Fisiohome

Gangguan Sendi & Tulang, Tipe Penyakit dan Pengobatannya

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Tubuh Anda dipenuhi oleh berbagai macam sendi, tulang, dan otot, sehingga ini juga tidak menutup kemungkinan untuk mengalami gangguan sendi & tulang. Ini adalah respon pada fungsi badan Anda, sehingga sistem dalam tubuh Anda dapat bekerja dengan maksimal.

Tulang dan sendi memiliki peran yang sangat vital dalam membuat aktivitas fisik Anda bekerja dengan maksimal. Ini adalah yang menentukan kemampuan fisik Anda, termasuk dengan jenis pergerakan badan. Sehingga tulang dan sendi merupakan aset yang sangat beragam.

Karena peran penting yang dimilikinya, ini memberikan tubuh kemampuan untuk melakukan segala jenis gerakan. Sehingga kami dapat mengatakan kalau kesehatan tulang dan sendi itu harus dijaga sejak usia ini agar pada usia tua nanti, Anda tidak menerima dampak buruk.

Tulang sendiri adalah jaringan hidup yang terdiri dari kolagen dan kalsium fosfat. Ini membuat fungsi tulang dengan struktur yang kuat, tetapi tetap fleksibel. Sementara untuk sendi, ini jadi pelindung bagi orang yang lebih lunak dan tentunya untuk dukungan pada tubuh Anda.

Beberapa Penyakit yang Disebabkan Gangguan Sendi & Tulang

Anda yang merasa ada yang tidak beres dengan tulang Anda, sangat dianjurkan untuk tidak menanggapi ini dengan sembarangan. Ada banyak penyakit yang disebabkan oleh gangguan sendi & tulang. Beberapa jenis penyakit yang kami maksud karena gangguan ini adalah:

1. Osteoporosis

Osteoporosis adalah gangguan yang umum terjadi ketika tulang melemah karena ada perubahan di kandungan mineral tulang. Osteoporosis juga sering disebut sebagai yang umum terjadi di paha. Ini akan sering terjadi jika ada keluarga yang alami ini.

2. Patah atau Retak

Gangguan sendi & tulang juga sering menyebabkan tulang yang patah dan retak. Saat tulang memiliki pelemahan, maka terlepas dari usia yang semakin tua dan karena tidak bisa menjalankan fungsinya dengan sempurna, maka ini dapat sebabkan keretakan.

3. Skoliosis

Anda juga seharusnya sudah tidak asing dengan sebutan skoliosis. Ini juga adalah yang terjadi saat ada kelengkungan tulang belakang yang tidak normla dan membentuk huruf S atau C. Ini juga dapat menyebabkan masalah pernapasan dan juga nyeri.

4. Penyakit Paget

Penyakit Paget juga adalah kelainan kronis yang juga mempengaruhi gangguan sendi & tulang. Ini menyebabkan kerusakan dan pertumbuhan yang berlebihan. Penyakit paget ini juga dapat menyebabkan tulang tumbuh cacat dan juga rentah patah.

5. Osteoartritis

Salah satu gangguan sendi yang paling umum terjadi adalah ketika tulang rawan itu mulai aus. Ini menyebabkan gesekan antar sendi dan menyebabkan pembengkakan. Dan gejala biasanya terjadi hingga dewasa, tetapi bisa diatasi dengan olahraga.

6. Radang Sendi

Radang Sendi adalah penyakit autoimun yang menyebaban sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat. Tanda-tanda radang sendi ini adalah seperti sakit dan kaku pada banyak sendi, dan ini sering disadari seiring bertumbuhnya usia seseorang.

7. Asam Urat

Gangguan sendi & tulang bisa menyebabkan asam urat dengan rasa sakit yang sangat hebat. Ini menyerang satu sendi pada satu waktu. Peningkatan faktor risiko adalah jenis kelamin, obesitas, peningkatan asupan alkohol, dan masih banyak alasan lagi.

8. Artritis Idiopatik Juvenil

Apakah Anda pernah mendengar tentang artritis idiopatik juvenil? Ini adalah salah satu gangguan yang sering terjadi pada anak-anak, terlebih karena alasan autoimun. Dan ini menyebabkan ligamen pada sendi anak menjadi lemah dan mempengaruhi otot.

9. Lupus

Lupus juga adalah kondisi autoimun yang mempengaruhi berbagai bagian dalam tubuh, termasuk kulit, organ dalam, darah, otak, otot, dan yang lainnya. Ini dapat jadi penyebab melemahnya bagian tengan, siku, bahu, kaki, hingga bagian tulang lain.

Faktor yang Menyebabkan Gangguan Sendi & Tulang

Usia, pekerjaan, level aktivitas, faktor lingkungan, dan genetika adalah faktor yang paling sering menyebabkan masalah pada tulang. Ini karena kondisi tulang semakin menurun seiring menjalankan aktivitas. Tetapi orang yang tidak aktif juga rentan terhadap penyakit ini.

Anda bisa menyadari gangguan sendi & tulang ini terjadi pada Anda dengan beberapa kondisi yang sangat sering terjadi. Jika Anda merasakan bagian sendi yang lebih kaku dan sulit untuk digerakkan, segeralah periksa ke dokter untuk mengurangi risiko gangguan lebih parah.

Penanganan dan Pencegahan Gangguan Sendi & Tulang

Untuk Anda yang sudah menyadari betapa buruknya dampak yang bisa dihasilkan oleh sendi dan tulang yang tidak bekerja secara baik atau mengalami gangguan, maka yang bisa dilakukan kini adalah dengan melakukan segala aksi pencegahan yang memungkinkan, ini seperti:

1. Mengonsumsi Banyak Kalsium

Kalsium sudah dikenal sebagai kandungan nutrisi yang paling dibutuhkan tulang dan sendi seseorang. Nutrisi yang satu ini membuat tulang bisa tetap kuat hingga tua. Jenis kalsium ini bisa didapat dari makanan yang memiliki susu atau sinar matahari.

2. Tambah Vitamin D

Selain dengan kalsium, Anda bisa perkaya kandungan dan konsumsi vitamin D juga. Jika seseorang mengalami defisiensi Vitamin D, ini sudah parah dan bisa berakhir buruk. Dengan vitamin D, ini membuat aliran darah ke otot juga jadi lebih lancar.

3. Aktivitas Fisik Perlu diperbanyak

Anda mungkin tidak sering melakukan aktivitas fisik sehingga harus alami hal tersebut. Aktivitas yang melibatkan gerakan fisik akan sangat membantu fungsi otot dan tulang jadi lebih baik. Jadi, mulai sekarang, Anda harus lebih aktif dan tidak malas lagi!

4. Hindari Kejatuhan

Anda juga perlu hindari kejatuhan untuk tidak terkena masalah dan gangguan sendi & tulang. Kejatuhan ini akan menyebabkan level koordinasi otot jadi buruk. Jadi, ini juga yang akan menyebabkan kualitas tulang dan sendi Anda rusak dan jadi lebih parah.

5. Terapi Pengobatan Untuk Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang umumnya terjadi jika kualitas tulang dan sendi ini telah buruk. Terapi jelas Anda butuhkan untuk penyembuhan gangguan itu. Apabila Anda ingin terapi, pastikan dulu sudah datang ke tempat yang tepat dan sesuai.

6. Terapi Antiresorptive

Untuk banyak gangguan sendi & tulang, obat obatan bisa mencegah degradasi lagi. Ini adalah salah satu terapi dengan obat yang paling efektif. Ini membantu Anda perbaiki keseluruhan tulang dan massa otot, sehingga bisa memiliki kekuatan lebih bagus.

7. Terapi Kombinasi

Terapi kombinasi juga butuh dijalankan jika sudah tidak ada yang efektif. Terapi jenis ini melibatkan beberapa cara pengobatan, mulai dari operasi hingga dengan obat. Ini bakal efektif untuk Anda yang menjalankan praktik terapi ini dengan teratur.

Dengan semua risiko yang ada, ini tidak bisa disepelekan. Anda perlu melakukan segala hal yang seharusnya dilakukan, yaitu dengan melakukan penanganan. Aksi penanganan terhadap gangguan ini sebaiknya dilakukan di Fisiohome, hubungi saja +62 882 9874 5399.

Sendi dan tulang memiliki peran yang sangat besar untuk membantu jalannya aktivitas Anda. Dari segala jenis risiko yang bisa terjadi pada tubuh, dengan gangguan sendi atau tulang ini justru yang paling signifikan, harus segera mencari solusi untuk gangguan sendi & tulang.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan