Fisiohome

Peran Fisioterapi Saat Pundak Terasa Berat dan Penyebabnya

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Pengetahuan mengenai fisioterapi saat pundak terasa berat menjadi penting untuk diketahui. Hal tersebut karena bahu menjadi bagian tubuh yang sering menimbulkan rasa nyeri atau sakit dengan berbagai level sakit berbeda.

Selain itu, ketika pundak terasa berat maupun nyeri menjadi suatu kondisi yang sudah cukup umum di masyarakat. Rasa berat di bahu tersebut bisa muncul sesekali saja atau bahkan setiap saat, tergantung dari faktor penyebabnya yang perlu Anda ketahui juga.

Ketika telat ditangani, kondisi tersebut nantinya akan bisa mempengaruhi fleksibilitas juga aktivitas sehari-hari Anda. Sehingga, perlu diwaspadai dan segera melakukan pemeriksaan diri atau menjalani fisioterapi untuk meredakan bahkan menyembuhkan sakitnya.

Peran Fisioterapi Saat Pundak Terasa Berat

Apabila kondisi tersebut mengganggu aktivitas harian dan pergerakan bahu, lengan, serta tangan Anda, maka fisioterapi bersama Fisiohome adalah solusinya. Pertama akan dilakukan asesmen yaitu penilaian terhadap kondisi kesehatan berupa wawancara dan tes gerak tertentu.

Hal tersebut berguna untuk mengetahui penyebab pundak terasa berat lebih spesifik. Apakah terjadi pada tendon, otot, atau persendian dan seberapa besar derajat gangguannya untuk menentukan diagnosanya.

Setelah mengetahui hasil diagnosanya, nantinya fisioterapi akan menentukan tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah saat pundak terasa berat. Dengan melakukan fisioterapi akan membantu kondisi sakit tersebut dan meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot pada pundak.

Selain itu, akan diberikan berbagai kombinasi serta variasi tindakan terapi lainnya untuk mengatasi masalah tersebut untuk bisa kembali beraktivitas dengan normal. Berikut perlu Anda ketahui beberapa tindakan terapi.

1. Istirahat dan Latihan

Hal ini terbilang penting untuk Anda perhatikan bahwa perlu adanya keseimbangan antara istirahat dan latihan untuk mencegah kekakuan pada bahu yang menyebabkan terasa berat. Latihan ini bisa dilakukan bertahap dan terukur setiap harinya supaya terjadi peningkatan kualitas gerakan pada sendi.

Dengan fisioterapi nantinya akan membantu Anda melalui pola latihan lebih tepat, baik intensitas latihan bentuk latihan serta seberapa besar bebannya. Sehingga, penting untuk diingat bahwa sendi pada pundak harus tetap bergerak meskipun ada keterbatasan.

2. Postur

Pasalnya, kondisi saat pundak terasa berat cenderung akan merubah sikap tubuh menjadi sedikit agak membungkuk dan bahu akan naik menjadi lebih dekat dengan tubuh. Hal tersebut nantinya akan membuat kondisi bahu menjadi lebih buruk dan menyebabkan gangguan di area leher.

Untuk mengatur sikap tubuh saat duduk atau berdiri tetap pada posisi yang optimal menjadi hal penting untuk diperhatikan dan dilakukan. Sehingga, perhatikan postur tubuh Anda untuk mencegah pundak terasa berat yang menganggu aktivitas.

Baca juga tentang : Pundak Yang Terasa Berat, Apakah Sembuh Dengan Fisioterapi?

Ketahui Beberapa Latihan saat Pundak Terasa Berat

Perlu adanya gerakan optimal pada sendi bahu untuk lebih menjaga kesehatan persendian. Hal tersebut nantinya bisa mengatasi saat pundak terasa berat. Berikut beberapa jenis latihan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya:

1. Pendulum Exercises

Latihan ini dilakukan dengan posisi berdiri dan tangan yang sehat memegang kursi. Biarkan lengan yang sakit tersebut menggantung ke bawah, kemudian lakukan ayunan perlahan ke depan dan belakang kemudian gerakan memutar. Lakukan pengulangan sebanyak 10 kali selama 2-3 kali sehari.

2. Mobilisasi Bahu

Latihan ini posisi berdiri tegak, kemudian angkat ke atas dua bahu, tahan selama 5 detik. Lalu tarik ke dua bahu ke belakang, tahan selama 5 detik juga. Selanjutnya, tarik ke dua bahu ke bawah, dan tahan 5 detik. Kemudian rileks dan ulangi gerakan sebanyak 10 kali, lakukan 2-3 kali sehari.

3. Door Press

Untuk mengatasi saat pundak terasa berat, jenis latihan ini dilakukan dengan berdiri tegak di depan pintu dengan posisi siku ditekuk 90 derajat dan bagian punggung telapak tangan menekan sisi pintu ke arah luar, lalu tahan 5 detik dan ulangi sebanyak 10 kali. Lakukan gerakan ini sebanyak 2-3 kali sehari.

Kemudian bisa juga menggunakan lengan yang berlawanan dengan posisi bahu tegak lurus dengan telapak tangan, kemudian dorong gerakan mendorong sisi pintu 3 set dan ulangi 10 kali. Lakukan gerakan ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari untuk hasil maksimal.

Ketahui Beberapa Penyebab saat Pundak Terasa Berat

Penanganan yang tepat akan lebih baik daripada terus menahan sakit saat pundak terasa berat. Apalagi jika terasa selama berhari-hari dan jangan sampai salah langkah. Berikut ketahui beberapa penyebabnya:

1. Tendinitis

Tendinitis adalah jenis peradangan yang terjadi pada jaringan penghubung tulang dan otot yang biasa dikenal dengan tendon. Peradangan ini bisa menimbulkan rasa sakit yang bisa terjadi pada siapa saja dengan gejala nyeri sendi, kaku, terasa berat, serta bengkak ringan.

Kondisi ini akan bisa diredakan dalam beberapa waktu, sehingga biasanya bisa dilakukan penanganan dirumah. Untuk mencegahnya, hindari mengangkat benda berat atau berolahraga yang memberatkan bahu Anda.

Bila penanganan di rumah tidak kunjung membaik, maka segera periksakan diri Anda ke dokter atau bisa percayakan terapi bersama Fisiohome. Layanan kami dilakukan dengan tenaga profesional dan terlatih yang telah mengantongi sertifikat dari Kementerian kesehatan Indonesia.

2. Cedera Area Rotator Cuff

Rotator cuff merupakan jenis tendon bahu yang terbentuk dari empat otot dengan fungsi menstabilkan serta menunjang pergerakan sendi. Satu bagian tersebut yang kerap mengalami cedera adalah tendon supraspinatis.

Rasa yang menyebabkan saat pundak terasa berat tersebut menjadi dua golongan, yaitu cedera akut dan degeneratif. Pada cedera akut biasanya terjadi saat Anda mengalami suatu peristiwa yang menyebabkan bahu terasa nyeri saat digerakkan, seperti halnya terjatuh.

Sementara, berbeda dengan cedera degeneratif yang disebabkan oleh adanya gerakan berulang, faktor usia, atau pengapuran pada sendi bahu tersebut. Rasa nyerinya diakibatkan oleh cedera rotator cuff ini sering sekali dirasakan pada bagian otot deltoid hingga lengan atas.

Baca juga tentang : Cedera Pada Bahu Dan Cara Penanganan Tepat

3. Frozen Shoulder

Saat pundak terasa berat bisa diikuti dengan rasa kaku, hal ini bisa saja Anda mengalami frozen shoulder. Kondisi tersebut terjadi pada bagian bahu yang terasa akan lebih sulit untuk digerakkan dan memiliki penyebab cukup beragam.

Hal ini bisa terjadi lebih meningkat pada seseorang yang mengalami penyakit sistemik, berusia lebih dari 40 tahun atau kurang tegak. Biasanya bisa pulih dengan jangka waktu 1-1,5 tahun setelah meminum jenis obat tertentu secara rutin.

Adapun terapi panas akan bisa melebarkan pembuluh darah yang akan menyempitkan bahu sakit akibat frozen shoulder tersebut dan melemaskan kapsul sendi yang mengalami perlengketan. Setelah itu, ada pergerakan khusus untuk melepaskan perlengketan tersebut demi mengurangi kekakuan otot.

4. Bursitis

Kemudian bursitis ini merupakan sejenis adanya pembengkakan atau peradangan pada bagian bursae. Bursae ini terdapat pada bagian lutut, kaki, pinggul, siku, dan pastinya pada pundak. Bagian ini memiliki fungsi sebagai bantalan antara tulang dengan organ yang berada disekitarnya dan bisa terjadi pada siapa saja.

Penting mengetahui penyebabnya karena masalah kesehatan ini akan mengganggu aktivitas Anda. Saat pundak terasa berat bisa lakukan konsultasi dengan layanan Fisiohome secara gratis di nomor +62 882-9874-5399 atau bisa juga langsung melakukan visit.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Jasa Fisioterapi Datang ke Rumah untuk Sakit Lutut

Sekarang bagi Anda yang butuh jasa fisioterapi datang ke rumah hanya perlu menjentikkan jari saja. Sehingga bagi Anda yang khususnya membutuhkan perawatan tersebut tidak perlu

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Selatan Terbaik untuk Atelektasis

Fisioterapi Tangerang Selatan merupakan pilihan terbaik untuk menyembuhkan atelektasis. Ini merupakan penyakit yang berbahaya dan bisa saja mengancam jiwa, bahkan untuk semua kalangan usia. Lebih

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan