Fisiohome

Pasien Multiple Sclerosis dapat Ditangani dengan Fisioterapi

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Pada pasien multiple sclerosis, gejala-gejala yang muncul dapat dikelola dengan fisioterapis. Metode ini merupakan penanganan dalam dunia medis untuk memberikan pemulihan, pencegahan cedera, serta penyembuhan secara berkelanjutan.

Terapi fisik membantu seseorang mengembalikan kesejahteraan tubuhnya. Terapi tersebut dilakukan oleh terapis professional dan memang fisioterapi menjai salah satu solusi terbaik sebagai bentuk pemulihan tanpa tindakan invasif.

Karena tindakan invasif medis secara langsung mempengaruhi keutuhan jaringan di tubuh seseorang. Lalu, bagaimana pasien multiple sclerosis ini bisa terbantu dengan pengobatan fisioterapi? Berikut penjelasannya!

Penyebab Pasien Rentan Mengalami Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis merupakan suatu kondisi media yang mempengaruhi kinerja sistem saraf pusat, misalnya sumsum tulang belakang, mata, dan otak. Penyebab kemunculannya disebabkan oleh autoimun, dimana imun tubuh menyerang lapisan lemak.

Sebenarnya, lapisan lemak tersebut berfungsi melindungi serabut saraf. Keadaan itu harus diwaspadai oleh pasien multiple sclerosis, dengan penanganan paling tepat, sejumlah kondisi menjadi dugaan meningkatnya risiko seseorang mengalami gejalanya:

1. Terjadi inveksi virus, misalnya Epstein-Barr

2. Terdapat keluarga yang juga mengidap penyakit autoimun

3. Sering merokok

4. Usianya sekitar 16-55 tahun

5. Pada wanita, cenderung lebih rentan terkena jenis relapsing-remitting multiple sclerosis

6. Kurang mengonsumsi vitamin D

7. Mengalami kelainan genetik

8. Obesitas, terutama perempuan

9. Memiliki penyakit radang usus, diabetes tipe 1, dan tiroid

Ditakutkan dapat merusak sistem saraf permanen, dikhawatirkan pasien yang mengidap mengalami kelumpuhan. Umumnya, memicu gejala seperti gangguan koordinasi tubuh, seolah mati rasa di bagian tubuh tertentu, penglihatan terganggu, dan lainnya.

Bantu Pasien Multiple Sclerosis Atasi Gejalanya

Perlu diketahui bahwa penyakitnya itu masih belum ditemukan pengobatan secara total. Akan tetapi, proses pengobatan yang dijalankan bisa membantu pasien multiple sclerosis dapat mengendalikan gejalanya hingga mengurangi kambuhnya penyakit.

Dengan layanan fisioterapis membantu memenuhi kebutuhan penderita. Karena bisa memulihkan fungsi, pergerakan, serta memaksimalkannya, sampai mengurangi risiko penyakit. Bagaimana fisioterapi ini membantu mengelola gejala yang muncul?

1. Kelemahan

Masalah umum ini seringkali dialami oleh pasien multiple sclerosis. Dengan berlatih, ketahanan daya otot jadi meningkat, tenaga, serta kekuatannya. Sehingga, membantu kegiatan fungsional, mandiri secara fisik, dan kemampuan untuk berjalan.

2. Kelelahan

Gejalanya mampu melemahkan tubuh, mempengaruhi emosional, dan kesejahteraan fisik. Melatih ketahanan mampu meningkatkan jarak berjalan juga kualitas hidup. Fisioterapis dari Fisiohome membantu Anda menyelesaikan rasa kelelahan berkelanjutan.

3. Spastisitas

Penderita mengalami kekakuan tanpa sengaja atau kejang otot. Dampaknya sangat berpengaruh pada tingkat mobilitas seseorang. Peregangan, penyangga, serta posisi yang tepat membantu mengurangi gejala ini.

4. Defisit keseimbangan

Meningkatkan risiko penderita mengalami penyimpangan gaya saat berjalan, menurunnya rasa mandiri, bahkan terjatuh. Sehingga, mempengaruhi keseimbangan, dalam hal ini termasuk melemahnya otot, perubahan sensorik, pusing, dan menurunnya koordinasi tubuh.

5. Disfungsi kandung kemih atau usus

Menyebabkan pasien menjadi tidak nyaman, malu, bahkan bisa memperburuk keadaan penderita. Gejala yang muncul seperti sembelit, inkontinensia tinja, frekuensi buang air kecil, inkontinensia urin, disfungsi berkemih, retensi urin.

Oleh karenanya, fisioterapi menjadi cara efektif dalam mengatasi permasalahan berbagai gejala ini. Beberapa pendekatan dapat dilakukan oleh fisioterapis selama proses pengobatan berlangsung, diantaranya yaitu sebagai berikut:

• Pemberian edukasi

Fisioterapis akan mengedukasi Anda terkait postur tubuh, cara membawa barang yang tepat, mobilitas berjalan, sampai tingkat aktivitas fisik seseorang.

• Persiapkan latihan

Pasien multiple sclerosis mendapatkan pelatihan yang sesuai dari ahli terapisnya berdasarkan kondisi tubuh penderita. Tujuannya untuk memperkuat area tubuh tertentu, layanan Fisiohome menyediakan terapis professional dalam membantu Anda berlatih.

• Terapi manual

Terdapat terapi manual, misalnya pijat atau memanipulasi area tubuh tertentu. Kegunaannya ialah menghilangkan rasa kaku atau sakit yang dirasakan.

• Elektroterapi

Termasuk di dalamnya kategori ultrasonograf, Stimulasi Saraf Listrik Transkutan (TENS), beserta terapi panas atau dingin.

Gejala Awal Ini Dirasakan Oleh Penderita

Hal awal yang dirasakan oleh pasien multiple sclerosis berupa sindrom terisolasi secara klinis atau disebut juga CIS. CIS merujuk terhadap gejala neurologis yang menunjukkan penyakit multiple sclerosis atau MS tersebut.

Berbagai bentuk MS kerap dialami oleh penderita, seperti MS sering kambuh, biasanya ditandai rasa kambuh tanpa bisa diprediksi kejelasannya. Serangan mendadak ini bisa saja baru muncul atau lebih buruk gejalanya.

Beberapa orang yang mengalami kekambuhan ini pada akhirnya akan beralih menuju fase progresif sekunder. Pada fase progresif sekunder memperburuk kondisi pengidap serta tingkat kambuh lebih jarang terjadi.

Kemudian, ada juga MS progresif primer yang ditandai dengan adanya akumulasi kecacatan melambat. Mungkin bisa saja stabil hanya dalam jangka waktu tertentu, sedikit perbaikan dapat dilakukan.

Lakukan Pencegahan Sejak Dini Sebelum Mengalaminya

Mencegah penyakit MS sebenarnya kondisi yang sulit, tetapi ada beberapa tahapan dapat Anda lakukan. Cara ini meminimalkan terjadinya risiko seseorang menjadi pengidap dari penyakit ini.

1. Tidak merokok atau berhenti jika sudah terlalu aktif

2. Berjemur pagi hari di bawah sinar matahari kurang lebih selama 10 menit, setiap harinya

3. Konsumsi makanan sehat disertai gizi seimbang, terutama dengan kandungan vitamin D yang tinggi

4. Periksakan diri ke dokter secara rutin jika Anda sudah didiagnosis menderita penyakit yang bisa berisiko memunculkan multiple sclerosis.

Itulah bentuk-bentuk pencegahan yang bisa Anda lakukan sejak dini. Tujuannya agar tidak mengalami penyakit MS, dengan mengidentifikasinya. Selain itu, mengonsumsi makanan nyatanya berpengaruh terhadap sistem dalam tubuh.

Manfaat Fisioterapi Sudah Banyak Diakui Penderita Multiple Sclerosis

Manfaat melakukan fisioterapi pada pasien multiple sclerosis sudah banyak diakui. Dikatakan demikian karena membantu mendorong penderita dalam beraktivitas dan berolahraga. Sehingga, seseorang bisa mempertahankan dan melanjutkan kehidupan secara mandiri.

Pengobatannya ini bermanfaat mengatasi banyak gejala seperti kekakuan, kelenturan, keseimbangan, dan kejang. Dibutuhkan pendekatan holistik yang mempertimbangkan seluruh tubuh, tidak hanya berfokus pada penyakit atau cedera.

Permasalahan yang berhubungan dengan cacat hingga cedera dapat ditangani langsung. Berbagai kombinasi teknik dilakukan, seperti latihan dan pijatan untuk memperoleh diagnosa pengidap, lalu hasilnya akan membuat pasien bisa merencanakan perawatannya.

Fisioterapis akan membantu Anda untuk melakukan identifikasi terhadap sumber pemasalahan penyakitnya. Jadi, akan diketahui cara pengobatan paling tepat sebagai solusi paling efektif dalam menjalankan proses pemulihan hingga selesai.

Dapat Sebabkan Komplikasi Jika Tidak Ditangani Segera

Apa yang terjadi jika pasien multiple sclerosis ini tidak mendapatkan penanganan secara tepat? Tentunya akan memiliki risiko tersendiri, dimana pada akhirnya menyebabkan komplikasi, jadi memang harus dilakukan penanganan segera.

Sejumlah komplikasi yang dapat muncul seperti epilepsi, rusaknya saraf permanen, kekakuan, deep vein thrombosis. Selain itu, pasien juga mengalami komplikasi gangguan fungsi seksual, kelumpuhan terutama di bagian kaki, bahkan depresi.

Tentunya, tidak ada yang ingin komplikasi ini terjadi, karena akan memberikan tekanan tersendiri bagi para penderita. Menjalani kehidupan juga menjadi tidak bersemangat sebab faktor penyakitnya itu.

Maka, dibutuhkan ahli fisioterapis yang bisa membantu menjalani proses pengobatan untuk mengatasi gejala-gejalanya. Layanan Fisiohome salah satunya, hubungi nomor +62 882-9874-5399, ahli fisioterapis kami akan sigap membantu pasien multiple sclerosis.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan