting menjaga kesehatan tubuh. Contohnya, almond sebagai keluarga kacang-kacangan yang kaya akan kandungan vitamin D dan kalsium untuk menopang kekuatan tubuh.

Tidak perlu banyak-banyak, konsumsi almond satu ons saja setiap hari sudah membantu umur tulang Anda dalam waktu panjang. Jika rutin menjaganya dari sekarang maka manfaat tersebut akan terasa sampai nanti Anda berusia senja.

Kacang hijau juga menjadi sumber makanan untuk meningkatkan kesehatan tulang lainnya yang olahannya mudah didapatkan di mana saja. Kandungan kalsium serta fosfor pada kacang hijau membantu menguatkan tubuh si kecil sampai tua nanti.

7. Sumber Kalsium Gandum Utuh

Gandum utuh atau biasa disebut sebagai whole grain juga merupakan sumber kalsium yang membantu menguatkan tubuh. Sumber-sumber makanan seperti jagung, sorgum, serta havermut merupakan pilihan terbaik untuk program diet juga.

Kandungan karbohidrat kompleks dan seratnya yang melimpah membuat perut lebih cepat kenyang dan lama ke waktu lapar. Gandum ini sekarang sudah banyak produk olahannya, mulai dari menu sarapan praktis sampai dengan susu gandum.

Selain berguna sebagai makanan untuk meningkatkan kesehatan tulang, juga bisa digunakan untuk menjaga bobot tubuh ideal. Selain menjaga kekuatan tulang, juga dampaknya menjaga kesehatan serta kekuatan otot tubuh.

8. Sumber Kalsium Telur

Telur selain menjadi sumber protein bagi tubuh juga ternyata memiliki kandungan kalsium serta vitamin D. Dari putih telurnya Anda bisa mengambil manfaat baik berupa kalsium dan dari kuning telurnya bisa mengambil manfaat baik berupa vitamin A.

Selain menjadi sumber nutrisi terbaik untuk tulang juga menjadi asupan yang sangat penting bagi mata. Ilmu pengetahuan yang semakin berkembang juga menyebutkan telur adalah menu makanan murah yang bisa mencegah stunting atau kekurangan gizi pada anak.

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rakhitis dan osteoporosis dini kepada anak. Telur sebagai sumber makanan untuk meningkatkan kesehatan tulang bisa dikonsumsi setiap hari dalam porsi yang wajar agar tidak menimbulkan efek samping bisul.

9. Sumber Kalsium Susu

Bukan rahasia lagi jika susu disebut sebagai salah satu sumber asupan baik bagi tulang maupun gigi. Namun, dalam memilih produk susu juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh, terlalu banyak gula seringnya tidak baik dan menyebabkan kegemukan.

Sebanyak 230 ml susu dapat memenuhi 30% asupan nutrisi terbaik bagi tubuh. Menjaga kesehatan tubuh anak merupakan PR besar bagi orang tua. Biasanya kalau anak tidak mau makan diberi susu sebagai pengganti nasi, padahal tidak demikian.

Susu memang tinggi akan kalsium yang bisa menyehatkan tubuh, namun nasi tetap penting. Mengiringi masa pertumbuhan anak, konsumsi makanan untuk meningkatkan kesehatan tulang seperti susu butuh takaran sesuai kebutuhan.

10. Sumber Kalsium Lemak Ikan

Terakhir, sumber asupan untuk kesehatan tulangnya anak dan dewasa adalah lemak ikan. Selain mengandung kalsium, kandungan lemak pada ikan juga banyak mengandung vitamin E. Semua ikan baik, nutrisinya bagus untuk tubuh, terutama dalam hal ini ikan salmon.

Memilih ikan salmon harus teliti karena kebanyakan ikan salmon diimpor dari luar negeri. Sudah banyak proses terlalui sehingga butuh seleksi ketat untuk menentukan produk terbaik. Vitamin E pada salmon juga memberikan efek baik terhadap kulit.

Menjaga tubuh dengan memperkuat pertulangan dan persendian menghindari Anda dari berbagai gangguan. Pendukungnya harus diiringi dengan asupan makanan untuk meningkatkan kesehatan tulang untuk mempercepat pemulihan dan menjaga tubuh selalu sehat.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Jasa Fisioterapi Datang ke Rumah untuk Sakit Lutut

Sekarang bagi Anda yang butuh jasa fisioterapi datang ke rumah hanya perlu menjentikkan jari saja. Sehingga bagi Anda yang khususnya membutuhkan perawatan tersebut tidak perlu

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Selatan Terbaik untuk Atelektasis

Fisioterapi Tangerang Selatan merupakan pilihan terbaik untuk menyembuhkan atelektasis. Ini merupakan penyakit yang berbahaya dan bisa saja mengancam jiwa, bahkan untuk semua kalangan usia. Lebih

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan