Fisiohome

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk menjaga kesehatan tulang, jantung, dan gigi.

Oleh karena itu, kebutuhan kalsium harian wajib dipenuhi supaya tidak menimbulkan risiko penyakit di masa mendatang. Selain kalsium, terdapat vitamin D yang membantu proses penyerapan kalsium ke dalam tubuh manusia.

Kedua kandungan tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang supaya terhindar dari osteoporosis. Osteoporosis merupakan pengeroposan tulang akibat menurunnya kepadatan tulang seiring bertambahnya usia seseorang.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan tulang. Makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita osteoporosis adalah makanan dengan gizi seimbang.

Jadi, bagi Anda yang ingin terhindar dari masalah osteoporosis, sebaiknya mulai sekarang mengonsumsi makanan tinggi kalsium. Kebutuhan kalsium dalam tubuh harus dipenuhi dalam sehari-hari supaya tidak menimbulkan masalah kesehatan.

4 Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang bisa terjaga dengan baik apabila seseorang pandai memilih makanan bergizi secara tepat. Pola hidup sehat menjadi kunci kesuksesan Anda dalam menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit hingga tua.

Agar bisa menjaga kesehatan tulang dan sendi, pastikan ketahui manfaat dan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang. Berbicara mengenai makanan yang menyehatkan untuk tulang dan sendi tubuh.

Maka Anda harus tahu kandungan serta manfaat setiap asupan tersebut. Inilah 4 kandungan manfaat penting pada asupan sehat untuk tulang.

1. Vitamin D untuk Meningkatkan Penyerapan Kalsium

Kondisi sendi dan tulang terjaga dengan baik apabila Anda selalu memenuhi kebutuhan vitamin D. Makanan yang mengandung vitamin D memiliki manfaat untuk meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh agar lebih optimal.

Sebaliknya, apabila Anda kekurangan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dengan kandungan vitamin D tentu saja bisa menghambat penyerapan kalsium. Hal ini berbahaya karena bisa meningkatkan risiko mengalami penyakit osteoporosis.

Kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang adalah vitamin D yang terdapat pada ikan-ikanan, jamur, dan telur. Untuk penderita osteoporisis juga penting terkena sinar matahari pagi minimal 15 menit supaya tubuh mendapatkan vitamin D.

2. Fosfor dan Magnesium untuk Menyehatkan Tulang

Makanan yang menyehatkan tulang dan sendi sudah pasti wajib mempunyai kandungan fosfor serta magnesium. Kedua kandungan tersebut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang pada tubuh seseorang.

Berbagai kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang seperti fosfor atau magnesium meliputi kacang-kacangan, salmon, daging ayam, biji-bijian, hingga sayuran hijau. Semua makanan tersebut punya kandungan penting untuk tulang dan sendi.

Untuk memenuhi kebutuhan fosfor dan magnesium, Anda harus memilih makanan secara tepat. Selain tepat, mengonsumsi makanan dengan kandungan tersebut harus rutin dan sesuai anjuran untuk kebutuhan mencegah risiko osteoporosis.

3. Vitamin K untuk Kesehatan Gigi dan Tulang

Kandungan makanan menyehatkan bagi tulang lainnya adalah hadirnya vitamin K. Sudah menjadi rahasia umum bahwa vitamin K mempunyai peran penting dalam membentuk protein tulang di setiap orang.

Fungsi lain dari vitamin K adalah membantu menurunkan risiko terjadinya patah tulang. Dengan mengonsumsi asupan kaya vitamin K tentunya bisa memperkuat tulang beserta gigi agar terhindar dari gangguan kesehatan.

Kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang seperti vitamin K antara lain hati sapi, aneka sayuran hijau, dan keju. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin K dan antioksidan.

4. Kalsium untuk Memperkuat Tulang

Dalam membentuk dan memelihara kondisi tulang tetap sehat, terdapat kandungan makanan menyehatkan bagi tubuh berupa kalsium. Keberadaan asupan kaya akan kalsium dapat menjaga kepadatan tulang dalam jangka panjang.

Makanan yang mengandung kalsium dapat mencegah terjadinya tulang keropos khususnya bagi para lansia. Namun seseorang usia berapapun sangat direkomendasikan mengonsumsi makanan kaya kalsium agar tidak mengalami pengeroposan pada tulang.

Kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang seperti kalsium bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi sayuran hijau, susu, ikan teri, sarden, kedelai dan produk olahannya. Setiap makanan mengandung kalsium cocok dikonsumsi semua kalangan.

Anda dapat mengonsumsi setiap asupan yang mengandung zat-zat penting dan diperlukan oleh tubuh. Selain mengenali kandungan sekaligus manfaat makanan menyehatkan, adapun alasan kenapa seseorang harus menjaga kesehatan tulang sejak dini.

Alasan Menjaga Kesehatan Tulang Harus Jadi Prioritas Setiap Orang

Gangguan kesehatan pada tulang dan sendi menjadi salah satu masalah yang sering kali terjadi pada manusia usia lanjut. Pengeroposan pada tulang atau biasa disebut osteoporosis harus dapat dicegah mulai sekarang.

Kami akan membagikan informasi penting lain yakni tentang alasan mengapa seseorang wajib memprioritaskan menjaga kesehatan tulang. Tidak lain karena tulang yang sehat dan kuat mempunyai peran penting bagi tubuh.

Kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang memberikan manfaat agar bagian tubuh tersebut bisa berfungsi secara optimal. Peran tulang sangat penting dalam menopang tubuh serta menjaga mobilitas seseorang.

Tulang membantu seseorang bergerak bebas dalam aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah seperti berjalan atau berlari. Hal inilah yang membuat setiap orang harus menjaga asupan pola sehat untuk menjaga kebugaran tubuh.

Selain itu, kandungan makanan yang baik berguna agar perlindungan terhadap organ vital tetap maksimal. Bagian tulang rawan dan keras mempunyai fungsi penting dalam menjaga paru-paru, otak, dan jantung.

Apabila tidak ada bantuan perlindungan dari rangka tubuh tersebut, tentunya berisiko terjadi gangguan kesehatan saat terbentur. Berbeda jika tulang terjaga kesehatannya pasti bisa memiliki fungsi lebih baik.

Alasan menjaga kesehatan pada bagian tulang sangat penting karena menjadi bagian tubuh yang menyimpan mineral. Mineral merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa menjalankan fungsinya secara maksimal.

Selain itu, peningkatan kualitas hidup dapat tercapai apabila Anda selalu memperhatikan pola hidup sehat. Sehingga ketika menginjakkan usia tua masih bisa aktif dan mandiri dengan kondisi tubuh sehat.

Tips Menjaga Tulang Tetap Sehat dalam Jangka Panjang

Kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang memiliki banyak manfaat antara lain bisa mencegah osteoporosis, mengurangi risiko terjadinya patah tulang, serta meningkatkan keseimbangan tubuh. Hal tersebut dicapai setelah menjalani pola makan sehat.

Jika ingin mempunyai tulang sehat dalam jangka panjang, sebaiknya ketahui beberapa tips dari kami. Pertama, Anda dapat mengonsumsi makanan kaya kalsium, vitamin K, fosfor atua magnesium, serta vitamin D.

Kemudian, pastikan menghindari pola hidup tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, hingga begadang. Karena kelalaian tersebut bisa mengakibatkan dampak buruk di masa depan.

Jangan lupa untuk tetap berolahraga supaya tulang tetap aktif bergerak bisa dengan jogging, berjalan, dan angkat beban. Olahraga akan membakar lemak dan membantu tulang terhindar dari risiko penyakit osteoporosis.

Tips ampuh mencegah risiko osteoporosis adalah dengan melakukan terapi secara rutin. Anda bisa mempercayakan kepada fisioterapis yang handal agar dapat memperbaiki kondisi tulang semakin kuat dan sehat.

Butuh fisioterapis terbaik? Cobalah memilih Fisiohome yang menyediakan layanan home visit profesional. Hubungi lebih lanjut di nomor kami 0882-9874-5399 untuk mendapatkan rekomendasi kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang bersama Fisiohome.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Konsultasi Fisioterapis yang Wajib Orang Tua Lakukan

Tahapan konsultasi fisioterapis nampaknya menjadi aspek penting yang perlu untuk orang tua lakukan ketika hendak menggunakan jasa tersebut untuk menangani berbagai masalah yang dihadapi oleh

Fisioterapi

Low Back Pain Menjadi Pengobatan yang Efektif

Fisioterapi low back pain menjadi salah satu pengobatan untuk mengatasi sakit punggung bagian bawah. Cara ini terbukti efektif untuk mengatasi rasa nyeri atau perasaan tidak

Kesehatan

Penyakit Sendi Arthritis dan Pentingnya Fisioterapi

Tidak setiap orang mengetahui betapa menyiksanya penyakit sendi arthritis ketika sedang kambuh. Tidak berlebihan jika menyebut penyakit ini membuat seseorang tidak bisa beraktivitas secara normal.

Fisioterapi

Gangguan Neurologis dengan Fisioterapi yang Rutin

Perawatan gangguan neurologis dibutuhkan untuk membantu meredakan gejala dan penyakit lainnya timbul. Neurologi merupakan salah satu bidang dalam kedokteran yang mempelajari sistem saraf manusia, termasuk

Fisioterapi

Perawatan Fisioterapi dan Bidang Pengobatannya

Bicara fisioterapi, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu prosedur perawatan fisioterapi. Fisioterapi secara umum merupakan suatu tindakan rehabilitasi fisik di mana bertujuan untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan