Fisiohome

Nyeri Bahu Tak Tertahankan? Cari Penyebab dan Atasi dengan Langkah Tepat Ini!

Nyeri Bahu Penyebab dan Cara Mengatasi

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

FISIOHOME – Pernahkah anda merasakan nyeri pada bahu sebelah kanan atau sebelah kiri? Ya. Nyeri bahu merupakan sebuah kondisi gangguan yang terjadi pada bahu, sehingga penderitanya merasa tidak nyaman saat menggerakkannya. Ada beberapa penyebab yang memicu nyeri pada bahu, salah satunya yaitu cedera.

Meskipun kondisi ini bisa dialami oleh siapapun, namun biasanya dialami oleh orang yang berusia di atas 60 tahun, akibat jaringan pada lunak bahu yang sudah menua. Nyeri bahu pada umumnya bisa ditangani sendiri, namun ada beberapa kasus yang membutuhkan pengobatan, terapi hingga operasi.

Penyebab Nyeri Bahu Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya

Penyebab nyeri bahu sebelah kiri biasanya disebabkan oleh berbagai macam kondisi penyakit. Berikut adalah faktor yang menyebabkan nyeri bahu dan cara mengatasinya:

Gangguan Tulang Bahu

Ada beberapa penyebab nyeri bahu sebelah kiri yang mengindikasikan gangguan tulang bahu, berikut ini:

  • Mengalami Osteoporosis

Berkurangnya tingkat kepadatan tulang terutama akibat faktor usia atau lainnya bisa menjadi salah satu faktor penyebab nyeri bahu sebelah kiri. Ada beberapa gejala yang dirasakan, seperti tingkat kekuatan tulang yang berkurang sampai berakhir pada pengeroposan dan kecenderungan potensi patah tulang meningkat. 

  • Rematik

Salah satu jenis rematik yang menyebabkan terjadinya gangguan pada tulang bahu yaitu muncul peradangan disertai kondisi tulang, biasanya terjadi di area sendi bahu. Faktor penyebab nyeri bahu sebelah kiri biasanya dipengaruhi faktor makanan yang mengandung zat purin tinggi yang dibarengi oleh kurangnya asupan air putih yang cukup.

Lantas, bagaimana cara mengatasi nyeri bahu sebelah kiri? Jika anda mengalami nyeri bahu sebelah kiri, ada beberapa penanganan yang bisa dilakukan.

1. Konsumsi Asupan Makanan Bernutrisi

Cara mengatasi nyeri bahu sebelah kiri yang pertama yaitu harus mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk Kesehatan tulang. Contohnya makanan dengan kandungan kalsium dan mineral magnesium, dan cukupkan asupan makanan dengan kandungan vitamin D dan K.

2. Hindari Makanan yang Merusak Tulang

Jangan konsumsi makanan yang merusak tulang atau kebiasaan yang memicu kerusakan tulang. Misalnya hindari konsumsi minuman alkohol, menghindari rokok dan lainnya. Sebab rokok dan alkohol menjadi salah satu penyebab nyeri bahu sebelah kiri yang wajib dihindari. 

3. Olahraga Rutin

Berolahraga rutin bisa memberikan dampak positif terhadap Kesehatan tulang. Ini juga bisa menjadi cara mengatasi nyeri bahu sebelah kiri yang efektif. Dengan demikian, tulang menjadi lebih kuat dan lentur.

4. Perawatan Medis

Cara mengatasi nyeri bahu sebelah kiri lainnya yaitu dengan perawatan medis. Apabila nyeri bahu mengakibatkan cedera yang serius seperti semakin bertambah parahnya kondisi rematik, anda bisa melakukan perawatan Kesehatan secepatnya. Konsultasikan kondisi ini kepada dokter dan lakukan anjuran dokter.

Itulah beberapa cara mengatasi nyeri bahu sebelah kiri yang disebabkan oleh gangguan pada tulang bahu. Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi nyeri bahu di atas, bisa menekan kondisi gangguan bahu yang semakin parah.

Penyebab Nyeri Bahu Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

Penyebab nyeri bahu sebelah kanan biasanya dikarenakan terlalu sering memakai otot bahu sehingga mengakibatkan ketegangan otot. Posisi saat berbaring atau tidur juga bisa mengakibatkan nyeri bahu dan tulang belikat, misalnya miring ke sebelah kanan dalam waktu yang lama.

Penyebab nyeri bahu sebelah kanan lainnya adalah dikarenakan patah pada tulang belikat yang disebabkan oleh cedera akibat olahraga maupun kecelakaan dengan pembengkakan dan nyeri yang parah.

Kondisi nyeri myofascial bisa mengakibatkan nyeri bahu sebelah kanan akibat kerusakan jaringan penutup otot. Penyebab nyeri bahu sebelah kanan juga bisa dikarenakan cedera atau kerusakan pada tendon yang berada di bagian tulang belikat.

Nyeri bahu paling umum biasanya disebabkan oleh Rotator cuff tendinopathy. Beberapa diantaranya dikarenakan oleh Gerakan berulang atau gerakan berat di bagian atas bahu. Biasanya robekan pada rotator cuff ditunjukkan dengan kondisi traumatis, baik pada orang berusia muda maupun tua.

Setelah memahami penyebab nyeri bahu di sebelah kanan, anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi nyeri bahu sebelah kanan dengan cara berikut:

1. Penanganan Gangguan Rotator Cuff

Cara mengatasi nyeri bahu sebelah kanan pertama adalah dengan beristirahat. Untuk mengatasi nyeri bahu dalam jangka pendek, biasanya dokter akan memberikan injeksi berupa kortikosteroid subacromial sampai volume mencapai 10 ml. Apabila mendapatkan respon yang baik, maka suntikan bisa diulang sebanyak 3 kali, dalam interval 6 minggu.

2. Latihan Nyeri Bahu

Nyeri bahu juga dapat diatasi dengan melakukan Latihan untuk mengurangi rasa nyeri dan semakin memperkuat bahu. Semua Latihan tersebut dapat mendukung bagian tulang belikat untuk membuatnya semakin kuat. Beberapa Latihan cara mengatasi nyeri bahu sebelah kanan, diantaranya:

  • Push up Dinding, berdiri dan berhadapan dengan dinding, buka kaki selebar bahu, lalu letakkan telapak kanan di depan dinding. Dorong bagian tubuh atas untuk menjauhi dinding. 
  • Push up Bahu duduk, dengan duduk di sofa atau kursi dan jangan lupa sandarkan kaki dan tangan dengan merata. Lalu angkat tubuh anda dari kursi memakai bantuan lengan.

Tindakan Pencegahan Nyeri Bahu

Ada beberapa langkah pencegahan nyeri bahu, diantaranya :

  • Harus banyak beristirahat, karena bisa membantu menyembuhkan dan melawan sakit pada bahu.
  • Kurangi aktivitas fisik berlebihan untuk meminimalisir tingkat ketegangan bahu untuk menghindari nyeri bahu yang semakin parah akibat Gerakan berulang.

Saat nyeri bahu akibat terlalu banyak bergerak atau Latihan fisik bisa menggunakan kompresan air es untuk menghilangkan rasa sakit. Pastikan pula posisi tubuh saat tidur, saat duduk dan lainnya untuk mengatasi rasa sakit.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan