Fisiohome

Fisioterapi Perbaikan Postur Tubuh, Ini Beberapa Tipsnya

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Fisioterapi perbaikan postur tubuh bisa menjadi solusi yang terbukti sukses memberikan hasil maksimal. Perlu diketahui, merupakan kesalahan besar jika Anda beranggapan kalau postur tubuh sama sekali tidak bisa diperbaiki.

Itu karena, postur tubuh sebenarnya masih bisa diperbaiki asalkan Anda berkomitmen untuk melakukan beberapa hal tertentu. Pahami dengan baik apa yang perlu dilakukan untuk memperbaiki postur dan jalankan seluruhnya secara konsisten.

Tips Fisioterapi Perbaikan Postur Tubuh

Ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan saat ingin memperbaiki postur. Supaya lebih lengkap, berikut beberapa tips yang bermanfaat tersebut:

1. Edukasi

Edukasi merupakan langkah awal yang penting dalam upaya fisioterapi perbaikan postur tubuh. Fisioterapis bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi yang jelas dan mudah dipahami kepada pasien.

Ini biasanya berisi tentang pentingnya postur yang baik dan dampak buruk dari postur yang buruk. Ini bisa melibatkan penjelasan tentang bagaimana postur yang buruk dapat menyebabkan tekanan berlebih pada otot-otot, ligamen, dan struktur tubuh lainnya.

Tentu pada gilirannya dapat menyebabkan rasa sakit, ketegangan, dan bahkan cedera. Dengan memahami pentingnya postur yang baik, pasien akan lebih termotivasi untuk mengikuti saran dan latihan yang diberikan oleh fisioterapis untuk memperbaiki postur.

2. Latihan Postur

Latihan adalah komponen kunci dari program fisioterapi perbaikan postur tubuh. Ini melibatkan serangkaian latihan yang dirancang khusus untuk memperkuat otot-otot yang mendukung postur yang baik.

Misalnya, latihan untuk memperkuat otot-otot inti (core muscles), seperti otot-otot perut dan punggung bagian bawah, sangat penting karena otot-otot ini membantu menopang tulang belakang dan mempertahankan postur yang tegak.

Latihan juga dapat difokuskan pada memperkuat otot-otot punggung, bahu, dan leher, yang sering kali lemah atau tegang pada individu dengan postur yang buruk.

Latihan postur juga mencakup latihan untuk meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas, yang membantu mengurangi ketegangan dan kaku pada otot-otot yang mungkin menjadi kaku akibat postur yang buruk.

Selain itu, latihan juga dapat mencakup latihan keseimbangan untuk meningkatkan koordinasi dan kontrol otot, yang penting untuk mempertahankan postur yang baik sepanjang hari.

Program latihan postur harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan individu setelah evaluasi fisioterapis yang menyeluruh.

3. Peregangan

Peregangan adalah komponen penting dalam program fisioterapi perbaikan postur tubuh. Peregangan rutin membantu memperpanjang otot-otot yang cenderung menjadi pendek atau kaku akibat postur yang buruk.

Otot-otot yang sering kali menjadi kaku karena postur yang buruk meliputi otot-otot dada, bahu, leher, dan punggung. Peregangan otot-otot ini secara teratur membantu mengurangi ketegangan dan meningkatkan fleksibilitas, yang pada gilirannya membantu memperbaiki postur.

Penting untuk melakukan peregangan dengan benar dan aman untuk mencegah cedera. Fisioterapis dapat memberikan panduan tentang teknik peregangan yang tepat dan memilih latihan peregangan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi fisik pasien.

4. Pengaturan Posisi Duduk

Posisi duduk yang buruk adalah salah satu penyebab umum dari postur yang buruk. Oleh karena itu, pengaturan posisi duduk yang baik adalah langkah penting dalam fisioterapi perbaikan postur tubuh.

Posisi duduk yang baik mencakup menjaga punggung tegak dengan bahu rileks, menjaga kepala dalam posisi tegak, dan menjaga kaki rata di lantai atau di bawah meja.

Duduk terlalu lama dalam posisi yang buruk, seperti membungkuk atau melipat kaki di bawah kursi, dapat menyebabkan ketegangan dan tekanan berlebih pada otot-otot dan sendi, yang pada akhirnya dapat memperburuk postur.

5. Pengaturan Posisi Berdiri

Sama seperti posisi duduk, posisi berdiri yang buruk juga dapat berkontribusi pada fisioterapi perbaikan postur tubuh. Oleh karena itu, penting untuk memperbaiki postur saat berdiri.

Hal ini melibatkan menjaga posisi tubuh yang seimbang dengan berat tubuh merata di kedua kaki, menjaga punggung tegak dengan bahu rileks, dan menahan perut untuk menjaga otot-otot inti terlibat.

Ketika berdiri untuk waktu yang lama, bergantian mengangkat satu kaki atau menggunakan penyangga kaki untuk meredakan tekanan pada kaki dan punggung bawah juga bisa membantu mempertahankan postur yang baik.

6. Latihan Keseimbangan

Latihan keseimbangan merupakan bagian penting dari program fisioterapi perbaikan postur tubuh. Latihan keseimbangan membantu meningkatkan koordinasi, kestabilan, dan kontrol otot, yang semuanya diperlukan untuk mempertahankan postur yang baik.

Latihan keseimbangan dapat mencakup berbagai gerakan dan latihan, seperti berdiri pada satu kaki, latihan naik-turun tangga, atau penggunaan bola keseimbangan atau papan keseimbangan.

Melakukan latihan keseimbangan secara teratur tidak hanya membantu memperbaiki postur, tetapi juga dapat mengurangi risiko jatuh dan cedera, terutama pada populasi yang rentan seperti orang tua atau individu dengan gangguan keseimbangan.

7. Penggunaan Alat Bantu

Kadang-kadang, penggunaan alat bantu tertentu dapat membantu memperbaiki postur dengan memberikan dukungan tambahan atau membantu pasien untuk mempertahankan posisi yang benar. Salah satu contoh yang umum adalah kursi atau bangku ergonomis yang dirancang khusus dalam fisioterapi perbaikan postur tubuh.

Kursi ergonomis sering dilengkapi dengan penyangga punggung yang dapat disesuaikan tinggi dan kedalaman serta penyangga lengan yang ergonomis untuk meningkatkan kenyamanan dan mendukung postur yang baik saat duduk.

Bantal penyangga punggung yang ergonomis juga dapat digunakan di kursi atau tempat duduk lainnya untuk memberikan dukungan tambahan pada punggung dan membantu mempertahankan postur yang baik.

8. Rehabilitasi Postur Berbasis Teknologi

Kemajuan dalam teknologi telah membawa inovasi dalam bidang rehabilitasi postur. Salah satu contoh adalah penggunaan sensor postur atau aplikasi berbasis smartphone yang dapat membantu pasien memantau postur mereka sepanjang hari.

Sensor dalam fisioterapi perbaikan postur tubuh umumnya dikenakan di punggung atau pakaian pasien dan mengirimkan data tentang postur tubuh mereka ke aplikasi yang terhubung.

Aplikasi ini kemudian memberikan umpan balik visual atau suara kepada pengguna ketika mereka mengambil posisi yang buruk atau tidak tepat. Dengan menggunakan teknologi ini, pasien dapat lebih menyadari kebiasaan postur mereka sehari-hari dan bekerja untuk memperbaikinya.

Selain itu, terdapat juga program-program perangkat lunak yang dirancang khusus untuk memberikan latihan-latihan fisioterapi yang disesuaikan dengan kebutuhan postur pasien berdasarkan data sensor postur.

9. Perubahan Kebiasaan

Selain latihan fisioterapi perbaikan postur tubuh dan penggunaan alat bantu, penting untuk mengidentifikasi dan mengubah kebiasaan sehari-hari yang dapat memengaruhi postur.

Beberapa kebiasaan yang umumnya dapat memperburuk postur termasuk membungkuk saat menggunakan perangkat elektronik, menggendong tas yang terlalu berat di satu sisi tubuh, atau duduk dalam posisi yang tidak ergonomis untuk waktu yang lama.

Fisioterapis dapat membantu pasien untuk mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan tersebut dan memberikan saran tentang cara mengubahnya.

10. Pemantauan dan Penilaian Rutin

Pemantauan dan penilaian rutin adalah langkah penting dalam memastikan efektivitas fisioterapi perbaikan postur tubuh. Fisioterapis akan melakukan evaluasi secara berkala untuk memantau kemajuan pasien dan menilai apakah ada perubahan yang perlu dilakukan dalam program perawatan.

Ini mungkin melibatkan pengukuran postur tubuh pasien, evaluasi kekuatan otot, dan penilaian tingkat kenyamanan dan fungsi tubuh sehari-hari.

Berdasarkan hasil evaluasi, fisioterapis dapat menyesuaikan program latihan, memberikan saran tambahan, atau merekomendasikan perubahan dalam penggunaan alat bantu atau teknologi berbasis sensor postur.

Penting untuk selalu berkomitmen agar fisioterapi yang dijalankan bekerja maksimal. Jika ingin fisioterapis terbaik, pakai saja layanan Fisiohome dengan menghubungi +62 882-9874-5399. Nantinya Anda bisa mendapat layanan terbaik fisioterapi perbaikan postur tubuh.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan