Fisiohome

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Pepaya bagi Kesehatan

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Sebagai salah satu buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia, manfaat pepaya bagi kesehatan cukup signifikan. Sebab, buah bernama latin Carica papaya ini mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh manusia.

Secara tampilan fisik, buah ini berbentuk oval dengan ukuran besar, dengan kulit berwarna kuning atau oranye jika sudah matang, serta buah oranye bertekstur lembut. Sementara di bagian dalamnya, terdapat biji-biji berwarna hitam.

Buah ini banyak disukai karena memiliki aroma yang khas dengan rasa manis, sangat menyegarkan jika sudah matang. Itu sebabnya, mengonsumsi pepaya bisa menjadi salah satu opsi terbaik memenuhi nutrisi tubuh, dibandingkan harus meminum suplemen khusus.

Rincian Kandungan Nutrisi Buah Pepaya

Alasan mengapa manfaat pepaya bagi kesehatan sangat banyak adalah karena kandungan nutrisinya yang kaya. Secara lebih rinci menurut analisis kandungan gizi, dalam setiap 152 gram pepaya mengandung berbagai nutrisi sebagai berikut:

1. 59 kalori

2. 15 gr karbohidrat

3. 2 gr serat

4. 1 gr protein

5. 157% dari kebutuhan harian vitamin C

6. 33% dari kebutuhan harian vitamin A

7. 14% dari kebutuhan harian folat

8. 1% dari kebutuhan harian potasium

9. Kandungan lainnya: Kalsium, Magnesium, Vitamin B, Vitamin K, antioksidan karotenoid, enzim papain.

12 Manfaat Pepaya bagi Kesehatan Secara Umum

Karena berbagai kandungan nutrisi di atas, buah satu ini dikenal kaya akan manfaat kesehatan. Mulai dari melancarkan sistem pencernaan hingga membantu meningkatkan kualitas produksi sperma, berikut beberapa manfaatnya secara umum.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Pepaya mengandung enzim papain, chymopapain, caricain, serta glycyl endopeptidase yang dapat membantu mencerna protein dalam makanan. Kandungan enzim ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, mengurangi risiko sembelit, dan mengatasi perut kembung.

Bahkan menurut penelitian Neuro Endocrinology Letters, kesehatan sistem pencernaan suatu kelompok studi yang mengonsumsi formula berbahan dasar pepaya selama 40 hari dapat meningkat. Sebab risiko sembelit dan perut kembung dapat menurun.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat pepaya selanjutnya yaitu bisa meningkatkan kesehatan kulit, sebab buah ini kaya akan enzim papain, vitamin A, dan vitamin C. Enzim papain membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, sementara vitamin A dan C berperan dalam regenerasi dan peremajaan kulit.

Selain itu, buah ini juga mengandung likopen. Hal ini sesuai dengan jurnal Photochemical and Photobiological Sciences yang menyebut bahwa kandungan likopen dapat membantu mengoptimalkan kesehatan kulit, di antaranya menurunkan risiko kemerahan akibat sunburn.

3. Mengoptimalkan Sistem Imun (Kekebalan Tubuh)

Karena kaya akan vitamin A, C, serta E yang penting untuk kesehatan sistem imun, maka konsumsi pepaya secara rutin bisa menjaga kekebalan tubuh. Sebab menurut jurnal Nutrients, vitamin C sangat penting dalam mengoptimalkan imunitas tubuh.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat pepaya yaitu menjaga kesehatan jantung berkat adanya kandungan vitamin C, likopen, serta antioksidan. Selain itu, buah ini juga dapat meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) sehingga membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Mencegah Inflamasi (Peradangan) dalam Tubuh

Karena kandungan antioksidannya yang kaya, maka buah ini bisa membantu mencegah inflamasi dalam tubuh. Sebab, antioksidan dikenal sangat penting dalam membantu menetralkan radikal bebas penyebab peradangan dan kerusakan sel.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Buah ini mengandung vitamin A, sehingga salah satu manfaat pepaya adalah menjaga kesehatan rambut. Sebab, vitamin A dapat membantu menjaga kelembaban kulit kepala melalui meningkatkan produksi sebum, yaitu minyak alami yang melindungi rambut.

7. Menyembuhkan Luka di Lapisan Organ Perut

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, pepaya mengandung enzim papain penting bagi sistem pencernaan. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan bersifat antiinflamasi untuk membantu penyembuhan luka pada lapisan perut serta sistem organ pencernaan lainnya.

8. Menurunkan Tingkat Risiko Alzheimer

Meski jarang diketahui, salah satu manfaat pepaya yang cukup signifikan adalah mampu menurunkan tingkat risiko penyakit alzheimer. Sebab buah ini mengandung antioksidan tinggi, termasuk vitamin C, vitamin E, serta beta-karoten.

Antioksidan ini dapat melindungi sel-sel saraf dari kerusakan oksidatif yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit alzheimer. Dengan konsumsi rutin, maka dapat membantu menjaga kesehatan otak dan menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif.

9. Mengoptimalkan Kesehatan Mata

Karena mengandung zat bernama zeaxanthin, maka manfaat pepaya juga cukup penting bagi kesehatan mata. Zeaxanthin merupakan pigmen yang terdapat di dalam retina mata dan membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV.

10. Mengoptimalkan Kesehatan Tulang

Meski tidak sebanyak vitamin A, C, serta E, namun buah ini juga mengandung vitamin K. Kandungan vitamin K berperan penting dalam membantu proses penyerapan kalsium oleh tubuh, sehingga membantu menjaga kesehatan tulang serta mencegah risiko osteoporosis.

11. Mencegah Kanker Prostat

Likopen merupakan sejenis zat karotenoid berwarna merah pada buah yang memiliki sifat antioksidan. Sehingga, kandungan zat tersebut dapat melawan kerusakan sel sekaligus menurunkan risiko terjadinya kanker prostat pada pria.

12. Meningkatkan Kualitas Sperma

Manfaat terakhir yaitu membantu meningkatkan kualitas sperma, sebab buah ini mengandung vitamin C yang berperan penting dalam produksi sperma. Sehingga, konsumsi rutin dapat membantu meningkatkan kesuburan pria.

3 Manfaat Pepaya Khusus Wanita

Selain manfaat umum di atas, ternyata buah ini juga memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya bagi wanita. Sebagai referensi, berikut ini 3 manfaatnya bagi wanita yang penting untuk Anda ketahui:

1. Meredakan Nyeri Menstruasi

Enzim papain memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan mempengaruhi produksi hormon prostaglandin penyebab rasa sakit saat menstruasi. Sehingga, konsumsi buah ini bisa membantu mengurangi intensitas nyeri haid.

2.Memperlancar Siklus Menstruasi

Karena mengandung nutrisi penting seperti vitamin C serta vitamin A, maka buah ini mampu menjaga keseimbangan hormon dan fungsi ovarium. Keseimbangan hormon sangat penting agar siklus menstruasi teratur dan lancar.

3. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat pepaya khusus wanita yang terakhir yaitu meningkatkan kesuburan serta mencegah infertifilitas. Sebab vitamin C dapat membantu meningkatkan kualitas sel telur, sementara vitamin E serta beta-karoten memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi wanita.

Apakah Aman Konsumsi Pepaya Setiap Hari?

Jika dikonsumsi dalam kadar seimbang, pada dasarnya pepaya bersifat aman serta tidak akan menimbulkan efek samping khusus. Namun apabila dikonsumsi setiap hari dalam jumlah berlebihan, maka dapat menimbulkan beberapa masalah berikut:

1. Menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut kembung atau diare.

2. Memicu iritasi lambung karena dapat merangsang produksi asam lambung.

3. Bisa menimbulkan reaksi alergi bagi sebagian orang, contohnya seperti gatal-gatal, ruam, bengkak, atau bahkan sesak napas.

4. Dapat memicu kontraksi rahim bagi wanita hamil apabila dikonsumsi dalam kondisi belum matang, sebab memiliki kandungan lateks.

Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kadar konsumsinya secara bijak, karena segala hal yang berlebihan pasti dapat memberikan dampak buruk meskipun awalnya bermanfaat. Jika perlu, konsultasikan lebih lanjut kepada ahli gizi terkait kadar asupan maksimum per hari.

Selain itu, pastikan untuk menyesuaikan kadar konsumsinya dengan kondisi kesehatan serta respons tubuh masing-masing individu. Apabila Anda mengonsumsinya dalam kadar yang sesuai, maka berbagai manfaat pepaya di atas bisa dirasakan secara lebih optimal.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Jasa Fisioterapi Datang ke Rumah untuk Sakit Lutut

Sekarang bagi Anda yang butuh jasa fisioterapi datang ke rumah hanya perlu menjentikkan jari saja. Sehingga bagi Anda yang khususnya membutuhkan perawatan tersebut tidak perlu

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Selatan Terbaik untuk Atelektasis

Fisioterapi Tangerang Selatan merupakan pilihan terbaik untuk menyembuhkan atelektasis. Ini merupakan penyakit yang berbahaya dan bisa saja mengancam jiwa, bahkan untuk semua kalangan usia. Lebih

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan