Fisiohome

Kenali Penyebab, Gejala dan Terapi untuk Rheumatoid Arthritis

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Pernah mendengar rheumatoid arthritis, kenali penyebab, gejala dan terapi untuk rheumatoid arthritis. Penyakit yang terjadi karena adanya peradangan jangka panjang pada sendi karena kekebalan tubuh keliru menyerang tubuh sendiri.

Jika rheumatoid arthritis ini dibiarkan begitu saja tentu saja tidak akan baik untuk Kesehatan tubuh. Akibatnya akan menyebabkan gangguan pada fungsi sendi dan perubahan pada bentuk sendinya tersebut.

Tetapi tidak perlu khawatir, untuk Anda yang mengalami rheumatoid arthritis ada beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk menyembuhkannya berikut ini.

Kenali Tentang Apa Itu Rheumatoid Arthritis?

Sebelum mencoba untuk mengobatinya, pertama-tama Anda tentu harus kenal dulu apa yang sebenarnya di maksud dari rheumatoid arthritis. Nama penyakit ini memang bagi sebagian orang masih terasa sangat asing dan sangat susah diucapkan oleh lidah Indonesia.

Kebanyakan mengira rheumatoid arthritis ini hanya akan menyerang persendian Anda saja tetapi fakta ini kurang tepat. Selain menyerang persendian manusia, rheumatoid arthritis ini juga akan menyerang organ lain jika semakin parah.

Seperti contohnya, orang lain secara lengkap mengenai pembuluh darah, kulit, paru-paru, jantung dan juga mata. Biasanya yang mengalami dan melakukan terapi untuk rheumatoid arthritis adalah perempuan yang sudah berumur 30 tahun sampai dengan 50 tahun.

Seseorang yang sudah mengalami penyakit ini biasanya tidak akan benar-benar sembuh 100% lagi. Jadi terapi rheumatoid arthritis ini biasanya bertujuan bukan hanya menyembuhkan terapi juga mengurangi komplikasi jangka panjang, mencegah adanya kerusakan pada sendi dan juga meredakan gejala.

Biasanya penderita rheumatoid arthritis yang belum mendapatkan penanganan yang tepat akan merasakan rasa nyeri, bengkak dan juga terasa kaku pada sekitar persendian. Hal ini dikarenakan kondisi ligament, otot dan tendon yang terserang dan menimbulkan sendi.

Rheumatoid arthritis juga biasanya paling sering menyerang antara bagian kaki maupun tangan. Tetapi saat pertama kali muncul biasanya karena sudah menyerah mama, paru-paru dan juga kulit.

Apa Saja Penyebab Rheumatoid Arthritis?

Sebelum dapatkan tindakan terapi untuk rheumatoid arthritis yang Anda alami ketahui dulu apa saja penyebab yang dapat memicu munculnya penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia ini.

Jadi sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit malah balik menyerang tubuh dan disebut juga sebagai autoimun. Sebenarnya pemicu dari munculnya penyakit ini sama sekali belum diketahui.

Tetapi kebanyakan penderita mengalami terapi untuk rheumatoid arthritis adalah pengobatan untuk penyakit yang ditinggalkan secara genetik. Menyerang sistem kekebalan yang terdapat di sendi, berikut ini penjelasan mengenai jaringan.

Langsung saat menghasilkan minyak sendi, jaringan penghubung diantara tulang atau ligament, jaringan penghubung tulang dengan juga sendi yang juga sering disebut tendon dan terakhir menyerang bagian sendi tulang rawa.

Rheumatoid arthritis harus ditangani dengan baik agar sendi tidak kehilangan bentuk dan fungsinya yang akan hilang secara bertahap. Berikut ini beberapa faktor yang harus diketahui karena meningkatkan rheumatoid arthritis.

1. Menjadi perokok maupun perokok secara aktif dan pasif

2. Terpapar kotoran debu jenis tertentu

3. Alami stress yang cukup berat mempengaruhi pada fisik dan emosional

4. Terjadi karena virus infeksi bakteri atau virus,

5. Terakhir, alami cedera akibat dari patah tulang atau diskolasi sendi.

Gejala Rheumatoid Artritis yang di Alami Oleh Banyak Orang

Ketahui gejala dari rheumatoid arthritis yang bisa saja menyerang siapa saj dan kapan saja. Beberapa keluhan yang sering dialami oleh pasien rheumatoid arthritis berikut ini.

1. Terasa nyeri pada sendi

Menyerang sendi tentu saja penyakit ini akan membuat Anda merasakan nyeri pada sendi. Tapi ada perbedaan nyeri sendi antara yang terjadi pada penyakit osteoarthritis atau radang sendi dan juga rheumatoid Arthritis atau rematik sendi.

Pada umumnya osteoarthritis akan mengalami nyeri sendi pada bagian lutut, punggung, tulang belakang. Sedangkan rheumatoid arthritis ini menyerang sendi-sendi yang lebih kecil seperti pergelangan tangan, pergelangan kaki, sendi pada buku-buku jari, sendi ibu jari.

2. Sendi membengkak

Gejala yang terlihat sebelum dapatkan terapi untuk rheumatoid arthritis, saat Anda mengalami penyakit ini adalah adanya pembengkakan yang akan terasa hangat dan lembek saat disentuh. Biasanya rasa sakit akan terjadi ketika kedua sendi kanan dan juga kiri.

Keparahan penyakit rematik dan nyeri yang dihasilkan akan bergantung dari lebih seringnya wilayah tersebut digunakan.

3. Adanya sebuah benjolan

Jika Anda mengalami rheumatoid Arthritis akan muncul sebuah benjolan yang diakibatkan karena sendi membengkak. Hal ini dikarenakan seitar 20% penderita penyakit ini mengalami peradangan pada pembuluh darah kecil sehingga bisa menyebabkan benjolan di bawah kulit.

Benjolan ini biasanya akan terlihat memiliki ukuran yang setara dengan besarnya kacang hijau tetapi sedikit lebih besar dan juga muncul pada sekitar persendian. Pembengkakan atau benjolan ini akan terus terbentuk selama Anda memiliki foto tersebut.

4. Terjadi penumpukan cairah

Gejalan lainnya sebelum harus melakukan terapi untuk rheumatoid arthritis yang bisa diawasi oleh Anda adalah terjadinya penumpukan cairah yang biasanya terakumulasi di pergelangan kaki. Bahkan pada beberapa kasus rematik, kantung sendi belakang lutut juga bisa mengakumulasi semua cairan yang terbentuk di kenal juga dengan kista baker.

5. Sendi terasa kaku pada pagi hari

Sendi akan terasa kaku pada saat pagi hari merupakan gejala terakhir yang harus Anda ketahui sebelum mendapatkan terapi rheumatoid arthritis. Biasanya nyeri atau kekakuan ini terjadi pada pagi hari dan nyeri sendi.

Pilihan Terapi untuk Rheumatoid Arthritis yang Bisa Anda Ikuti

Secara umum bagi penderita rematik atau rheumatoid arthritis bisa menjalani dua terapi untuk bisa mengatasi penyakit ini. Berikut ini dua pilihan terapi rheumatoid arthritis yang bisa diikuti oleh Anda.

1. Terapi fisik

Perawatan yang pertama bisa Anda pilih tujuannya adalah membuat pengidap rematik lebih banyak bergerak. Metode ini dapat merangsang otot, tulang dan sendi-sendi agar tidak kaku dan mengurangi rasa nyeri.

Hasil dari melakukan terapi untuk rheumatoid arthritis akan membuat kondisi Anda menjadi lebih kuat, bugar dan juga sehat.

Terapi fisik yang bisa dilakukan adalah melakukan latihan yang disesuaikan dengan kemampuan fisik dan fleksibilitas. Terapi kompres panan dan dingin juga akan dilakukan untuk membantu orang merasa lebih tenang dan lebih baik.

Terakhir terapi untuk rheumatoid arthritis adalah melakukan pijat untuk membantu redakan gejala yang dirasakan oleh Anda.

2. Terapi okupasi

Terapi untuk penyakit rheumatoid arthritis atau rematik ini juga biasanya dibarengi dengan terapi okupasi. Tujuan dari adanya terapi ini bisa membantu pengidap melakukan terapi secara mandiri di rumah.

Terapis akan memeriksa dan mengajari beberapa caranya seperti melakukan pembatasan ketegangan pada sendi, menemukan cara alternatif untuk melakukan aktivitas sederhana, menggunakan alat bantu, kurangi rasa sakit dan juga melakukan olahraga di rumah.

Terapi untuk rheumatoid arthritis ini juga disebut sebangai fisioterapi, Anda bisa melakukan fisioterapi pada rumah sakit, puskesmas dan juga layanan klinik Kesehatan lainnya. Klinik Kesehatan fisioterapi saat ini banyak dipilih karena menyediakan layanan fisioterapi dimana saja dan kapan saja.

Salah satu tempat fisioterapi yang paling nyaman dan memberikan layanan terbaik adalah Fisohome. Di Fisohome ini Anda akan mendapatkan layanan yang mudah, cepat dan juga tidak akan membuat repot.

Terapis juga akan datang sesuai dengan keinginan tanpa harus melakukan antre seperti saat Anda melakukan fisioterapi di RS atau klinik Kesehatan lain karena kami memiliki lebih dari 350 lebih terapis yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia dan sudah terdaftar STR sesuai dengan ketentuan kementrian Kesehatan.

Harga transparan dan bisa dibayar secara cicilan, tersedia juga customer care untuk membantu Anda memantau keadaan pasien. Nikmati layanan dari Fisohome sekarang juga yang nyaman untuk melakukan terapi untuk rheumatoid arthritis dan penyakit lainnya dengan menghubungi +62 882-9874-5399.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Bantu Sembuhkan dari Fibromyalgia

Fisioterapi Tangerang Bantu Sembuhkan dari Fibromyalgia Seiring dengan bertambah luasnya ilmu pengetahuan, fibromyalgia dapat diatasi tanpa harus ke rumah sakit atau klinik hanya cukup melalui

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang untuk Mengatasi Gejala Parkinson

Fisioterapi Tangerang untuk Mengatasi Gejala Parkinson Seiring berjalannya waktu, fisioterapi Tangerang semakin dibutuhkan oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai permasalahan akan kesehatannya. Salah satunya adalah dibutuhkan

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Selatan untuk Menangani Cedera Otot

Fisioterapi Tangerang Selatan untuk Menangani Cedera Otot Seiring berjalannya waktu, fisioterapi Tangerang Selatan semakin dibutuhkan untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Selatan Solusi Sembuhkan Low Back Pain

Fisioterapi Tangerang Selatan Solusi Sembuhkan Low Back Pain Berbagai masalah kesehatan memerlukan bantuan Fisioterapi Tangerang Selatan untuk mempermudah proses penyembuhan. Begitu pula dengan low back

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Selatan Obati Cedera Ligamen Lutut

Fisioterapi Tangerang Selatan Obati Cedera Ligamen Lutut Fisioterapi Tangerang Selatan saat ini menjadi pilihan tepat untuk menangani berbagai keluhan masalah kesehatan, salah satunya adalah cedera

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Promo September Ceria, Oktober Gembira dari Fisiohome dan CareNown

Fisiohome bersama CareNow menghadirkan promo spesial “September Ceria, Oktober Gembira” dengan diskon hingga Rp200.000. Manfaatkan program cicilan kesehatan yang ringan dengan bunga mulai 0%, cicilan hingga 12x, dan limit sampai Rp50 juta.

Nikmati tambahan diskon hingga Rp200.000, khusus selama periode 6 September hingga 31 Oktober 2024. Promo ini memberikan solusi kesehatan dengan pembayaran yang lebih hemat dan fleksibel.

Syarat dan ketentuan berlaku.

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan