Ketahui Penyebab Tremor Tangan Pada Usia Muda dan Cara Mengatasinya!

penyebab tremor tangan di usia muda

FISIOHOME – Tremor tangan di usia muda bisa saja terjadi, karena kondisi gangguan saraf ini tidak mengenal usia. Kondisi ini ditandai oleh tangan bergetar dengan sendirinya, yang umumnya sulit dikendalikan. Gangguan saraf ini juga bisa membuat para penderitanya kesulitan saat memegang barang, menggambar atau menulis.

Gangguan tremor tidak hanya dialami oleh tangan, tetapi juga dialami oleh anggota tubuh yang lainnya, seperti leher, kaki dan kepala. Salah satu penyebab tremor tangan pada usia muda adalah masalah di area otak sebagai pengatur otot pada bagian tubuh tertentu.

Faktor Penyebab Tremor Tangan di Usia Muda

Ada beberapa faktor penyebab tremor tangan pada usia muda, diantaranya :

1. Banyak Kafein

Konsumsi asupan kafein berlebihan bisa menyebabkan tremor tangan di usia muda. Zat stimulan pada kafein adalah zat yang bisa membuat seseorang terjaga dengan cara mempengaruhi pengiriman impuls. Efek lainnya bisa membuat degup jantung berdetak kencang. Selain bisa dijumpai pada kopi, kafein juga terdapat di dalam cokelat, minuman bersoda, dan teh.

2. Kurang Tidur

Faktor penyebab tremor tangan pada usia muda lainnya ialah kurang tidur. Mengingat tidur merupakan proses terpenting bagi tubuh, tentu saja kekurangan tidur bisa memberikan dampak signifikan terhadap saraf otonom pada tubuh yang berguna untuk mengatur kinerja pada organ-organ bagian dalam tubuh.

Selain itu, sistem saraf otonom dapat mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Kedua proses tersebut bisa mengalami peningkatan ketika tubuh sering begadang atau kurang istirahat, sehingga bisa menyebabkan timbulnya tremor.

Untuk kasus ini, jika tremor disebabkan oleh kurang tidur, bisa diatasi dengan tidur yang cukup sehingga membuat gejalanya akan membaik sendirinya.

3. Pemakaian Obat Tertentu

Tremor tangan di usia muda juga bisa disebabkan oleh pemakaian obat-obatan tertentu. Ada beberapa obat yang bisa mengakibatkan tremor terinduksi. Biasanya tremor seperti ini terjadi ketika anda bergerak atau mungkin mencoba memegang lengan, tangan hingga kepala.

Obat bisa menyebabkan tremor dengan cara mempengaruhi otot dan sistem saraf. Adapun contoh obat tertentu yang bisa menyebabkan tremor, diantaranya obat migrain, anti kejang, SSRI dan obat asma.

4. Kurang Asupan B12

Salah satu vitamin yang berperan penting bagi sistem saraf tubuh adalah vitamin B12. Kekurangan atau defisiensi vitamin B12 bisa mengakibatkan terjadinya gangguan sistem saraf, karenanya muncul gejala tremor di lengan atau tangan, serta muncul gejala mati rasa dan kesemutan pada kak.

Demi memastikan tubuh mendapat asupan vitamin B12 mencukupi, anda dapat menambahkan makanan yang mengandung vitamin B12. Beberapa diantaranya seperti susu, telur, daging unggas, dan ikan.

5. Merokok

Penyebab tremor tangan pada usia muda berikutnya juga bisa dikarenakan oleh rokok. Rokok memiliki kandungan zat nikotin sebagai stimulan dan zat adiktif. Rokok bahkan bisa mengakibatkan kecemasan. Nikotin yang memasuki aliran darah, bisa menyebabkan detak jantung lebih cepat. Inilah yang bisa menyebabkan timbulnya tremor dan gejala kecemasan.

6. Kecemasan Meningkat

Faktor kecemasan bisa meningkatkan resiko tremor fisiologis normal, karenanya bisa menjadikan kondisi tremor lebih terlihat. Tremor biasanya muncul dikarenakan respon tubuh atas kondisi tertentu yang menyebabkan tekanan atau stress.

Saat tubuh mengalami stress, akan terjadi pelepasan norepinefrin yang dilakukan sistem saraf simpatetik. Norepinefrin ini adalah sebuah neurotransmitter sebagai penyebab detak jantung meningkat. Dampaknya, anda dapat melihat kondisi tangan gemetar dengan jelas yang menandakan gejala tremor.

Setelah memahami faktor yang menyebabkan tremor tangan di usia muda, selanjutnya anda bisa mengatasi tremor dengan cara di bawah ini!

Cara Mengatasi Tremor Tangan di Usia Muda

Untuk mengatasi kondisi tremor, anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi tremor tangan di usia muda berikut ini :

1. Kurangi Asupan Kafein

Salah satu cara mengatasi tremor tangan di usia muda adalah mengurangi asupan kafein. Mengingat seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kafein bisa mengakibatkan tremor jika dikonsumsi berlebihan. Jadi, batasi asupan kafein ke dalam minuman atau makanan sehari-hari.

2. Melakukan Relaksasi

Relaksasi berupa yoga dan meditasi bisa mengatasi terjadinya tremor. Panik dan stress bisa meningkatkan faktor resiko tremor yang memicu gangguan saraf. Tremor yang disebabkan oleh stress bisa berangsur pulih ketika pikiran sudah kembali stabil dan tenang. Jadi, silahkan sering-sering melakukan relaksasi untuk menghindari tremor.

3. Konsumsi Obat

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan mengonsumsi obat tertentu sesuai resep dokter. Sebenarnya sampai saat ini masih belum ada jenis obat tertentu yang bisa menghilangkan tremor dengan permanen, tapi ada beberapa obat yang bisa membantu menekan gejalanya agar penderita bisa beraktivitas kembali.

Dokter biasanya memberikan obat anti kejang, beta blocker maupun obat penenang yang bisa membantu menekan gejala tremor.

4. Kurangi Aktivitas Tangan

Cara mengatasi tremor tangan di usia muda lainnya yaitu dengan meminimalisir aktivitas tangan. Melakukan banyak aktivitas tangan bisa membuat gejala tremor semakin parah. Oleh sebab itu, anda bisa memakai tangan sebelahnya yang tidak memiliki gangguan tremor untuk melakukan aktivitas supaya tangan lainnya bisa beristirahat.

5. Terapi Fisik

Anda juga bisa mengatasi tremor dengan melakukan terapi fisik. Lakukan angkat beban dan Latihan untuk menyentuh barang, memakai alat makan atau pensil adalah salah satu bentuk terapi untuk meminimalisir tremor.

Dengan terapi fisik ini bisa membantu mengontrol dan meningkatkan kekuatan otot yang dapat mengurangi tremor.

Namun sebaiknya lakukan terapi fisik bersama terapis professional untuk mengatasi tremor.

Selain kelima cara mengatasi tremor tangan di usia muda tersebut di atas, pastikan pula untuk melakukan gaya hidup sehat dengan cara mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.