Fisiohome

Ketahui Manfaat Paparan Sinar Matahari Bagi Kesehatan Tulang

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Tidak banyak orang tahu apa saja manfaat paparan sinar matahari bagi kesehatan tulang. Dalam tubuh manusia, tulang adalah salah satu bagian paling penting, karena merupakan bagian yang menopang tubuh manusia, sehingga manusia dapat berdiri dan berbentuk.

Sejak masih muda, kesehatan tulang harus dijaga dengan baik. Namun nyatanya tidak banyak orang yang menjaga kesehatan tulangnya. Padahal, kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan bagian tersebut sangat mudah, yaitu hanya dengan menjemur diri.

Namun menjemur diri sebaiknya dilakukan hanya saat pagi saja, karena selebihnya sinar matahari di atas jam 12 siang justru tidak baik untuk kulit. Beberapa manfaat paparan sinar matahari bagi kesehatan tulang tentu akan membantu Anda hidup dengan lebih baik lagi.

Anda harus menjaga kesehatan tulang dengan baik, bahkan sejak masih muda. Tujuannya adalah agar tidak menyesal saat tua, karena organ keras ini akan melemah seiring bertambah usia. Sehingga dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit yang sangat merugikan.

Manfaat Paparan Sinar Matahari Bagi Kesehatan Tulang

Jika selama ini Anda masih belum tahu apa saja manfaat paparan sinar matahari untuk tulang, Anda harus belajar lebih banyak tentang manfaatnya dan berusaha mempraktikkan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari sinar matahari untuk kesehatan tulang.

1. Sebagai sumber vitamin D

Manfaat paparan sinar matahari bagi kesehatan tulang adalah sebagai sumber vitamin D. Tubuh manusia sangat membutuhkan vitamin D untuk penyerapan kalsium. Tanpa vitamin D, tubuh manusia tidak akan bisa menyerap kalsium dengan baik.

Vitamin D juga memberikan banyak manfaat lainnya, seperti memperkuat tulang manusia, memperkuat otot, mengurangi peradangan dan masih banyak lagi. Paparan sinar matahari disebut sebagai sumber vitamin D, karena menyebabkan tubuh memproduksi vitamin D.

Vitamin D juga sangat bagus untuk pertumbuhan bayi, karena akan merangsang pertumbuhan tulangnya agar lebih cepat dan bagus. Tidak heran jika banyak ibu yang membawa bayinya berjemur setiap pagi, yaitu sekitar pukul 7 sampai 9 pagi.

Selain dari sinar matahari, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari sumber lain. Misalnya dari makanan atau suplemen. Namun vitamin D dari alam ini sangat mudah didapatkan. Sehingga dapat menghemat pengeluaran untuk membeli makanan dan suplemen vitamin D.

2. Menguatkan tulang

Manfaat paparan sinar matahari bagi kesehatan tulang lainnya adalah untuk menguatkannya. Manfaat ini sangat bagus untuk orang – orang yang sudah berusia lanjut, karena seiring bertambah usia, pasti tulangnya juga semakin lemah. Sehingga tidak kuat menjalani aktivitas.

Anda pasti sering melihat orang tua dengan pergerakan yang lemah. Misalnya hanya untuk berpindah tempat saja, orang tua membutuhkan bantuan alat atau orang lain. Kelemahan ini terjadi karena kekuatan tulangnya sudah menurun, sehingga membutuhkan sinar matahari.

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang sudah tua dan tulangnya melemah, sebaiknya bawa orang tua untuk berjemur setiap hari. Meskipun efeknya tidak langsung terlihat, namun perlahan, sinar matahari akan menguatkan kembali organ keras tersebut untuk beraktivitas.

3. Menghindari risiko kelainan bentuk tulang

Kemudian, manfaat paparan sinar matahari bagi kesehatan tulang selanjutnya adalah untuk menghindari risiko kelainan bentuk. Anda pasti pernah mempelajari bahwa di dunia ini ada banyak manusia yang tumbuh dengan kelainan pada tulangnya, misalnya tulang bengkok.

Kelainan ini tidak sepenuhnya disebabkan oleh kebiasaan buruk manusia tersebut, namun bisa juga karena kekurangan kalsium dan asupan lainnya yang dibutuhkan oleh tulang manusia, akibatnya beberapa orang harus menjalani kehidupannya dengan rasa kurang nyaman.

Kelainan bentuk ini tidak hanya menghambat aktivitas sehari – hari, namun juga dapat menghambat pertumbuhan dan menurunkan rasa percaya diri. Itu sebabnya, sebaiknya sejak muda, Anda sudah mulai merawat organ keras ini dengan cara menjemur diri.

4. Menurunkan risiko patah tulang

Bagi orang tua, kondisi tulangnya sudah tidak sebagus saat masih muda. Tulangnya akan mengalami penipisan sehingga mudah patah. Itu sebabnya, orang tua harus sering berjemur untuk mendapatkan manfaat paparan sinar matahari bagi kesehatan tulang.

Hal ini karena paparan sinar matahari dapat menurunkan risiko patah tulang. Faktanya, kejadian patah ini tidak hanya disebabkan oleh benturan keras, misalnya karena jatuh, kecelakaan, dan lainnya. Namun bisa juga disebabkan oleh kerapuhan tulangnya dari dalam.

Mengalami patah tulang secara tiba – tiba pasti menimbulkan rasa tidak nyaman. Bahkan pergerakan biasa juga akan sulit dilakukan, terutama jika patah tulangnya terjadi di bagian yang fatal.

5. Menghindari rakitis pada anak – anak

Masalah kesehatan pada tulang faktanya tidak hanya terjadi pada usia lanjut, namun bisa juga terjadi pada anak – anak. Anda bisa menghindari masalah ini dengan sering menyuruh anak berjemur, karena ada manfaat paparan sinar matahari bagi kesehatan tulang anak – anak.

Anak yang kekurangan asupan sinar matahari biasanya mudah mengalami rakitis, atau kondisi di mana anak akan mengalami pelemahan dan pelunakan pada tulangnya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin D yang sebenarnya bisa didapatkan dari sinar matahari.

Jika anak terkena rakitis, pasti hal ini akan membingungkan orang tua, karena anak tidak bisa beraktivitas secara mandiri. Setidaknya mereka akan membutuhkan bantuan orang dewasa atau alat. Sehingga sebaiknya hindari risiko rakitis pada anak – anak dengan cara berjemur.

6. Menghindari osteoporosis

Manfaat paparan sinar matahari bagi kesehatan tulang berikutnya adalah untuk menghindari osteoporosis atau pengeroposan. Biasanya, penyakit ini terjadi pada orang tua, karena tulangnya sudah mulai keropos seiring bertambahnya usia.

Pengeroposan adalah masalah yang sudah sering terjadi, namun sebaiknya tidak dinormalisasi karena sebenarnya ada cara untuk mencegah pengeroposan tersebut, yaitu dengan cara menguatkan kepadatan pada tulang, sehingga penyakit osteoporosis pasti mudah dicegah.

Orang tua yang mengalami osteoporosis juga pasti merasa tidak nyaman, karena rasanya sakit terutama saat malam hari. Itu sebabnya, sebaiknya orang tua diminta berjemur untuk mendapat vitamin D. Terutama jika gejala osteoporosis sudah mulai terlihat pada orang tua.

7. Menghindari osteomalacia

Selain osteoporosis, juga ada penyakit lainnya yang menyiksa yaitu osteomalacia. Salah satu manfaat paparan sinar matahari bagi kesehatan tulang adalah untuk menghindari penyakit ini, karena dampaknya sangat tidak bagus untuk para lansia.

Osteomalacia adalah kondisi saat tulang mulai melunak pada usia lanjut, kemudian menyebabkan nyeri yang semakin parah saat malam hari. Penyakit ini juga menimbulkan nyeri di berbagai bagian tubuh. Namun bisa diatasi dengan cara berjemur secara rutin setiap hari.

Sebenarnya selain dari paparan sinar matahari, Anda juga bisa menjaga kesehatan tulang dengan cara olahraga, konsumsi kalsium, dan masih banyak lagi. Namun, sinar matahari adalah bagian dari alam yang sangat mudah didapatkan jika Anda ingin menyehatkan diri.

Dengan mempelajari apa saja manfaat paparan sinar matahari bagi kesehatan tulang, Anda akan tahu pentingnya berjemur saat pagi untuk semua usia.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan