Fisiohome

Jenis Hidroterapi dalam Metode Fisioterapi

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Hidroterapi dalam metode fisioterapi menjadi salah satu langkah pengobatan yang dapat diterapkan untuk mengatasi berbagai keluhan. Misalnya saja, untuk meredakan rasa sakit di beberapa bagian tubuh.

Tingkat efektivitasnya memang tinggi, walaupun untuk melakukannya memang tidak mudah. Prosesnya juga butuh waktu, tetapi progresnya ada dan dapat dirasakan setiap selesai melakukan metode pengobatan tersebut.

Jenis Hidroterapi dalam Metode Fisioterapi

Dalam prosesnya, metode penyembuhan ini dibagi menjadi beberapa jenis. Artinya, Anda bisa memilih mau melakukan yang mana sesuai dengan kenyamanan dan progres dalam satu kali pertemuan.

Tetapi poin utamanya adalah menggunakan air dengan suhu sekitar 32 sampai 38 derajat celcius. Dimana penentuannya akan melihat seberapa parah kondisi pasien, berikut beberapa jenis yang bisa Anda coba.

1. Latihan Air

Jenis hidroterapi dalam metode fisioterapi yang bisa Anda lakukan adalah latihan air. Langkahnya sendiri tidak terlalu sulit, mulai dari berenang atau menggunakan gerakan aerobik, keduanya mempunyai begitu banyak manfaat.

Mulai dari melatih bagian otot sekaligus meningkatkan detak jantung. Hanya saja tidak akan menekan bagian persendian. Jika Anda menderita radang sendiri, olahraga ini sangat cocok sebagai bagian dari penyembuhan.

Hanya saja, bagaimana gerakan yang diperbolehkan agar proses penyembuhan tersebut dapat berlangsung secara maksimal, cobalah untuk melakukan konsultasi terlebih dulu. Jadi setiap gerakannya dapat memberikan manfaat bukan risiko.

Selain keduanya, Anda juga bisa melakukan latihan berjalan di air atau bisa juga dengan berlari kecil. Lakukan saja dengan hati-hati, dan jangan terlalu memaksakan apabila kondisinya kurang memungkinkan.

Tetapi, perlu diketahui pula salah satu jenis hidroterapi dalam metode fisioterapi ini bisa juga dilakukan oleh para lansia. Dengan catatan, intensitasnya tidak seperti kawula muda, jadi ada aturan tersendiri.

Kami menyarankan jangan tergesa-gesa dalam melakukannya. Ikuti ritme yang akan disampaikan oleh para terapis, poin paling utama adalah menikmati setiap gerakan agar hasilnya dapat berjalan maksimal.

2. Hidroterapi Fisik Akuatik

Jenis hidroterapi dalam metode fisioterapi berikutnya tidak kami rekomendasikan dilakukan sendirian. Jadi harus sesuai dengan petunjuk, serta pemantauan kami agar tidak menimbulkan cidera lebih lanjut.

Dalam pelatihan ini setiap pasien akan melakukan beberapa gerakan, sesuai dengan kondisi penyakitnya. Jika memang masih baru dan cukup parah, maka intensitasnya sangat pelan dan perlahan.

Intensitasnya akan ditingkatkan seiring keadaannya, bila memang sudah dalam tahap akhir maka, dari segi ritme dan gerakan juga akan ditingkatkan. Inilah alasannya mengapa Anda tidak disarankan untuk mencoba sendiri.

Karena yang paham keadaan tubuh Anda saat ini adalah tim kami. Maka dari itu, proses latihannya memang setiap orang berbeda, bahkan ada yang prosesnya sangat lambat dan sebaliknya begitu cepat.

Jenis hidroterapi dalam metode fisioterapi ini memang perlu dilakukan sebagai salah satu upaya mengembalikan titik keseimbangan. Jadi saat digunakan untuk beraktivitas seperti kembali seperti sebelum sakit.

Bagi keluarga yang sekarang mungkin sedang terkena stroke dan ingin melakukan pemulihan. Bisa datang dan lakukan konsultasi, mungkin kami akan memberikan metode ini sebagai salah satu bentuk pengobatannya.

3. Mandi Menggunakan Air Hangat

Hidroterapi dalam metode fisioterapi juga menggunakan teknik mandi sebagai salah satu langkah penyembuhan. Hal ini punya begitu banyak manfaat yang cukup berarti bagi para penderita, terutama soal aliran darah.

Ketika terjadi cidera, terkadang aliran yang menuju ke bagian tersebut sempat terhenti. Dengan mandi memakai air hangat, secara perlahan akan mengembalikannya seperti semula, jadi rasa sakit bisa menghilang.

Berbagai macam keluhan memang disarankan untuk melakukannya. Hanya saja, jangan terlalu sering, karena efek sampingnya juga ada, maka dari itu cobalah untuk mengaturnya bersama tim kami.

Nanti mereka akan memberikan masukan dan saran kapan harus mandi menggunakan air hangat di suhu berapa. Kemudian jamnya juga akan diatur sehingga, proses penyembuhannya bisa berjalan cepat.

4. Sitz Bath

Hidroterapi dalam metode fisioterapi sitz bath sangat bagus bagi para penderita wasir. Selain itu bisa juga fisura anus atau ketika ibu melahirkan ternyata ada sayatan perineum agar proses melahirkannya lancar.

Beberapa kondisi tersebut biasanya akan kami tangani dengan sitz bath. Cara melakukannya memang mudah, bisa Anda lakukan sendiri di rumah hanya saja sesuai dengan arahan para terapis. Secara garis besar beberapa langkah melakukannya adalah sebagai berikut.

  • Ambil baskom isi dengan air hangat, bukan panas sekitar 6 inchi saja, suhunya setiap keadaan berbeda jadi harap konsultasikan terlebih dulu
  • Kemudian duduk diatasnya sekitar 20 menit
  • Biarkan uap tersebut memberikan kehangatan sekaligus rasa nyaman sehingga penyakit wasir perlahan akan menghilang
  • Hal ini dapa menyebabkan area genital menjadi lebih baik, rasa sakit perlahan juga menghilang.
  • Lakukan sesuai petunjuk terapis kami, agar penyembuhannya maksimal

5. Sauna

Jenis hidroterapi dalam metode fisioterapi berikutnya adalah sauna. Jika Anda hanya tahu di beberapa tempat saja, kegiatan ini juga kami sarankan sebagai salah satu bagian penyembuhan untuk berbagai penyakit.

Uap hangatnya bisa membuat tubuh merasa lebih rileks. Kondisi ini sangat bagus bagi yang punya masalah terutama di bagian mental atau susah untuk tidur, lakukan selama 10 sampai 15 menit.

Salah satu alasan mengapa kegiatan ini begitu disarankan, menurut studi efek panas yang dihasilkan itu membuat pembuluh darah lebih terbuka. Dengan begini alirannya bisa lancar ke seluruh tubuh.

Dalam kondisi ini otot yang selalu tegang bisa mengalami relaksasi, sehingga Anda sendiri merasa bugar. Sayangnya, sauna tidak diperuntukan untuk semua jenis kasus, terutama bagi penderita jantung.

Maka dari itu, ketika sesi konsultasi kami mengharapkan Anda ikut koperatif dengan memberi tahu fisioterapi apa saja riwayat penyakit. Dengan begini proses penyembuhannya bisa lebih cepat sekaligus efisien.

6. Terapi Perendaman

Jenis hidroterapi dalam metode fisioterapi berikutnya adalah terapi perendaman. Hanya saja dalam prosesnya Anda tidak dapat melakukannya sendirian, maka dari itu bila menginginkannya, fisioterapi kami akan membantu,

Nantinya Anda akan direndamkan seluruh tubuh atau sebagian sehingga rasa sakitnya akan menghilang sementara. Selain itu, kaki juga melakukan perendaman dengan menambahkan air hangat sehingga, bisa menciptakan relaksasi.

Untuk prosesnya sendiri dapat menggunakan bathtub, jadi untuk merendamnya akan terasa lebih nyaman. Melakukan metode penyembuhan ini dapat dibantu baik di rumah atau juga di tempat kami.

7. Terapi Sirkuit Air

Jenis terakhir yang dapat dipilih adalah Sirkuit Air, nantinya dalam proses perendamannya bergantian. Mulai dari air hangat dulu kemudian, ke yang dingin secara bergantian, demi meningkatkan sirkulasi darah.

Metode penyembuhan ini dapat dilakukan dengan berbagai macam teknik mulai dari mandi menggunakan air hangat, sauna baik basah atau kering. Selanjutnya dipadukan dengan menyelam ke air dingin atau mandi.

Mungkin bagi Anda terasa aneh, bergantian berendam di suhu berbeda. Hanya saja menurut penelitian, mampu memberikan relaksasi terutama jangka pendek, sangat disarankan bagi para pekerja keras seperti,atlet.

Jika berminat untuk melakukan salah satu jenis penyembuhan langsung hubungi kami Fisiohome di nomor +62 882-9874-5399. Langsung nikmati berbagai jenis hidroterapi dalam metode fisioterapi dan rasakan sendiri bagaimana hasilnya.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Terapi Sensori Integrasi untuk Anak Terlambat Duduk

Terapi sensori integrasi (TSI) merupakan salah satu jenis fisioterapi yang bermanfaat sekali untuk membantu anak terlambat duduk. Terapi ini didasari oleh konsep sistem sensorik anak

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan