Fisiohome

Peranan Kalsium Dalam Kesehatan Tulang Supaya Semakin Kuat

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Pentingnya peranan kalsium dalam kesehatan tulang membuat banyak orang telah menyadari fungsinya. Apalagi termasuk sebagai mineral penting yang sangat bermanfaat. Pertumbuhan hingga pemeliharaan tulang maupun gigi terbantu.

Umumnya Anda dengan mudah memperoleh dari jenis makanan harian. Mulai dari susu, produk olahan susu, salmon, sarden hingga berbagai sayuran hijau. Pastinya begitu menyehatkan jika mampu menjaganya kebiasaan menyehatkan.

Sebenarnya manfaat menjaga tulang agar tetap sehat bagus karena berpengaruh pada anggota tubuh lainnya. Terlebih terbukti membantu sistem saraf hingga kontraksi otot. Jangan lupa pembekuan darah juga mampu dihindari.

Besarnya peranan kalsium dalam kesehatan tulang membuat kebutuhan konsumsi harus tepat. Masalah kekurangan sebenarnya masih banyak ditemukan dalam kasus masyarakat. Anda harus menghindari karena memicu berbagai macam penyakit.

Terbukti dari berbagai kasus, terdapat risiko rakitis, osteomalasia hingga osteoporosis. Karena termasuk masalah umum dan mudah ditemukan, artinya berisiko. Sementara itu untuk anak, menimbulkan terhambatnya pertumbuhan.

Untuk Anda yang ingin meningkatkan kalsium dan memperolehnya lebih banyak, harus paham sumbernya. Begitu juga dengan cara kerjanya menyehatkan gigi maupun tulang. Jadi, lebih memahami manfaat dalam menjaga kesehatan Anda.

Peranan Kalsium Dalam Kesehatan Tulang Manusia

Kalsium (zat kapur) adalah mineral yang wajib dipenuhi karena penting untuk tubuh. Terutama karena berguna untuk menjaga hingga membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Bahkan mengatur otot, kerja saraf dan jantung.

Pentingnya peranan kalsium dalam kesehatan tulang membuat kadar pada darah harus terjaga. Setidaknya 99% calcium tersimpan pada tulang maupun gigi. Sementara itu 1% ada dalam darah maupun jaringan lunak lain.

Berkaitan dengan metabolisme atau pengaturan zat kapur sebenarnya cukup unik. Tidak lain karena dipengaruhi oleh tiga hormon utama. Anda bisa menemukan hormon paratiroid, hormon kalsitriol hingga hormon kalsitonin.

Untuk makanan yang dilengkapi kandungan kalsium mengalami penyerapan pada usus. Tentunya dilengkapi oleh bantuan hormon paratiroid di dalamnya. Proses yang dilakukan membantu meningkatkan kadar zat kapur dalam darah.

Perlu diketahui kalau hormon paratiroid manfaatnya juga untuk ginjal. Terutama membantu meningkatkan penyerapan zat kapur pada ginjal sehingga bertambah. Artinya membantu penyimpanan calcium pada tulang tetap terjaga.

Setelah mengetahui peranan kalsium dalam kesehatan tulang terbilang sangat krusial. Inilah alasannya harus mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat kapur tinggi. Contohnya produk olahan susu seperti susu murni, yoghurt dan keju.

Selain itu disarankan memperbanyak makanan dengan kandungan zat kapur tinggi. Mulai dari oatmeal, sereal, roti sampai jus jeruk. Tambahkan juga sayuran hijau seperti sawi, brokoli dan sebagainya agar lebih melimpah.

Kalsium Mendukung Kesehatan Gigi Manusia

Kebutuhan terhadap peranan kalsium dalam kesehatan tulang cukup tinggi karena tidak bisa diproduksi sendiri. Apalagi menjadi mineral yang diserap dari makanan Anda. Jika telah diserap kemudian bisa dimanfaatkan oleh tubuh.

Selain manfaat bagi tulang, Anda bisa menemukan kegunaan dalam menyehatkan gigi. Terlebih fungsi utamanya mendukung terbentuknya tulang. Karena gigi masih berkaitan dengan tulang, artinya akan dibantu supaya semakin kuat.

Khusus untuk gigi, mineral satu ini membantu pembentukan jaringan. Misalnya membentuk dentin, enamel maupun sementum gigi. Jika tidak memenuhi kebutuhan mineral ini secara baik, pembentukan jaringan artinya bisa saja terganggu.

Nantinya memiliki akibat pada masalah gigi yang ditemukan secara umum. Jangan kaget kalau orang kekurangan zat kapur terkena karies atau kerusakan gigi. Tidak lain karena manfaatnya berperan membantu perawatan gigi

Memelihara gigi termasuk peranan kalsium dalam kesehatan tulang yang penting dimanfaatkan. Jadi, harus memastikan supaya tidak pernah kekurangan mineral tersebut. Anda dapat memperoleh dari makanan maupun berbagai suplemen.

Khusus untuk suplemen sendiri hanya diberikan jika Anda terindikasi kekurangan zat kapur. Begitu juga apabila terindikasi dengan risiko osteoporosis. Karena penting, harus memenuhi asupan bagi kesehatan gigi.

Tapi dalam menjaga gigi dibandingkan tulang memiliki perawatan khusus. Menjaga kesehatan mulut juga penting sehingga pertumbuhan dan kekuatan mampu stabil. Tentu ditambah dengan mempertimbangkan berbagai cara menambah kalsium.

Manfaat Kalsium Lainnya untuk Kesehatan

Manfaat pada tulang maupun gigi dibuktikan besar dan banyak diketahui. Tapi nutrisi ini punya kegunaan lain pada kesehatan. Tentunya membuatnya selalu menjadi nutrisi yang harus terpenuhi.

1. Menurunkan Risiko Hipertensi

Kemampuan menurunkan risiko hipertensi dapat terjadi karena kebutuhan mineral terpenuhi. Risiko tekanan darah tinggi dapat dihindari oleh semua orang. Khusus untuk bumil, bisa membantu menjaga sehatnya kehamilan.

Bukan hanya itu, peranan kalsium dalam kesehatan tulang terlihat sekarang dan seterusnya. Mencegah dari hipertensi dapat dilakukan jika rajin berolahraga. Kombinasi antara konsumsi kalsium dan berolahraga tentu lebih disarankan.

2. Menjaga Sistem Kardiovaskular

Manfaat menjaga sistem kardiovaskular penting karena bantuan senyawa ini begitu baik. Anda bisa melihat fungsinya terlihat pada proses pembekuan darah. Otot yang mengelilingi pembuluh darah bisa lemas sehingga rileks.

3. Mengontrol Berat Badan

Efek mengontrol berat badan begitu baik karena membatasi jumlah kalori. Tapi senyawa ini hanya bisa diperoleh dengan dihasilkan dari tubuh sendiri. Cara mendapatkannya yakni dengan mengkonsumsi berbagai makanan kaya calcium.

4. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Mencegah penyakit batu ginjal lebih banyak berpotensi terjadi pada wanita. Meski begitu efeknya kurang baik apabila zat kapur diperoleh dari suplemen. Artinya disarankan untuk memperolehnya dari berbagai produk alami.

5. Menyeimbangkan Enzim Tubuh

Menyeimbangkan enzim tubuh termasuk peranan kalsium dalam kesehatan tulang terpenting. Tanpa adanya nutrisi ini, beberapa enzim kurang efisien bekerja. Jadi, membantu saraf dan sistem metabolisme agar semakin optimal.

6. Mencegah Kanker Usus Besar

Mencegah kanker usus besar tergolong kondisi yang butuh penelitian lebih banyak. Penyebabnya karena masalah ini sering disebabkan merokok, obesitas atau pola makan buruk. Tapi tidak ada salahnya banyak asupan kalsium.

Cara Memperoleh Asupan Kalsium dengan Benar

Kesehatan tulang maupun gigi perlu dijaga hingga dipertahankan dengan baik. Bahkan terdapat opini orang dewasa perlu mengkonsumsi 1.000mg kalsium per harinya. Tapi terdapat beberapa cara lebih mudah bisa dilakukan.

1. Konsumsi Makanan Kaya Kalsium

Untuk memastikan kesehatan dapat terus terjaga, pastikan konsumsi makanan kaya zat kapur. Biasanya dapat mengandalkan berbagai produk susu. Tapi disarankan juga menambah sereal hingga sayuran hijau yang kaya kalsium.

2. Memperbanyak Vitamin D

Memperbanyak vitamin D dijadikan kunci memaksimalkan peranan kalsium dalam kesehatan tulang. Apalagi vitamin D bisa membantu proses penyerapan kalsium. Pastinya dibutuhkan fasilitas penyerapan kalsium dari usus.

Kemudian bagus juga memperlambat laju pengeluaran sehingga harus tepat jumlahnya. Anda bisa menambahkan jamur atau tahu sehat untuk makanan sehari-hari. Jangan lupa sering berjemur matahari pagi untuk mengawali pagi.

3. Minum Susu Alternatif

Minum susu alternatif membantu manfaat kalsium untuk menyehatkan tulang. Tentu disarankan untuk yang punya alergi susu sapi. Jadi, tetap bisa memperoleh kalsium dari susu almond, susu beras, kedelai dan sebagainya.

4. Menambahkan Keju Dalam Makanan

Menambahkan keju dalam makanan terbilang penting. Apalagi satu slice saja punya rata-rata 100 kalori dengan kalsium setara setengah cangkir susu murni. Rasanya juga nikmat dan bisa dicampur dengan berbagai makanan.

5. Jangan Minum Minuman Berkarbonasi

Kewajiban menghindari minum minuman berkarbonasi penting bagi tubuh. Terlebih konsumsi dalam jumlah besar bisa mengganggu penyerapan kalsium. Belum lagi terdapat asam fosfat sehingga mencegah adsorpsi dari lambung ke darah.

Pastikan supaya tetap menjalankan pola hidup sehat untuk seterusnya. Tentu manfaatnya terasa pada masa mendatang terutama saat usia senja. Jadi, harus paham peranan kalsium dalam kesehatan tulang dan cara memperolehnya.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan