Fisiohome

Pentingnya Fisioterapi untuk Patah Tulang Saat dan Pasca Cedera

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Mengalami cedera patah tulang metode pengobatan yang banyak disarankan oleh dokter adalah fisioterapi untuk patah tulang bisa dilakukan oleh terapis baik saat atau pasca cedera untuk pemulihan.

Ini adalah metode pengobatan yang banyak direkomendasikan dokter karena dinilai lebih efektif dan paling aman menurut medis dibandingkan dengan pengobatan lain.

Ketahui manfaat yang akan didapatkan dengan menjalani fisioterapi dan bagaimana prosedur yang akan dilakukan selama fisioterapi berikut ini informasi lengkapnya untuk Anda.

Tentang Fisioterapi untuk Patah Tulang Saat Alami Cedera

Fisioterapi merupakan bentuk perawatan dengan menggunakan Teknik fisik untuk bisa memperbaiki Gerakan, kurangi rasa nyeri dan kaku, serta bisa mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan kualitas dalam hidup menjadi lebih baik.

Biasanya akan dilakukan ketika seseorang alami kecacatan, cedera hingga penyakit tertentu yang menganggu gerak tubuh dan menimbulkan rasa nyeri dan kaku. Salah satu kondisi yang paling umum adalah fisioterapi untuk patah tulang.

Saat seseorang mengalami patah tulang, memilih metode pengobatan fisioterapi ini akan membantu pasien dapat memulihkan kekuatannya dan fungsi otot dan sistem gerak Kembali pulih lagi selama menjalani pengobatan.

Yang melakukan fisioterapi biasanya dilakukan oleh praktisi terlatih dan teregistrasi resmi disebut sebagai fisioterapis. Biasanya tersedia untuk layanan rumah sakit, puskesmas dan juga klinik Kesehatan.

Selama melakukan pengobatan fisioterapi untuk patah tulang saat mengalami cedera dilakukan untuk beberapa tujuan seperti berikut ini.

1. Mengurangi pembengkakan saat mengalami cedera

2. Mengurangi rasa nyeri akibat dari patah tulang

3. Dapat membantu sirkulasi darah pada area tulang yang patah tetap berjalan dengan baik.

4. Fungsi otot dapat dipertahankan

5. Rentang gerak sendi tetap terjaga dan tidak kaku

6. Mengajari pasien untuk menggunakan tongkat, sling dan alat bantu penyangga lainnya dengan benar selama alami patah tulang.

Manfaat Melakukan Fisioterapi untuk Patah Tulang Pasca Alami Cedera

Setelah pasca cedera atau saat dokter mengatakan Anda sudah boleh melepas gips atau penyangga alat dari tubuh Anda karena patah yang tulang sudah menyatu Kembali.

Saat sudah dinyatakan sembuh, ada beberapa terapi lagi yang harus dilakukan oleh Anda dengan tujuan untuk memaksimalkan gerak dan Kembali menguatkan fungsi tubuh setelah alami cedera.

Berikut ini adalah manfaat lainnya yang dilakukan pada metode pengobatan fisioterapi untuk patah tulang setelah dinyatakan sembuh oleh dokter.

1. Mengembalikan gerak sendi pada daerah yang alami cedera

2. Mengembalikan Kembali kekuatan otot secara penuh sehingga bisa beraktivitas seperti biasa

3. Membantu Anda Kembali jalani aktivitas secara normal lagi tanpa gangguan fungsi tubuh dan otak.

Karena setelah melakukan pelepasan gips atau alat penyangga lainnya, untuk bisa Kembali memanfaatkan fungsi gerak pada tubuh bukanlah hal yang mudah.

Bahkan ada kasus tertentu tubuh akan mengalami sulit bergerak dan tidak bisa digerakan sama sekali sampai menganggu aktivitas sehari-hari. Pengobatan fisioterapi ini akan disaranakan untuk Anda yang miliki kondisi yang cukup berat dan sulit membaik jika hanya bergantung pada obat-obatan dan kompres air hangan saja.

Jadi, yang memutuskan Anda harus melakukan fisioterapi atau tidak adalah dokter ahli dan memberikan terapi sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Ada beberapa catatan yang harus diingat sebelum melakukan metode pengobatan fisioterapi untuk patah tulang seperti pasien disaranakan untuk sering menggerakan badannya sendiri, hal ini akan membantu Gerakan terasa lebih leluasa saat menjalani pengobatan.

Pasien yang mengalami cedera pada leher, disarankan untuk bisa gunakan baju dengan lengan pendek atau tanpa lengan agar dokter bisa lebih mudah memeriksa area Pundak dan lengan agar dokter mudah memeriksa bagian Pundak dan lengan.

Sedangkan untuk Anda yang alami patah tulang pada bagian tubuh bagian bawah seperti pinggul, lutut atau pergelangan kaki disarankan untuk gunakan celana yang pendek atau celana yang mudah untuk dilipat tidak terlalu ketat.

Prosedur dari Fisioterapi untuk Patah Tulang

Prosedur Fisioterapi akan berlangsung dalam rentang waktu 30 menit sampai dengan 60 menit, tetapi prosedur ini bisa saja lebih cepat atau bahkan lebih lama daripada biasanya. Dalam satu minggu akan ada beberapa kali sesi yang harus dilakukan oleh pasien.

Banyaknya sesi latihan fisioterapi untuk patah tulang ini tergantung dengan rencana seberapa cepat dan kondisi patah tulang dari pasien tersebut. Biasanya frekuensi ini juga akan berubah seiring dengan perkembangan kondisi, berikut ini prosedur yang akan dijalan pada saat Anda melakukan fisioterapi.

1. Melakukan terapi manual

Pertama Teknik ini akan dilakukan oleh seorang fisioterapis dengan menggunakan tangan untuk melakukan manipulasi, mobilisasi dan juga memijat tubuh pasien yang mengalami gangguan.

Kegunaan dari melakukan terapi manual ini adalah meningkatkan rentang gerak, melancarkan aliran darah hingga atasi nyeri dan juga kaku pada sendi dan otot.

2. Teknik pelepasan

Setelah itu prosedur fisioterapi untuk patah tukang dilanjutkan dengan melakukan Teknik pelepasan. Seorang terapis pada bagian prosedur ini akan menerapkan satu tangannya di salah satu ujung otot dengan tujuan mengunci dan memperbaiki bagian otot tersebut.

Terapis akan berikan tekanan pada tangan lainnya atau menggunakan alat pijak dengan bentuk pelumas losion atau minyak agar bisa mengurangi gesekan pada setiap gerakannya.

Otot yang aktif dan juga pasif akan diregangkan pada prosedur ini, pelepasan jaringan lunak memiliki fungsi memcah adhesi otot dan melancarkan aliran darah serta mengoptimalkan fungsi dari otot.

3. Bracing

Teknik bracing merupakan penerapan pita pada bagian tubuh membutuhkan kestabilan sendi yang mengalami patah tulang. Misalnya bisa menggunakan selotip yang kuat pada bagian pergelangan kaki yang cedera sehingga dapat mendukung penyembuhan ligamen agar bisa mencegah kerusakan.

Bracing atau taping ini merupakan prosedur dalam fisioterapi untuk patah tulang bertujuan untuk bisa membantu pasien mengalami kemajuan dengan aman karena memberikan kenyamanan pada area yang mengalami cedera.

4. Modalitas Pereda nyeri

Teknik ini secara khusus dilakukan oleh fisioterapis untuk bisa mengurangi peradangan dan juga rasa sakit, melakukan penyembuhan dan juga mengembalikan fungsi otot dan sendi yang mengalami cedera patah tulang.

Teknik ini dilakukan dengan memanfaatkan panas, mekanik, energi cahaya, gelombang suara, dan listrik agar bisa membuat jaringan mengalami cedera untuk tujuan terapeutik.

5. Latihan kekuatan otot tambahan agar menjaga stabilitas

Latihan otot-otot tambahan ini akan membantu otot utama untuk mengembalikan kekuatannya. Ada tiga Gerakan mengangkat yang harus dilakukan yaitu Squat, bench press dan deadlift.

Otot utama akan bekerja dalam Gerakan paha depan dan juga belakang saat melakukan squat, dan pada saat bench press akan fokus pada dada serta paha belakang pada saat melakukan deadlift.

Latihan otot tambahan ini akan menargetkan otot-otot lainnya yang bisa membantu Anda dalam mengangkat tubuh.

Akan melakukan fisioterapi dengan layanan yang cepat dan mudah, Fisohome bisa jadi solusi yang paling tepat untuk Anda. Layanan fisioterapi Fisohome bisa dilakukan dimana saja, kaman saja sesuai dengan permintaan Anda.

Tidak akan ada lagi waktu tunggu dan mengantre, tersedia lebih dari 350 terapis juga sudah terdaftar STR sesuai dengan ketentuan Kementrian Kesehatan yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Harga transparan dan fixed sebelumnya Anda bisa menggunakan layanan customer care untuk bisa mengatahui kondisi pasien dan mengeceknya secara berkala. Hubungi Fisiohome customer service +62 882-9874-5399 untuk dapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanannya.

Tidak perlu bingung lagi mencari terapis professional untuk melakukan fisioterapi untuk patah tulang, pesan sekarang dan nikmati layanan fisioterapi yang nyaman.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan