Fisiohome

Fungsi Tulang Kering Ternyata Jumlahnya Cukup Banyak

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Fungsi tulang kering sangat vital untuk tubuh. Tulang kering adalah salah satu bagian terpenting dari kaki bagian bawah namun sering diabaikan.

Ini adalah tulang panjang yang memanjang dari sendi lutut ke sendi pergelangan kaki dan memainkan peran penting dalam mendukung berat badan dan memungkinkan kita untuk bergerak.

Mengenal Fungsi Tulang Kering Secara Umum

Tubuh manusia adalah mesin kompleks yang terdiri dari berbagai bagian dan sistem organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi berbeda. Salah satu bagian penting dari tubuh kita adalah tulang kering, yang merupakan bagian depan tulang kaki bagian bawah.

Tulang kering memainkan peran penting dalam mendukung berat badan dan memungkinkan kita untuk berjalan, berlari, melompat, dan melakukan berbagai aktivitas fisik lainnya.

1. Melindungi Tulang dan Otot

Fungsi tulang kering utama adalah melindungi tulang dan otot yang berposisi di tungkai bawah dan kaki. Ini bertindak sebagai perisai, mencegah kerusakan eksternal pada struktur sensitif ini terutama selama aktivitas fisik yang intens seperti olahraga.

Selain itu, tulang kering memainkan peran penting dalam mentransfer energi dari kaki ke otot kaki bagian atas, membantu kita mencapai stabilitas dan keseimbangan.

2. Mengendalikan Pergerakan Kaki

Tulang tulang kering dikelilingi oleh berbagai otot, tendon, dan ligamen, yang bekerja sama untuk mengendalikan pergerakan kaki dan pergelangan kaki kita.

Otot-otot di tulang kering, seperti tibialis anterior, ekstensor hallucis longus, dan ekstensor digitorum longus, bertanggung jawab untuk mengangkat kaki dan jari kaki dari tanah sehingga memungkinkan kita berjalan.

Tendon di tulang kering menghubungkan otot ke tulang, sedangkan ligamen memberikan stabilitas pada sendi.

Singkatnya, tulang kering adalah bagian penting dari anatomi kaki bagian bawah kita yang memainkan peran penting dalam mendukung berat badan, melindungi tulang dan otot, dan memungkinkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas fisik.

Memahami fungsi utama tulang kering sangat penting bagi atlet, penggemar kebugaran, dan siapa pun yang tertarik untuk menjaga kesehatan fisik mereka.

Mengenal Anatomi Tulang Kering Berikut

Saat memahami fungsi tulang kering, penting juga untuk mengenal anatominya. Tulang kering, juga dikenal sebagai tibia, terletak di bagian bawah kaki dan merupakan tulang terbesar kedua dalam tubuh manusia.

Ini adalah tulang panjang dan ramping yang membentang dari lutut ke pergelangan kaki. Tibia memiliki berbagai fungsi termasuk mendukung berat tubuh, memberikan titik pelekatan untuk otot, dan melindungi struktur internal kaki.

Di bagian atas tulang, ada permukaan datar yang membentuk sendi lutut. Ujung bawah tibia membentuk sendi pergelangan kaki dengan tulang talus.

Benjolan menonjol di bagian depan tibia yang tepat di bawah sendi lutut disebut tuberositas tibialis. Di sinilah ligamen patela menempel, yang menghubungkan tempurung lutut ke tulang kering.

Tibia dikelilingi oleh otot, tendon, dan ligamen yang membantu berfungsi dengan baik. Otot betis, seperti gastrocnemius dan soleus, menempel di bagian belakang tibia dan bekerja sama untuk memperpanjang sendi pergelangan kaki.

Bagian depan tibia ditutupi oleh otot anterior tibialis, yang bertanggung jawab untuk dorsifleksi kaki, atau mengangkat jari kaki ke arah tulang kering.

Selain fungsi tulang kering utama yang terkesan umum, tibia juga terlibat dalam produksi sel darah. Sumsum tulang yang terletak di tengah tibia menghasilkan sel darah merah dan putih serta trombosit yang penting untuk pembekuan darah.

Memahami anatomi tulang kering penting bagi atlet, profesional kesehatan, dan siapa saja yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang tubuh manusia.

Dengan mengetahui struktur dan fungsi tibia, kita dapat lebih menghargai pentingnya dalam mendukung tubuh dan membantu kita bergerak.

Pentingnya Tulang Kering untuk Keseimbangan dan Stabilitas

Salah satu fungsi tulang kering adalah menjaga keseimbangan dan stabilitas, terutama selama aktivitas yang mengharuskan kita berdiri dengan satu kaki atau melakukan gerakan yang melibatkan pergeseran berat badan dari satu kaki ke kaki lainnya.

Ini karena tulang kering juga dikenal sebagai tibia, adalah bagian dari struktur kerangka yang menopang seluruh berat badan.

Ketika kita berdiri dengan satu kaki, berat badan didistribusikan melalui tulang tibia, yang kemudian ditransmisikan ke pergelangan kaki. Ini menciptakan fondasi stabil yang memungkinkan kita menjaga keseimbangan dan menghindari jatuh.

Selain itu, tulang tibia juga membantu menopang dan menstabilkan sendi lutut, yang penting untuk gerakan seperti berjalan, berlari, melompat, dan berjongkok.

Karena itu tulang kering yang kuat dan sehat sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas yang baik selama aktivitas fisik.

Latihan yang menargetkan otot-otot di kaki bagian bawah seperti mengangkat betis, squat, dan lunge, dapat membantu meningkatkan kekuatan dan stabilitas tulang kering.

Selain itu, mengenakan alas kaki yang sesuai yang memberikan dukungan dan bantalan yang baik pada kaki dan pergelangan kaki juga dapat membantu mengurangi risiko cedera sehingga membuat fungsi tulang kering menjadi lebih optimal.

Peran Tulang Kering dalam Berjalan dan Berlari

Tulang kering memainkan peran penting dalam berjalan dan berlari. Ketika kita berjalan, tulang kering membantu menopang berat badan dan mentransfer kekuatan yang dihasilkan oleh kaki mengenai tanah ke atas melalui kaki dan ke pinggul.

Ini adalah salah satu fungsi tulang kering paling utama. Selama berlari, tulang kering bekerja lebih keras untuk menyerap hentakan kaki kita dari tanah dan mendorong kita ke depan.

Otot-otot di tulang kering, khususnya otot anterior tibialis, juga penting dalam mengendalikan pergerakan dan pergelangan kaki. Otot ini membantu mengangkat kaki ke atas dan mengontrol gerakan kaki saat menyentuh tanah.

Tulang kering adalah struktur kompleks yang mencakup tulang, otot, tendon, dan ligamen. Penting untuk menjaganya tetap kuat dan fleksibel melalui latihan seperti betis, angkat kaki, dan lingkaran pergelangan kakies agar fungsi tulang kering tetap optimal.

Selain itu, alas kaki dan cara lari yang tepat dapat membantu mengurangi dampak pada tulang kering dan mencegah cedera seperti patah tulang kering.

Secara keseluruhan, tulang kering memainkan peran penting dalam kemampuan berjalan dan berlari. Oleh karena itu, penting untuk memahami fungsinya serta mengambil langkah-langkah untuk membuatnya tetap sehat dan kuat.

Latihan untuk Meningkatkan Fungsi Tulang Kering dan Mencegah Cedera

Penting untuk menjaga tulang kering kuat dan sehat untuk mencegah cedera dan meningkatkan fungsi keseluruhan. Berikut adalah beberapa latihan yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat tulang kering:

1. Toe Raises

Berdiri dengan kaki selebar pinggul dan perlahan angkat jari-jari kaki dari tanah, tahan selama beberapa detik, lalu turunkan kembali ke bawah. Ulangi untuk beberapa repetisi.

2. Lingkaran Pergelangan Kaki

Duduk dengan kaki lurus di depan dan angkat satu kaki dari tanah. Perlahan putar pergelangan kaki searah jarum jam 10 kali, lalu berlawanan arah jarum jam 10 kali. Ulangi di kaki lainnya.

3. Raises

Duduklah di tepi kursi dengan kaki rata di tanah. Perlahan angkat jari-jari kaki dari tanah sambil menjaga tumit tetap tertanam. Tahan selama beberapa detik, lalu turunkan kembali ke bawah. Ulangi untuk beberapa repetisi.

Jangan sampai berlebihan dalam berolahraga agar tulang kering tidak sampai cedera. Nantinya hal tersebut bisa menimbulkan ketidaknyamanan karena berpotensi mengganggu fungsi tulang kering.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan