Fisiohome

Peran Nutrisi dalam Penyembuhan Tulang yang Rusak

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Peran nutrisi dalam penyembuhan tulang yang rusak sangatlah besar. Karena nutrient akan berperan membantu beberapa organ dan sistem imun dalam proses guna memperbaiki kerusakan tersebut. Namun tidak semua orang memahami bagaimana fungsi setiap nutrisi tersebut, serta kaitannya dengan proses penyembuhan bagian pertulangan.

Terdapat beberapa jenis nutrient yang tubuh Anda butuhkan jika ingin menjaga kesehatan bagian pertulangan. Oleh sebab itu jika ingin menjaga kesehatan Anda harus memastikan bahwa asupan setiap nutrisi tercukupi. Karena jika mengalami kekurangan akan menyebabkan timbulnya penyakit, akibat kekurangan kandungan nutrient tersebut.

Selain itu jika mengalami kerusakan pada bagian pertulangan tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa nutrient yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh Anda. Jika Anda memenuhi kebutuhannya, secara tidak langsung nutrient tersebut akan membantu organ tubuh sehingga membantu dalam memperbaiki kerusakan tersebut.

Peran nutrisi dalam penyembuhan tulang yang rusak sendiri sangat penting sehingga setiap manusia harus memastikan bahwa tubuhnya memiliki kandungan yang cukup. Namun tidak semua orang memahami jenis nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Sehingga bisa membantu memelihara kesehatan pada bagian pertulangan.

Dengan memastikan bahwa asupan nutrient didalam tubuh tercukupi dapat membantu proses penyembuhan kerusakan tulang, oleh sebab itu Anda perlu memperhatikan jenis nutrisi apa saja serta perannya dalam membantu memperbaiki kerusakan pada bagian tulang manusia.

Jenis dan Peran Nutrisi dalam Penyembuhan Tulang yang Rusak

Secara umum terdapat berbagai jenis nutrient berbeda untuk membantu proses recovery, khususnya jika bagian pertulangan mengalami kerusakan. Karena walaupun terdapat berbagai jenis berbeda, tidak semua jenis bisa memiliki peran serupa. Oleh sebab itu Anda perlu mengetahui berbagai jenis serta perannya masing-masing dalam mengatasi kerusakan.

Peran nutrisi dalam penyembuhan tulang yang rusak sangatlah penting, hal ini tidak bisa dilepaskan dari fungsi utama organ pertulangan dalam tubuh manusia. Fungsi utama dari organ ini adalah sebagai penopang tubuh, sehingga manusia dapat berdiri, bergerah, serta berjalan karena tulang bagian kaki menopang bagian atas tubuh.

Selain itu pertulangan juga memiliki fungsi sangat penting yaitu sebagai pelindung, karena memiliki tekstur sangat keras sehingga berfungsi untuk melindungi organ penting dari luar. Oleh sebab itu jika bagian tulang mengalami kerusakan dapat berakibat sangat fatal, salah satunya adalah organ penting didalamnya tidak terlindungi kembali.

Karena memiliki fungsi sangat penting Anda perlu menjaga serta membantu memperbaikinya jika mengalami kerusakan. Oleh sebab itu terdapat peran nutrisi dalam penyembuhan tulang yang rusak. Karena dengan adanya kandungan nutrient tersebut dapat membantu dalam menjaga serta merawat kesehatan supaya tidak rusak kembali.

Beberapa nutrient penting yang berfungsi untuk membantu menjaga kerusakan tulang adalah fosfor, kalsium, kalium, serta vitamin lainnya. Beberapa kandungan nutrisi tersebut memiliki peranannya masing-masing, sehingga jika Anda memperhatikan asupan nutrient tersebut bisa membantu menjaga kesehatan tulang supaya tidak rusak kembali.

1. Kalsium

Kalsium merupakan salah satu nutrient dengan peran nutrisi dalam penyembuhan tulang yang rusak sangat penting. Karena merupakan salah satu jenis mineral makro dengan fungsi sangat penting demi menjaga kesehatan tubuh manusia khususnya pertulangan. Hal ini menyebabkan Anda perlu memperhatikan kebutuhan akan kalsium.

Bahkan bagi manusia dewasa sangat disarankan untuk memenuhi asupan kalsium sebanyak 1000 miligram setiap harinya, jumlahnya makin bertambah seiring bertambahnya umur setiap manusia. Terlebih bagi ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi mineral makro tersebut, karena berkaitan erat dengan produksi ASI.

Disamping hal tersebut kalsium memiliki peranan penting dalam peran nutrisi dalam penyembuhan tulang yang rusak. Karena memiliki fungsi utama sebagai pemelihara bagi kesehatan tulang dan gigi. Karena dalam kedua bagian tubuh tersebut, didalamnya terdapat kandungan kalsium hingga mencapai 99% dari keseluruhan bagiannya.

Salah satu penyebab mengapa bagian tubuh tersebut memiliki kalsium hingga mencapai 99%, karena kalsium merupakan penyusun sekaligus mineral utama dari bagian tubuh tersebut. Sehingga dengan kandungan yang cukup dapat membantu memperkuat bagian tulang dan gigi ketika mengalami kerusakan, sehingga cepat kembali seperti semula.

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium karena memiliki peran nutrisi dalam penyembuhan tulang yang rusak dengan penting. Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi makanan sumber kalsium. Anda bisa mengonsumsi makanan seperti susu, kacang hijau, sayuran hijau, serta ikan-ikanan untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

2. Fosfor

Selain kalsium juga terdapat kandungan nutrient lain yang memiliki fungsi cukup penting untuk membantu memperbaiki kerusakan pada bagian pertulangan. Salah satu nutrient itu adalah fosfor. Merupakan salah satu sumber mineral penting bagi manusia, terlebih untuk menjaga kesehatan bagian pertulangan pada setiap orang.

Zat fosfor sendiri termasuk kedalam golongan makro mineral serta memiliki peran nutrisi dalam penyembuhan tulang yang rusak. Karena memiliki fungsi utama yaitu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sehingga jika tubuh manusia memiliki kandungan fosfor sesuai kebutuhan, dapat membantu proses penyembuhan dari kerusakan lebih cepat.

Fosfor sendiri merupakan salah satu mineral dengan fungsi penting dalam proses untuk pemeliharaan serta pertumbuhan gigi dan tulang. Karena sifatnya untuk bekerja sama dengan kalsium guna memperkuat bagian pertulangan. Sehingga jika tulang mengalami kerusakan kedua zat mineral ini akan bekerja sama untuk memperkuatnya.

Fosfor sendiri memiliki peran nutrisi dalam penyembuhan tulang yang rusak, karena memiliki peranan penting guna mencegah pengeroposan pertulangan atau menghilangnya kepadatan dari tulang itu sendiri. Sehingga jika mengalami kerusakan pada bagian pertulangan Anda harus memastikan bahwa memenuhi asupan kebutuhan akan fosfor tersebut.

Jika ingin memenuhi kebutuhan akan fosfor Anda bisa mulai mengonsumsi daging ayam, sea food, hingga produk olahan susu karena didalamnya mengandung kandungan fosfor yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Selain itu Anda juga bisa mendapatkannya hanya dengan mengonsumsi kacang-kacang polong.

3. Vitamin D

Selain memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh, Anda juga perlu memperhatikan nutrient lainnya sehingga bisa membantu memperbaiki kerusakan pada pertulangan. Salah satu peran nutrisi dalam penyembuhan tulang yang rusak dapat Anda dapatkan dalam vitamin D.

Vitamin D sendiri memang sudah terkenal untuk membantu memelihara kesehatan tulang dan gigi setiap manusia, sehingga untuk memperkuat bagian tersebut sangat disarankan melengkapi kebutuhan nutrisi akan vitamin D. hal tersebut tidak dapat dihindarkan dari peran penting vitamin tersebut dalam menjaga kesehatan pertulangan.

Vitamin D sendiri merupakan salah satu jenis dari vitamin yang mudah larut dalam lemak, sehingga vitamin ini dapat disimpan dalam tubuh untuk jangka waktu lama. Oleh sebab itu vitamin D memiliki peran nutrisi dalam penyembuhan tulang yang rusak bagi tubuh manusia.

Vitamin D memiliki peranan cukup penting bagi kesembuhan tulang rusak, karena adanya vitamin D akan membantu tubuh sehingga bisa menyerap kalsium dengan mudah tanpa adanya hambatan. Jika kalsium terserap dengan mudah dan kandungannya terjaga sesuai kebutuhan, maka akan memperkuat dan mempercepat proses penyembuhan kerusakan.

Untuk memenuhi asupan kebutuhan vitamin D Anda bisa mendapatkannya dengan mulai mengonsumsi daging merah, minyak ikan, serta susu. Selain itu juga bisa berolahraga pada pagi hari untuk mendapatkannya melalui sinar matahari.

Ketika Anda mengalami kerusakan pada bagian tulang tidak perlu khawatir, cukup penuhi beberapa kebutuhan nutrisi dalam tubuh untuk membantu masa pemulihan. Karena terdapat peran nutrisi dalam penyembuhan tulang yang rusak seperti kalsium, fosfor, dan vitamin D.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan