Fisiohome

Kebiasaan Buruk Bikin Sakit Punggung yang Perlu Dihindari

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Ada banyak kebiasaan buruk bikin sakit punggung yang perlu dihindari. Kebiasaan buruk ini memang jarang disadari oleh masyarakat. Padahal jika dibiarkan, sakitnya bisa semakin parah dan menyebabkan produktivitas seseorang terganggu.

Pada fase awal, masalah sakit punggung memang terasa ringan dan bisa terlupakan ketika sedang beraktivitas. Namun jika sudah semakin parah, kondisinya tidak sesederhana itu. Beberapa orang bahkan sudah datang ke berbagai pengobatan namun hasilnya tetap nihil.

Untuk menghindari kondisi semacam itu, perlu diketahui kebiasaan buruk bikin sakit punggung yang tidak disadari. Dengan mengetahui daftar kebiasaan buruk tersebut, mengantisipasinya akan terasa lebih mudah sehingga masalah ini bisa dihindari.

Kebiasaan Buruk Bikin Sakit Punggung

Jika belum mengetahui daftar kebiasaan buruk penyebab sakit punggung, ini adalah tempat yang tepat. Kali ini beberapa hal yang menyebabkan munculnya masalah tersebut akan dibahas. Berikut beberapa penyebab sakit punggung tersebut.

1. Duduk Bungkuk

Kebiasaan buruk bikin sakit punggung pertama adalah duduk bungkuk. Beberapa orang memang beraktivitas sehari-hari sambil berdiri. Tetapi tidak semua orang beraktivitas sambil berdiri. Ada juga beberapa orang yang duduk sepanjang hari.

Perlu diketahui, postur ketika duduk harus diperhatikan. Ada banyak orang yang secara tidak sadar terus membungkuk ketika duduk. Kebiasaan membungkuk ini jelas bisa menimbulkan banyak efek buruk.

Salah satu efek buruknya adalah berubahnya lekukan yang ada di bagian tulang belakang. Bahkan ada beberapa orang yang piringan sendinya mengalami kerusakan karena masalah ini. Nantinya masalah nyeri sendi kronis bisa saja dirasakan.

2. Mengangkat Beban

Kebiasaan buruk bikin sakit punggung berikutnya adalah mengangkat beban yang berlebihan. Perlu diketahui, beban yang terlalu berat bisa menyebabkan punggung terbebani secara berlebihan. Nantinya tekanan yang ada bisa menyebabkan otot stres.

Tentu kondisi tersebut akan berakhir dengan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Salah satu barang yang perlu diperhatikan ketika mengulas tentang beban adalah tas. Ada banyak orang yang membawa tas terlalu berat sehingga punggung merasa tidak nyaman.

Terlebih lagi jika posisi tubuh yang dipilih ketika mengangkat beban tersebut salah. Ini bisa membuat risiko sakit punggung meningkat drastis.

Perlu diingat kalau beban berat tidak ditahan oleh kedua tangan. Beban berat tersebut harusnya diangkat dalam posisi jongkok dan seluruh beban nantinya diarahkan ke bagian lutut.

3. Pola Tidur

Pola tidur juga bisa menjadi kebiasaan buruk bikin sakit punggung. Ada sebuah penelitian yang mengulas tentang kaitan antara pola tidur dan sakit punggung. Pada penelitian tersebut ditemukan kalau kondisi sel pada tulang belakang dipengaruhi oleh pola tidur.

Nantinya siklus siang dan malam pada aktivitas seseorang perlu diperhatikan apakah sudah stabil atau tidak. Jika siklus tersebut ternyata memiliki gangguan, nantinya sel-sel ini berpotensi mengalami peradangan kronis.

Peradangan kronis inilah yang bisa menyebabkan berbagai hal negatif lain muncul. Salah satu hal negatif tersebut adalah sakit punggung belakang yang mungkin terjadi.

4. Berdiri

Kebiasaan buruk bikin sakit punggung berikutnya adalah berdiri. Perlu diingat kalau berdiri sebenarnya adalah aktivitas normal bagi seseorang. Tetapi kondisinya berbeda jika seseorang diharuskan untuk berdiri sepanjang hari.

Ini mirip seperti kondisi di mana orang tersebut terlalu banyak duduk. Nantinya kebiasaan berdiri ini bisa menyebabkan otot kaku sehingga masalah sakit punggung bisa terjadi. Sebenarnya posisi berdiri juga akan memengaruhi masalah sakit punggung ini.

Jika posisi berdiri yang diambil salah, kondisi bahu, tulang belakang, hingga leher bisa saja mengalami masalah. Bahkan ada beberapa orang yang mengalami kelainan sumsum tulang belakang karena postur yang salah saat berdiri.

Perlu diketahui, hal tersebut bisa menyebabkan nyeri yang sangat kronis dan melengkungnya tulang belakang. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara berdiri yang benar.

5. Fokus ke Ponsel

Kebiasaan buruk bikin sakit punggung berikutnya berkaitan dengan aktivitas yang berhubungan dengan ponsel atau gadget. Sekarang gadget sudah menjadi salah satu dari kebutuhan pokok seseorang. Sulit jika hidup tanpa memiliki gadget atau akses internet.

Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan posisi tubuh ketika sedang fokus ke ponsel. Normalnya seseorang akan menunduk ketika melihat ponsel. Ini tentu masalah yang besar terlebih lagi jika kondisi menunduk tersebut dilakukan dalam waktu lama.

Ada sebuah penelitian yang mengulas tentang beban pada sumsum tulang belakang ketika fokus ke ponsel. Ternyata ditemukan bahwa beban yang bertambah pada posisi menunduk tersebut mencapai 20 kilogram. Oleh karena itu tidak heran jika tubuh terasa lebih lelah.

6. Mengemudi

Kebiasaan buruk bikin sakit punggung berikutnya berkaitan dengan kebiasaan mengemudi. Beberapa dari Anda mungkin hanya mengemudikan kendaraan beberapa menit per hari. Namun ada juga beberapa orang yang harus mengemudi berjam-jam per hari.

Jika memiliki kewajiban untuk mengemudi selama itu, pastikan postur duduk yang diambil sudah benar. Itu karena, postur duduk yang salah saat mengemudi juga bisa menyebabkan terjadinya sakit punggung.

Untuk mengatasi hal ini, coba cari aksesoris yang mendukung nyamannya tubuh ketika mengemudi. Salah satu aksesoris yang membantu adalah bantal leher. Ini penting agar Anda bisa mengistirahatkan leher sambil mengemudi agar bebannya bisa diturunkan.

7. Tidak Yoga

Kebiasaan buruk bikin sakit punggung berikutnya berhubungan dengan yoga. Perlu diingat, yoga memiliki banyak efek baik bagi tubuh. Contoh efek baiknya seperti sirkulasi darah yang semakin lancar hingga penurunan stres.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan yoga secara rutin. Di Indonesia sendiri yoga sering diidentikan bagi perempuan. Hal tersebut jelas merupakan kesalahan. Jika melihat pada manfaatnya, penting bagi perempuan maupun laki-laki untuk melakukan yoga.

Inti dari yoga sendiri adalah membuat tubuh rileks dan melakukan peregangan. Jika hal tersebut bisa didapat dengan melakukan yoga, struktur punggung pasti menjadi semakin baik sehingga kemungkinan munculnya sakit akan mengecil.

8. Makanan Tidak Sehat

Saat membahas kebiasaan buruk bikin sakit punggung, akan terasa kurang jika belum mengulas aspek makanan. Itu karena, penting untuk mengonsumsi makanan sehat jika masalah sakit punggung ini ingin segera diselesaikan.

Tetapi masalahnya, hanya beberapa persen masyarakat di Indonesia yang rutin mengonsumsi makanan sehat. Sisanya menganggap ini sebagai hal yang tidak penting dan lebih suka mengonsumsi junk food.

Kebiasaan buruk semacam ini tentu perlu dihindari. Ketika makanan tidak sehat masuk ke tubuh, arteri pada tubuh biasanya akan mengalami penyumbatan. Hal tersebut membuat nutrisi akan sulit mencapai tulang belakang.

Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit pada punggung meningkat. Mengonsumsi makanan sehat sendiri tidak wajib membeli yang mahal. Intinya pastikan kebutuhan 4 sehat 5 sempurna pada tubuh terpenuhi.

Sebenarnya ada opsi lain untuk mengatasi sakit punggung. Opsi tersebut adalah dengan melakukan terapi. Jika butuh tempat terapi berkualitas, hubungi saja Fisiohome. Kami sudah eksis di bidang ini dalam waktu lama dan bisa membantu mengatasi sakit punggung.

Untuk informasi lebih lengkap, hubungi Kami di nomor +62 882-9874-5399. Nantinya akan diajarkan juga mengenai berbagai kebiasaan buruk bikin sakit punggung.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Konsultasi Fisioterapis yang Wajib Orang Tua Lakukan

Tahapan konsultasi fisioterapis nampaknya menjadi aspek penting yang perlu untuk orang tua lakukan ketika hendak menggunakan jasa tersebut untuk menangani berbagai masalah yang dihadapi oleh

Fisioterapi

Low Back Pain Menjadi Pengobatan yang Efektif

Fisioterapi low back pain menjadi salah satu pengobatan untuk mengatasi sakit punggung bagian bawah. Cara ini terbukti efektif untuk mengatasi rasa nyeri atau perasaan tidak

Kesehatan

Penyakit Sendi Arthritis dan Pentingnya Fisioterapi

Tidak setiap orang mengetahui betapa menyiksanya penyakit sendi arthritis ketika sedang kambuh. Tidak berlebihan jika menyebut penyakit ini membuat seseorang tidak bisa beraktivitas secara normal.

Fisioterapi

Gangguan Neurologis dengan Fisioterapi yang Rutin

Perawatan gangguan neurologis dibutuhkan untuk membantu meredakan gejala dan penyakit lainnya timbul. Neurologi merupakan salah satu bidang dalam kedokteran yang mempelajari sistem saraf manusia, termasuk

Fisioterapi

Perawatan Fisioterapi dan Bidang Pengobatannya

Bicara fisioterapi, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu prosedur perawatan fisioterapi. Fisioterapi secara umum merupakan suatu tindakan rehabilitasi fisik di mana bertujuan untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan