Fisiohome

Kelebihan Exercise Therapy Salah Satu Jenis Fisioterapi Terbaik

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Tidak banyak orang yang mengetahui kelebihan exercise therapy sebagai salah satu jenis fisioterapi terbaik. Perlu diketahui, exercise therapy atau terapi latihan sendiri adalah salah satu jenis fisioterapi terpopuler di dunia.

Ketika datang ke sebuah tempat layanan fisioterapi, Anda pasti menemukan kalau layanan fisioterapi tersebut menyediakan jenis terapi ini. Perlu diingat, Anda akan merasakan berbagai manfaat ketika nanti mencobanya.

Berikut Ini Kelebihan Exercise Therapy

Ada banyak kelebihan yang bisa dirasakan saat mencoba exercise therapy. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa kelebihan exercise therapy yang bisa Anda coba:

1. Meningkatkan Fungsi Fisik

Salah satu kelebihan utama dari terapi latihan adalah kemampuannya untuk meningkatkan fungsi fisik seseorang. Melalui latihan-latihan yang terarah dan terukur, kelebihan exercise therapy membantu memperbaiki kekuatan otot, fleksibilitas, daya tahan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh.

Misalnya, bagi seseorang yang sedang dalam proses pemulihan setelah cedera atau operasi, terapi latihan membantu memperkuat otot di sekitar area yang terkena cedera dan memperbaiki mobilitasnya.

Begitu pula bagi orang-orang yang ingin meningkatkan kebugaran fisik secara umum, terapi latihan membantu mereka membangun tubuh yang lebih kuat, lentur, dan mampu bertahan dalam aktivitas sehari-hari maupun olahraga.

2. Manajemen Nyeri

Kelebihan exercise therapy juga memiliki peran penting dalam manajemen nyeri. Melalui latihan-latihan yang tepat dan terarah, terapi latihan membantu mengurangi intensitas dan frekuensi nyeri dengan beberapa mekanisme.

Pertama, dengan memperkuat otot di sekitar sendi yang terkena masalah, terapi latihan membantu menstabilkan dan melindungi sendi, mengurangi tekanan yang diterima oleh sendi dan jaringan sekitarnya.

Kedua, kelebihan exercise therapy merangsang pelepasan endorfin, yaitu zat kimia alami yang berperan sebagai penahan rasa sakit dan meningkatkan perasaan nyaman.

Ketiga, melalui peningkatan mobilitas dan keseimbangan tubuh, terapi latihan membantu mengurangi ketegangan dan stres pada area tubuh yang terkena masalah, yang pada gilirannya dapat mengurangi sensasi nyeri.

Dengan demikian, terapi latihan menjadi pilihan yang efektif dalam manajemen nyeri baik bagi mereka yang mengalami nyeri kronis maupun akut, seperti cedera olahraga, arthritis, atau kondisi lainnya.

3. Peningkatan Rehabilitasi

Salah satu kelebihan exercise therapy terletak pada perannya yang sangat penting dalam proses rehabilitasi. Setelah mengalami cedera, menjalani operasi, atau mengidap penyakit tertentu, proses pemulihan sering kali membutuhkan upaya untuk mengembalikan mobilitas, kekuatan, dan fungsi tubuh yang optimal.

Dalam konteks ini, terapi latihan menyediakan rangkaian latihan yang dirancang khusus untuk membantu individu dalam mencapai tujuan rehabilitasi mereka.

Misalnya, bagi seseorang yang baru saja menjalani operasi ACL (ligamen anterior cruciate), terapi latihan akan mencakup latihan kekuatan dan stabilisasi untuk memperkuat otot di sekitar lutut dan memulihkan stabilitas sendi.

Proses rehabilitasi yang terarah dan terukur ini tidak hanya membantu mempercepat pemulihan fisik tetapi juga mengurangi risiko komplikasi dan memastikan pemulihan yang optimal.

4. Pencegahan Penyakit Kronis

Kelebihan exercise therapy memainkan peran kunci dalam pencegahan dan manajemen penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, dan obesitas.

Melalui program latihan yang terencana dengan baik, individu dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular mereka, mengontrol berat badan, meningkatkan sensitivitas insulin, dan memperkuat tulang.

Misalnya, dalam kasus diabetes tipe 2, latihan aerobik dan latihan kekuatan telah terbukti membantu mengontrol kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi risiko komplikasi jangka panjang. Begitu pula, latihan beban pada osteoporosis dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko fraktur.

Dengan demikian, terapi latihan bukan hanya berfungsi untuk mengobati kondisi yang ada tetapi juga sebagai alat efektif untuk mencegah timbulnya penyakit kronis dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

Kelebihan exercise therapy memiliki dampak positif yang signifikan pada kesehatan mental seseorang. Latihan fisik secara teratur telah terbukti efektif dalam mengurangi gejala kecemasan, depresi, dan stres.

Ini disebabkan oleh sejumlah mekanisme yang terlibat dalam respon tubuh terhadap latihan fisik. Pertama, saat kita berolahraga, tubuh melepaskan endorfin, serotonin, dan dopamin, yang dikenal sebagai neurotransmiter “perasaan baik”.

Zat-zat kimia ini dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan perasaan euforia yang alami. Kedua, latihan fisik juga dapat membantu mengalihkan perhatian dari pikiran negatif atau stresor sehari-hari, sehingga membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Ketiga, latihan fisik teratur dapat meningkatkan kualitas tidur, yang pada gilirannya memperbaiki kesejahteraan mental secara keseluruhan.

Dengan demikian, terapi latihan bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik tetapi juga memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan mental, membantu individu merasa lebih bahagia, tenang, dan berdaya.

6. Meningkatkan Kualitas Hidup

Salah satu kelebihan exercise therapy paling utama adalah meningkatkan kualitas hidup seseorang. Terapi latihan membantu mencapai tujuan ini melalui beberapa cara.

Pertama, dengan meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan fisik, terapi latihan memungkinkan individu untuk lebih mudah melaksanakan aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, berdiri, atau mengangkat benda-benda ringan.

Hal ini dapat meningkatkan rasa independensi dan kemandirian seseorang. Kedua, terapi latihan juga dapat membantu mengurangi ketergantungan pada obat-obatan atau prosedur medis yang invasif.

Ini seperti beberapa orang yang sering melakukan operasi. Dengan memberikan alternatif yang lebih alami dan terapeutik untuk manajemen kondisi kesehatan tertentu.

Ketiga, melalui pencapaian tujuan-tujuan fisik dan peningkatan kesehatan mental, terapi latihan dapat memberikan perasaan pencapaian dan meningkatkan harga diri seseorang. Hal ini berkontribusi pada perasaan umum kepuasan hidup dan kesejahteraan psikologis.

Dengan demikian, terapi latihan tidak hanya membantu dalam mengatasi masalah kesehatan fisik tetapi juga memiliki dampak positif yang besar pada kualitas hidup secara keseluruhan.

7. Fleksibilitas

Salah satu kelebihan exercise therapy adalah kemampuannya untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi individu secara spesifik. Setiap orang memiliki kebutuhan fisik yang berbeda, baik dari segi usia, kondisi kesehatan, tingkat kebugaran, atau tujuan personal.

Terapi latihan dirancang untuk menjadi fleksibel dan dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan setiap individu. Ini berarti bahwa seorang ahli terapi fisik akan menyesuaikan program latihan untuk mencakup jenis latihan, intensitas, durasi, dan frekuensi yang sesuai dengan kemampuan dan tujuan klien tersebut.

Misalnya, seseorang yang baru pulih dari cedera mungkin memerlukan program latihan yang fokus pada rehabilitasi dan pemulihan, sementara seseorang yang ingin meningkatkan kebugaran umumnya akan mendapatkan program latihan lebih beragam dan menantang.

Penyesuaian ini memastikan bahwa program latihan tidak hanya efektif tetapi juga aman dan sesuai dengan kemampuan individu.

8. Efektivitas Biaya

Kelebihan exercise therapy sering kali merupakan pilihan yang efektif secara biaya dalam manajemen dan perawatan kondisi kesehatan tertentu. Dibandingkan dengan prosedur medis yang mahal, seperti operasi atau pengobatan jangka panjang dengan obat-obatan, terapi latihan cenderung lebih terjangkau dan memiliki efek jangka panjang yang berkelanjutan.

Selain itu, terapi latihan juga dapat membantu mengurangi biaya kesehatan jangka panjang dengan mencegah atau mengelola kondisi kronis, yang pada gilirannya dapat mengurangi kunjungan ke dokter atau rawat inap di rumah sakit.

Ini membuat terapi latihan menjadi pilihan yang menarik bagi individu dan sistem kesehatan secara keseluruhan dalam rangka pengelolaan biaya perawatan kesehatan.

Dengan menyediakan alternatif yang efektif dan terjangkau, terapi latihan membantu memastikan bahwa perawatan kesehatan tidak hanya berkualitas tetapi juga dapat diakses oleh berbagai lapisan masyarakat.

Penting untuk tidak asal dalam memilih tempat terapi. Jika bingung memilihnya, pilih saja Fisiohome dengan menghubungi +62 882-9874-5399. Nantinya layanan Kami akan membuat Anda merasakan langsung kelebihan exercise therapy.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan