Fisiohome

Perawatan Fisioterapi dan Bidang Pengobatannya

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Bicara fisioterapi, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu prosedur perawatan fisioterapi. Fisioterapi secara umum merupakan suatu tindakan rehabilitasi fisik di mana bertujuan untuk memperbaiki keterbatasan fisik karena fisik dan penyakit.

Fisioterapi dapat diberikan kepada pasien dari semua rentang usia dengan berbagai macam tujuan, seperti membantu pasien mempersiapkan diri untuk berolahraga, melakukan persalinan, dan meredakan sakit punggung.

Fisioterapi dilakukan untuk membantu tubuh kembali berfungsi normal setelah terkena penyakit atau cedera. Ini dapat membantu mengurangi efek penyakit atau cedera yang bertahan lama pada tubuh.

Mengenal Prosedur Perawatan Fisioterapi dan Pengertiannya

Fisioterapi seperti telah dijelaskan sebelumnya merupakan upaya untuk mengembalikan fungsi dan gerak tubuh. Mereka juga dapat dilakukan untuk mengurangi kemungkinan terkena luka atau sakit di kemudian hari.

Perawatan fisik ini, yang dipandu oleh seorang terapis yang membantu pasien mengatasi rasa sakitnya, melibatkan gerakan, latihan, terapi manual, dan saran untuk orang-orang dari berbagai umur.

Fisioterapi dalam hal ini merupakan suatu jenis terapi di mana berdasar pada ilmu pengetahuan dan menggunakan metode pendekatan pasien. Dalam hal ini, gaya hidup pasien akan dilihat secara keseluruhan.

Prosedur perawatan fisioterapi ini nantinya juga dapat dilakukan untuk mengatasi asma dan kondisi medis jangka panjang lainnya. Anda bahkan dapat melakukannya saat mempersiapkan persalinan.

Prosedur Perawatan Fisioterapi dan Jenis Perawatannya

Fisioterapi adalah jenis terapi yang melibatkan berbagai jenis perawatan yang umumnya digunakan. Untuk mengetahui apa saja jenis perawatannya, Anda bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Terapi Manual

Terapi manual adalah prosedur perawatan fisioterapi yang digunakan oleh ahli terapi fisik untuk memijat sendi secara langsung. Dibandingkan dengan jenis perawatan yang lain, terapi satu ini jauh lebih sederhana karena tidak menggunakan alat bantu.

2. Stimulasi Saraf Transkutan Listrik

Untuk melakukan terapi ini, perangkat kecil yang digerakkan oleh baterai mengirimkan arus tingkat rendah melalui elektroda yang diletakkan di permukaan kulit. Alat fisioterapi ini dapat meredakan nyeri di berbagai bagian tubuh.

3. Terapi Magnetik

Prosedur perawatan fisioterapi satu ini nantinya akan menggunakan teknologi elektromagneti dengan jenis dan ukuran yang berbeda-beda. Alat ini membantu mengurangi rasa sakit yang menyerang, serupa dengan stimulasi saraf transkutan listrik.

4. Taping

Alat fisioterapi yang disebut tap adalah plester elastis yang digunakan untuk menyembuhkan bagian tubuh yang cedera secara alami. Adapun cara dan metode yang dilakukan adalah dengan menyangga bagian sendi dan otot.

Kinesio tape adalah alat yang dianggap dapat meningkatkan sirkulasi darah, mempercepat pemulihan cedera, meringankan rasa sakit, dan membantu mengatasi peradangan di dalam kulit.

5. Diathermy

Terapi yang dikenal sebagai diathermy menggunakan panas yang dialirkan melalui arus elektromagnetik berfrekuensi tinggi untuk mengobati berbagai penyakit. Prosedur yang disebut diatermi melibatkan penerapan suhu panas atau hangat pada tubuh untuk tujuan:

• Meningkatkan aliran darah

• Mengurangi rasa sakit

• Membantu penyembuhan jaringan dan mobilitasnya

6. Ultrasound dan phonophoresis

Dengan mendorong panas ke area yang cedera, prosedur perawatan fisioterapi ultrasound terapeutik mengurangi peradangan. Namun, phonophoresis adalah metode yang menggunakan gelombang ultrasonik untuk meningkatkan penyerapan obat oles.

Prosedur Perawatan Fisioterapi Berdasarkan Bidang Pengobatannya

Setiap jenis perawatan fisioterapi tentu memiliki berbagai manfaat kesehatan. Perlu diingat, manfaat yang akan didapatkan juga akan berbeda tergantung pada sasaran pengobatan yang dilakukan. Berikut tiga jenis kondisi yang dapat diobati dengan menggunakan terapi fisik.

1. Fisioterapi Anak

Secara umum, fisioterapi anak memiliki tujuan penting dalam membantu sang buah hati pada masalah kesehatan yang tengah dideritanya. Terapi ini juga membantu keluarga dan orang tua yang memiliki anak dengan masalah fisik.

Prosedur perawatan fisioterapi ini biasanya dilakukan pada anak-anak yang memiliki kesulitan menggerakkan bagian tubuh mereka sehingga mereka dapat memaksimalkan perkembangan fisik, aktivitas, dan kemampuan pasien untuk bermain dan bersosialisasi.

Selain itu, berbagai masalah kesehatan yang menghambat gerak tubuh dapat diatasi juga melalui terapi fisik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu dibutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar. Adapun kondisi yang dimaksud tersebut sebagai berikut.

• Cerebral palsy

• Keterlambatan perkembangan global

• Kelainan koordinasi perkembangan (DCD)

• Kelainan neuromuskular

• Kecelakaan otak yang diperoleh (ABI)

• dan down syndrome

2. Fisioterapi Neurologis

Jenis terapi satu ini sangat tepat dilakukan bagi penderita pada gangguan neurologis di mana salah satunya seperti Parkinson. Stroke adalah salah satu penyakit yang paling umum diobati dengan terapi ini.

3. Fisioterapi Stroke

Setelah serangan stroke, seseorang mungkin mengalami kerusakan otak yang menyebabkan kelumpuhan atau kelemahan di salah satu sisi tubuh dan kesulitan untuk menggerakkan tubuh, yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Akibatnya, orang yang mengalami serangan stroke harus menjalani fisioterapi stroke. Anda dapat mendapatkan kembali kekuatan dan kemampuan untuk menggerakkan tubuh Anda dengan bantuan terapi stroke di layanan Fisiohome.

Neurofisioterapi adalah jenis terapi fisik yang dilakukan oleh orang yang mengalami kerusakan otak atau sistem saraf, seperti stroke. Terapis ahli akan membantu Anda membuat program dan prosedur perawatan fisioterapi yang sesuai dengan kondisi pasien.

Terapis fisik untuk stroke akan mengajarkan Anda posisi berbaring yang tepat dan teknik duduk yang aman untuk mencegah komplikasi di mana sering menjadi salah satu penghambat dalam proses pemulihan.

Selama setiap sesi terapi, terapis akan mendorong Anda untuk berpartisipasi secara aktif dan mengajarkan pasien gerakan tubuh yang normal. Terapis biasanya juga akan menentukan alat apa yang diperlukan.

Terapis pada penderita stroke biasanya juga akan membutuhkan beberapa perangkat di mana salah satunya seperti kursi roda. Dalam prosesnya, terapi stroke akan membantu pasien menjadi lebih mandiri dan mampu menggerakan anggota tubuh kembali.

4. Fisioterapi Ortopedi

Terapi fisik ortopedi membantu dalam diagnosis, pengendalian, dan pengobatan gangguan dan cedera otot dan tulang belakang. Selain itu, latihan fisik ini membantu penyembuhan setelah operasi tulang.

Ahli terapi ortopedi biasanya menangani radang sendi, cedera yang disebabkan oleh olahraga, dan cedera lainnya. Salah satu prosedur perawatan fisioterapi dan alat yang sering digunakan untuk mempercepat pemulihan pasien adalah stimulasi listrik.

Adapun di sini beberapa terapi yang digunakan juga berupa terapi panas, dingin, dan latihan kekuatan. Ahli pada terapi fisik nantinya akan menangani pada kasus penderita yang terkilir, sampai perdagangan pada otot.

Mereka juga dapat merekomendasikan berbagai jenis latihan yang tepat sesuai dengan kondisi pasien. Kemudian, alat yang akan digunakan selama terapi juga menyesuaikan dengan kondisi tubuh pasien.

Secara umum, alat yang digunakan pada awal dan akhir kondisi pasien akan berbeda. Untuk mengetahui detail lengkap mengenai jenis fisioterapi ini, Anda bisa coba menghubungi layanan Fisiohome di nomor +62 882-9874-5399.

Demikian beberapa penjelasan mengenai fisioterapi. Bagai Anda yang membutuhkan jasa layanan untuk tindakan ini, maka jangan pernah salah untuk memilih dan menggunakan layanan fisioterapi. Selain karena prosedur perawatan fisioterapi tidak bisa dilakukan secara sembarangan, hal tersebut juga sangat vital.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Terapi Sensori Integrasi untuk Anak Terlambat Duduk

Terapi sensori integrasi (TSI) merupakan salah satu jenis fisioterapi yang bermanfaat sekali untuk membantu anak terlambat duduk. Terapi ini didasari oleh konsep sistem sensorik anak

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan