Fisiohome

Low Back Pain Menjadi Pengobatan yang Efektif

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Fisioterapi low back pain menjadi salah satu pengobatan untuk mengatasi sakit punggung bagian bawah. Cara ini terbukti efektif untuk mengatasi rasa nyeri atau perasaan tidak nyaman pada punggung bagian bawah.

Bagi yang belum tahu, low back pain merupakan kondisi yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari kecelakaan, cedera, kondisi kesehatan tertentu ataupun keausan otot/sendi akibat penuaan.

Sedangkan fisioterapi adalah teknik pengobatan medis yang digunakan untuk mengurangi kekakuan, nyeri sendi dan mengembalikan Gerakan. Cara ini akan membantu proses penyembuhan bagi orang yang mengalami low back pain.

Mengenal Penyebab Low Back Pain

Sebelum membahas lebih dalam mengenai fisioterapi low back pain, terlebih dahulu Anda bisa pelajari apa yang menyebabkan kondisi ini. Karena mungkin masih banyak yang mengira kondisi ini sama dengan sakit punggung biasa.

Sakit punggung umumnya adalah kondisi nyeri di daerah punggung atas hingga bagian leher. Kondisi nyeri ini bisa terjadi dalam beberapa saat bahkan cukup lama sehingga dapat mengganggu aktivitas sehati-hati.

Sedangkan low back pain adalah nyeri punggung di bagian bawah. Jadi akan muncul rasa tidak nyaman atau nyeri pada punggung bagian bawah, dari bawah kosta sampai lipatan bokong namun tidak sampai menjalar ke bagian kaki.

Meski terdengar sederhana, namun jika tidak ditangani dengan benar dapat berakibat buruk. Kondisi ini dapat menurunkan mobilitas mumbal sehingga dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari karena terjadi keterbatasan gerak.

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan kondisi low back pain. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab dari sakit punggung bagian bawah, simak baik-baik.

1. Otot atau Ligamen Robek

Orang-orang yang membutuhkan pengobatan fisioterapi low back pain paling umum disebabkan oleh kondisi otot atau ligamen robek atau tertarik. Robeknya ligament atau otot ini bisa disebabkan oleh gerakan berulang yang melibatkan punggung bagian bawah.

Kondisi semacam ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya mengangkat benda berat. Bisa juga terjadi dari gerakan memutar tulang belakang saat mengangkat benda berat tersebut.

Pemicu lain berupa gerakan tiba-tiba yang menimbulkan tekanan terlalu besar pada punggung bagian bawah. Misalnya ketika Anda jatuh tiba-tiba, baik saat beraktivitas atau berkendara.

2. Gangguan Persendian atau Tulang

Penyebab lain kenapa seseorang membutuhkan fisioterapi low back pain adalah gangguan persendian atau tulang. Misalnya kondisi seperti osteoartritis, herniasi cakram tulang belakang, disfungsi sendi, stenosis tulang belakang dan fraktur kompres.

3. Saraf Kejepit

Sakit punggung bagian bawah juga bisa disebabkan karena saraf kejepit. Ini merupakan kondisi tertekannya saraf oleh bagian tubuh lain, fokusnya di punggung bagian bawah yang menyebabkan sakit.

4. Autoimun

Autoimun juga bisa jadi salah satu penyebab kenapa punggung bagian bawah Anda mengalami nyeri atau terasa sakit. Autoimun merupakan kondisi ketika imun melakukan kesalahan deteksi sehingga menyerang sel-sel sehat.

5. Tumor

Kemudian ada tumor, tumbuhnya tumor di bagian tubuh tertentu juga bisa mengakibatkan rasa nyeri pada punggung bagian bawah. Misalnya pertumbuhan tumor di prostat, payudara, ginjal, tiroid dan paru-paru.

Beberapa Gejala Low Back Pain yang Wajib Anda Tahu

Masih banyak orang mengira bahwa pengobatan fisioterapi low back pain itu hanya berlaku bagi pekerja yang berhubungan dengan aktivitas berat. Namun faktanya, banyak pekerja kantoran yang juga mengalami kondisi serupa.

Anda wajib tahu apa saja gejala yang muncul ketika terjadinya sakit punggung bagian bawah ini. Karena jika tidak kunjung ditangani maka kondisi tersebut bisa bertambah buruk dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Gejala pertama yang muncul adalah rasa nyeri terasa tajam dan menimbulkan pegal. Kondisi nyeri ini juga mungkin untuk menyebar ke bagian bawah belakang atau linu panggul.

Ketika punggung terasa tegang ketika beraktivitas dan terdengar bunyi saat menggerakan punggung, itu bisa jadi gejala low back pain. Pada kondisi tertentu, rasa nyeri bisa bertambah buruk seperti misal saat membungkuk atau berbaring.

Berikutnya, ketika mengalami kekakuan pada tubuh bagian belakang mungkin Anda membutuhkan fisioterapi low back pain. Kekakuan ini bisa membuat Anda sulit menggerakkan atau meluruskan punggung.

Pengidap penyakit ini bisa membutuhkan waktu lebih lama bahkan ketika ingin bangun dari duduknya. Bahkan beberapa juga mengalami kesulitan untuk berdiri dengan tegak atau terjadi permasalahan pada postur tubuh.

Pada kondisi ini, seseorang cenderung berdiri membungkuk, tubuh ke samping atau tidak sejajar dengan tulang belakang. Tubuh bagian bawah akan terlihat rata, tidak melengkung pada orang-orang dengan kondisi normal.

Gejala berikutnya adalah kejang otot atau kontraksi tidak terkendali pada otot. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa nyeri luar biasa hingga membuat penderita kesulitan berdiri, berjalan bahkan sekedar bergerak.

Fisioterapi Low Back Pain Sebagai Pengobatan Efektif

Ada banyak metode pengobatan yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa nyeri sakit punggung ini. Mulai dari sesederhana melakukan istirahat, pemberian obat, penggunaan korset, fisioterapi hingga tindakan di meja operasi.

Namun pada kondisi tertentu, cara pengobatan yang paling banyak disarankan atas keluhan ini adalah fisioterapi low back pain. Pengobatan ini dapat dilakukan dengan bantuan fisioterapis, terapis khusus yang sudah terlatih.

Metode ini adalah perawatan tunggal yang dikombinasikan dengan metode atau teknik pengobatan lain. Misalnya saja pemanasan pada bagian yang terasa sakit, pemijatan, traksi hingga ultrasound.

Fisioterapi bisa digunakan oleh siapapun atau dengan kata lain tidak terbatas pada usia tertentu. Siapapun yang mengalami kondisi nyeri punggung bagian bawah dapat melakukannya, baik muda maupun tua.

Metode pengobatan ini baik dilakukan bagi pasien bedah maupun non bedah. Terapi ini dapat membantu secara signifikan untuk mempersingkat waktu pemulihan pasca operasi maupun penyembuhan bagi pasien bedah maupun non-bedah.

Karena pada dasarnya, orang dengan sakit punggung bawah akan sembuh ketika memiliki kondisi fisik yang optimal. Maka dari itu, salah satu metode pengobatan yang paling banyak disarankan untuk kondisi ini adalah fisioterapi.

Gerakan Fisioterapi untuk Mengatasi Sakit Punggung Bawah

Pada fisioterapi low back pain, terdapat beberapa gerakan yang disarankan. Beberapa gerakan ini bertujuan untuk mengurangi atau mengilangkan rasa nyeri pada punggung bagian bawah.

1. Olahraga Bridge

Anda bisa berbaring telentang dengan tangan diulurkan ke samping tubuh. Kemudian angkat pinggul dari lantai, lakukan sambil menjaga kepala, bahu, pinggul dan lutut dalam satu garis lurus.

2. Peregangan Hamstring

Anda bisa telentang dengan kaki rata di permukaan lantai dan mengangkat lutut ke atas. Kemudian Anda bisa mengangkat satu kaki ke atas dan melingkarkan handuk di sekitar pergelangan kaki, tarik perlahan ke arah dada.

3. Peregangan Cat Cow

Gerakan fisioterapi low back pain berikutnya adalah peregangan cat cow. Mulai dengan menurunkan tangan dan lutut sambil mempertahankan punggung tetap lurus. Lalu, tekuk tulang belakang ke atas dan keluar hingga membentuk punuk ke atas.

4. Rotasi Lumbar

Berikutnya adalah side twist, mulai dengan berbaring telentang dan renggangkan tangan. Selanjutnya, tekuk kedua lutu ke satu sisi dan putar tubuh Anda ke sisi lain lutut tersebut.

Jika Anda membutuhkan terapis fisioterapi maka Fisiohome bisa menjadi pilihan karena sudah terpercaya dan berpengalaman. Hubungi kami di nomor +62 882-9874-5399 untuk melakukan konsultasi fisioterapi low back pain dan pesan sekarang juga.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Terapi Sensori Integrasi untuk Anak Terlambat Duduk

Terapi sensori integrasi (TSI) merupakan salah satu jenis fisioterapi yang bermanfaat sekali untuk membantu anak terlambat duduk. Terapi ini didasari oleh konsep sistem sensorik anak

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan