Fisiohome

Penanganan Dislokasi Rahang Bawah dengan Fisioterapi Oral

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Menguap adalah hal yang biasa namun jika terlalu lebar akan ada kemungkinan alami dislokasi rahang bawah. Meski bukan kasus yang sering terjadi namun ini bisa saja terjadi pada diri Anda.

Sehingga Kami sarankan untuk berhati-hati agar tidak mengalami hal tersebut. Pasalnya, meski terkesan sepele namun jika sampai benar-benar terjadi akan memberikan rasa sakit yang luar biasa dan tidak nyaman rasanya.

Definisi dari Dislokasi Rahang Bawah

Sebelum masuk ke pembahasan lebih dalam agar membuat Anda lebih berhati-hati dalam menguap atau melakukan sesuatu. Kami sampaikan bahwa dislokasi pada rahang ini merupakan kondisi ketika tulang rahang bergeser dari kaitan sendi.

Bisa terjadi karena banyak hal dan bukan hanya ketika menguap saja, mungkin juga karena kecelakaan, atau membuka mulut terlalu kuat serta lebar. Kerap terjadi pada saat menjalani perawatan gigi yang sangat lama.

Sendi rahang ini memiliki sebutan TMJ yang berfungsi menghubungkan rahang dengan tengkorak. Sehingga fungsinya adalah untuk mengaitkan rahang agar mudah membuka dan menutup, dan jika terlepas maka akan susah bergerak.

Susah bergerak ini dalam artian tidak bisa untuk membuka mulut untuk berbicara dan makan. Sayangnya, meski kelihatan sepele tapi ketika alami kondisi ini perlu bantuan tenaga medis ahli yang profesional.

Sehingga jika sampai mengalaminya, Anda harus segera bergegas ke dokter untuk mendapatkan penanganan tepat secepatnya. Tidak boleh ditunda-tunda karena semakin lama dibiarkan akan semakin parah dan butuh penanganan lebih lanjut.

Beberapa Penyebab Dislokasi Rahang Bawah

Lanjut ke pada pembahasan selanjutnya ketika sudah mengetahui pengertiannya. Anda harus juga mengetahui apa saja penyebab yang menjadi biang kerok dari kondisi penyakit satu ini.

Secara umum sesuai dengan ilmu medis di jaman sekarang, dislokasi rahang bawah terbagi menjadi dua jenis. Mulai dari muncul secara mendadak (akut) dan bertahap dalam jangka panjang (kronis). Lebih lanjut mengenainya bisa Anda simak di bawah ini.

1. Penyebab-penyebab jenis akut

Pada penyebab jenis akut atau yang muncul secara mendadak, biasanya karena seseorang sengaja atau tidak sengaja membuka mulut terlalu lebar serta kuat. Lebih spesifik ketika seseorang mengalami beberapa hal berikut.

• Menguap terlalu lebar dan tidak terkendali

• Mengalami kejang kejang

• Membuka mulut terlalu lama pada saat menjalani perawatan gigi, biasanya dokter gigi lupa memberikan waktu jeda istirahat

• Mengalami muntah parah yang tidak terkontrol

• Akibat dari pemasangan alat bantu nafas yang tidak benar oleh perawat

• Dislokasi rahang bawah akut yang disebabkan oleh kecelakaan, jatuh, benturan, pukulan dan cedera pada saat olahraga

2. Penyebab-penyebab jenis kronis

Sebaliknya jika seseorang mengalami jenis kedua itu lebih ke tidak sadar mengalami kondisi tersebut. Sehingga terlambat tertangani dan pada akhirnya harus mendapatkan penanganan lebih serius seperti melakukan tindakan operasi bedah.

Maka dari itu penting untuk mengetahui apa saja gejala-gejala yang mungkin muncul ketika Anda mengalaminya. Jelas tujuannya agar tidak sampai tidak merasa sedang alami kondisi tersebut sampai menjadikannya ke kronis.

Gejala-gejala Pada Dislokasi Rahang Bawah

Ya seperti apa yang sudah Kami sampaikan bahwa ada seseorang yang sampai tidak merasa sedang mengalami kondisi tersebut. Ini tandanya bahwa gejala setiap orang tidak akan sama satu dengan lainnya.

Sehingga penting untuk mengetahui gejala secara umum atau khusus agar ketika nanti alami hal serupa. Bisa langsung mengetahuinya dan memeriksakan diri ke dokter agar segera mendapatkan penanganan terbaik dan sembuh. Apa saja gejala-gejala dislokasi rahang bawah bisa Anda simak di sini

1. Nyeri pada sendi TMJ saat tidak digerakkan, dan ketika digerakkan akan semakin parah rasanya

2. Gigitan yang biasanya sejajar akan berubah sedikit, seperti tidak sejajar dan benar

3. Susah untuk berbicara dan cenderung harus membutuhkan effort untuk menggerakkan mulut

4. Meski bisa menggerakkan rahang, tapi ketika menutup perlu usaha besar dan biasanya tidak akan benar

5. Sulit untuk menelan dan bahkan sakit, begitu pula untuk berbicara

6. Banyak ngiler karena memang posisi mulut tidak benar

7. Rahang yang seperti sedang terkunci, biasanya ditanda dengan rahang menonjol ke arah luar

Mungkin juga akan ada gejala tambahan lainnya, supaya lebih valid dan maksimal dalam mendiagnosis kondisi ini. Kalian harus segera memeriksakan diri ke pusat kesehatan agar masalah tidak menjadi semakin kronis.

Sebab, mungkin saja yang sebenarnya hanya jenis akut malah menjadi kronis bila tidak ada penanganan tepat. Maka dari itu segera bawa ke dokter jika memang merasa alami gejala agar dapat penanganan secara tepat.

Penanganan Tepat Dislokasi Rahang Bawah

Anda harus segera membawa diri ke dokter jika mengalami gejala- gejala di atas. Apalagi jika sampai mengalami masalah nyeri parah sampai sesak nafas. Langsung pergi ke unit gawat darurat agar penanganan segera diberikan.

Selagi menunggu penanganan datang, coba untuk tahan rahang dengan tangan secara lembut. Usahakan untuk berada pada posisi awal agar tidak bergeser terlalu jauh, sekali lagi Kami ingatkan jangan sampai menggeser-geser.

Sesudah dokter tiba maka Anda akan mendapatkan diagnosis melalui dua tahapan, yakni rontgen dan ct scan. Tentu tujuannya guna mendeteksi secara akurat dislokasi rahang bawah yang Anda sedang alami tersebut.

Sementara untuk penanganan akan dilakukan beberapa penanganan sesuai dengan tingkat parahnya. Ketika masih bisa ditangani secara manual akan dilakukan reduksi manual dengan bantuan obat bius serta pelemas otot agar tertolong.

Hanya saja jika sudah terlambat dan menuju ke tingkat parah lebih serius. Dokter pasti akan menyarankan untuk melakukan operasi bedah. Tentu saja tujuannya memperbaiki posisi ke semula dengan mengencangkan semua jaringan penyokong.

Sesudahnya, tinggal menyelesaikan masa pemulihan seperti biasanya. Tentu agar mempercepat proses penyembuhan, biasanya dokter akan sarankan pasien menjalani latihan otot-otot rahang. Tentu akan lebih baik jika menggunakan jasa fisioterapis terbaik.

Fisioterapi Oral bagi Pasien Dislokasi Rahang Bawah

Bila kelainan sudah ditangani atau masih dalam level ringan, tinggal pada proses fisioterapi untuk mendapatkan hasil terbaik di rumah. Anda tidak perlu mencari-cari pilihan fisioterapis di kota dan mengunjungi kantornya.

Tinggal pesan saja di Fisiohome untuk mendapatkan terapi oral terbaik dengan perlengkapan paling lengkap. Untuk bagaimana cara melakukannya akan ada panduan untuk duduk di kursi secara tegak namun tidak tegang.

Kemudian lidah akan diletakan pada tengah langit-langit mulut, tepatnya belakang gigi seri. Lalu untuk memantapkan kesembuhan dislokasi rahang bagian bawah, coba untuk menggerakkan mundur ke belakang langit-langit sampai jarak sejauh mungkin.

Panduan lebih lanjut bisa Kalian dapatkan dengan panduan dari Fisioterapis Kami. Tenang saja semua sudah bersertifikat resmi dan pastinya akan membuat terapi berjalan proper tanpa ada kendala yang terjadi kedepannya.

Jika Anda butuh akan fisioterapis terbaik di Kota tidak perlu bingung. Hubungi fisiohome pada nomor +62 882-9874-5399 untuk mendapatkan fisioterapi terbaik sesudah operasi bedah dislokasi rahang bawah atau masih level ringan.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan