Fisiohome

Fisioterapi Nyeri Punggung Bawah yang Mudah Dilakukan

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Low back pain dapat diobati pakai gerakan fisioterapi nyeri punggung bawah. Anda bisa menurunkan rasa sakitnya dengan terapi khusus ini. Begitu juga untuk upaya menghilangkan penyebab nyerinya. Patut dicoba cara ini untuk mengatasi nyeri punggung.

Anda pasti tahu ada beberapa hal bisa sebabkan nyeri punggung di bagian bawah. Usia muda juga bisa mengalami masalah nyeri punggung, tidak harus menunggu tua. Apalagi yang banyak kegiatan mengangkat barang berat.

Rasa nyeri di punggung ini memang biasanya akan mengganggu kenyamanan Anda beraktivitas. Cara mengatasinya tentu harus tepat agar tidak membawa masalah lain. Fisioterapi jadi cara paling tepat bisa Anda jadikan pilihan.

Nyeri Punggung Bawah Ini Penyebabnya

Sebelum fisioterapi nyeri punggung bawah maka perlu juga tahu penyebabnya lebih dulu agar pemilihan gerakan lebih tepat. Termasuk gerakan yang tanpa sadar ternyata memengaruhi kondisi tulang belakang Anda dari kegiatan sehari-hari.

1. Keseleo atau adanya ketegangan otot bisa terjadi karena gerakan tiba-tiba yang salah posisi. Terkadang juga dapat terjadi saat mengangkat barang tanpa memperhatikan cara mengangkat yang benar.

2. Penyakit khusus pada tulang belakang bisa sebabkan nyeri punggung bawah. Misalnya penyempitan kanal tulang belakang, masalah fungsi saraf, infeksi jamur, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

3. Gangguan pada struktur tulang belakang, seperti radang tulang, osteoporosis, atau skoliosis.

4. Orang dengan kondisi obesitas, hamil besar, perokok, atau mengonsumsi obat yang memengaruhi tulang. Jadi yang sedang dalam kondisi ini harus berhati-hati dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

5. Terbiasa duduk dan melakukan aktivitas tanpa memperhatikan postur tubuh. Terutama kebiasaan anak muda suka terburu-buru dan sembrono saat bergerak di berbagai kegiatan.

Tanpa sadar Anda sendiri yang bisa menyebabkan adanya low back pain seperti ini. Agar tidak sulit bergerak dan beraktivitas maka harus diatasi secepat mungkin. Fisioterapi nyeri punggung bawah pilihan solusi terbaik bagi Anda.

Baiknya Anda segera atasi sebelum kondisinya jadi semakin parah nantinya. Efek terburuk dapat terjadi dari masalah tulang punggung ini adalah kelumpuhan. Pasti akan semakin sulit menyembuhkannya bahkan bisa sampai harus jalani operasi.

Cara Meredakan Nyeri Punggung Bawah

Agar nyeri bagian punggung bisa reda atau sembuh maka solusinya harus menyesuaikan dengan kondisi Anda masing-masing. Paracetamol bisa jadi obat pereda nyeri bisa Anda konsumsi sementara waktu saja.

Dalam kasus lain, suntik antiradang adalah pilihan solusi kesehatan untuk Anda gunakan. Pasti untuk injeksi tersebut harus dari tenaga ahli tidak boleh sembarangan. Tentunya nyeri punggung akan teratasi langsung dari sumber masalahnya.

Langkah medis boleh ditempuh setelah Anda sudah coba menjalani fisioterapi nyeri punggung bawah. Sebagai langkah awal bahkan fisioterapi yang dasar bisa dilakukan di rumah. Meskipun untuk kondisi tertentu ada baiknya pakai jasa profesional.

Menunggu kondisinya lebih parah pastinya tidak mudah disembuhkan. Jadi ketika rasa nyerinya muncul, baiknya Anda harus segera mencari pertolongan. Nyeri karena postur tubuh salah dapat teratasi dengan fisioterapi.

Kalau Anda mau menentukan tindakan tidak usah terburu-buru.Cari pendapat lain dengan berkonsultasi sebelum fisioterapi. Sehingga nantinya Anda bisa mempertimbangkan solusinya termasuk langkah fisioterapi nyeri punggung bawah.

Gangguan kenyamanan Anda saat beraktivitas bisa terjadi kalau salah mengambil keputusan tindakan. Jadi pastikan untuk melakukan pertimbangan matang berdasarkan saran dari pihak ahli sebelumnya.

Nyeri yang dirasakan bisa ringan hingga berat, bergantung pada kondisi masing-masing. Untuk itu, perlu adanya pemeriksaan terlebih dahulu sebelum tindakan terapi. Tentu saja tujuannya untuk bisa memaksimalkan hasil terapi nantinya.

Fisioterapi Nyeri Punggung Bawah yang Tepat

Dalam mengatasi nyeri punggung bawah Anda bisa coba beberapa gerakan mudah berikut. Walaupun mudah, tapi bantuan tenaga ahli tetap dibutuhkan. Tentu untuk memastikan gerakannya benar dan sudah berdampak dalam memperbaiki masalah tulang belakang.

1. Rotasi lumbar

Gerakan ini dilakukan dalam posisi tidur telentang sambil merentangkan kedua tangan ke samping. Kemudian tekuk lutut dan arahkan ke samping sambil memutar pinggang sedikit.

Arahkan tubuh bagian atas ke arah sebaliknya. Sisi kiri dan kanan harus dilakukan dengan tepat bergantung rasa nyerinya. Cukup melakukannya sampai 10atau 15 kali menggunakan gerakan tepat.

2. Gerakan cat cow

Mulai dari posisi seperti akan merangkak. Posisikan tangan dan punggung tetap lurus. Lalu tekuk tubuh ke dalam sampai punggung melengkung seperti punuk. Selanjutnya tekuk punggung ke bawah dan angkat kepala menghadap atas.

Ulangi sampai 15 kali dengan jeda sebentar sebelum berganti pose. Anda akan merasakan tarikan di punggung dan rasa nyaman setelahnya. Tentu saja untuk kondisi yang parah harus diawasi oleh tenaga ahli sebagai bantuan.

3. Posisi bridge

Pose ini sebenarnya mudah dilakukan sebagai bagian dari fisioterapi nyeri punggung bawah. Mulai dari pose tidur telentang, biarkan tangan ada di samping badan dan dalam posisi lurus.

Angkat bagian pinggul ke atas sambil lutut ditekuk. Pastikan kepala, bahu, pinggul, dan lutut berada dalam satu garis lurus. Tahan posisinya selama 10 detik baru turunkan pinggul perlahan, lalu ulangi pose itu lagi.

4. Meregangkan hamstring

Posisinya masih sama, yaitu tidur telentang. Angkat kaki sampai lurus ke atas dan lingkarkan handuk atau sabuk di bagian pergelangan kaki. Kemudian tarik kaki ke arah dada perlahan.

Anda akan rasakan sendiri adanya tarikan pada bagian kaki. Ulang lagi gerakannya sampai 10 atau 15 kali sesuai kemampuan. Tidak perlu memaksakan jika nyerinya mengganggu gerakan fisioterapi.

Gerakan fisioterapi nyeri punggung bawah ini seperti mudah saja dilakukan. Namun tetap perlu pengawas ahli agar gerakannya tidak sampai menimbulkan cedera lainnya. Terutama saat sedang nyeri harus hati-hati melakukan gerakannya.

Mencegah Terjadinya Low Back Pain

Untuk mencegah kondisinya jadi semakin parah maka Anda perlu tindakan pencegahan secepat mungkin. Melakukan fisioterapi nyeri punggung bawah sejak awal akan mencegah efek negatifnya jangka panjang.

Mempelajari gerakan fisioterapi khusus ini bisa jadi langkah pencegahan di rumah. Apalagi manfaat kesehatannya juga bisa sekaligus Anda dapat. Cara pencegahan lainnya adalah memperhatikan posisi duduk saat bekerja harus ekonomis.

Termasuk saat Anda butuh untuk mengangkat barang berat. Harus melakukannya dengan cara yang benar sehingga tidak sampai mengalami nyeri terutama di bagian punggung.

Jika mulai terasa nyeri, Anda juga bisa memilih berendam air hangat. Sehingga nyerinya akan mereda dan membuat pikiran jadi lebih rileks. Jadi Anda bisa mencobanya di rumah sambil menghilangkan sakit punggung tersebut.

Pastikan tidak sembarangan bergerak dan mengangkat barang. Begitu juga saat sedang bekerja, utamakan untuk selalu menjaga posisi duduk. Sehingga nantinya Anda akan terhindar dari masalah low back pain.

Hubungi Fisiohome di kontak +62 882-9874-5399 sebagai bantuan cepat waktu rasa nyeri punggung mulai muncul. Nantinya fisioterapi nyeri punggung bawah bisa jadi pilihan Anda dalam menggunakan fasilitas kami mengatasi sakitnya.

Fisioterapi dengan tenaga profesional akan bantu mengurangi rasa sakitnya dengan baik. Menggunakan Fisiohome sebagai solusi mengatasi rasa sakit di tulang punggung tidak perlu Anda ragukan lagi.

Untuk meminimalisasi dampak fatalnya maka harus ada pengawasan saat melakukan fisioterapi. Jangan sembarangan juga melakukan fisioterapi nyeri punggung bawah karena salah sedikit saja bisa berbahaya bagi kesehatan nantinya.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Konsultasi Fisioterapis yang Wajib Orang Tua Lakukan

Tahapan konsultasi fisioterapis nampaknya menjadi aspek penting yang perlu untuk orang tua lakukan ketika hendak menggunakan jasa tersebut untuk menangani berbagai masalah yang dihadapi oleh

Fisioterapi

Low Back Pain Menjadi Pengobatan yang Efektif

Fisioterapi low back pain menjadi salah satu pengobatan untuk mengatasi sakit punggung bagian bawah. Cara ini terbukti efektif untuk mengatasi rasa nyeri atau perasaan tidak

Kesehatan

Penyakit Sendi Arthritis dan Pentingnya Fisioterapi

Tidak setiap orang mengetahui betapa menyiksanya penyakit sendi arthritis ketika sedang kambuh. Tidak berlebihan jika menyebut penyakit ini membuat seseorang tidak bisa beraktivitas secara normal.

Fisioterapi

Gangguan Neurologis dengan Fisioterapi yang Rutin

Perawatan gangguan neurologis dibutuhkan untuk membantu meredakan gejala dan penyakit lainnya timbul. Neurologi merupakan salah satu bidang dalam kedokteran yang mempelajari sistem saraf manusia, termasuk

Fisioterapi

Perawatan Fisioterapi dan Bidang Pengobatannya

Bicara fisioterapi, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu prosedur perawatan fisioterapi. Fisioterapi secara umum merupakan suatu tindakan rehabilitasi fisik di mana bertujuan untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan