Fisiohome

Konsumsi Secara Rutin Vitamin untuk Kesehatan Tulang Ini

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Banyak sekali jenis vitamin untuk kesehatan tulang yang bisa dikonsumsi secara rutin. Keberadaan vitamin tersebut pada tubuh bisa menjaga kekuatan tulang dalam jangka panjang. Terlebih lagi jika konsumsinya dibarengi dengan gaya hidup dan makanan sehat.

Tulang merupakan salah satu organ terpenting bagi tubuh manusia. Kita wajib menjaga kesehatannya karena peranan tulang itu sendiri sangatlah besar bagi manusia.

Terlebih lagi ketika memasuki usia senja. Kekuatan tulang diperlukan untuk menjaga struktur tubuh tetap kuat dan tidak rapuh.

Karena itu kesehatan tulang wajib untuk diperhatikan sejak dini. Fungsi tulang ini sendiri sangatlah besar. Tidak hanya sebagai elemen penggerak tubuh saja, tulang juga berperan besar dalam perlindungan sistem saraf, organ vital, otak hingga pembentukan struktur tubuh.

Secara alami, kesehatan dan kekuatan tulang akan terus mengalami penurunan. Namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko penuaan tersebut. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi vitamin yang tepat.

6 Jenis Vitamin untuk Kesehatan Tulang yang Wajib Dikonsumsi Sejak Dini

Dikutip dari banyak sumber terpercaya, ternyata ada banyak sekali jenis vitamin yang bisa dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan tulang yang kuat dan sehat. Untungnya, berbagai jenis vitamin ini bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui suplemen ataupun asupan makanan sehat.

Sejauh ini ada jenis vitamin yang terbukti ampuh untuk memaksimalkan kesehatan tulang dan menjaganya tetap kuat meskipun sudah berusia lanjut. Lantas apa saja deretan vitamin berkhasiat untuk tulang tersebut? Simak ulasannya disini.

1. Vitamin D

Jenis vitamin Untuk Kesehatan Tulang yang pertama adalah Vitamin D. Jenis vitamin satu ini akan membantu tubuh untuk melakukan penyerapan kalsium ke dalam tulang dan aliran darah. Sebenarnya tubuh memang memiliki kemampuan penyerapan tersebut secara alami.

Namun keberadaan vitamin D membuat organ di dalam tubuh melakukannya secara optimal. Sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin D bersama dengan kalsium. Selain memaksimalkan kesehatan tulang, keberadaan dua nutrisi tersebut juga bisa memaksimalkan kekuatan tulang dalam jangka panjang.

Vitamin D juga terbukti ampuh untuk menjaga keseimbangan kadar fosfor dan kalsium secara stabil di dalam tubuh Anda. Untuk memiliki tubuh dan tulang yang sehat, kita harus mengonsumsi setidaknya 400-800 unit vitamin D di setiap hari.

Tidak terlalu ribet, kandungan vitamin D yang tinggi bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis sumber. Diantaranya adalah berjemur secara langsung di bawah paparan sinar matahari pagi, mengonsumsi berbagai jenis produk susu, sayuran hijau hingga kuning telur.

2. Vitamin C

Jenis vitamin untuk kesehatan tulang selanjutnya adalah vitamin C. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh para ahli, konsumsi vitamin C secara rutin terbukti ampuh untuk meningkatkan produksi kolagen pada tubuh.

Kolagen ini tentu memberikan banyak sekali khasiat bagi tubuh Anda. Di antaranya adalah meremajakan kulit dalam jangka waktu yang lama. Di sisi lain, konsumsi vitamin C juga bisa meningkatkan kesehatan tulang dan sendi.

Bagaimana tidak, kolagen itu sendiri memang merupakan komponen yang sangat penting untuk tulang dan sendi manusia. Keberadaan kolagen akan membantu senyawa lain untuk saling terikat dan merancang struktur tulang yang sehat.

Konsumsi kolagen secara rutin terbukti ampuh untuk meminimalisir risiko terjadinya deformasi dan peregangan. Selain berasal dari suplemen khusus, vitamin C ini juga bisa Anda dapatkan dari konsumsi sayuran dan buah buahan. Setiap harinya kita membutuhkan 500 miligram vitamin C.

3. Vitamin K

Vitamin K juga menjadi salah satu vitamin untuk kesehatan tulang yang wajib dikonsumsi. Keberadaan vitamin K pada tubuh sangat baik untuk meningkatkan kekuatan tulang secara permanen. Peran vitamin K pada tubuh juga cukup besar.

Mereka bertugas untuk membantu kelancaran pengantaran kalsium dari darah menuju ke tulang. Vitamin K ini juga terbukti memiliki pengaruh besar dalam penguatan osteocalcin dan menjadi salah satu komponen pembentuk protein pada tulang.

Konsumsi vitamin K secara rutin terbukti ampuh untuk mencegah keretakan pada tulang. Mereka juga membantu menyembuhkan tulang yang patah secara lebih optimal. Vitamin K ini juga bisa Anda temukan dengan mudah.

Setiap harinya, pria membutuhkan kurang lebih 120 mikro gram vitamin untuk kesehatan tulang satu ini. Sedangkan untuk wanita membutuhkan minimal 90 mikrogram vitamin K. Kandungan vitamin K ini bisa Anda dapatkan dari konsumsi kembang kol dan brokoli, daging, telur dan ikan.

4. Vitamin B12

Jenis vitamin untuk kesehatan tulang lainnya adalah Vitamin B12. Ketika tubuh manusia kekurangan vitamin B12, maka tulang akan mengalami pengeroposan. Secara otomatis kondisi ini akan membuat tulang jadi lemah.

Untuk orang dewasa, kita membutuhkan 2 hingga 4 mcg vitamin B12 setiap harinya. Sayangnya vitamin B12 ini tidak begitu mudah untuk ditemukan. Umumnya kandungan vitamin tersebut hanya ada pada makanan yang berasal dari laut.

Contohnya adalah kepiting, ikan tuna, ikan haring ikan sarden dan berbagai jenis makanan laut lainnya. Selain kaya akan kandungan vitamin B12, makanan laut juga memiliki kandungan mineral dan fosfor yang tinggi.

Karena itulah konsumsi makanan dari laut sangat direkomendasikan oleh para pakar kesehatan. selain menjadi sumber vitamin untuk kesehatan tulang, makanan laut ini juga sangat pas untuk menjaga imunitas tubuh.

5. Kalium

Kalium menjadi jenis vitamin untuk kesehatan tulang lain yang harus dikonsumsi dengan rutin. Ada banyak sekali peran besar kalium di dalam tubuh manusia. Di antaranya adalah menyeimbangkan kadar keasaman pada tubuh.

Di sisi lain, keberadaan kalium juga membantu mencegah pembuangan kalsium tubuh secara percuma. Secara otomatis, kita bisa menganggap kalium sebagai salah satu senyawa yang berperan besar dalam penguatan tulang.

Untungnya kandungan kalium ini bisa didapatkan dengan sangat mudah. Bahkan Anda bisa mendapatkan asupan vitamin untuk kesehatan tulang tersebut dari berbagai jenis makanan harian. Contohnya seperti brokoli, yoghurt, buah bit, buah alpukat dan lain sebagainya.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh para ahli, setiap harinya manusia membutuhkan setidaknya 4700 mg kalium. Jenis senyawa satu ini memiliki peran besar dalam menjaga kekuatan dan kekebalan tulang manusia dari berbagai jenis gangguan.

6. Magnesium

Selain senyawa di atas, kandungan vitamin untuk kesehatan tulang lain yang dibutuhkan manusia adalah magnesium. Fungsi utama dari magnesium ini adalah untuk membentuk struktur tulang yang sehat dalam jangka waktu lama.

Tidak hanya itu saja, keberadaan magnesium ini juga berfungsi untuk memudahkan penyerapan kalsium sehingga tulang jauh lebih sehat dan kuat. Untungnya zat atau senyawa satu ini bisa Anda temukan dengan mudah dalam kehidupan atau aktivitas sehari-hari.

Setiap harinya, manusia membutuhkan setidaknya 100 mg magnesium. Untuk mendapatkan senyawa tersebut, ada banyak sekali jenis makanan yang bisa dikonsumsi. Di antaranya adalah kacang tanah, bayam, edamame, tahu, tempe, dan berbagai jenis kacang-kacangan lainnya.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kombinasikan beberapa jenis vitamin yang sudah kami jelaskan di atas dengan makanan dan gaya hidup sehat. Jika Anda merasakan sesuatu yang tidak nyaman pada tulang, segera konsultasi dengan ahlinya.

Dalam hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan mudah kepada Fisiohome. Cukup hubungi nomor kami di +62 882-9874-5399 dan dapatkan layanan Fisioterapi terbaik di rumah masing-masing. Tentunya kami juga akan memberikan banyak tips terkait vitamin untuk kesehatan tulang yang sudah kita bahas ini.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan