Mengenal Fisioterapi Trigger Finger Beserta Gejalanya

Fisioterapi trigger finger merupakan solusi terbaik jika mengalami kondisi tangan yang terasa terjepit, kondisi terjepit yang sering terjadi adalah ketika salah satu jari di tangan berada dalam posisi bengkok. Sehingga menyebabkan rasa sakit pada daerah tangan yang sedang terjepit.

Kondisi terjepitnya jari tersebut disebabkan oleh adanya peradangan pada bagian tendon tangan, sehingga menyebabkan beberapa bagian tangan mengalami pembengkakan. Jika dibiarkan secara terus menerus, dapat menghambat aktivitas sehari-hari Anda karena terasa menyakitkan.

Beberapa orang belum mengetahui bagaimana cara untuk menangani ketika secara tidak sengaja bagian tangannya terjepit, namun Anda perlu memperhatikan bahwa untuk menangani hal tersebut tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena akan berakibat fatal.

Oleh sebab itu kami merekomendasikan untuk menggunakan jasa fisioterapi trigger finger di Fisiohome karena sudah dipercaya oleh banyak orang, Fisiohome sendiri sudah memiliki banyak pengalaman untuk memberikan jasa fisioterapi, khususnya pada jenis penyakit trigger finger tersebut.

Dengan memberikan pertolongan pertama ketika menghadapi penyakit tersebut, maka akan membuat penyakit ini dapat ditangani dengan lebih baik. Sehingga Anda tidak perlu merasa tersiksa karena pembengkakan pada daerah tangan, yang akan menghambat semua aktivitas.

Mengenal Arti dari Fisioterapi Trigger Finger

Banyak orang merasa tidak asing ketika mendengar kata fisioterapi, namun tidak semua orang mampu memahami apa yang dimaksud ketika membicarakan hal tersebut. dikutip dari beberapa sumber, fisioterapi merupakan salah satu jenis dari tindakan rehabilitasi pada pasien.

Tindakan rehabilitasi ini diperuntukkan khusus pada pasien setelah mengalami cedera, sehingga dengan memberikan fisioterapi trigger finger dapat membantu pasien mengurangi pergerakan pada fisiknya. Tujuan diterapkannya rehabilitasi ini juga berbeda tergantung pada kondisi pasien.

Umumnya tindakan rehabilitasi tersebut diberikan kepada pasien setelah mengalami cedera pada salah satu bagian tubuhnya, sehingga dengan diberikan tindakan rehabilitasi yang tepat mampu mengembalikan bagian tubuhnya seperti sedia kala. Namun dengan cara tertentu.

Kegiatan fisioterapi trigger finger pada umumnya dilakukan supaya dapat mengembalikan tubuh menjadi seperti semula, sehingga memiliki fungsi normal dan dapat digunakan seperti semula. Selain itu juga dapat digunakan untuk meringankan rasa sakit yang diderita pasien.

Namun untuk melakukan tindakan tersebut Anda perlu mengetahui beberapa gejala tertentu, sehingga dapat melakukan tindakan rehabilitasi sesuai dengan gejala yang terjadi. Karena tindakan ini berkaitan dengan cedera yang terletak di jari tangan, sehingga sangat fatal jika dibiarkan begitu saja.

Mengenal Berbagai Gejala dari Trigger Finger

Sebelum mengetahui bagaimana proses fisioterapi trigger finger, Anda juga perlu mulai untuk mempelajari mengenai bagaimana saja gejala yang sering terjadi. Sehingga saat memahami berbagai gejala tersebut, Anda dapat mengetahui langkah tepat untuk menangani penyakit ini.

Penyakit ini sendiri umumnya dapat terjadi di daerah jari mana saja, bahkan pada semua tangan juga bisa terkena penyakit tersebut termasuk salah satu diantaranya adalah ibu jari. Namun gejala tersebut umumnya dapat dirasakan berbeda pada setiap penderitanya.

Secara umum ketika seseorang terkena fisioterapi trigger finger pada bagian jarinya akan terasa kaku, sehingga pasien akan merasa sulit untuk menggerakan jari di tangannya. Hal ini jika dibiarkan akan menghambat aktivitas mereka, sehingga perlu segera ditangani dengan cepat.

Selain jari berasa kaku dan sulit untuk digerakkan, biasanya ketika Anda memaksakan diri untuk menggerakan jari akan keluar sensasi seperti terkejut. Bahkan jika dibiarkan tanpa ada penanganan lebih lanjut, sensasi kejut ini dapat berubah menjadi rasa sakit karena adanya pembengkakan di bagian tendon.

Selain itu pada bagian yang terasa sakit umumnya akan terdapat benjolan atau bengkak, selain itu pada bagian jari tertentu akan terasa bengkok, sehingga pasien fisioterapi trigger finger akan sulit untuk meluruskan kembali jarinya. Karena sudah terkunci dalam keadaan bengkok.

Mengenal Penyebab Penyakit Trigger Finger

Banyak orang tidak menyadari mengapa jarinya merasa kaku dan susah digerakkan jika sudah terkena penyakit tersebut, banyak orang mengkaitkannya dengan kerusakan pada bagian sendi jari tangannya. Namun hal tersebut tidak dapat dibenarkan, karena penyebab utama terletak pada tendonnya.

Tendon sendiri merupakan salah satu bagian didalam otot, dimana bagian ini memiliki bentuk berupa tali dengan fungsi utama untuk melekatkan antara otot dengan tulang. Pada setiap tendon memiliki selaput pelindung, untuk melindungi dari kerusakan karena melekatkan otot dengan tulang.

Sebagai salah satu tindakan rehabilitasi, fisioterapi trigger finger berfokus untuk memberi rehabilitasi pada bagian pelindung tendon. Hal tersebut karena dengan adanya iritasi pada pelindung tersebutlah yang menyebabkan mengapa bagian jari Anda menjadi bengkak.

Ketika terjadi peradangan pada bagian tersebut dan tidak diatasi dengan penanganan yang baik, dapat menyebabkan timbulnya jaringan parut atau penebalan pada pelindung tendon. Akibatnya gerakan tendon akan menjadi lebih lamban, dan menimbulkan rasa kejutan.

Ketika hal tersebut terjadi dapat menyebabkan bagian tendon meradang dan memiliki risiko patah atau pecah, oleh sebab itu Anda perlu melakukan fisioterapi trigger finger di Fisiohome karena sudah dipercaya banyak orang.

Berbagai Faktor Risiko Trigger Finger

Sebagai sebuah penyakit yang menimpa bagian tangan beberapa orang, terdapat berbagai faktor risiko yang perlu Anda perhatikan. Karena umumnya terdapat banyak faktor risiko untuk penyakit ini, sehingga jika dapat menjadi salah satu faktor timbulnya penyakit pada jari ini.

Secara umum ketika sedang melakukan fisioterapi trigger finger, terdapat beberapa faktor risiko yang dapat menjadi penyebab mengapa Anda mengidap penyakit tersebut. Secara umum gerakan berulang pada jari juga bisa menjadi salah satu penyebab dalam faktor risiko.

Dengan menggerakan jari pada posisi yang sama secara berulang dapat meningkatkan peluang untuk merobek bagain tendon, sehingga jika Anda memiliki pekerjaan maupun hobi yang mengharuskan jari pada tangan untuk melakukan kegiatan berulang harus mulai untuk membatasinya.

Selain melakukan kegiatan berulang pada bagian jari juga terdapat faktor risiko lain yang dapat mempengaruhi penyakit tersebut, umumnya jika Anda mengidap penyakit seperti diabetes maupun rheumatoid arthritis juga bisa menjadi salah satu faktor risiko paling penting.

Salah satu faktor risiko yang mengakibatkan seseorang perlu melakukan fisioterapi trigger finger adalah jenis kelamin, menurut beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita lebih rentan terkena penyakit tersebut. sehingga harus mengurangi gerakan atau pekerjaan yang sama pada jarinya.

Pengobatan yang Dilakukan untuk Mengatasi Trigger Finger

Jika sudah terkena penyakit tersebut maka salah satu jalan keluarnya adalah mengobatinya, sehingga penyakit ini tidak menghambat pekerjaan Anda. Karena membuat bagian jari mengalami pembengkakan, akibat adanya peradangan pada selubung tendon didalamnya.

Salah satu langkah pengobatan yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan splint, penggunaan alat ini di malam hari bisa membantu posisi jari sehingga tetap berada pada posisi lurus. Sehingga tidak bergerak untuk membengkok serta mengurangi rasa nyeri pada penderita.

Selain itu Anda juga bisa melakukan pengobatan berjenis fisioterapi trigger finger, karena dengan melakukan kegiatan tersebut dapat membantu untuk mengurangi rasa kaku yang diakibatkan oleh penyakit ini pada jari Anda.

Dengan menggunakan salah satu teknik rehabilitasi ini dapat membantu jari sehingga dapat melakukan pergerakan tak terbatas seperti sedia kala, sehingga dapat membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan lebih mudah.

Pada saat ini sudah terdapat berbagai klinik yang menyediakan jasa fisioterapi, namun Anda tidak boleh tergoda oleh harga murah karena sangat berpengaruh pada hasil akhir terapinya. Oleh sebab itu kami merekomendasikan klinik yang sudah berpengalaman di fisiohome.

Jika mengalami penyakit tersebut segera kunjungi Fisiohome di kontak whatsapp +62 882-9874-5399 karena selain menawarkan harga bersahabat, juga sudah berpengalaman di bidang fisioterapi trigger finger.