Fisiohome

Kelebihan Terapi Akupresur Fisioterapi Paling Efektif

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Ada banyak kelebihan terapi akupresur yang nantinya bisa Anda rasakan. Perlu diketahui, terapi ini sendiri memiliki banyak kelebihan yang mungkin sebelumnya tidak pernah Anda bayangkan.

Akupresur adalah salah satu jenis terapi terpopuler yang ada di dunia. Dengan popularitas terapi tersebut, wajar jika ada banyak orang yang berminat mencobanya dan jumlah penyedianya juga tidak sedikit.

Beberapa Kelebihan Terapi Akupresur yang Bisa Anda Rasakan

Ada beberapa hal yang menjadi kelebihan dari terapi akupresur. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa kelebihan tersebut:

1. Mengurangi Nyeri

Salah satu keunggulan utama dari terapi akupresur adalah kemampuannya untuk mengurangi rasa nyeri secara efektif. Teknik-teknik akupresur yang terfokus pada titik-titik tertentu di tubuh dipercaya dapat meredakan nyeri kronis seperti sakit kepala, migrain, nyeri punggung, serta nyeri akut yang disebabkan oleh cedera atau operasi.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa stimulasi titik-titik akupresur tertentu dapat merangsang pelepasan endorfin, yang merupakan zat kimia alami dalam tubuh yang bertindak sebagai analgesik atau penghilang rasa sakit.

Selain itu, kelebihan terapi akupresur juga dapat membantu mengurangi ketegangan otot yang sering menyebabkan nyeri. Ini dilakukan dengan merelaksasi otot-otot yang tegang dan meningkatkan aliran darah ke area yang terkena, yang pada gilirannya dapat mengurangi ketidaknyamanan.

2. Meningkatkan Relaksasi

Terapi akupresur telah terbukti efektif dalam meningkatkan rasa relaksasi dan mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Dengan merangsang titik-titik akupresur tertentu, terutama yang terkait dengan sistem saraf otonom, seperti titik-titik di sepanjang jalur meridian, akupresur dapat merangsang pelepasan hormon-hormon relaksasi seperti endorfin, serotonin, dan dopamin.

Hormon-hormon ini membantu mengurangi aktivitas sistem saraf simpatis yang bertanggung jawab untuk respons stres “fight or flight”, dan sebaliknya meningkatkan aktivitas sistem saraf parasimpatis yang mempromosikan relaksasi dan pemulihan.

Sebagai akibat kelebihan terapi akupresur ini, banyak orang melaporkan perasaan tenang, santai, dan sejahtera setelah menerima sesi terapi. Relaksasi yang diperoleh dari terapi akupresur juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gangguan tidur yang disebabkan oleh stres dan kecemasan.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kelebihan terapi akupresur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di seluruh tubuh. Teknik-teknik akupresur yang diterapkan dengan benar dapat merangsang aliran darah ke area yang dipijat dengan meningkatkan kontraksi dan relaksasi pembuluh darah.

Dengan meningkatkan aliran darah, terapi ini membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, yang dapat mempercepat proses penyembuhan cedera, memperbaiki kondisi kulit, serta meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular.

Selain itu, peningkatan sirkulasi darah juga membantu mengurangi pembengkakan dan edema dengan mempercepat pembuangan limbah metabolik dari jaringan tubuh. Ini bermanfaat terutama bagi mereka yang menderita kondisi seperti pembengkakan kaki atau tangan yang disebabkan oleh retensi cairan atau cedera.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kelebihan terapi akupresur telah terbukti bermanfaat dalam meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi gangguan tidur. Pada dasarnya, akupresur merangsang titik-titik tertentu di tubuh yang terkait dengan sistem saraf otonom dan sistem hormonal, yang dapat mempengaruhi siklus tidur dan bangun tubuh.

Dengan merangsang titik-titik akupresur yang mengurangi stres, kecemasan, dan ketegangan, terapi ini membantu menenangkan pikiran dan merelaksasi tubuh, yang pada gilirannya mempersiapkan tubuh untuk tidur yang lebih nyenyak.

5. Mengurangi Kebiasaan Buruk dan Kecanduan

Kelebihan terapi akupresur telah digunakan sebagai metode alternatif untuk membantu mengurangi kebiasaan buruk dan mengatasi kecanduan tertentu.

Meskipun bukti ilmiah yang mendukung klaim ini masih terbatas, beberapa praktisi dan pengguna melaporkan bahwa akupresur dapat membantu mengurangi kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi alkohol berlebihan, atau kebiasaan makan yang tidak sehat.

Teknik-teknik akupresur yang digunakan dengan fokus pada meredakan stres, mengurangi kecemasan, dan mengatasi kebiasaan buruk secara bertahap dapat membantu individu dalam mengubah pola perilaku mereka.

Selain itu, terapi akupresur juga dapat membantu dalam mengatasi kecanduan tertentu dengan merangsang titik-titik akupresur yang terkait dengan sistem saraf otonom dan sistem hormonal.

Ini dapat mempengaruhi nafsu makan, keinginan untuk merokok, atau kecanduan lainnya. Namun, penting untuk diingat bahwa terapi akupresur biasanya tidak digunakan sebagai satu-satunya metode untuk mengatasi kebiasaan buruk atau kecanduan.

Keberadaannya lebih sebagai bagian dari pendekatan holistik yang melibatkan perubahan gaya hidup dan dukungan profesional.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu kelebihan terapi akupresur paling potensial adalah kemampuannya untuk meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa stimulasi titik-titik akupresur tertentu dapat meningkatkan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh, seperti sel darah putih, yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi dan penyakit.

Teknik akupresur yang tepat dapat merangsang produksi dan pelepasan sitokin, protein yang membantu mengatur respons kekebalan tubuh, serta merangsang produksi antibodi yang melindungi tubuh dari patogen eksternal.

Dengan demikian, terapi akupresur dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit, infeksi, dan gangguan kesehatan lainnya.

Ini membuat terapi akupresur menjadi salah satu pendekatan holistik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh secara alami.

7. Meningkatkan Fungsi Organ

Kelebihan terapi akupresur dalam tradisi pengobatan Tiongkok diyakini dapat membantu meningkatkan fungsi organ dalam tubuh dengan merangsang titik-titik akupresur yang terkait.

Menurut teori akupunktur dan akupresur, tubuh manusia memiliki jalur energi yang dikenal sebagai meridian, dan setiap meridian terhubung dengan organ-organ tertentu.

Dalam praktik akupresur, titik-titik yang terletak di sepanjang meridian digunakan untuk merangsang energi atau “Qi” yang mengalir melalui tubuh dan mempengaruhi fungsi organ terkait.

Dengan menerapkan tekanan atau pijatan pada titik-titik ini, terapi akupresur diyakini dapat membantu mengoptimalkan aliran energi Qi dan memperbaiki keseimbangan organ-organ dalam tubuh.

Sebagai contoh, titik-titik akupresur yang terkait dengan sistem pencernaan dapat merangsang fungsi saluran pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi. Sedangkan titik-titik yang terkait dengan sistem pernapasan dapat membantu meredakan gejala seperti sesak napas atau batuk.

8. Pengelolaan Gejala Emosional

Kelebihan terapi akupresur telah digunakan secara luas untuk membantu mengelola gejala emosional seperti kecemasan, depresi, dan perubahan suasana hati. Pada dasarnya, akupresur merangsang titik-titik akupresur yang terkait dengan sistem saraf otonom dan sistem hormonal yang memainkan peran penting dalam regulasi suasana hati dan emosi.

Stimulasi titik-titik ini dapat merangsang pelepasan hormon-hormon relaksasi seperti endorfin dan serotonin, yang membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan serta meningkatkan perasaan relaksasi dan kesejahteraan.

Selain itu, terapi akupresur juga dapat merangsang titik-titik yang terkait dengan sistem saraf parasimpatis, yang bertanggung jawab untuk merangsang respons tubuh terhadap relaksasi dan pemulihan.

Dengan demikian, terapi akupresur dapat membantu mengurangi gejala emosional yang disebabkan oleh stres, kecemasan, atau depresi, serta memperbaiki keseimbangan emosi secara keseluruhan.

Meskipun terapi akupresur tidak dapat menggantikan perawatan medis yang diresepkan untuk masalah emosional yang serius, seperti depresi klinis. Ini dapat menjadi tambahan yang berguna untuk manajemen gejala emosional dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Penting untuk tidak sembarangan ketika memilih tempat terapi. Jika ingin yang terbaik, coba saja hubungi Fisiohome di +62 882-9874-5399 kami sudah sangat berpengalaman di dunia fisioterapi. Nantinya Anda juga bisa memesan layanan untuk merasakan kelebihan terapi akupresur.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan