Fisiohome

Fungsi Vitamin D untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Fungsi vitamin D sering menjadi pertanyaan beberapa orang, karena tidak semua orang merasa akrab dengan jenis vitamin ini. Namun vit D sendiri memiliki beragam fungsi penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, khususnya pada bagian tulang serta gigi Anda.

Sebagai salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh kesehatan tulang selain kalsium, biasanya tubuh memerlukan kandungan nutrient tersebut sehingga dapat membantu dalam proses untuk menyerap kalsium serta fosfor. Sehingga dapat didistribusikan pada tulang.

Selain memiliki fungsi utama yang berkaitan menjaga kesehatan tulang serta gigi, umumnya penggunaan zat nutrisi tersebut juga sangat mempengaruhi kesehatan daya imunitas tubuh. Sehingga Anda perlu menjaga asupan vit D supaya selalu tercukupi, sehingga tidak terjadi penyakit tertentu.

Umumnya jika Anda kekurangan zat nutrisi ini akan mengalami defisiensi, hal tersebut karena fungsi vitamin D sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan. Sehingga jika asupan dalam tubuh berkurang, dapat menyebabkan beragam penyakit yang umumnya berkaitan dengan tulang.

Oleh sebab itu demi menghindari terkena penyakit defisiensi akibat kekurangan kandungan nutrisi tersebut didalam tubuh, Anda perlu mengonsumsi vitamin berjenis ini dengan asupan yang cukup. Selain itu Anda juga perlu mengetahui dan memahami tentang bagaimana fungsi dalam menjaga kesehatan tubuh.

Berikut Ini Fungsi Vitamin D

Kandungan nutrisi ini tergolong sebagai jenis nutrient yang mudah larut dalam lemak, hal ini dapat dikatakan bahwa kandungan nutrient tersebut bisa disimpan dalam tubuh dengan jangka waktu lama. Sehingga tubuh dapat memanfaatkan nutrient tersebut secara efektif.

Secara umum terdapat dua jenis vit D yaitu D2 dan D3, dimana kedua jenis ini memiliki sumber yang berbeda. Oleh sebab itu untuk mendapatkan fungsi dari vitamin D yang maksimal, Anda perlu mencukupi asupan dari kedua jenis vitamin D tersebut baik dari D2 maupun D3.

Vit D2 sendiri memiliki nama latin ergocalciferol, dimana kandungan nutrisi tersebut bisa ditemukan pada beberapa jenis tumbuhan. Umumnya Anda bisa mendapatkan ergocalciferol di beberapa tanaman seperti jamur, sehingga sangat disarankan untuk mengonsumsi jamur.

Selain vitamin D2, terdapat jenis D3 yang bisa ditemukan pada hewan jenis ikan maupun kuning telur. Karena memiliki fungsi vitamin D cukup penting demi menjaga kesehatan tubuh, sangat disarankan bagi Anda untuk mengonsumsi minyak ikan dan kuning telur saat makan.

Selain dapat ditemukan pada makanan, jenis D3 ini juga bisa ditemukan di sinar matahari di pagi hari sehingga sangat direkomendasikan untuk berjemur pada saat itu. Ketika sudah mengetahui sumbernya, kini Anda perlu memahami mengenai fungsi utama dari kandungan nutrisi tersebut.

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Fungsi vitamin D paling utama adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi manusia, karena kandungan nutrisi ini sangat berkaitan erat dengan fosfor serta mineral dalam tubuh. Dengan adanya kandungan nutrisi ini, mineral dan fosfor dalam tubuh akan menjadi mudah tercerna.

Ketika sebuah kandungan nutrisi menjadi lebih mudah tercerna, akan membuatnya dengan mudah dimanfaatkan oleh organ yang membutuhkan. Jika kalsium dan fosfor mudah diserap oleh tubuh, maka tulang akan mendapatkan asupan nutrisi sesuai kebutuhan sehingga tidak kekurangan.

Hal tersebut yang menjadi salah satu dari fungsi dari vitamin D yang paling penting, terlebih pada balita maupun anak-anak perlu mengontrol asupan kandungan nutrisinya tersebut. karena jika kandungan nutrisinya kekurangan, dapat berdampak pada proses pertumbuhan anak itu.

Selain membantu pertumbuhan tulang, jika anak-anak memiliki kandungan vit D yang tercukupi maka tidak perlu merasa khawatir akan kesehatan giginya, karena dengan asupan yang sesuai dapat membantu pertumbuhan gigi. Sehingga menjadi lebih sehat dan kuat.

Selain untuk anak-anak fungsi vitamin D pada kesehatan tulang juga sangat berguna bagi orang tua, terlebih pada orang yang sudah lanjut usia. Karena untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang, Anda harus memiliki asupan vit D yang tercukupi.

2. Meningkatkan Imun Kekebalan Tubuh

Selain berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan tulang serta pertumbuhan gigi setiap orang, penggunaan kandungan nutrisi ini juga memiliki kegunaan cukup penting bagi menjaga kekebalan tubuh. Karena vitamin D sendiri dapat membantu meningkatkan imun seseorang.

Hal tersebut karena fungsi vitamin D erat kaitannya dengan sel darah putih, sehingga jika Anda kekurangan asupan kandungan nutrisi ini secara tidak langsung dapat berpengaruh pada sel darah putih. Sel darah putih sendiri merupakan faktor penting bagi kekebalan imun tubuh.

Sel darah putih sendiri memiliki peran penting dalam sistem kekebalan imun tubuh, karena sel ini berperan untuk melawan bakteri maupun pathogen berbahaya yang ada didalam tubuh Anda. Sehingga sangat penting untuk membuat sel darah putih dalam tubuh tetap sehat.

Salah satu cara untuk menjaganya tetap sehat adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan vit D, karena fungsi ini mampu berperan sebagai antioksidan. Sehingga mampu membantu meningkatkan kinerja pada sistem imun didalam tubuh Anda.

Selain itu kandungan nutrisi ini juga mampu berperan sebagai anti radang, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya peradangan didalam tubuh. Karena jika dibiarkan radang dapat membuat tubuh Anda menjadi kesakitan, sehingga berpengaruh pada produktivitas.

3. Mengatasi Depresi

Fungsi ini yang jarang diketahui oleh banyak orang namun memiliki dampak cukup baik bagi kesehatan tubuh adalah fungsinya untuk mengatasi depresi, menurut beberapa penelitian di luar negeri sudah banyak peneliti yang membuktikan bahwa nutrient ini mampu untuk mengatasi depresi.

Sehingga jika ingin menjaga kesehatan mental tidak ada salahnya untuk memenuhi asupan dari vitamin tersebut, karena pada saat ini kesehatan mental menjadi fokus utama dari beberapa topik pembicaraan. Hal ini terjadi karena pentingnya kesehatan mental bagi setiap orang.

Jika Anda mengalami depresi maka tidak perlu khawatir, umumnya penderita penyakit ini akan diberikan obat berupa kapsul. Didalam kapsul tersebut juga terdapat kandungan vitamin D untuk membantu meredakan gejalanya, sehingga menjadi salah satu fungsi vitamin D terbaik.

Berdasarkan hasil penelitian dari Cambridge university menyatakan bahwa defisiensi dari kandungan nutrein tersebut berakibat positif pada timbulnya rasa cemas, sehingga jika Anda kekurangan kandungan nutrisi ini akan mudah merasa cemas yang berujung pada depresi.

Ketika seseorang memiliki depresi tidak bisa dianggap remeh karena berhubungan secara langsung dengan kesehatan mentalnya, oleh sebab itu fungsi vitamin D memiliki peran cukup penting untuk mengatasinya. Sehingga dapat memperbaiki kesehatan mental Anda seperti dahulu.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Fungsi lain dari kandungan nutrisi tersebut didalam tubuh sangat berkaitan erat dengan jumlah kadar gula, karena vitamin ini membantu proses produksi hormon insulin dalam tubuh. Hormon ini sendiri memiliki peranan cukup penting bagi asupan gula didalam tubuh orang.

Fungsi vitamin D sangat berkaitan erat dengan gula, sehingga memiliki kegunaan cukup penting untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes. Penyakit ini sendiri timbul karena asupan gula berlebih didalam tubuh, sehingga hormon insulin sulit mencernanya.

Jika hormon insulin kesulitan untuk mencerna gula akan menjadikan tubuh mudah lemas, oleh sebab itu dengan adanya vitamin D yang berfungsi membantu produksi hormon insulin. Akan mempermudah hormon dalam proses mencerna gula.

Jika gula dalam tubuh dengan mudah tercerna akan menyebabkan Anda terhindar dari adanya risiko penyakit diabetes, hal ini menjadi salah satu fungsi dari vitamin D sehingga perlu untuk memperhatikan asupan kandungan nutrient tersebut dalam tubuh.

Hormon insulin juga memiliki peran cukup penting, karena fungsi utamanya adalah mengatur kadar gula darah sehingga tidak berlebih. Karena jika kadar gula berlebih akan menimbulkan penyakit diabetes yang berbahaya bagi tubuh.

Dengan beragam kepentingan yang diperlukan oleh tubuh sudah sepantasnya untuk memenuhi asupan vitamin tersebut, karena fungsi vitamin D berkaitan dengan tulang dan imun tubuh.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan