Fisiohome

Fisioterapi Atasi Sakit Pinggang, Bagaimana Gambaran Prosesnya?

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Sakit pinggang merupakan masalah yang hampir semua orang dewasa mengalami, tapi tenang dengan fisioterapi atasi sakit pinggang Anda. Terbukti efektif dan efisien untuk dilakukan.

Sehingga, dalam artikel ini Kami akan memberikan panduan lengkap tentang fisioterapi guna mengatasi masalah tubuh tersebut. Jadi mari simak bersama-sama dan temukan cara terbaik versi Anda.

Fisioterapi Atasi Sakit Pinggang, Tapi Apa Penyebabnya?

Sebelum membahas mengenai fisioterapi, penting untuk mengetahui penyebab sakit pada pinggang. Sebab itu akan membantu tepat dalam melakukan diagnosa apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh.

Dengan kata lain dapat memilih jenis penanganan tepat sesuai dengan keadaan, tidak salah tafsir karena hanya asal tahu sakit pada pinggang. Lantas apa yang menyebabkan gangguan tubuh ini terjadi?

Secara umum adalah cedera, postur tubuh buruk, berat badan tinggi, dan masih banyak lagi. Lebih detail bisa Anda simak mengenai penyebab-penyebabnya agar dapat dicegah atau ditangani secara tepat.

Adapun beberapa penyebab sakit pada pinggang yang terjadi, antara lain:

1. Cedera pada pinggang atau tulang belakang, bisa karena jatuh ke belakang ataterpelanting.

2. Postur tubuh yang tidak tegak atau buruk, saat berdiri ataupun duduk.

3. Terjebak pada posisi yang sama dalam waktu lama, seperti duduk terus di depan komputer.

4. Usia bertambah dan menyebabkan kemampuan tulang beregenerasi akan semakin berkurang.

5. Obesitas atau berat badan terlalu tinggi, sehingga memberikan beban berat tekanan kepada tulang tubuh.

6. Tekanan syaraf pada tulang belakang.

7. Mengalami penyakit tertentu yang terkait dengan tulang, semisal skoliosis, osteoporosis, HNP, dan masih banyak lagi.

8. Terlalu memaksakan tubuh dan tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga.

Sebenarnya masih banyak penyebab lainnya, tapi ada fisioterapi atasi sakit pinggang yang bisa Anda lakukan, baik sendiri atau bersama ahli yang memang sudah memiliki sertifikasi legal.

Fisioterapi untuk Sakit pada Pinggang

Berlanjut pada apa itu fisioterapi sendiri, ia merupakan metode pengobatan non-invasif yang dapat membantu untuk atasi gangguan tubuh tersebut, tidak boleh asal melakukan tapi perlu analisa.

Sesuai apa yang disampaikan sebelumnya, bahwa penanganan akan disesuaikan dengan penyebabnya. Banyak penyebab yang bisa mendasari terjadinya masalah sakit pada pinggang tersebut.

Sehingga dengan melakukannya akan makin meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mengatasi masalah tersebut. Tapi secara umum ada empat penanganan yang bisa dilakukan oleh ahli.

1. Terapi latihan

Berfungsi untuk memperkuat otot-otot di sekitar pinggang serta tingkatkan kelenturan tubuh. Pemilihan latihan ada banyak dan tergantung dengan apa penyebab dari gangguan tersebut.

Misalkan disebabkan oleh postur buruk, tentu fisioterapis akan merekomendasikan latihan peregangan dan perbaikan postur. Sementara untuk cedera bisa menggunakan latihan kekuatan dan stabilisasi.

2. Manipulasi tulang belakang

Sebenarnya sama untuk memperbaiki postur jadi bisa dikatakan lanjutan dari terapi latihan jika diperlukan. Sebab fisioterapi atasi sakit pinggang ini akan membantu meredakan sakit pada tekanan saraf tulang belakang juga.

Jadi selain pada posisi tulang belakang yang harus diperbaiki dengan latihan, ada penanganan manipulasi yang dilakukan oleh fisioterapis agar bisa membuat kondisi mereda atau bahkan normal kembali.

3. Pijat

Secara umum, orang-orang lebih mengenal fisioterapis sebagai tukang pijak. Namun kenyataannya tidak karena pijat hanya salah satu dari sekian penanganan yang bisa dilakukan Mereka.

Pijat sendiri digunakan dalam tujuan untuk meredakan nyeri, selain itu juga meningkatkan peredaran darah menjadi semakin lancar. Sehingga membantu untuk atasi sakit akibat ketegangan otot tubuh.

4. Terapi panas atau dingin

Sebuah terapi fisioterapi atasi sakit pinggang yang kerap disarankan ketika terjadi pembengkakan, sebab jika terjadi pembengkakan biasanya diikuti dengan peradangan pada jaringan sekitar pinggang yang jelas membuat sakit.

Makanya terapi panas atau dingin dipercaya sebagai metode untuk mempercepat pemulihan dari cedera tersebut, namun tetap ada metode khusus untuk bisa melakukan penanganan ini.

Latihan Fisioterapi Atasi Sakit Pinggang

Semua penanganan yang bisa dilakukan tersebut, tidak semua hanya bisa dilakukan oleh fisioterapi. Jadi sebelum memutuskan untuk pergi ke ahli, Anda bisa mencoba melakukan penanganan pertama.

Tapi tentu harus dicari tahu dahulu apa penyebabnya, tidak perlu memakai alat canggih tapi cari tahu apa kebiasaan yang kerap Anda lakukan saat sedang melakukan aktivitas rutin sehari-hari.

Ketika memang yang terjadi adalah karena salah posisi atau postur kurang bagus. Bisa melakukan fisioterapi atasi sakit pinggang pada penanganan terapi latihan dan itu mudah dilakukan.

1. Peregangan Hamstring

Melakukan terapi latihan ini bisa dilakukan dengan berdiri dengan kedua kaki selebar bahu, lalu tekuk satu kaki dan tarik ke atas arah pinggang. Sementara cara tepat melakukannya adalah tahan posisi selama 30 detik, lalu Anda bisa mulai ulangi pada kaki di bagian yang lainnya.

2. Peregangan Pinggul

Sementara untuk fisioterapi atasi sakit pinggang pada peregangan pinggul bisa dilakukan dengan berdiri dengan kedua kaki selebar bahu, lalu kedua tangan ditempatkan pada pinggul.

Sementara cara tepat melakukannya salah satu kaki ke depan lalu tekuk lutut hingga 90 derajat, lalu dorong pinggul ke depan hingga terasa peregangan, tahan 30 detik dan ulangi kaki lainnya.

3. Peregangan Punggung Bawah

Berbaring telentang dengan kedua kaki ditekuk, lalu kedua kaki ditekuk dan kedua tangan di samping tubuh untuk nanti menahan gerakan.

Sementara cara melakukannya tekuk lutut hingga mengarah ke langit-langit, kemudian tarik ke dada sambil menahan dengan dua tangan, tahan 30 detik.

4. Peregangan PSOAS

Fisioterapi atasi sakit pinggang lainnya adalah PSOAS, bisa Anda lakukan dengan berdiri bersama kedua kaki selebar bahu lalu salah satu kaki ditekun ke depan, lalu kedua tangan berada pada pinggul.

Cara melakukannya dorong saja ke depan dan jaga agar kaki ditekuk tetap lurus, lalu tahan selama 30 detik dan ulangi seterusnya bergantian kaki.

5. Kekuatan Otot Perut

Tidak hanya pada peregangan tapi juga kekuatan otot, khususnya otot perut di mana Anda hanya perlu angkat kepala, bahu, dan leher dari lantai sambil menaikkan perut ke dalam, tahan selama 5 detik dengan repetisi 10 kali.

Bersama Fisioterapis Ahli yang Mampu Atasi Sakit Pinggang

Anda yang yakin bisa melakukan penanganan terapi latihan sendiri, bisa melakukan itu sebagai langkah pertolongan pertama. Tapi, jika merasa masih ragu lebih baik ditemani fisioterapis ahli.

Sebab fisioterapi atasi sakit pinggang itu butuh ketepatan dalam setiap gerakan, untuk itulah fisioterapi ada dan pastinya guna memandu Anda lebih maksimal dalam melakukan penanganan masalah.

Banyak pilihan fisioterapi di Indonesia, namun pilihan terbaik tentu saja yang bisa sampai ke rumah atau home visit. Sehingga Fisiohome Kami rekomendasikan untuk dipilih sebagai pilihan.

Sebab Fisiohome selain home visit juga menyediakan harga terjangkau dengan mengutamakan kepuasan pelanggan. Tentu semua tenaga sudah melalui pendidikan legal sehingga mendapatkan sertifikat.

Anda bisa langsung hubungi Fisiohome ke nomor +62 882-9874-539 untuk konsultasi atau pemesanan lebih lanjut. Sementara jika suka untuk memesan online, bisa langsung ke situs utama.

Kami adalah pilihan yang terbaik, sebab fisioterapi atasi sakit pinggang harus selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan pelayanan yang terbaik.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan